Hoala Koala, Persembahan Lagu dan Animasi untuk Anak Indonesia

by - 11:45:00 PM



Siapa di sini yang masa kecilnya diramaikan oleh alunan lagu dari Enno lerian, Maisy dan Chikita Meidy? Kalau Anda familiar dengan nama nama tersebut berarti usia kita sepantaran atau berdekatan. Tak dipungkiri pada saat mendengarkan lagu ada perasaan senang yang kita rasakan. Dan ternyata bagi anak anak, mendengarkan lagu itu banyak manfaatnya loh.

Manfaat mendengarkan lagu bagi anak

  • Mengembangkan kemampuan berbahasa dengan mengenal kosa kata baru
  • Meningkatkan daya ingat, dengan mendengarkan lagu otak anak akan terpacu untuk mengingat bagian lagu berikutnya.
  • Menstimulasi indera pendengaran.
  • Memberikan kenyamanan pada anak yang mendengarkan
  • Meningkatkan konsentrasi. Dengan mendengarkan musik anak akan berusaha untuk fokus yang dapat meningkatkan kemampuan konsentrasinya.
  • Mengembangkan karakter dan meningkatkan kemampuan sosial.
  • Menumbuhkan rasa percaya diri. Menyanyikan lagu baik bersama sama maupun sendiri dapat mendorong anak untuk lebih percaya diri.
Masih banyak manfaat lain dari mendengarkan lagu, pada intinya mendengarkan lagu sangat baik untuk perkembangan si kecil.

Namun sangat disayangkan sekali akhir akhir ini tidak ada artis cilik yang mampu membawakan lagu anak anak hingga bisa dikenal oleh semua anak. Pada zaman sekarang, anak anak lebih banyak yang menyanyikan lagu dewasa meskipun mereka sendiri tidak paham arti dan maksud dari lagu tersebut. Oleh karena itu sebagai orang tua kita harus cermat dalam memilih konten yang bisa ditonton oleh anak.



Hoala Koala adalah channel youtube yang khusus dipersembahkan untuk anak anak. Channel ini berisi lagu dan animasi anak Indonesia yang digarap dengan serius. Alat musik yang digunakan juga tidak main main, ada terompet, double bass, saxophone, klarinet, cello, harpa hingga alat musik tradisional seperti angklung dan gamelan.

Dengan alat musik yang bermacam-macam ini diharapkan dapat memperkaya literasi bermusik anak anak. Sehingga mereka bisa mendengarkan musik dari berbagai alat musik namun tetap mendengarkan lirik yang sederhana dan mudah dipahami anak anak.

Hoala Koala sendiri berasal dari kata Hoala dan Koala. Hoala adalah karakter seorang anak perempuan berusia tiga tahun. Sedangkan koala adalah sahabat Hoala, yaitu seekor koala yang bisa berbicara. Penasaran kan, siapa saja karakter dalam hoala koala ini?

Karakter yang ada dalam Hoala Koala

  • Hoala diceritakan sebagai seorang anak perempuan berusia 3 tahun yang suka menyanyi dan minum susu rasa cokelat dan stroberi. Meskipun baru berumur 3 tahun namun Hoala sudah bisa berbicara dan menyanyi dengan lancar.
  • Koala merupakan hewan dari negeri MyKonos, yaitu dunia yang ada dalam buku cerita favorit Hoala. Koala hadir berkat Miss Jeruk yang mewujudkan keinginan Hoala untuk memiliki teman di saat pandemi.
  • Miss jeruk adalah seorang peri baik hati dari negeri atas awan yang selalu menemani dan mendidik Hoala menjadi anak yang baik.
  • Amar Awandi adalah ayah Hoala yang baik
  • Nara Awandi adalah ibu Hoala yang sering menasehati Hoala melalui lagu.
  • Rubin adalah seekor rubah pemalu yang sering mengintip.
  • Lincul adalah seekor ular betina periang yang dibesarkan oleh keluarga kelinci. Agar bisa berbaur dengan para kelinci, Lincul selalu memakai bando kelinci di kepalanya.
  • Burhan adalah Burung hantu pesulap yang sering gagal saat beraksi pada siang hari.
  • Bu Aya adalah Guru Tk Hoala yang penyayang, sabar namun sedikit teledor.
  • Serigili adalah serigala jantan baik hati yang ditakuti karena bentuk tubuhnya. Oleh karena itu serigili selalu mengenakan bulu domba merah jambu agar terlihat tidak menyeramkan.
  • Om Pong adalah seekor harimau yang tidak percaya diri karena tak memiliki gigi taring.
  • Om Bre adalah singa jantan penggemar K-Pop yang ramah dan pandai menari.

Apabila dilihat sekilas, semua karakter dalam Hoala Koala ini nampak unik dan lucu. Namun sebenarnya semua karakter dalam Hoala Koala ini mewakili karakter yang sering dijumpai anak anak dalam kehidupan nyata. Di mana setiap orang memiliki sifat masing masing dan kita tidak boleh menilai orang lain hanya berdasar penampakan luarnya saja. Setiap orang pasti memiliki kelebihan namun juga memiliki kekurangan.

Di Channel youtube Hoala Koala kita dapat menyaksikan kurang lebih 45 lagu untuk anak. Lagu lagu ini bisa dibilang sederhana dari sisi lirik, namun tidak dengan musiknya. Pada setiap video dilengkapi dengan narasi yang menjelaskan isi lagu, yang dapat dijadikan pengantar oleh orang tua saat akan mendengarkan lagu.

Lagu lagu pada Channel Youtube Hoala Koala ini mengisahkan kejadian sehari hari yang dialami oleh anak anak. Salah satu contohnya lagu anak anak dirumah saja yang diposting kurang lebih 5 bulan yang lalu. Lagu untuk anak-anak di rumah saja ini menceritakan kondisi anak anak di masa pandemi yang diliputi rasa bosan karena terus di rumah. Walaupun Hoala dan Koala merasa bosan di rumah dan ingin pergi jalan jalan, namun Hoala dan Koala tetap di rumah saja. 


Diharapkan anak anak yang memiliki perasaan yang sama dapat meniru Hoala dan Koala dengan tetap tinggal di rumah dan bertemu dengan teman dan guru secara online saja.

Lagu lagu Hoala Koala digarap sedemikian rupa sehingga tidak hanya cocok dinikmati oleh anak anak saja tapi juga dapat menghibur orang tua yang menemani anak menonton channel ini. Berbagai genre lagu seperti jazz, etnik, swing, j-pop hingga Big Band dimasukkan agar penonton tidak bosan bisa menikmati semua lagu yang disuguhkan.

Keseriusan dalam mengembangkan lagu untuk anak Indonesia ini tidak hanya dibuktikan melalui karya yang ciamik dan berkualitas, tapi juga dengan hadirnya lagu anak anak ini di berbagai platform musik seperti youtube, Spotify dan i-tunes. 

Keresahan para orang tua akan kebutuhan lagu anak yang memang benar benar untuk anak terjawab sudah. Kini giliran kita sebagai orang tua, apakah mampu mengontrol anak anak kita untuk menyaksikan konten yang sesuai dengan usia dan perkembangan mereka atau tidak.

Sungguh sangat disayangkan sekali jika kehadiran Hoala Koala yang menghadirkan lagu berkualitas untuk anak ini tidak mendapat dukungan dari para orang tua, karena konten konten positif seperti ini akan terus ada dan berkembang jika mendapat dukungan dari kita semua.


You May Also Like

1 komentar

  1. Nah, ini cocok banget untuk menemani anak saat di rumah pasti mereka senang banget dan gak bosan karena hoala dan koala ini menyediakan berbagai lagu dan animasi yang lucu, mantap.

    ReplyDelete