9 Kemudahan bersedekah melalui Infak.In

by - 11:06:00 PM

Infak.in donasi infak sedrkah mudah praktis dan transparan

Bicara tentang sedekah, ada banyak amalan sedekah sederhana yang bisa kita lakukan. Tak perlu menunggu kaya untuk sedekah, karena sedekah tak melulu berupa materi, dengan tenaga atau pikiran pun kita dapat melakukan sedekah. 

Berbuat baik dan bersedekah itu menyangkut dua hal yang pertama kemampuan dan yang kedua kesempatan.

Ada orang yang diberi kemampuan untuk berbuat kebaikan. Secara harta cukup dan mampu untuk bersedekah, namun karena tidak punya waktu dan kesempatan maka dia tidak bisa melakukan kebaikan.

Yang kedua, kebaikan itu adalah kesempatan. Ada kalanya kita menjumpai orang yang membutuhkan bantuan, namun apa daya kita sendiri tidak mampu untuk menolong. 

Berbahagialah orang orang yang bisa mendapatkan keduanya, yang berarti kebaikan kebaikan selalu menghampiri dirinya.

Lalu apakah kita tidak bisa mengejar kesempatan dan 'kemampuan' itu? Tentu saja bisa, asalkan kita lebih peka dengan apa yang ada di sekitar kita. Sebuah kisah menceritakan, bahwa menepikan duri dari jalan saja sudah merupakan sedekah bukan?

Nah di zaman yang serba praktis ini, kita dimudahkan untuk melakukan sedekah dengan cara online. Beberapa platform sedekah mengharuskan kita untuk install aplikasi terlebih dahulu. Hal ini menjadi kelemahan tersendiri, jika memiliki hape dengan spek yang tidak terlalu tinggi.

Untunglah, di awal Ramadan ini telah diluncurkan platform sedekah berbasis Web yaitu Infak.In.

Saya menjadi salah seorang yang mendapat kehormatan untuk menjadi peserta zoom dalam rangka peluncuran platform infak dan sedekah Infak.In

Dalam launching ini menghadirkan Ustad Nashirudin dari Dewan Syariah, Hamas Syahid yang merupakan aktor film dan juga Hafiz Quran serta Bapak Agung Wijayanto yang merupakan Presdir Laznas LMI.

Dalam tausiahnya Ustad Nashirudin menyampaikan bahwa bersedekah itu seumpama menanam sebutir biji yang kemudian tumbuh menjadi tujuh tangkai. Dan masing masing tangkainya berbuah 100 butir.

Jadi satu kali sedekah pahalanya akan dilipatkan menjadi 700 kali. Padahal kelipatan itu untuk hari hari biasa. Bisa dibayangkan jika kita bersedekah disaat bulan Ramadhan, maka pahalanya akan jauh lebih berlipat ganda.


Ustad Nashirudin juga menyampaikan bahwa, setiap subuh ada dua malaikat pendamping manusia yang turun ke bumi. Salah satunya berdoa kepada Allah, barang siapa yang berinfak dipagi hari diniatkan karena Allah, maka Allah akan menggantinya.

Sedangkan malaikat satunya juga berdoa, barang siapa yang menahan hartanya maka akan mendapatkan kerugian.

Betapa besar manfaat sedekah saat subuh, selain didoakan malaikat, melapangkan hati juga menambah optimisme dalam menjalani hari.

Saat berinfak atau bersedekah, secara matematika harta kita akan berkurang. Namun tidak demikian dengan rumus matematika Allah. Karena dengan berinfak di jalan Allah sama artinya kita sudah meminjamkan harta kita kepada Allah. Yang sudah pasti akan kembali dan balasannya tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat.

Allah akan mengembalikan pinjaman kita itu dalam berbagai bentuk. Baik materil maupun non materi. Bisa jadi setelah bersedekah harta kita tidak bertambah secara drastis, namun kita dianugerahi keluarga yang sehat, anak yang soleh dan soleha dan kebahagiaan lain yang tidak bisa di ukur dengan uang.

Dengan berinfak, kita memberikan harta kita untuk dimanfaatkan oleh orang lain tapi kita juga mendapatkan manfaatnya.

Pada sesi selanjutnya Hamas Syahid seorang aktor film yang juga hafiz Quran, menceritakan bahwa pada usia 3,5 tahun beliau sudah hafal jus 30. Dan pada usia 6 tahun mulai melakukan hafalan bersama sang ibunda. Masyaallah, semenjak usia dini sudah diperkenalkan dengan Al Quran, tak heran jika Hamas Syahid menjadi seseorang yang tumbuh dengan mencintai Al Quran.

Untuk menghafal Al Quran, kita harus berazzam yang kuat, sedangkan metode mana yang paling baik, itu terserah dengan diri kita sendiri. Kitalah yang paling tau dan bisa merasakan metode mana yang membuat kita lebih mudah menghapal.

Menurut Hamas Syahid, lebih mudah menghapalkan Al Quran bila dibandingkan dengan menjaga hapalan. Oleh karena itu, untuk menjaga hapalan sebaiknya rajin rajin untuk melakukan murojaah.



Acara selanjutnya yaitu sambung ayat yang dilakukan oleh Hamas Syahid melalui live IG. Sambung ayat ini dilakukan bersama beberapa peserta IG live dengan cara bergantian. Senang sekali melihat anak muda yang semangat mencintai Al Quran seperti mereka.

Selanjutnya Bapak Agung Wijayanto selaku Presdir LMI menjelaskan bahwa LMI adalah lembaga zakat nasional yang sudah berkiprah selama lebih dari 25 tahun. Dalam kurun waktu itu jutaan orang sudah di bantu dan lebih dari setengah trilyun dana umat dibagikan pada yang berhak.

Sungguh bukan angka yang kecil dibutuhkan komitmen tinggi dan kesungguhan hati agar semuanya berjalan sebagaimana mestinya.

Bapak Agung Wijayanto juga mengatakan bahwa sebagian besar Amil.di LMI adalah para pemuda Millenial yang mencintai Al Quran.

Dan salah satu bentuk mencintai Al Quran adalah mencintai bumi tempat kita berpijak. Dan kini, sudah saatnya para pemuda ini berkiprah untuk bangsa. 

Ada banyak cara untuk mencintai bangsa ini, salah satunya adalah dengan berinfak. Melalui infak, dana yang terkumpul dapat dikelola dengan baik yang nantinya akan kembali pada yang membutuhkan.

Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan untuk kemudahan berinfak, LMI meluncurkan platform donasi berbasis Web yaitu : Infak.In.

Berikut ini beberapa kemudahan yang diberikan oleh Infak.In

1. Platform Donasi berbasis web, jadi tak perlu instal aplikasi.

2. Nama Infak.In cukup singkat dan mudah di ingat. 

3. Dapat menerima pembayaran melalui mBanking dan Gopay.

4. Pembayaran melalui m banking menggunakan nomor virtual account sehingga tidak ada biaya transfer

5. Pembayaran melalui Gopay, sama seperti transfer antar Gopay, tidak dikenai biaya.

6. Kita dapat berinfak semampunya tanpa batasan minimal.

7. Kita dapat berinfak kapanpun, dengan mudah, cepat dan praktis.

8. Kita dapat melihat nama kita di daftar rekapan donasi setelah melakukan transfer.

9. Kita juga akan mendapatkan notifikasi melalui pesan whatsapp, jika sedekah kita telah masuk ke rekening Infak.In.

Kemudahan yang ditawarkan untuk berinfak ini selaras dengan moto Infak.In yaitu mudah dan transparan. Oh ya, jika kita tidak berkenan nama kita di pajang di daftar rekapitulasi donasi, kita bisa menggunakan nama samaran. 

Saya sendiri juga menggunakan nama samaran, karena saya lebih nyaman seperti itu.

Nah itulah berbagai kemudahan yang diberikan oleh Infak.In untuk berinfak dan bersedekah. Tentu saja ini menjadi kesempatan kita untuk berinfak dengan mudah dan praktis. Sayang sekali jika kita melewatkan kebaikan ini, apalagi jika kita diberi kemampuan.

Berikut ini langkah langkah berinfak melalui Infak.In
1. Ketikkan Infak.In pada browser anda.
2. Pada layar akan muncul beberapa pertanyaan yang hatus teman teman isi, meliputi Nam lengkap, email, no hape dan nominal.
3. Di halaman selanjutnya ada pilihan pembayaran. Yaitu 3 bank dan satu e wallet yaitu Gopay. 
4. Untuk pembayaran Gopay, setelah anda tap pembayaran menggunakan Gopay, maka anda akan langsung dialihkan ke aplikasi Gopay.
5. Setelah melakukan konfirmasi dan bayar, kemudian tekan PIN Gopay
6. Alhamdulillah, infak dan sedekah anda sudah masuk ke Infak.In. Tunggu beberapa saat, anda akan mendapatkan pesan konfirmasi melalui pesan whatsapp.



Untuk teman teman yang ingin mendapatkan informasi lebih dalam tentang infak.in bisa melihat ke sosial medianya langsung, yang ada di bawah ini

Instagram : @Zakato_org

Tiktok : @Zakato_org

Twitter : @LMIZakat

Facebook : Lembaga Manajemen Infak

FP : Zakato dan

Youtube : Zakato

Semangat berinfak ya teman teman, terkadang kita tak perlu menunggu kebaikan datang menghampiri kita tapi kita harus menjemput kebaikan itu melalui berinfak dan bersedekah. Semoga berkah. Amiin

You May Also Like

83 komentar

  1. Hamdalah, seneeng banget ada inovasi kayak INFAK.IN ini
    ngebantu para pemilik HP jadul, supaya ga perlu ribet instal app ye kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa merutinkan infak tiap subuh nih
      kerenn, makasiii INFAK.IN

      Delete
    2. iya nih mbak, bisa sedekah rutin tanpa mberat mberatin hape kalo gini...

      Delete
  2. wooo... mudah banget nih mbak cara sedekahnya. Dah gak perlu instal2 juga ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa... praktis dan memudahkan banget kalau sedekah lewat infak.in

      Delete
  3. Sekarang untuk bersedekah emang lebih mudah ya kak. Seneng sekali dengan adanya aplikasi seperti Infaq.in ini. Apalagi transfernya jg mudah dr ewallet atau perbankan. Ngga repot lagi deh ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalau gampang gini sedekah jadi semangat ya...

      Delete
  4. Memudahkan kita untuk bersedekah ini mbak, terima kasih atas informasinya ya mbak

    ReplyDelete
  5. Suenenggg banget ada platform donasi online seperti ini
    anti ribet ribet club!

    ReplyDelete
    Replies
    1. benerrr... anti ribet ribet club seneng sama yang praktis begini

      Delete
  6. Indah banget ya perumpamaan sedekah itu ibarat satu kebaikan yang akan bertumbuh bercabang hingga 700 kali lipat. Masya Alloh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, apalgi di bulanramadhan seperti sekarang ini. Pahalanya berlipat lipat lagi...

      Delete
  7. Asik banget sekarang ada aplikasi seperti INFAK.IN.. memudahkan orang-orang yang ingin bersedekah.. karena memang terkadang aku pun bingung saat mau menyalurkan sedekah. Kalau ada INFAK.in gak perlu bingung lagi, pastinya disalurkan ke orang2 yang tepat ya kan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar, karena pengelolanya sudah 25 tahun berkecimpung sebagai Lembaga Amil dan Zakat Nasional, jadi no worries dah...

      Delete
  8. Baru tahu nih ada infak.in. Biasanya ya aku ke Yayasan yg aku tahu aja sih.
    Coba deh, kan lebih praktis yaa. Trims infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, kalau sewaktu waktu pengen sedekah langsung infak.in aja...

      Delete
  9. Sedekah subuh saya pake kaleng bekas kue The Harvest. Tapi pake Infak.in lebih mudah ya. Tertarik untuk mencoba sedekah via Infak.in nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, lebih cepat sampainya kalau lewat infak.in karena dititipkan ke amilnya langsung

      Delete
  10. Wadah untuk infak atau sedekah yang berbasis website memang membantu orang-orang yang HP nya nggak kuat diisi banyak aplikasi. Semoga berkah selalu ya, Infak.In.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mempermudah banget, jadi lebih gampang kalau mau sedekah...

      Delete
  11. Sekarang lebih mudah lagi bayar zakat dan sedekah lewat infakin. Semoga tetap semangat buat sedekah karena inilah kunci meraih pahala

    ReplyDelete
  12. senang yaa mba jakau kita bisa terbantu dalam memberikan infak dan sadakah dengan platform online yang praktis ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, rasanya kalau habis sedekah itu ada rasa bahagia yang mengalir...

      Delete
  13. Menurut daku infak.in ini memang memudahkan kita yang ingin bersedekah, tanpa terhalang nominal minimal dan simple melalui web saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semampunya saja. Tiba tiba pingin sedekah, ya udah tinggal buka browser aja gapake lama

      Delete
  14. Masya Allah, tak perlu menunggu kebaikan. Kita yg harus mencari kesempatan untuk mendapatkan kebaikan itu, salah satunya dgn berinfak. *tjakepppp
    Baru pertama ini tau ada platform sedekah tanpa harus instal aplikasi. Ada cara infak pakai dompet digiyal pula. Terima kasih.

    ReplyDelete
  15. Sedekah zaman now praktis banget. Bisa online. Semoga bisa amanah dan benar dalam penyalurannya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaallah amanh, karena sudah 25 tahun menjadi amil zakat dan sedekah nasional...

      Delete
  16. Wah inovasi nya keren nih, bener-bener memudahkan orang-orang yang ingin berinfak tanpa harus repot pergi ke yayasan, tinggal transfer aja deh hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sewaktu waktu ingin sedekah tinggal transfer aja...

      Delete
  17. kemarin saya lihat banyak temen2 yang sudah cobain dan nulis tentang ini, mba. kalau buat saya, saya juga setuju nih, yang penting lembaganya tuh amanah dan legalitasnya jelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaallah amanh karena sudah 25 tahun sebagai amil zakat nasional...

      Delete
  18. Bersedekah makin gampang ya sekarang, bahkan bisa memanfaatkan teknologi. Infakin ini platformnya gampang banget gak perlu pakai instal aplikasi jd gk menuh2in memori hape ya mbak. Gk bikin males infak nih tinggal buka browser aja. Yg ngurusin jg lembaga yang amanah yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, lembaganya sudah menyalurkan dana ke lebih dari satu juta orang...

      Delete
  19. Alhamdulillah,
    Barakallahu fiikum. Senang sekali bisa mengenal Infak.in sehingga mengajarkan kepada kita semua bahwa bersedekah gak harus menunggu uang terkumpul banyak dulu. Nyatanya, bisa sesimple ini yaah...

    ReplyDelete
  20. Banyak banget ya manfaat berinfak gak cuma buat diri sendiri namun buat sesama. Kita memang harus menjadikan aktivitas ini sebagai hal yg biasa utk sehari2 apalagi kalau berinfak sangat gampang kyk skrng, salah satunya melalui platform infakin ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kemudahan berinfak bisa membawa infak sebagai kebiasaan yang ringan untuk dilakukan...

      Delete
  21. Wah jadi mudah banget yaa, gak perlu repot lagi. Tidak memberatkan para pemberi infak dan yang penting harus iklas berapa pun ini.

    ReplyDelete
  22. Di tempat saya infak masih manual, hanya masukin uang ke kotak amal yang ada di maajid. Tapi kan seringnya lupa kalau ke masjid ya gak bawa uang. Mending pakai infak in aja nih ya. Lebih mudah dan praktis, terus bisa banget kapan aja dan di mana aja.

    ReplyDelete
  23. Artha Nugraha JonarApril 18, 2021 at 11:35 AM

    Sudah saatnya memang berbagai hal didigitalisasi, termasuk juga infak. Tujuannya pastinya untuk memberikan kemudahan bagi kita. Keren banget ini infakin bisa mewujudkannya. Semoga infakin semakin berkembang dan bisa membantu lebih banyak orang lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin...semoga kemudahan ini membuat orang orang jadi terketuk untuk rajin bersedekah...

      Delete
  24. Alhamdulillah, wadah berbagi semakin canggih. Drngan infak ini bisa sedekah tanpa harus orang tahu. Jadi pahalanya penuh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa... namanya bisa disamarkan, tapi kita dapat notif kalau sudah melakukan infak...

      Delete
  25. Alhamdulillah, kita makin dimudahkan ya dengan adanya platform infak.in ini. Hendak menyalurkan sedekah maupun infaq bisa dilakukan kapan saja tanpa harus keluar dari rumah.

    ReplyDelete
  26. Enak banget, Mbak, kalau bisa sedekah online dengan cara begini. Langsung klik infak.in di browser, ga perlu instal aplikasi segala, jadi praktis. Buat generasi jadul juga gampang. Apalagi langsung dikasih notif di WA. Alhamdulillaah, sangat memudahkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Alhamdulillah banget, kalau gini sewaktu waktu berinfak jadi lebih gampang...

      Delete
  27. Alhamdulillah ya dengan infak.in bersedekah jadi lebih mudah, bisa menggunakan berbagai alat pembayaran yang mudah dan praktis, banyak jalan menuju kebaikan

    ReplyDelete
  28. Platform donasi berbasis web kini makin marak ya. Memudahkan kita untuk menyalurkan donasi apalagi di saat Ramadan di kondisi pandemi seperti ini.

    Bisa bayar pakai gopay, menarik juga ini.

    ReplyDelete
  29. Masya Alloh sekarang banyak banget ya mb cara mudah berinfaq, semoga menambah amalan kita di bulan Ramadan, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin ... memang Infakin ini memudahkan banget...

      Delete
  30. alhamdulillah seneng deh makin kesini kita makin dimudahkan untuk bersedakah dan berinfak, kadang suka bingung mau sedekah kemana, tapi dengan inovasi kaya gini makin gampang dan gak bingung lagi deh jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bersedekah makin gampang kan? Tengah malam pun bisa...

      Delete
  31. Pakai aplikasi Infaq.in kayak gini kalo mau sedekah jadi lebih mudah ya kak, Alhamdulillah sekarang lebih dimudahkan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, beer banget, Sayang kalau tidak memanfaatkan kemudahan ini..

      Delete
  32. jadi lebih mudah kalau mau berinfak, basis web dan online sehingga lebih mudah untuk bertransaksi. Cocok banget dikeadaan seperti ini

    ReplyDelete
  33. basis website membuat semua orang mudah untuk mengaksesnya, apalagi dimasa pandemi, semua orang pengennya online aja biar gampang

    ReplyDelete
  34. Sedekah Shubuh di masa pandemi seperti sekarang jadi lebih mudah ya Mbak lewat Infak.in
    Enggak perlu keluar rumah udah bisa infak di pagi buta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa... buat ibu ibu macam kita sesuatu banget InfakIn ini, dari dalam rumah pun bisa sedekah..

      Delete
  35. Keren banget ini situsnya. Benar-benar memudahkan orang untuk berdonasi apalagi untuk sedekah Subuh.

    ReplyDelete
  36. Kekuatas Zakat, infak, sedekah, itu memang luar biasa. Sering banget paginya saya sedekah misalnya, siangnya ada aja tawaran job atau transferan masuk.

    Ngomongin soal praktis, emang lebih efisien bagi kita yang nggak bisa turun langsung menyalurkan sedekah dengan menitipkan pada lembaga yang terpercaya seperti infak.in

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, gak pernah ada ruginya kalau kita bersedekah..

      Delete
  37. Enak banget bersedekah rasanya rezeki lancar terus baik rezeki kesehatan, umur, dan materi. Cocok banget nih Infak.In tempat untuk bersedekah dan disalurkan ke kaum duafa dan orang tak mampu

    ReplyDelete
  38. benar banget mbak, sedekah dgn INFAKIN ini mudah sekali, nggak sampai 5 menit lho prosesnya
    bayarnya pun mudah

    ReplyDelete
  39. Jalan nya udah dipermudah ya teh , melalui infaq.in , semoga selalu ada rezeki nya , agar bisa selalu berbagi dengan sesama ya ka ,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin, insyaallah jika kita ada niat bakalan ada kemudahan

      Delete
  40. Infak.in ini beneran ngebantu banget agar kita bisa infak atau sedekah kapan saja terutama sebelum shubuh karena keistimewaannya. Trus jumlahnya bebas nggak ada minimal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, infak sewaktu waktu jadi lebih gampang ya...

      Delete
  41. enaknya hidup di jaman now, semua kegiatan bisa menggunakan teknologi internet. sehingga untuk berinfak pun tidak perlu bersusah payah, cukup akses infak.in saja.. Apalagi sekarang bulan Ramadhan, saat yang tepat untuk memperbanyak amal ibadah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makin dimudahkan, semakin praktis semoga kita juga semakin bersemangat untuk sedekah

      Delete