7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Lensa Kontak

by - 2:02:00 PM


Bicara tentang softlens atau lensa kontak kini bukan hal yang baru lagi Tidak hanya di kota besar, pengguna lensa kontak sudah sampai ke desa desa. Dan pesatnya informasi membawa turut serta lensa kontak sebagai bagian dari fashion sampai ke pelosok desa.

Awalnya lensa kontak ini diciptakan sebagai pengganti kaca mata atau hanya digunakan oleh orang orang yang memiliki penglihatan yang tidak normal saja. Seiring dengan berkembangnya waktu, lensa kontak digunakan sebagai pelengkap fashion.

Ada yang menggunakan lensa kontak untuk menyesuaikan dengan warna rambut, pakaian atau bahkan untuk tema tema tertentu. Memang dengan berubahnya warna lensa mata membuat penampilan kita jadi terlihat beda. Tergantung kesan yang ingin di tonjolkan.

Sedangkan untuk anda yang memiliki gangguan penglihatan mata baik itu rabun jauh, rabun dekat atau gangguan mata lainnya, pastikan anda mengunjungi dokter mata terlebih dahulu untuk mendapatkan resep softlens yang sesuai dengan kondisi mata anda.

Menggunakan lensa kontak memang lebih praktis apabila dibandingkan dengan menggunakan kaca mata. Apalagi jika anda yang aktif bergerak, baik untuk aktivitas sehari hari maupun olah raga. Dengan menggunakan lensa kontak pandangan anda juga lebih luas dan tidak terganggu gagang kaca mata.

Semakin banyaknya pengguna lensa kontak untuk kebutuhan fashion, mendorong munculnya brand brand baru dan berbagai invoasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Untuk itu, sebelum membeli lensa kontak pastikan anda memperhatikan hal hal berikut ini :

1. Ketahui kondisi mata

Sebelum memutuskan untuk membeli softlens, ketahui dahulu kondisi mata anda. Apakah dalam keadaan normal atau ada gangguan, karena banyak orang tidak menyadari kalau kondisi mata sudah tidak normal. Hal ini dikarenakan gejala yang dirasakan karena perubahan kondisi mata tersebut kadang berupa pusing, mual, bahkan migrain/sakit kepala sebelah. Bila anda merasakan gejala tersebut tak ada salahnya memeriksakan diri terlebih dahulu kondisi mata anda, agar lebih mudah memilih lensa kontak yang sesuai kebutuhan anda.

2. Cari referensi atau rekomendasi.

Jangan sungkan untuk bertanya pada orang orang yang sebelumnya sudah menggunakan lensa kontak. Walaupun kondisi mata setiap orang tidak sama tapi pengalaman langsung dari orang lain dapat memberikan insight baru. Banyak membaca dan bertanya juga dapat memberikan informasi mengenai teknologi terbaru yang sudah muncul di pasaran.

3. Pelajari cara merawat softlens yang baik

Sebelum membeli softlens tak ada salahnya mempelajari cara merawat softlens yang baik. Mengingat, softlens tersebut nantinya kita pasang di tempat yang sangat sensitif dan softlens sendiri merupakan barang yang harus dijaga dengan hati hati agar tidak rusak. Jangan sampai salah penanganan yang akan merugikan kita sendiri. Apakah itu menyebabkan iritasi pada mata atau menimbulkan kerusakan pada lensa kontak, sehingga kita harus mengeluarkan uang ekstra untuk melakukan pengobatan atau membeli lensa kontak yang baru.

4. Pilih lensa kontak yang nyaman.

Kenyamanan merupakan hal penting dalam memilih sotlens, karena mata merupakan organ vital. Apabila kenyamanan mata terganggu maka akan mengganggu aktivitas kita sehari hari. Lebih baik memilih softlens yang nyaman daripada memilih softlens karena menuruti keinginan saja. Untuk softlens yang tipis lebih nyaman digunakan daripada yang tebal. Namun softlens tipis juga rentan sobek bila dibandingkan dengan yang tebal. Sehingga resiko membeli yang baru lebih besar, namun jika pandai merawatnya, tentunya tebal atau tipisnya lensa kontak tak akan jadi masalah. Lensa kontak yang memiliki kadar air tinggi juga lebih nyaman digunakan dari pada lensa kontak berkadar air rendah.

5. Jangan tergiur harga murah, pilih lensa kontak yang berkualitas.

Semakin banyaknya pengguna softlens mendorong produsen baru yang perlu ditanyakan kualitasnya. Oleh karena itu sebelum membeli kontak lensa pastikan bahwa brand yang akan anda gunakan itu adalah brand yang mengeluarkan produk produk yang berkualitas. Jangan membeli lensa kontak sembarangan, dan pastikan lensa kontak yang anda beli masih tersegel dengan baik.

6. Perhatikan tanggal kadaluwarsa.

Saat membeli lensa kontak, pilih yang tanggal kadaluarsanya masih lama. Kalau perlu, catat tanggal pembelian dan tanggal kadaluwarsanya sekaligus. Agar kita tahu berapa lama lensa kontak tersebut terpakai dan kapan saatnya pensiun.

7. Beli lensa kontak sesuai kebutuhan.

Jika anda membutuhkan lensa kontak untuk satu moment spesial saja, anda bisa menggunakan lensa kontak yang sekali pakai atau disposable lenses. Jika anda menggunakan lensa kontak untuk kebutuhan sehari-hari anda bisa membeli lensa kontak yang bisa digunakan berulang ulang. Namun jika anda pengguna lensa kontak yang butuh kepraktisan dan selalu menginginkan kondisi yang terjaga higienitasnya, anda juga bisa menggunakan daily disposable lenses, resikonya hanya anda perlu menyetok lebih banyak lensa kontak untuk memenuhi kebutuhan anda.

Lensa kontak berkualitas tidak hanya nyaman digunakan tapi juga menjaga kesehatan mata si pengguna. Selain kadar air yang cukup, kemampuan sirkulasi dan penyerapan oksigen juga harus diperhatikan saat membeli lensa kontak.


Miacare, adalah brand lensa kontak dari perusahaan optik terunggul dari Taiwan, yaitu Ben Q yang sejak tahun 2014 telah menghadirkan lensa kontak berbahan Silikon Hidrogel (SiHy). Silicone Hydrogen sendiri adalah bahan yang memungkinkan transmisi oksigen tinggi sehingga membuat mata lebih nyaman. Sirkulasi udara untuk mata juga lebih lancar sehingga pandangan mata tetap bersih dan jernih.

Berikut ini kelebihan Miacare yang menggunakan lensa kontak Silicone Hydrogel :

1. Lensa Kontak Miacare dengan SiHy diproduksi dengan teknologi revolusioner, yaitu Teknologi baru, Eautrasil Technology. Teknologi EautraSil ini dapat melindungi mata dari sinar UV. Selain itu, dalam pemberian warna juga mengunakan titik lebih halus sehingga menghasilkan pandangan yang tetap jernih dan meminimalisir alergi dan iritasi mata.

2. Teknologi Silicone Hydrogen adalah lensa yang mengandung air namun oksigen diangkut oleh polimer yang terdiri dari rantai molekul silikon. Dengan demikian, tingkat permeabelitas oksigennya lebih tinggi bia dibandingkan dengan lensa hidrogen yang mengangkut oksigennya melalui kandungan air yang ada di dalamnya.

3. Oxygen transmissibility atau tingkat transmisi oksigen atau DK/t yang bisa dikatakan sebagai sirkulasi dan penyerapan oksigen lensa kontak dari Miacare adalah yang tertinggi di dunia. Terutama untuk tipe CONFiDENCE Monthly (Flash) yaitu sebesar Dk/t 193. Sedangkan untuk tipe CONFiDENCE Daily (Shimmer) tertinggi di kelasnya yaitu sebesar Dk/t 151.

4. Miacare memiliki desain yang unik, yaitu jika diperbesar maka akan seperti pori pori. Hal ini membuat mata tidak cepat lelah, sirkulasi oksigen lebih lancar dan meningkatkan Water Contain pada lensa. Lensa yang terbuat dari hydrogel mampu menyerap air yang ada di sekitarnya sehingga lensa tetap lembut dan lunak. Selain itu softlens dengan kadar air tinggi memiliki pori-pori sehingga oksigen bisa melewati lensa dan masuk ke kornea mata. Hal ini membuat softlens dengan kadar air tinggi membuat mata lebih nyaman.

5. Miacare merupakan satu-satunya softlens warna Sylicone Hydrogel (SiHy). Pemberian warna menggunakan teknologi dotting atau titik titik halus yang diletakkan pada lapisan tengah sehingga aman untuk mata. Untuk diketahui, lensa kontak dari Miacare ini terdiri dari tiga lapisan.

6. Teknologi yang canggih dalam produksi Miacare dengan bahan Sylicone Hydrogel ini membuat Miacare nyaman dipakai lebih dari 8 jam. Dan menjadikan Miacare sebagai softlens paling sehat dan alami sehingga menjadi No.1 Healthy and Charming Softlens in The world.

Ada dua tipe softlens Miacare yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda, yaitu :

1. Miacare CONFiDENCE Shimmer (daily)


Softlens yang digunakan untuk harian ini memiliki kadar air/ Water Content sebesar 49%. Dengan menggunakan teknologi Eutrasil Plus, kontak mata ini memiliki Oxygen Transmissibility : DK/t 5. Tersedia dalam 3 varian warna yaitu Shimmer Blue, Shimmer Grey, dan Shimmer Hazel. Dalam setiap kemasannya berisi 10 pcs. Softlens Miacare tipe CONFiDENCE Shimmer ini terdaftar di Kemenkes RI dengan Nomor Reg AKL : 21204021759.

2. Miacare CONFiDENCE Flash (Monthly)


Softlens ini memiliki kadar air/ Water Content sebesar : 45%. Dengan menggunakan Teknologi Eutrasil Plus, CONFiDENCE Flash ini memiliki DK/t : 93. Tersedia dalam 3 pilihan warna yaitu : Flash Pink, Flash blue, dan Flash Grey. Dalam setiap kemasannya berisi 2 pcs.

Nah teman teman, itulah beberapa informasi dari softlens tersehat dan alami Miacare. Sebagai satu-satunya Softlens warna SiHy, tak ada salahnya menjadikan Miacare sebagai pelengkap fashion anda agar stampil semakin menarik dan trendy.




You May Also Like

41 komentar

  1. Nah, iniiii
    Banyak yg abai soal gimana merawat contact lens ya Mba

    Padahal, super duper penting untuk paham seputar hal ini.
    Makasiii artikelnya mba
    Pencerahan banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mbak, soalnya lensa kontak kan untuk organ vital, yaitu mata. kudu ekstra merawatnya

      Delete
  2. Pastinya kita kudu selektif dan detail banget kalo memilih lensa kontak ya.

    Suka banget dengan Miacare didesain dengan menggunakan pola dot matrix yang eksklusif, yang dapat membaur secara alami dengan warna mata Anda, menyisihkan ruang yang mencukupi untuk dilalui oksigen sehingga memberikan kenyamanan sempurna untuk mata Anda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bangeet... iya mbak, desainnya dibuat senyaman mungkin buat mata

      Delete
  3. memang harus hati2 dan teliti kalau memilih lensa kontak
    saya sih dulu masih suka
    sekarang gak telaten
    tapi katanya kalau teliti memilih produk, nyaman juga tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai yang sekali pakai saja mbak, gak usah repot repot merawat hehehe

      Delete
  4. Jadi pengen nyobain pakai softlens Miacare deh, apalagi saya sudah lama pengen banget pakai softlens, cuman nggak pernah berani karena banyak selentingan yang beredar kalau pakai softlens itu berbahaya.

    Padahal mah asal tau cara-caranya, dan terus menjaga kebersihan mata, insya Allah aman-aman aja ya.

    Terlebih mata saya memang minus dan kalau pakai kacamata suka sakit kepala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, yang penting tau cara do and dontsnya dan jangan beli yang abal abal, insyaallah aman..

      Delete
  5. Liat deretan pilihan warna softlensnya saya jadi tergiur untuk mencoba. Cakep-cakep dan terlihat sangat alami dan natural. Apalagi dilengkapi dengan berbagai kenyamanan dan keamanan untuk para pengguna. Rangkaian nilai plus yang tentu saja sangat menyenangkan dan menjamin kesehatan mata.

    ReplyDelete
  6. Aku sampe sekarang gak pernah tau rasanya make softlens itu gimana. Padahal aslinya pengen.... Tapi kok takut.. Hahahah... Tapi sepertinya miacare ini bagus dan aman ya mba... Jadi pengen nyoba juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, cari yang aman seprti miacare, jangan yang abal abal..

      Delete
  7. Miacare ini softlens dengan teknologi aman dan sehat ya
    Jadinya mata tidak mudah iritasi
    Belum pernah nyobain softlens, tapi kok rasanya pengen nyoba pakai hihi
    Siapa tahu cocok kan XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja gapapa, yang penting tau cara menggunakannya dan cara merawatnya...

      Delete
  8. Setuju, jangan tergiur harga murah
    Juga harus memperhatikan tips memilih lensa kontak
    Jangan sampai seperti salah seorang sepupu yang sekarang divonis gak boleh pakai lensa kontak karena lensa kontak yang dia beli malah bikin iritasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh serem banget Bun, emang kudu ekstra hati hati kalau pakai lensa kontak

      Delete
  9. Saya sangat khawatir menggunakan lensa kontak,pernah sekali pakai karena ada undangan event dari produk lensa kontak. Banyak banget memang yang harus diperhatikan sebelum memilih ya, sedikit sensitif juga nih karena barhubungan dengan mata.

    ReplyDelete
  10. Konon memilih lensa kontak mata atau soft lens menggunakan panduan yang pas dan sesuai agar aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, asalkan sesuai aturan dan produknya terpercaya pasti baik baik saja

      Delete
  11. wah emang ya mbak soflens itu bisa mempercantik penampilan
    tapi memang harus pilih kualitas ya baik
    seperti miacare ini ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kualitas yang baik seperti Miacare dan tau bagaimana cara merawatnya

      Delete
  12. Dapat rekomendasi seperti ini untuk memilih soflens memang yang dicari ya kak, karena kalau berdasarkan pengalaman bisa dipertimbangkan mungkin aja cocok juga untuk kitanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, biasanya rekomendasi dari yang berpengalaman lebih dipercaya

      Delete
  13. Pakai lensa kontak memang lebih praktis daripada kaca mata, tapi penting untuk memperhatikan lensa kontak seperti apa yang sebaiknya dipakai, supaya kesehatan mata tetap terjaga ya mbak. Saya baru tahu softlens Miacare, terima kasih informasinya. Semoga bisa saya jadikan referensi ke teman yang lagi cari softlens.

    ReplyDelete
  14. Membaca kelebihan lensa kontak Silicone Hydrogel dari Miacare ini jadi percaya deh, gak ada cerita perih-perih di mata, gak ada cerita iritasi, gak ada cerita gak nyaman, malah yang ada tambah cantik yaaa mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, teknologinya mutakhir. Insyaallah lebih nyaman dan aman buat mata

      Delete
  15. jadi pengen coba deh softlens brand ini. seringnya pakai brand satu lagi, baru berapa minggu pakai udah gak enak. kayaknya emang salah juga cara perawatannya.. dan yesss! jangan pernah tergiur beli softlens dengan harga murah yang gak jelas merknya. sayangi matamu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, sayangi mata jangan mudah tergiur harga murah

      Delete
  16. 5 hal yang dipaparkan di sini membuat saya lebih paham mengapa orang perlu lensa kontak dan memakainya. Memang harus tahu how to-nya, dan ini perlu dicatat dan diingat. BTW, saya jadi ingin coba juga, setidaknya pernah mencoba selama hidup.
    Makasih idenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, harus nyoba meskipun hanya sekali seumur hidup. Setidaknya kita tau bagaimana rasanya

      Delete
  17. Jadi ingat pengalamanku dulu sempat pakai lensa kontak karena aku merasa kelopak mataku semakin membesar karena kelamaan pakai kacamata. Waktu itu aku nggak pakai lensa kontak minus padahal mataku minus, trus juga mungkin kurang bersih saat penyimpanan sehingga lensa kontak yang kupakai sampai jamuran hehehe.
    Rasanya nggak nyaman saat dipakai bikin pedih gitu. Akhirnya aku berhenti pakai lensa kontak karena lebih sayang kesehatan mataku.
    Makasih sharingnya Mbak Retno.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pengalaman menarik mas, semoga kalau coba pakai lensa kontak lagi lebih hati hati ya...

      Delete
  18. Dulu saat awal2 ada lensa kontak aku kaget lho liat mantenan temanku yg biasanya pake kacamata tebal tetiba gak pake kacamata. Jadi cantiiiik banget. Eh ternyata pake lens contact.
    Tapi emang sekarang udah banyak pilihan sih. Gak boleh sembarangan pake lensa kontak. Bagus deh klo miacare ini. Bisa buat referensi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dicoba mbak untuk fashion biar tampilan kita beda dari sebelumnya

      Delete
  19. aku gak pernah beli lensa kontak, tapi informasi ini sangat bermanfaat karena aku bisa kasih tahu adikku saat dia akan beli nanti. Rencanya lebaran dia pengen beli lensa kontak, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalau informasinya bermanfaat mbak...

      Delete
  20. gimana ya rasanya pake softlens. saya kepengen tapi gak berani karena kebiasaan kucek mata tanpa sadar. hehe... ternyata pake softlens gak boleh sembarangan ya. ada aturannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, pahami dulu do and dontsnya biar mata kita tetap sehat dan aman

      Delete
  21. Suka heran kalau ada yang coba2 softlens dari internet gara2 iming2 harga murah dan nggak mempertimbangkan buat konsul dulu sama ahlinya di optik gitu😭 padahal mata bisa super sensitif kalau kemasukan benda asing.

    ReplyDelete
  22. karena ini menyangkut mata, saya tidak berani sembarangan.. saya sendiri pernah memakainya sekitar sepuluh tahun yang lalu. Saat itu hanya ada beberapa merek saja. namun saya lebih mengutamakan mutu...

    ReplyDelete