7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Lensa Kontak

by - 2:02:00 PM


Bicara tentang softlens atau lensa kontak kini bukan hal yang baru lagi Tidak hanya di kota besar, pengguna lensa kontak sudah sampai ke desa desa. Dan pesatnya informasi membawa turut serta lensa kontak sebagai bagian dari fashion sampai ke pelosok desa.

Awalnya lensa kontak ini diciptakan sebagai pengganti kaca mata atau hanya digunakan oleh orang orang yang memiliki penglihatan yang tidak normal saja. Seiring dengan berkembangnya waktu, lensa kontak digunakan sebagai pelengkap fashion.

Ada yang menggunakan lensa kontak untuk menyesuaikan dengan warna rambut, pakaian atau bahkan untuk tema tema tertentu. Memang dengan berubahnya warna lensa mata membuat penampilan kita jadi terlihat beda. Tergantung kesan yang ingin di tonjolkan.

Sedangkan untuk anda yang memiliki gangguan penglihatan mata baik itu rabun jauh, rabun dekat atau gangguan mata lainnya, pastikan anda mengunjungi dokter mata terlebih dahulu untuk mendapatkan resep softlens yang sesuai dengan kondisi mata anda.

Menggunakan lensa kontak memang lebih praktis apabila dibandingkan dengan menggunakan kaca mata. Apalagi jika anda yang aktif bergerak, baik untuk aktivitas sehari hari maupun olah raga. Dengan menggunakan lensa kontak pandangan anda juga lebih luas dan tidak terganggu gagang kaca mata.

Semakin banyaknya pengguna lensa kontak untuk kebutuhan fashion, mendorong munculnya brand brand baru dan berbagai invoasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Untuk itu, sebelum membeli lensa kontak pastikan anda memperhatikan hal hal berikut ini :

1. Ketahui kondisi mata

Sebelum memutuskan untuk membeli softlens, ketahui dahulu kondisi mata anda. Apakah dalam keadaan normal atau ada gangguan, karena banyak orang tidak menyadari kalau kondisi mata sudah tidak normal. Hal ini dikarenakan gejala yang dirasakan karena perubahan kondisi mata tersebut kadang berupa pusing, mual, bahkan migrain/sakit kepala sebelah. Bila anda merasakan gejala tersebut tak ada salahnya memeriksakan diri terlebih dahulu kondisi mata anda, agar lebih mudah memilih lensa kontak yang sesuai kebutuhan anda.

2. Cari referensi atau rekomendasi.

Jangan sungkan untuk bertanya pada orang orang yang sebelumnya sudah menggunakan lensa kontak. Walaupun kondisi mata setiap orang tidak sama tapi pengalaman langsung dari orang lain dapat memberikan insight baru. Banyak membaca dan bertanya juga dapat memberikan informasi mengenai teknologi terbaru yang sudah muncul di pasaran.

3. Pelajari cara merawat softlens yang baik

Sebelum membeli softlens tak ada salahnya mempelajari cara merawat softlens yang baik. Mengingat, softlens tersebut nantinya kita pasang di tempat yang sangat sensitif dan softlens sendiri merupakan barang yang harus dijaga dengan hati hati agar tidak rusak. Jangan sampai salah penanganan yang akan merugikan kita sendiri. Apakah itu menyebabkan iritasi pada mata atau menimbulkan kerusakan pada lensa kontak, sehingga kita harus mengeluarkan uang ekstra untuk melakukan pengobatan atau membeli lensa kontak yang baru.

4. Pilih lensa kontak yang nyaman.

Kenyamanan merupakan hal penting dalam memilih sotlens, karena mata merupakan organ vital. Apabila kenyamanan mata terganggu maka akan mengganggu aktivitas kita sehari hari. Lebih baik memilih softlens yang nyaman daripada memilih softlens karena menuruti keinginan saja. Untuk softlens yang tipis lebih nyaman digunakan daripada yang tebal. Namun softlens tipis juga rentan sobek bila dibandingkan dengan yang tebal. Sehingga resiko membeli yang baru lebih besar, namun jika pandai merawatnya, tentunya tebal atau tipisnya lensa kontak tak akan jadi masalah. Lensa kontak yang memiliki kadar air tinggi juga lebih nyaman digunakan dari pada lensa kontak berkadar air rendah.

5. Jangan tergiur harga murah, pilih lensa kontak yang berkualitas.

Semakin banyaknya pengguna softlens mendorong produsen baru yang perlu ditanyakan kualitasnya. Oleh karena itu sebelum membeli kontak lensa pastikan bahwa brand yang akan anda gunakan itu adalah brand yang mengeluarkan produk produk yang berkualitas. Jangan membeli lensa kontak sembarangan, dan pastikan lensa kontak yang anda beli masih tersegel dengan baik.

6. Perhatikan tanggal kadaluwarsa.

Saat membeli lensa kontak, pilih yang tanggal kadaluarsanya masih lama. Kalau perlu, catat tanggal pembelian dan tanggal kadaluwarsanya sekaligus. Agar kita tahu berapa lama lensa kontak tersebut terpakai dan kapan saatnya pensiun.

7. Beli lensa kontak sesuai kebutuhan.

Jika anda membutuhkan lensa kontak untuk satu moment spesial saja, anda bisa menggunakan lensa kontak yang sekali pakai atau disposable lenses. Jika anda menggunakan lensa kontak untuk kebutuhan sehari-hari anda bisa membeli lensa kontak yang bisa digunakan berulang ulang. Namun jika anda pengguna lensa kontak yang butuh kepraktisan dan selalu menginginkan kondisi yang terjaga higienitasnya, anda juga bisa menggunakan daily disposable lenses, resikonya hanya anda perlu menyetok lebih banyak lensa kontak untuk memenuhi kebutuhan anda.

Lensa kontak berkualitas tidak hanya nyaman digunakan tapi juga menjaga kesehatan mata si pengguna. Selain kadar air yang cukup, kemampuan sirkulasi dan penyerapan oksigen juga harus diperhatikan saat membeli lensa kontak.


Miacare, adalah brand lensa kontak dari perusahaan optik terunggul dari Taiwan, yaitu Ben Q yang sejak tahun 2014 telah menghadirkan lensa kontak berbahan Silikon Hidrogel (SiHy). Silicone Hydrogen sendiri adalah bahan yang memungkinkan transmisi oksigen tinggi sehingga membuat mata lebih nyaman. Sirkulasi udara untuk mata juga lebih lancar sehingga pandangan mata tetap bersih dan jernih.

Berikut ini kelebihan Miacare yang menggunakan lensa kontak Silicone Hydrogel :

1. Lensa Kontak Miacare dengan SiHy diproduksi dengan teknologi revolusioner, yaitu Teknologi baru, Eautrasil Technology. Teknologi EautraSil ini dapat melindungi mata dari sinar UV. Selain itu, dalam pemberian warna juga mengunakan titik lebih halus sehingga menghasilkan pandangan yang tetap jernih dan meminimalisir alergi dan iritasi mata.

2. Teknologi Silicone Hydrogen adalah lensa yang mengandung air namun oksigen diangkut oleh polimer yang terdiri dari rantai molekul silikon. Dengan demikian, tingkat permeabelitas oksigennya lebih tinggi bia dibandingkan dengan lensa hidrogen yang mengangkut oksigennya melalui kandungan air yang ada di dalamnya.

3. Oxygen transmissibility atau tingkat transmisi oksigen atau DK/t yang bisa dikatakan sebagai sirkulasi dan penyerapan oksigen lensa kontak dari Miacare adalah yang tertinggi di dunia. Terutama untuk tipe CONFiDENCE Monthly (Flash) yaitu sebesar Dk/t 193. Sedangkan untuk tipe CONFiDENCE Daily (Shimmer) tertinggi di kelasnya yaitu sebesar Dk/t 151.

4. Miacare memiliki desain yang unik, yaitu jika diperbesar maka akan seperti pori pori. Hal ini membuat mata tidak cepat lelah, sirkulasi oksigen lebih lancar dan meningkatkan Water Contain pada lensa. Lensa yang terbuat dari hydrogel mampu menyerap air yang ada di sekitarnya sehingga lensa tetap lembut dan lunak. Selain itu softlens dengan kadar air tinggi memiliki pori-pori sehingga oksigen bisa melewati lensa dan masuk ke kornea mata. Hal ini membuat softlens dengan kadar air tinggi membuat mata lebih nyaman.

5. Miacare merupakan satu-satunya softlens warna Sylicone Hydrogel (SiHy). Pemberian warna menggunakan teknologi dotting atau titik titik halus yang diletakkan pada lapisan tengah sehingga aman untuk mata. Untuk diketahui, lensa kontak dari Miacare ini terdiri dari tiga lapisan.

6. Teknologi yang canggih dalam produksi Miacare dengan bahan Sylicone Hydrogel ini membuat Miacare nyaman dipakai lebih dari 8 jam. Dan menjadikan Miacare sebagai softlens paling sehat dan alami sehingga menjadi No.1 Healthy and Charming Softlens in The world.

Ada dua tipe softlens Miacare yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda, yaitu :

1. Miacare CONFiDENCE Shimmer (daily)


Softlens yang digunakan untuk harian ini memiliki kadar air/ Water Content sebesar 49%. Dengan menggunakan teknologi Eutrasil Plus, kontak mata ini memiliki Oxygen Transmissibility : DK/t 5. Tersedia dalam 3 varian warna yaitu Shimmer Blue, Shimmer Grey, dan Shimmer Hazel. Dalam setiap kemasannya berisi 10 pcs. Softlens Miacare tipe CONFiDENCE Shimmer ini terdaftar di Kemenkes RI dengan Nomor Reg AKL : 21204021759.

2. Miacare CONFiDENCE Flash (Monthly)


Softlens ini memiliki kadar air/ Water Content sebesar : 45%. Dengan menggunakan Teknologi Eutrasil Plus, CONFiDENCE Flash ini memiliki DK/t : 93. Tersedia dalam 3 pilihan warna yaitu : Flash Pink, Flash blue, dan Flash Grey. Dalam setiap kemasannya berisi 2 pcs.

Nah teman teman, itulah beberapa informasi dari softlens tersehat dan alami Miacare. Sebagai satu-satunya Softlens warna SiHy, tak ada salahnya menjadikan Miacare sebagai pelengkap fashion anda agar stampil semakin menarik dan trendy.




You May Also Like

0 komentar