Trik Merawat Sprei dan Bedcover Agar Tetap Awet

by - 6:51:00 AM

Trik dan Tips Merawat sprei dan bedcover agar tetap awet lemaripojok



Trik Merawat Sprei dan Bedcover agar tetap awet. Emak-emak disini pada punya sprei kan? qiqiqiqi. Enggak mungkin kalau enggak punya karena semua orang pasti menggunakan sprei untuk kasurnya. Berbagai macam warna, ukuran, dan harga ditawarkan. Ada yang sangat mahal dan ada yang standar. Bahan yang digunakan juga pasti berbeda-beda.


Mungkin sering terlintas di pikiran, bahwa sprei yang Anda gunakan memiliki mutu yang kurang baik. Padahal Anda membelinya dengan harga yang tidak murah. Sebenarnya warna yang pudar bisa terjadi dari cara kita merawat sprei. Jika Anda mencuci sprei dengan asal-asalan, hasilnya juga tidak akan bagus. Sering juga terdapat kertas kecil di sprei Anda sebagai penunjuk perawatan, dan hal itu sering diabaikan. Padahal jika kita mengikuti caranya, pasti kita bisa lebih hati-hati saat mencuci.


Bukan cuma sprei sih, tapi terkadang dalam mencuci pakaian pun saya sering abai memperhatikan petunjuk pencucian yang dilampirkan di pakaian padahal kan tinggal baca saja, ya kan?


Nah, agar sprei yang Anda pakai awet dan tidak pudar, ada beberapa tips untuk itu. Yuk simak!

1. Pisahkan sprei

Cara yang paling mudah dan bisa menjadi kebiasaan saat mencuci baju adalah memisahkan. Anda bisa memisahkan berdasarkan bahan dan warna. Jangan satukan sprei dengan bahan lain seperti katun atau kaus, karena bulu halus akan menempel di sprei dan membuat tidak nyaman. Selain itu bulu-bulu halus itu juga membuat warna sprei menjadi kurang cerah.

2. Rendam bila ada noda

Sebelum mencuci dan menjemur sprei, Anda harus merendamnya apabila terdapat noda. Seperti adanya noda makanan dan sebagainya. Rendam dengan deterjen sampai noda hilang. Kalau perlu, kucek-kucek sedikit agar noda benar-benar hilang tak berbekas. Kemudian bilas dengan air lalu jemur.

3.  Cucilah seminggu sekali

Agar sprei tidak kusam dan rusak, Anda dapat mencucinya seminggu sekali atau bahkan sebulan sekali. Anda dapat menambahkan perasan lemon untuk mencerahkan kain yang sedang dicuci.

4. Jangan di jemur dibawah sinar matahari langsung

Sinar matahari langsung dapat merusak kain, lho. Makanya, untuk merawat sprei agar awet, hindari menjemurnya di bawah  sinar matahari langsung. Jemurlah di tempat-tempat yang tidak banyak terkena sinar matahari seperti di bawah atap. 

5. Cuci dengan tangan atau mesin

Sprei bisa dicuci menggunakan tangan atau mesin. Suhu airnya pun dapat menggunakan yang dingin atau hangat. Ketika mencuci dengan mesin, lipat atau bentuklah seperti bola dan letakkan berlawanan arah dengan putaran mesin sehingga akan lebih bersih.


Trik dan Tips Merawat sprei dan bedcover agar tetap awet lemaripojok
sebaiknya sprei maupun bed cover tidak dijemur dibawah sinar matahari langsung

Selain sprei, kita juga harus bisa merawat bed cover dengan baik. Bed cover memiliki berbagai fungsi. Selain untuk kehangatan, selimut ini juga bisa menambah keindahan. Bed cover umumnya sangat tebal, sehingga memerlukan penanganan khusus saat dicuci.


Yuk simak tips berikut ini untuk mengetahui cara merawat bed cover

1. Hindari penggunaan sikat

Jika Anda mencuci dengan cara manual atau menggunakan tangan, maka hindari pemakaian sikat. Menyikat bed cover malah akan membuatnya rusak. Tetapi, jika terpaksa, maka gunakanlah sikat yang bulunya lembut dan tidak keras.

2. Jangan direndam terlalu lama

Bed cover tidak boleh direndam di larutan detergen terlalu lama. Hal ini akan menyebabkan rusaknya serat kain dan warnanya bisa pudar. 

3. Cek bed cover sebelum mencuci

Sebelum mencuci, sebaiknya Anda cek apakah terdapat noda di bed cover. Jika ada, maka sebaiknya bersihkan terlebih dahulu sebelum dicuci di dalam mesin.

4. Hindari pemakaian pemutih

Jangan gunakan pemutih untuk mencuci bed cover atau bahkan sprei. Karena pemutih akan merusak bed cover Anda jika dilakukan terus menerus.

5. Pastikan bed cover kering

Sebelum diangkat dari jemuran, pastikan bed cover sudah sepenuhnya kering agar tidak timbul bau yang tidak sedap. Pernah mengalami? Aku pernah, akhirnya ...nyuci lagi wkwkwk.

Sprei dan bed cover memang 2 hal yang tidak bisa dipisahkan sebagai pelengkap kenyamanan tidur Anda, Kini kedua barang tersebut telah tersedia di MatahariMall.com. Terbukti, e-commerce besutan Lippo Group ini memang plaing lengkap menyediakan segala kebutuhan.


Demikian beberapa tips untuk mencuci dan merawat bed cover dan sprei Anda agar awet dan bagus. Semoga bermanfaat yaa!


You May Also Like

9 comments

  1. Bisa ditiru nih tipsnya. :D Soalnya sprei ku warnanya cepat pudar. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kalau jamur ya dibawah sinar matahari langsung emang gitu...

      Delete
  2. Selain itu, kalau rutin dicuci, sprei jadi gak gampang buluk dan gak bikin badan gatel .:D

    ReplyDelete
  3. wahh saya malah kebalikannya rata2. hehhe
    gantinya jangan2 cuma sebulan sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah hihihi, tapi ga apa apa kan? Ga ada acara gatal gatal?

      Delete
  4. Waaah makasih tipsnya mbak, mulai sekarang belajar merawat bed cover deh. hehhehe

    ReplyDelete