Disini adakah yang kayak saya? Suka banget ngumpulin barang-barang yang ber-'merk'. Maksud saya bukan barang branded seerti yang di jual di butik atau mall-mall kelas atas ya. Barang bermerk yang saya maksud adalah barang-barang yang ada logo atau nama brand atau perusahaan yang kita dapat setelah kita mengikuti acara mereka. Kalau bahasa kerennya sih goodie bag.
Barang-barang isi goodie bag ini bermacam-macam, ada yang berupa tumbler atau botol minum, kaos, jaket, notes atau buku catatatn, payung dan lain sebagainya.
Bukan hal yang aneh ketika brand atau perusahaan menyematkan nama atau logo mereka di goodie bag acara. Karena tidak sekedar menjadi pengingat tapi juga bisa berfungsi sebagai promosi gratis. Walaupun begitu ternyata tidak semua orang menyukai benda-benda ber-merk seperti ini.
Ada seorang teman saya bercerita, bahwa dia tidak pernah menyimpan barang-barang bermerk semacam ini karena tidak suka saat menggunakannya. Wah, kebalikan dari saya dong. Saya hanya memberikan barang jika di rumah jumlahnya melebihi yang saya butuhkan. Tujuannya agar barang tersebut berguna biarpun yang memakai orang lain.
Tapi terkadang jika barangnya unik, warnanya menarik atau bentuknya lucu maka akan saya simpan sendiri. Barang yang lama saya pindah tagankan sedangkan saya memakai barang yang baru. Maklum ya, biar sudah emak-emak gini masih suka sama barang yang gemes-gemes.
Bahkan tas/hardbox saja biasanya juga saya simpan, apalagi jika warnanya cerah dan gambarnya lucu, seperti tas goodie bag yang di buat Percetakan di Bandung, misalnya.
Ternyata, saya juga enggak sendirian kok. Banyak orang di luaran sana yang juga suka mengoleksi goodie bag. Bahkan tas atau hardboxnya disimpan. Alasannya sih macam-macam, tapi secara umum biasanya mereka menyimpan goodie bag karena beberapa hal berikut :
Alasan Mengapa Menyimpan Goodie Bag
1. Alasan Psikologis
a. Rasa senang
Mendapat goodie bag itu ibaratnya mendapat hadiah. Ada perasaan senang ketika menerimanya. Apalagi kebanyakan goodie bag diberikan secara gratis ya, hal inilah yang memicu hormon dopamin yang manimbulkan rasa senang.
b. Perasaan Dihargai
Sebagai pihak yang di undang dan kemudian diberi hadiah, tentunya kita merasa sangat dihargai. Perasaan itu juga membuat goodie bag sebagai sesuatu yang istimewa.
c. Rasa Penasaran
Saat membuka tas souvenir pasti muncul rasa ingin tahu dan penasaran apa isinya. Perasaan semacam ini sangat menyenangkan dan nagih. Entah barang yang di dapat sesuai harapan atau tidak, yang pasti ada kesenangan tersendiri saat membukanya.
2. Alasan Fungsional
a. Kegunaan Praktis
Banyak goodie bag berisi barang-barang yang berguna untuk kegiatan sehari-hari seperti tumbler, ballpoint, payung dan lain-lain.
b. Alasan Ramah Lingkungan
tas goodie bag biasanya terbuat dar bahan spounbond, kanvas, kain blacu atau parasut yang berukuran cukup besar. Tak sekedar wadah souvenir, tas-tas seperti ini bisa dijadikan tas belanja atau tas loundry pakaian. Selain itu tumbler juga dinilai lebih berguna karena dapat mengurang sampah plastik akibat air mineral kemasan. Bahkan saya pernah mendapat buku catatatn dari kertas daur ulang dan sedotan beserta sikatnya yang terbuat dari bambu kecil. Di sini souvenir tidak sekedar pemberian tapi juga bisa dijadikan ajang kampanye lingkungan.
c. Sampel Produk
Sampel produk juga menjadi favorit para penerima goodie bag. Walaupun berukuran kecil tapi sangat bermanfaat. Bagi pemberi bisa dijadikan ajang promosi, sedangkan penerima bisa mencoba produk secara langsung. Banyak lho pembelian yang dihasilkan dari pemberian sampel produk seperti ini.
3. Alasan Emosional
a Menyimpan Kenangan
Adakalanya suasana seru pada suatu acara tiba-tiba berputar di ingatan ketika kita melihat benda yang berhubungan dengan acara tersebut. Entah itu kenangan yang lucu atau kesan yang yang mendalam seperti pertama kalinya menang kuis, atau tiba-tiba dapat doorprize. Bagi blogger seperti saya, kenangan semacam ini bisa menghadirkan kembali semangat menulis yang kadang sedikit terdistraksi oleh kegiatan yang lain.
b. Prestise
Sebuah perusahaan besar dengan acara yang besar biasanya memberikan souvenir yang bisa dibilang bergengsi. Entah itu dari segi harga barang yang diberikan atau keseluruhan packagingnya yang memberi kesan mewah misalnya seperti hardbox dengan gambar printing yang menarik. Pastinya sebuah kebanggaan tersendiri jika bisa memiliki barang-barang tersebut.
Bicara soal Goodie bag, tentunya brand atau perusahaan tidak main-main dalam memilih vendor. Untuk tas goodie bag atau hardbox misalnya, desainnya harus bisa bisa men-deliver pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan baik secara tertulis maupun tersirat.
Saat ini kita mudah menemukan percetakan yang berkualitas terutama di kota-kota besar. Baik itu percetakan Bandung, Surabaya atau kota-kota lainnya.
Percetakan di kota besar sudah terbiasa melayani klien-klien besar, itulah sebabnya mereka memiliki lebih banyak variasi produk. Bisa dibilang cukup hanya satu percetakan bisa melayani semua kebutuhan sebuah acara. Mulai dari undangan, banner, brosur, seminar kit, sertifikat dan lain-lain.
Buat Anda yang tinggal di Jawa Barat atau akan mengadakan acara besar di daerah Jawa Barat. Tak perlu jauh-jauh mencari vendor untuk mencetak kebutuhan acara Anda. Percetakan Bandung juga sudah ada yang punya nama besar dan telah bekerja sama dengan brand-brand besar. Jika Anda ingin menjalin kemitraan, pastikan untuk membangun komunikasi yang positif agar kerja sama berjalan dengan lancar.







0 comments