tekno

ASUS Expertbook B3000 Laptop Jadi Tablet

21.44.00

Terbiasa menggunakan ponsel layar sentuh dan laptop secara bergantian, pernahkan teman-teman mengalami moment memegang layar laptop dan berharap dapat bergerak layaknya layar ponsel? Saya pernah dong, dan langsung tertawa setelahnya. Saat itu langsung terpikir, andai ada layar laptop yang memiliki layar sentuh...

Ternyata tak butuh waktu lama dari kejadian itu, kini sudah ada teknologi yang menghadirkan layar sentuh pada laptop. Dreams come true nih ceritanya. Dan yang langsung terbayangkan adalah harganya yang pastinya sangat mahal sekali. Untunglah beberapa waktu lalu saya mengikuti ASUS Expertbook B3000 Detachable Gathering, sehingga bisa memegang langsung dan mendapatkan info yang akurat mengenai laptop berlayar sentuh yang juga dapat berubah menjadi tablet ini.

Gathering ASUS Expertbook B3000 Detachable

Gathering ASUS yang berlangsung di Hotel Ascent Premiere Malang ini berlangsung pada tanggal 17 Desember 2022. Dimulai dengan makan siang, gathering ASUS kedua yang saya ikuti ini berlangsung dengan hangat.


Sesi pertama diisi oleh mas Firman selaku PR Asus Indonesia. Beliau menjelaskan tentang berbagai lini produk ASUS. Dijelaskan juga bagaimana cara membaca kode dari produk ASUS sehingga kita bisa tahu termasuk dalam lini manakah laptop ASUS dengan kode tertentu. Selain itu beliau juga menjelaskan tentang spesifikasi yang dimiliki ASUS Expertbook B 3000 Detachable.

Di sesi berikutnya diisi oleh Mas Angga yang mewakili Qualcomm Indonesia yang menjelaskan tentang teknologi Qualcomm yang kini merambah ke laptop.

Dan sesi ketiga diisi oleh mas Afitkh yang selama ini sudah familiar namanya. Beliau yang juga merupakan founder Urbandigital adalah pengguna harian ASUS Expertbook B3000 detachable yang hadir untuk berbagi pengalamannya.

Menurut mas Afit, Expertbook B3000 ini sangat cocok bagi mereka yang bekerja dengan menggunakan laptop namun juga memiliki mobilitas tinggi. Baterainya yang awet bisa meningkatkan produktivitas dan bisa kerja dimanapun.

Sesi terakhir diisi oleh mas Fadhil dari ASUS Indonesia yang bertanggung jawab terhadap komunitas ASUS dan perkembangannya. Dalam kesempatan ini beliau menjelaskan tentang berbagai manfaat yang dapat dirasakan oleh anggota komunitas. Seperti poin yang diperoleh dari hasil tanya jawab di Zencred yang kemudian bisa di redeem dengan accesories, gimmick atau bahkan Laptop.

Ada juga program afiliasi yang bisa diikuti oleh blogger, influencer maupun KOL. Dengan kode voucher khusus yang disebar, afiliator bisa mendapatkan komisi sebesar 3,5% atau maksimal 1 juta rupiah untuk pembelian laptop konsumer seperti Zenbook, vivobook, OLED Series atau Creator Series yang berprosessor Intel. Komisi ini dikumpulkan dalam periode waktu satu bulan. Dan jika dalam satu bulan tersebut terkumpul 20 juta rupiah, bisa digunakan untuk membeli laptop ASUS di toko online.

Setelah mendengarkan pemaparan dari para pemateri, saatnya mengikuti kuis. Sayangnya saya belum beruntung karena beberapa kali salah. Gara-gara panik jadi gak sinkron, otaknya kemana eh jarinya kemana hahaha. Untunglah saya masih mendapatkan hadiah flash disk di sesi awal karena menjawab pertanyaan dari mas Firman. Disaat yang sama diumumkan juga pemenang lomba IG reels yang mendapatkan hadiah utama berupa Expertbook B3000 Detachable. Mupeng ngga tuh?

Nah, setelah ngobrolin acaranya, saatnya ngobrolin ASUS Expertbook B3000 yang bisa berubah dari laptop menjadi tablet ini.


Laptop yang bisa berubah menjadi tablet

ASUS Expertbook B3000 Detachable begitu nama lengkapnya. Detachable disini menerangkan bahwa ASUS Expertbook B3000 ini dapat berubah dari laptop menjadi tablet. Keyboard Expertboard yang sudah termasuk dalam paket penjualannya bisa dilepas-pasang dengan mengunakan magnet. Dan laptop pun langsung beroperasi sebagai tablet.

Bobotnya sangat ringan hanya 590 gram, atau bisa dikatakan hanya setengah kilo-an  saja dengan ketebalan 0,9 cm. Di bagian belakangnya terdapat Expertstand cover yang juga berfungsi sebagai dudukan dengan dua macam posisi. Expertstand cover ini memudahkan ExpertBook B3000  dioperasikan secara vertikal maupun horizontal.

Expertboard yang dapat dilepas pasang dirancang nyaman digunakan dengan key travel 1,5 mm. Proses melepas maupun memasangnya dapat dilakukan dengan mudah dan tak membutuhkan waktu lama. Untuk mempermudah pengoperasian layar sentuhnya, gatget ini dilengkapi stylus pen yang terpasang di kompartemen khusus pada bodi. Kompartemen ini sekaligus merupakan charger yang dapat mengisi daya dengan cepat. Hanya butuh 15 detik saja untuk mengisi daya stylus pen agar dapat digunakan 45 menit berikutnya.

Berbeda dengan laptop biasa yang hanya memiliki laptop depan. Expertbook B3000 ini memiliki dua buah kamera yaitu kamera depan yang memiliki resolusi 5MP dan kamera belakang yang memiliki resolusi lebih bagus yaitu 13 MP.

Adanya kedua kamera tersebut mempermudah pada saat pengambilan gambar maupun video. Kualitas kamera yang dimiliki pun terbaik di kelasnya dan membuat online cofference jauh lebih menyenangkan  karena kemampuan menangkap obyek yang jauh lebih baik.

Ukuran dan berat yang dimiliki membuat laptop ini sangat fleksibel dan praktis. Sangat mudah dan ringkas untuk dibawa kemana-mana.

Spesifikasi Expertbook B3000

Baterai tahan lama dan performa yang mumpuni

Pada saat berfungsi sebagai laptop, Expertbook B3 ini menggunakan sistem operasi Windows 11 dan dapat beralih dengan mulus ke mode tablet yang ditenagai oeh Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 yang  juga dibekali dengan Qualcomm® Adreno™ GPU 618 sebagai chip grafis terintegrasi. Perangkat ini juga membuat baterai tetap tahan lama meskipun digunakan seharian. Tercatat untuk penggunaan normal baterai dapat bertahan hingga 21 jam, namun jika digunakan untuk menonton You Tube maka akan bertahan selama 18 jam. Sangat lama untuk ukuran sebuah laptop maupun tablet.



Fitur lengkap untuk pelajar, mahasiswa maupun pekerja kantoran

Fitur-fitur yang memberikan kemudahan dan kenyaman pada pelajar dan pekerja dimiliki oleh laptop ini. Diantaranya adalah AI Noise cancellation. Fitur ini memungkinkan suara bising dari sekitar dapat diredam sehingga pengguna laptop dapat berkomunikasi lebih lancar pada saat melakukan online conference.

Pada keyboard juga tersedia tobol khusus yang berfungsi untuk mematikan microphone. Selain itu kamera Exoertbook B3000 ini juga dilengkapi dengan teknologi 3DNR atau 3D Noise Reduction yang berfungsi untuk mengurangi noisi pada gambar yang ditangkap sehingga gambar atau video yang didapat lebih jernih meskipun dalam kondisi minim cahaya.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan wifi yang didukung teknologi ASUS Smart Connect. Sayang sekali belum dilengkapi dengan slot kartu SIM agar dapat menggunakan data secara mandiri. Jika anda ingin menghubungkan dengan perangkat lain juga mudah dilakukan karena Expert B3000 ini dilengkapi dengan blurtooth 5.1.


Gadget yang aman untuk mata dan menjaga kesehatan

Layar sentuhnya yang memiliki dimensi 16:10 atau 1920:1200 telah dilengkapi dengan sertifikat blue low light oleh TUV Rheinald. Hal ini berarti bahwa layar ExpertBook B3000 ini memiliki emisi cahaya biru yang rendah sehingga aman untuk mata meskipun menggunakannya dalam waktu yang lama.

ASUS Antibacterial Guard juga melindungi keyboard Expertbook B3000 yang disebut dengan Expertboard. Antibacterial ini adalah bahan pelindung khusus yang melapisi keyboard sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri sebesar 99% selama 24 jam. Dengan adanya lapisan pelapis ini membuat keyboard tetap steril dan tidak mengandung bakteri berbahaya. Secara internasional ASUS Antibacteria Guard ini telah mendapat pengakuan bahkan telah memperoleh sertifikat ISO 22196. 


ASUS Expert Warranty

Setiap laptop ASUS ExpertBook B3000 yang beredar di Indonesia, secara otomatis mendapatkan garansi resmi selama 1 tahun. Garansi ini tentu saja berlaku jika kerusakan yang terjadi tidak disebabkan oleh kelalaian pengguna.

Selain mendapat garansi resmi, ASUS juga memberikan ASUS ExpertWarranty yang sangat melindungi pengguna ExpertBook 3000 Detachable ini. Dengan ASUS ExpertWarranty maka ASUS menanggung 80% biaya spare part apabila terjadi kerusakan yang disebabkan oleh kelalaian pengguna. Namun perlu diingat bahwa ASUS ExpertWarranty ini hanya berguna satu kali saja di tahun pertama.



Harga ASUS ExpertBook B3000

Untuk segala spesifikasi yang disebutkan lengkap dengan fitur-fiturnya, ASUS Expertbook B3000 ini memilki harga yang sangat terjangkau. Saya sempat melihat bahwa harga yang tersebar di berbagai e-commerce bervariasi antara 6,9 juta hingga 7,4 juta rupiah. Di saat tertentu anda akan memperoleh untung lebih banyak jika ada promo yang dilakukan oleh e-commerce tersebut.

Nah itulah beberapa informasi mengenai Expertbook B3000 detachable yang dapat saya sampaikan. Dari segi harga yang sangat affordable, spesifikasinya yang mumpuni dan ukurannya yang fleksibel membuat gadget ini sangat sesuai digunakan oleh pelajar, mahasiswa maupun pekerja kantoran. Demikian, semoga bermanfaat ya...


You Might Also Like

0 comments