Mewujudkan Smart Home Impian bersama BARDI

by - 1:34:00 PM

Mewujudkan smart home impian bersama bardi

Melihat iklan di TV ataupun di internet tentang smart home, awalnya kukira hanya akan panggang jauh dari api. Alias hanya angan angan belaka. Maklumlah, tinggal di kota kecil dan rumah di kampung seperti ini serasa tak mungkin memiliki perangkat rumah yang modern.

Apalagi tampilan smart home yang ditampilkan di iklan adalah rumah dengan bangunan baru yang bernuansa modern dan futuristik. Benar benar rumah idaman. Tapi apalah daya, rumah saya hanyalah rumah model kuno yang jauh dari kata modern.  

Ternyata saya salah besar, karena rumah saya yang ada di pojok kampung ini juga bisa menggunakan fasilitas smart home, meskipun dari peralatan yang paling sederhana. Tak membutuhkan teknisi dari luar,  saya pun bisa memasang sendiri teknologi smart home di rumah saya. Harganya terjangkau pula, masih nutut dengan kantong saya. 

FYI, buat teman teman yang belum paham apa itu smart home, mungkin penjelasan sederhana berikut ini bisa membantu.

Smart home adalah sistem rumah pintar, dimana semua peralatan dan perlengkapan rumah tangganya terhubung dengan teknologi canggih sehingga bisa diatur penggunaannya melalui gawai atau komputer.

Terdengar mewah dan mahal bukan? Tak heran smart home kini menjadi andalan para pengembang perumahan untuk memberikan nilai lebih pada propertinya.

Padahal, rumah di kampung seperti saya juga bisa loh menggunakan teknologi smart home. Memang tak selengkap fitur complete smart home tapi bisa disesuaikan dengan peralatan yang ada di rumah.

Salah satu bagian menyenangkan dari smart home ini adalah mengoperasikan peralatan hanya dari gawai saja. Sungguh sebuah solusi yang menyenangkan buat saya yang kadang suka mager ini.

Alhamdulillah saya sudah mencoba dua perangkat smart home dari BARDI yaitu BARDI Smart bulb 9w dan BARDI Ir Remote.

BARDI smart home sendiri adalah rangkaian produk smart home yang sudah tersedia di Indonesia dan mengikuti standart elektronik Indonesia. 

Tahu sendiri kan kalau colokan listrik saja bisa berbeda beda di setiap negara, belum lagi fitting lampu, sinar infrared dan lain lainnya. Jika kita pilih BARDI tinggal pasang saja, sudah bisa disesuaikan dengan peralatan elektronik yang ada di rumah. 

BARDI smart home ini didukung oleh Tuya yang merupakan platform pintar global yang mengembangkan platform Ai + loT dan platform interaksi suara terkemuka di dunia. 

Pada akhir 2019 tercatat Tuya Smart telah melayani lebih dari 18.000 pelanggan yang berarti telah menghubungkan lebih dari 100 juta produk di 190 negara. 

BARDI Smart Home mampu mengintegrasikan peralatan elektronik rumah tangga ke dalam satu genggaman tangan. Berbagai macam peralatan rumah tangga dari BARDI antara lain : 
Saklar listrik, soket listrik, lampu pintar, tirai beralih, sistem pendingin/pemanas ruangan, alat elektronik dapur seperti oven, microwave, lemari es, dll. Sistem keamanan seperti kamera pintar, alarm asap dll. Bahkan hingga monitor tanaman bisa dikendalikan menggunakan BARDI sistem. 

Jadi, kalau teman teman bertamu lalu tirai di rumah tersebut bisa membuka sendiri tanpa di sentuh, jangan terheran heran ya. Mungkin tuan rumah sudah menggunakan BARDI Smart Home di rumahnya. 

Produk BARDI ini tidak hanya dikoneksikan menggunakan aplikasi BARDI Smart Home yang terhubung dengan hotspot/wifii tapi juga bisa menerima perintah suara menggunakan alexa, google assistant dan siri. 

Baiklah saya akan sedikit bercerita tentang betapa menyenangkannya jika rumah kita memiliki fitur salah satu (atau lebih) fitur smart home.

BARDI Smart Bulb 9w



Peralatan listrik yang pasti ada di setiap rumah adalah lampu. Ya, apa jadinya jika rumah tanpa lampu. tentunya kehadiran listrik jadi tak ada artinya. 

BARDI smart home menghadirkan lampu pintar yang bisa dikendalikan melalui aplikasi di gawai. Tidak hanya memberikan penerangan, BARDI smart bulb juga bisa memberikan suasana berbeda di ruangan. 

BARDI smart home bisa diatur intensitas penerangannya, warna lampunya, bahkan pencahayaannya bisa diatur berdasarkan penggunaan lampu. 

Bohlam pintar ini sangat mudah dipasang karena fittingnya sudah disesuaikan dengan fitting yang umum digunakan di Indonesia, yaitu ulir E27. 

Cara pemasangan BARDI Smart Bulb ini sangat mudah, anda bis melihat di youtube BARDI Smart Home, atau mengikuti langkah langkah sebagai berikut :

1. Langkah pertama, unduh aplikasi Smart life. Lalu register. 

2. Sementara itu pasang lampu pada fittingnya. 

3. Pada aplikasi, pilih tanda + yang ada di sebelah kanan atas. Pilih Smart Bulb 9w. 

4. Saat lampu menyala, tekan saklar lampu on dan off sebanyak 5 kali hingga lampu berkedip dengan cepat. 

5. Ikuti perintah yang ada di layar/aplikasi. Dengan menekan 'confirm lights blinks rapidly'. 

6. Taraa.. BARDI si lampu pintar pun bisa dikontrol melalui gawai anda. 

Apa saja kelebihan BARDI Smart Bulb ini? 

  • Meskipun hanya menggunakan daya 9 watt, nyatanya BARDI smart bulb ini bisa diatur kecerahannya mulai dari 90 lumen hingga 900 lumen. Yang berarti cahayanya bisa redup sekali atau bahkan sangat terang. 

Smart home bardi harga terjangkau


  • Pilihan warnanya juga enggak tanggung tanggung, ada 16 juta kombinasi warna RGB yang bisa dipilih. 

  • Aplikasi juga sudah menyediakan berbagai pilihan kecerahan dan warna yang disesuaikan dengan kegiatan kita misalnya untuk bekerja, membaca, bersantai. Setelan tersebut masih bisa diedit lagi, disesuaikan dengan keinginan kita. 

  • Fitur seru lainnya yaitu, BARDI Smart Lamp ini bisa berubah warna otomatis sesuai dengan warna pilihan kita, begitu juga dengan kecerahan dan kecepatannya bisa kita atur. 

  • Ada juga fitur musik, dimana nyala lampu akan berkedip sesuai dengan musik yang diperdengarkan. Nah, bisa jadi mood boster kalo gini, nyala lampunya bisa mengikuti musik favorit kita. 

Salah satu tampilan aplikasi Bardi smart bulb,  bisa mengatur warna,  kecerahan, dan intensitas warna

  • Ada fitur jadwal, sehingga secara otomatis lampu akan menyala dan mati sesuai jadwal yang kita atur. 
  • Menarik dan menyenangkan bukan? Wajib dicoba banget lampu ini, harganya sangat terjangkau dan sepadan dengan kemudahan dan fitur yang ditawarkan. 

BARDI IR Remote

Bardi ir remote pintar untuk semua merk elektronik

BARDI Ir Remote ini adalah pemancar infra merah pintar yang bisa dikendalikan melalui aplikasi dengan bantuan wifii atau hotspot. 

BARDI Ir remote ini dapat digunakan hingga jarak 10 meter dan sudut 360 derajat. Dengan satu aplikasi, IR Remote ini bisa mengendalikan berbagai peralatan rumah tangga seperti Televisi, TV Box, Kipas Angin, water heather, projector, air purifier, AC, DVD, sistem Audio dari berbagai merk yang ada di rumah kita. 

Cara pemasangan BARDI Ir remote sangat mudah. 

1. Unduh aplikasi Smart life. Tekan tanda + di bagian kanan atas. Lalu pilih 'lainnya' di deretan paling bawah. Kemudian klik 'remote control universal'

2. Hubungkan IR remote dengan sumber listrik menggunakan kabel dan adaptor yang sudah termasuk saat pembelian. 

3. Tekan tombol yang ada di bagian bawah IR remote hingga 5 detik, jika lampu indikator sudah berkefip dengan cepat, segera konfirmasi dengan mengklik notif yang ada di aplikasi. 

4. IR remote pun siap dihubungkan dengan perangkat elektronik yang ada di rumah anda. 

Bardi solusi smart home terjangkau

Saya sendiri menghubungkan IR remote dengan TV box di rumah. Maklumlah perangkat itu yang paling sering saya gunakan. Caranya cukup mudah, seperti berikut ini :

1. Pastikan IR Remote terhubung dengan listrik. 

2. Buka Aplikasi Smart Life. Di layar utama akan langsung muncul klik box Smart Ir. 

3. Klik tanda tambah, lalu klik tulisan TV box yang ada di layar. Sesuaikan merknya dengan tv box yang kita pakai. Tara.. Tv box pun terhubung dengan gawai kita. Enggak bingung bingung lagi kalau remotenya lagi nyelip gak karuan, tinggal buka hape saja. 

4. BARDI Ir Remote ini harus terus terhubung dengan listrik agar bisa digunakan sewaktu waktu. 

Nah, gampang banget kan pemasangannya? Bisa pasang sendiri di rumah.  Dengan memiliki BARDI Smart Bulb dan BARDI Ir remote, setidaknya satu langkah awal untuk memiliki smart home telah terwujud. 

Teman teman yang tertarik ingin mewujudkan smart home sendiri di rumah, bisa langsung mengintip BARDI marketplace di https://bardi.co.id/shop-online. Nah, tinggal pilih deh, perlengkapan smart home mana yang ingin di pasang di rumah. Kalau ada kesulitan atau ingin konsultasi, teman teman bisa menghubungi helpdesk BARDI di nomor WA 08176666682. Nah, kurang apa lagi.. Selangkah lagi, smart home impian sudah di genggaman tangan loh. 

You May Also Like

0 komentar