Begini Cara Terbaik Make Up Untuk Pemula

by - 10:01:00 PM

Cara terbaik make up untuk pemula

Untuk anda yang sedang belajar memakai make up, pastinya sudah sering menonton tutorial make up di Instagram dan YouTube. Tetapi, yang terkadang membuat bingung yaitu urutan memakai make up yang benar. Karena jika menonton di Youtube terkadang berbeda-beda cara mengaplikasikan make up nya, sehingga anda pun akan tambah kebingungan. 

Sebenarnya tidak ada aturan tetap atau resmi untuk mengaplikasikan make up, tergantung dari masing-masing orangnya lebih menyukai dan cocok yang mana. Jadi untuk anda yang baru belajar atau pemula simak saja tulisan ini. Nah, berikut di bawah ini urutan makeup pemula.

1. Moisturiser dan Primer

Pertama yang harus anda lakukan adalah pastikan selalu menggunakan pelembap sebelum mengaplikasikan make up. Pilih pelembap yang memiliki kandungan SPF untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang bisa membakar kulit anda. Pastikan juga tangan dalam keadaan bersih dan beri sedikit pijatan selama 30 detik mengarah keatas hingga ke ujung garis rambut. 

Selanjutnya penggunaan primer, yang bisa membuat make up tahan lama. Primer memiliki fungsi sebagai senjata agar mengaplikasikan foundation menjadi lebih mudah. Anda hanya tinggal menggunakan primer sebesar ukuran koin dan aplikasikan secara merata keseluruhan wajah hingga leher. Lebih baik lagi gunakan primer sebelum anda mengaplikasikan foundation pada wajah.

2. Foundation dan Concealer

Setelah menggunakan moisturizer dan primer, anda bisa mengaplikasikan concealer dan foundation. Cara mengaplikasikan foundation, cukup taruh sedikit saja pada bagian punggung tangan, aplikasikan dengan menggunakan jari tangan atau spons wajah, kemudian baurkan hingga merata ke seluruh wajah. Nah untuk concealer sebaiknya digunakan setelah memakai foundation karena item kecantikan ini bertugas untuk menyamarkan bagian yang kurang sempurna pada wajah, seperti misalnya kantung mata atau noda hitam bahkan jerawat. 

Urutan make up untuk pemula

Tetapi kalau concealer diaplikasikan sebelum foundation, dia tidak akan bekerja secara maksimal karena akan tertutup oleh alas bedak atau foundation. Anda harus memilih concealer yang memiliki satu warna lebih terang dari warna kulit anda dan aplikasikan dengan menggunakan kuas atau spons.

3. Bedak

Setelah itu anda bisa menggunakan bedak. Dalam pengaplikasian bedak ini bisa membuat foundation menempel lebih lama dan membuat kulit wajah menjadi tidak terlalu terlihat berminyak. Anda bisa aplikasikan bedak menggunakan spons atau powder brush pada wajah.

4. Eyeshadow dan Eyeliner

Untuk bagian mata, anda bisa memakai eye primer terlebih dahulu pada bagian kelopak mata, lalu anda bisa mulai merias bagian kelopak mata dengan eyeshadow. Anda harus memilih eyeshadow yang berbahan dasar krim, karena selain tidak mudah smudging, eyeshadow berbahan dasar krim ini memiliki formula lebih tahan lama jadi tidak akan mudah luntur dan hilang. Setelahnya anda bisa memakai eyeliner, pilih yang waterproof atau anti air.

Jangan lupa juga untuk menebalkan dan merapikan alis ya. Bagi pemula mungkin ini agak susah dan tricky,  tapi percayalah semakin sering anda mencoba maka hasilnya akan semakin baik. 

5. Maskara dan Blush On

Untuk semakin mempercantik mata, anda bisa menggunakan maskara. Cara menggunakannya dengan gerakan zig-zag dan mengarah keluar. Sebisa mungkin tidak menggunakan penjepit bulu mata setelah pemakaian maskara untuk mencegah bulu mata menjadi rapuh dan patah. 

Selanjutnya aplikasikan blush on pada bagian tulang pipi. Untuk hasil yang tahan lama sama seperti eyeshadow gunakan yang berbahan dasar krim.

6. Lipstik

Terakhir anda aplikasikan lipstik. Untuk zaman sekarang ini banyak yang lebih memilih lipstik berbahan cair atau krim karena lebih tahan lama. Caranya aplikasikan lipstik menggunakan kuas dimulai dari bagian tengah bibir dahulu lalu bagian luar.

Selain itu, anda juga bisa mengaplikasikan lipstrik bergaya ombre atau gradasi. Gaya ini menjadi populer setelah boomingnya drama Korea di Indonesia. 

Untuk membuat gaya ombre pada bibir, anda mbutuhkan 2 warna lipstik yang berbeda. Salah satu warnanya lebih pucat dan satunya lagi warna yang lebih bold. 

Cara mudah make up untuk pemula


Cara membuat bibir ombre atau gradasi cukup gampang. Pertama sapukan lipstik yang berwarna pucat di seluruh bagian bibir. Setelah itu, usapkan lipstik dengan warna bold di sisi bagian dalam bibir. 

Ratakan lipstik dengan mengatupkan bibir atas dan bawah, atau gunakan spons lembut agar terlihat lebih natural. 

Nah itulah sedikit tips kecantikan yang mungkin bermanfaat buat anda yang baru saja ingin belajar make up. 

Jangan lelah untuk mencoba dan terus mencoba dalam menghias wajah karena menurut saya,  semakin sering kita mencoba maka kita akan semakin tahu dimana letak kekurangan wajah kita. Dengan make up yang tepat akan membuat penampilan kita lebih sempurna. 


You May Also Like

0 komentar