Ini Dia 5 Bahan Alternatif Minyak Goreng yang Lebih Sehat dan Bergizi!

by - 7:25:00 AM


Ini Dia 5 Bahan Alternatif Minyak Goreng yang Lebih Sehat dan Bergizi!

Minyak goreng menjadi salah satu hal yang nggak bisa terpisahkan karena telah menjadi bahan pokok saat ingin memasak. Bahkan untuk setiap proses pengolahannya, hampir semua jenis makanan membutuhkan minyak goreng ini. Tetapi sayangnya minyak goreng memiliki nilai gizi dan mengandung kalori cukup tinggi, jadi buat kamu yang peduli akan dua hal tersebut pasti akan bermasalah. Tak jarang dimana kamu harus mengurangi beberapa jenis makanan yang diolah dengan minyak goreng ini.

Tapi sekarang ini kamu nggak perlu khawatir lagi untuk tetap bisa menikmati makanan lezat apapun tanpa mengandung minyak goreng. Ada kok bahan alternatif pengganti minyak goreng ini yang tentunya aman dan tetap bergizi. Apa saja itu? Yuk, cek daftarnya dibawah ini!

1. Yogurt

Ini Dia 5 Bahan Alternatif Minyak Goreng yang Lebih Sehat dan Bergizi!
Untuk mendapatkan rasio yang sangat tepat saat menggunakan yogurt sebagai pengganti minyak goreng tidaklah mudah. Karena memang yogurt ini punya nilai gizi yang baik, kamu patut mencobanya untuk pengganti minyak sayur atau minyak goreng. 

Sebenarnya kamu bebas untuk menggunakan yogurt jenis tawar atau yang memiliki rasa. Tetapi supaya lebih aman pakai yang tawar saja ya guys, karena biasanya yang berasa sudah tercampur dengan bahan-bahan lain. Yogurt ini pun cocok banget dipakai untuk memanggang, karena sifat dari yogurt mampu membuat daging menjadi lebih lunak dan dapat menambah cita rasa.

2. Mentega

Mentega Ini Dia 5 Bahan Alternatif Minyak Goreng yang Lebih Sehat dan Bergizi!
Karena memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi, tak heran kalau masih banyak orang yang memandang negatif bahan alternatif minyak sayur ini. Tetapi nyatanya mentega ini menjadi bahan alternatif yang bahkan lebih baik dari minyak sayur itu sendiri karena kaya dengan vitamin A,D,E serta lemak baik yang sangat diperlukan bagi tubuh. Tapi untuk menjaga vitamin itu tetap seimbang gunakan seperlunya saja ya.

3. Minyak alpukat
Minyak alpukat Ini Dia 5 Bahan Alternatif Minyak Goreng yang Lebih Sehat dan Bergizi!
Baik lemak maupun vitamin, memang buah alpukat ini kaya akan kandungan gizi tersebut. jadi, tak heran kalau minyak alpukat ini bisa menjadi bahan alternatif pengganti minyak sayur yang bahkan lebih baik. Selain itu pula kamu bisa mendapatkan berbagai teknik memasak dengan menggunakan minyak alpukat ini seperti, memanggang, menumis, membuat saus hingga sebagai bumbu.

4. Mayones

Mayones Ini Dia 5 Bahan Alternatif Minyak Goreng yang Lebih Sehat dan Bergizi!
Dikenal sebagai bahan makanan yang tinggi akan kandungan lemaknya, mayones ini menjadi bahan alternatif yang sangat cocok lho. Karena mampu memberikan tekstur dan rasa masakan yang luar biasa, mayones ini sangat cocok dipakai untuk teknik menggoreng dan memanggang.

5. Buah-buahan yang ditumbuk

Buah buahan yang ditumbuk Ini Dia 5 Bahan Alternatif Minyak Goreng yang Lebih Sehat dan Bergizi!
Buat kamu yang sedang membuat kue dan bingung untuk mencari bahan pengganti minyak sayur, pakai saja beberapa jenis buah-buahan. Kamu bisa menggunakan buah pisang, apel dan juga pir sebagai bahannya. Selain punya banyak vitamin dan gizi, menggunakan buah-buahan tumbuk sebagai pengganti minyak sayur juga bisa menghasilkan cita rasa masakan yang lebih lho.

Nah, itulah bahan-bahan alternatif pengganti minyak sayur yang bisa kamu gunakan. Hal yang perlu kamu ingat kembali adalah meskipun bahan-bahan tersebut memiliki nilai gizi yang baik jika dibandingkan minyak sayur, tetapi tetap saja semua itu masih memiliki kandungan lemak dan kalori yang bisa dibilang relatif cukup tinggi. Oleh sebab itu, kamu harus menggunakannya sesuai kebutuhan serta takaran dan tidak menggunakannya secara berlebihan. Selamat mencoba.





You May Also Like

0 comments