Beberapa Bahan Makanan Yang Memiliki Rasa Pedas Yang Bisa Menjadi Pengganti Cabai

by - 3:38:00 AM



Beberapa Bahan Makanan Yang Memiliki Rasa Pedas Yang Bisa Menjadi Pengganti Cabai.


Terkadang jika orang Indonesia tidak memakan sambal atau makanan yang punya rasa pedas, mereka akan merasa ada yang kurang dalam makanannya. Selain bisa menambah rasa lezat pada makanan, rasa pedas akan menimbulkan sebuah sensasi yang dirasakan saat memakannya. Dan biasanya bahan yang bisa menghasilkan pedas dimana orang-orang biasanya akan mengkombinasi olahannya dengan cabai rawit, cabai merah, atau cabai hijau besar. Namun terlepas dari cabai ternyata ada beberapa bumbu lain yang bisa di gunakan untuk menambah rasa pedas, berikut beberapa bumbu makanan pedas yang bisa menggantikan cabai.

Jahe
jahe juga sering digunakan dalam bumbu penambah rasa pedas yang bisa cocok pada makanan dan minuman apa saja. Yang dimana jahe sering digunakan untuk penambah hasil rasa pedas dan sebuah sensasi hangat di tenggorokan. Tidak hanya cocok untuk berbagai makanan dan minuman, jahe memiliki rasa pedas dan hangat dari jahe yang dihasilkan oleh senyawa zingeron yang dimana bisa membuat panas dan pedas, dan juga bermanfaat untuk menghalau udara dingin dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh.
Selain digunakan sebagai penambah rasa pedas pada makanan, jahe juga diolah sebagai minuman dan bahan tambahan pada pembuatan kue.

Pala
Pala merupakan bumbu yang berasal Maluku, dimana bumbu khas Indonesia yang sering digunakan sebagai penambah rasa pedas pada aneka sajian makanan tradisional. Pala sendiri memiliki tekstur yang keras dan memiliki citra rasa pedas dan agak manis dan bisa menghangatkan tubuh dari udara dingin. Pala juga tidak hanya untuk penambah rasa pada makanan saja, rasa pedas yang unik dari pala juga bisa dimanfaatkan untuk penambah rasa pada kue dan minuman hangat. Biji pala berwarna putih, untuk eceran biasanya pala dijual tercampur dengan merica. Walaupun dalam jumlah yang sedikit, pala bisa mengubah cita rasa makanan menjadi lebih khas.

Merica
Bumbu masak ini memiliki nama latin pieper ningrum. Merica sudah sejak zaman dahulku kala memang sering digunakan sebagai bahan pengganti cabai. Merica juga sering campur kedalam sup, pasta, dan masakan lain yang berasal dari western. Merica sendiri berbentuk bulatan-buatan kecil yang berwarna hitam dan putih. Dan merica sendiri memiliki rasa pedas yang bisa menghasilkan sensasi hangat saat di makan. Dan kandungan capcaisin dan antioksidan pada bumbu merica ini dapat meredakan masuk angina dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh.
Ada dua macam merica, yaitu hitam dan putih. Untuk merica hitam memberikan citarasa yang khas. Mungkin karena itulah harganya lebih mahal bila di bandingkan dengan merica putih.



Paprika
Paprika meskipun termasuk dalam golongan cabai, namun tidak memiliki rasa pedas yang terlalu menggigit lidah seperti cabai biasanya. Oleh karena itu paprika cocok bagi orang yang tidak terlalu suka dari pedas cabai yang digunakan biasanya. Tidak hanya itu paprika juga bisa menjadi sebuah solusi, untuk menjadi penambah citra rasa pedas  pada sebuah masakan. Memang paprika sendiri tidak akan memberikan efek yang terlalu pada perut kita, tidak hanya itu saja paprika juga memiliki tinggi akan kandungan vitamin c yang baik pada tubuh dan kulit.
Ada berbagai macam warna dari paprika, merah, hijau dan kuning. Untuk warna hijau memiliki rasa lebih pedas dari warna yang lain. Selain menambahkan rasa, paprika juga mempercantik hidangan dengan warna warnanya yang cerah.

Wasabi
Wasabi sendiri memang jarang digunakan karena hanya makanan tertentu saja yang menggunakan wasabi sebagai citra rasa pedasnya. Kalian bisa menemukan wasabi sebagai penambah rasa pedas pada sajian makanan Jepang seperti sushi dan sashimi. Wasabi berasal dari tanaman sejenis kubis-kubisan, wasabi juga memiliki aroma yang khas dan memiliki rasa pedas yang cukup tajam. Wasabi sendiri tidak hanya sebagai penambah rasa pedas, karena wasabi sendiri mengandung isotiosianat yang bersifat antimikroba  yang dimana bisa menghabat pertumbuhan bakter pada daging dan ikan segar. 


Nah itulah beberapa bahan pengganti cabai yang bisa memberi rasa pedas pada makanan. Anda bisa memilihnya tentu daja sesuaikan dengan kebutuhan dan selera anda.

You May Also Like

0 comments