Kidzania Wahana Dimana Anak Anak Yang Menjadi Pemeran Utamanya

by - 11:39:00 PM





Kidzania Wahana Dimana Anak Anak Yang Menjadi Pemeran Utamanya 

Masa kanak kanak cenderung diidentikkan dengan meniru apa yang dilihat dan didengarnya. Sehingga tidak jarang ada beberapa diantara anak anak tersebut yang meniru kegiatan yang dilakukan orang dewasa termasuk salah satunya pekerjaan yang sering mereka lihat dari orang orang yang berada disekitarnya. Lalu bagaimana jika situasinya itu anak anak tidak hanya meniru saja tetapi melainkan benar benar melakukan pekerjaan yang dilakukan orang orang dewasa? Dengan kondisi seperti itu jangan pernah merasa heran karena memang dunia anak anak yang seperti itu akan banyak ditemukan di Kidzania. Ini merupakan kota wahana bermain yang hadir di lantai 6 Mal Pacific Place, Sudirman, Jakarta. 

Wahana yang memiliki 71 paviliun atau bisa juga disebut dengan establishment ini berdiri diatas tanah seluas 7500 meter persegi. Ketujuhpuluh satu paviliun tersebut mewakili lebih dari ratusan profesi yang seringkali ditemukan pada sebagian masyarakat perkotaan. Wahana ini memiliki dekorasi yang memang benar benar dirancang seperti layaknya sebuah perkotaan. Ada Balai kotanya, tempat makannya, hingga adanya rumah sakit. 

Pada saat kamu datang ke wahana ini jangan kaget jika tiba tiba mendengar suara sirine pemadam kebakaran yang meraung raung mengelilingi arena ataupun taksi taksi dan mini bus yang lalu lalang dikota kecil tersebut. Terlebih lagi jika anak anaklah yang menjadi penumpang didalam kendaraan yang berada di kota kecil tersebut. 

Didalam wahana ini yang menjadi pemeran utamanya adalah anak anak. Dimana anak anak tersebut mengambil alih peran peran orang dewasa melalui profesinya. Anak anak tersebut ada yang menjadi dokter, polisi, hakim, pekerja gedung, pemadam kebakaran, pembuat cokelat dan wafer, hingga wartawan. Didalam menjalankan tugas profesinya mereka benar benar melalukan simulasinya sama seperti dengan apa yang dilakukan orang orang dewasa secara nyata. Pada saat melakukan pekerjaannya mereka lengkap menggunakan peralatan dan juga seragam. 

Sebagai contoh pada saat mereka memilih profesi sebagai pemadam kebakaran, maka anak anak tersebut akan diajak untuk berkeliling kota terlebih dahulu dengan mengendarai mobil pemadam. Pada saat mereka tiba di tempat kebakaran, mereka akan langsung menyemprotkan air menggunakan selang selang air yang memang telah disediakan di lokasi yang memang telah diset seperti lokasi kebakaran. Mereka tidak hanya memiliki profesi saja tetapi setelah mereka selesai bekerja, anak anak tersebut akan diberi gaji seperti para pekerja sungguhan. Upah yang mereka terima akan berbeda beda, dimana upahnya itu akan disesuaikan dengan pekerjaan mereka masing masing. Anak anak tersebut digunakan menggunakan KidZos atau mata uang khusus di wahana tersebut. 



Tetapi sebelum anak anak tersebut masuk ke wahana bermain, mereka akan diberi modal terlebih dahulu sebesar 50 KidZos untuk bisa “Hidup” di kota kecil tersebut. Setelah mereka mendapatkan uang, mereka seperti diberi pilihan untuk membuat keputusan tentang apa yang harus mereka lakukan dengan uang tersebut. Apakah uang tersebut akan langsung mereka belanjakan atau mereka akan mengumpulkan uang dengan cara bekerja lalu menabungnya di Bank. 

Bank yang ada di wahana tersebut memang dihadirkan khusus untuk melayani anak anak. Mereka akan mendapatkan kartu ATM khusus untuk bisa melakukan transaksi selama berada di kota kecil tersebut. Dan dibeberapa sudut kotanya juga telah disediakan mesin ATM. Kota kecil tersebut juga memiliki pemerintahan yang disebut dengan Kidzania Congress. 

Pokoknya lengkap deh fasilitasnya, seperti kota sungguhan. Dari semua wahana yang ada ini anak anak akan mendapat bayangan tentang segala macam profesi yang ada. Tentu saja ini bagus sekali untuk mengembangkan daya nalar mereka, sehingga bisa menemukan cita-cita apa yang bakal diraihnya nanti. 

Saya rasa, anak-anak saya pun akan senang jika diaja ke Kidzania ini. Saya akan bebaskan mereka untuk mencoba semua profesi yang ada. Siapa tahu dengan demikian, wawasan mereka akan berkembang dan mendapat ide tentang profesi yang belum pernah terpikirkan sebelumnya oleh mereka.

Baiklah ibuk ibuk, mengenalkan berbagai profesi pada anak, tak ada salahnya mengajak mereka ke Kidzania. Setuju?

You May Also Like

0 comments