entrepreneur

Ajang Wirausaha Muda Mandiri 2016 untuk yang "Muda, Inovatif dan Peduli"

08.38.00

Ajang Wirausaha Muda Mandiri 2016 untuk yang "Muda, Inovatif dan Peduli"


Apa yang ada di pikiran kita jika mendengar kata Pemuda? Kalau dalam pikiran saya, Pemuda adalah jiwa-jiwa yang penuh semangat, penuh rasa ingin tahu dan
punya ide-ide segar yang kadang out of the box. Tak salah rasanya kalau Bank Mandiri menjadikan para Pemuda sebagai target  audience dalam program kewirausahaan mereka. Yups , sudah sejak tahun 2007 Bank Mandiri menggelar ajang kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) yang merupakan sebagian dari kontribusi Bank Mandiri terhadap tumbuhnya perekonomian bangsa Indonesia. Ajang ini sudah membina lebih dari 25.000 entrepeneur muda dari seluruh Indonesia.

Keprihatinan atas tingginya angka pengangguran di masyarakat yang di dominasi para pemuda, menjadi salah satu alasan diadakannya kompetisi Wirausaha Muda Mandiri ini. Diharapkan program ini dapat merubah pola pikir Mahasiswa dan kaum muda lainnya agar mau berwirausaha. Karena tujuan dari program ini adalah ingin mengajak generasi muda Indonesia menjadi generasi yang mandiri. Yaitu generasi yang mampu menciptakan lapangan kerja yang tangguh dan mampu bersaing di era global. Selain itu juga bank Mandiri ingin berkontribusi dalam penciptaan ekosistem yang baik untuk pertumbuhan kewirausahaan di Indonesia.


Ajang Wirausaha Muda Mandiri 2016 untuk yang "Muda, Inovatif dan Peduli"


Indonesia masih butuh banyak sekali entrepreneur-entrepeneur muda untuk memenuhi kuota 2% dari seluruh jumlah penduduk, yang dalam bentuk angka kira-kira sebanyak 1,7 juta orang. Nilai sebesar 2 % tersebut adalah jumlah wirausahawan yang dibutuhkan agar suatu Negara menjadi makmur. FYI, jumlah wirausahawan di Indonesia baru sebesar 1,65% dari jumlah penduduk. Sedangkan Negara tetangga kita Singapura memiliki 7%, Malaysia 5% dan Thailand 4% penduduknya adalah wirausahawan. Sungguh Negara kita tertinggal jauh.  

Sebelumnya mari kita pahami terlebih dahulu apa arti dari wirausaha. Secara harfiah, wirausaha terdiri dari dua kata yaitu wira yang berarti keberanian dan usaha yang berarti bisnis. Wirausaha berarti keberanian untuk berbisnis. Sedangkan wirausaha muda adalah  seorang/sekelompok pemuda yang mempunyai keberanian untuk melakukan sesuatu yang dapat mengusahakan suatu pekerjaan baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain.




Jadi untuk disebut menjadi wirausaha muda tidak harus mempunyai bisnis yang mentereng dan punya cabang dimana-mana.  Cukup dengan memiliki sebuah usaha yang umum bahkan biasa saja namun dapat menterjemahkan peluang yang ada di masyarakat.

Sebagai contoh : Mery Yani dari Karawang yang mempunyai usaha membuat telur asin. Kini usaha telur asinnya telah berkembang dengan omzet yang milyaran rupiah. Contoh lainnya adalah Fery Eka Laksmana Hasan. Pada saat bisnis yang sebelumnya bangkrut, sampai semua harta benda terjual, bahkan sampai dikejar-kejar orang karena berhutang. Fery memulai usahanya dengan menyewa lapak di pasar untuk menjual bebek potong. Karena jeli memanfaatkan peluang dan meraba pasar, kini Fery mempunyai usaha kuliner dengan puluhan karyawan.



WIRAUSAHA MUDA MANDIRI 2016 :  MUDA, INOVATIF, PEDULI

Jangan takut untuk berwirausaha dan daftarkan dirimu di ajang Wirausaha Muda Mandiri 2016. Karena hanya dengan menjadi peserta saja akan mendapatkan kesempatan yang luas untuk mengembangkan jaringan dengan Bank Mandiri Group dan nasabah Korporasi Bank Mandiri yang sangat berguna untuk perkembangan bisnis. Selain itu juga akan memperoleh banyak kesempatan, informasi dan pengalaman yang berharga yang tentu saja bermanfaat untuk kemajuan usaha dengan tergabung dalam Wirausaha Mandiri Forum (WM Forum).

Ketika menjadi pemenang program, selain mendapatkan hadiah maka akan memiliki kesempatan untuk mengikuti program pendampingan usaha dalam bentuk pelatihan kemampuan manajeman, mengikuti pameran dan kegiatan publikasi yang sangat bermanfaat sebagai ajang promosi ke khalayak umum dengan tergabung dalam Mandiri Inkubator Bisnis.

Ajang Wirausaha Muda Mandiri 2016 untuk yang "Muda, Inovatif dan Peduli"

Tema yang dipilih untuk Wirausaha Muda Mandiri tahun 2016 ini adalah : Muda, Inovatif dan Peduli. Tema ini dipilih untuk mengapresiasi para pemuda yang memiliki keinginan untuk saling berbagi dan mampu memberikan dampak positif bagi lingkungannya.

Bank Mandiri melalui Wirausaha Muda Mandiri (WMM) ini benar-benar ingin berkontribusi untuk kemajuan bangsa Indonesia terutama para pemudanya. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya kategori atau bidang usaha yang dapat diikutsertakan dalam ajang Wira usaha Muda Mandiri. Berikut ini adalah kategorinya :
  • Wirausaha Industri, perdagangan dan Jasa
  • Wirausaha Kreatif
  • Wirausaha Boga
  • Wirausaha Teknologi
  • Wirausaha Sosial

Untuk Bidang usaha Teknologi, tahun ini ada penambahan kategori baru yaitu bidang layanan Keuangan (Fin Tech = Financial Technology). Dan sekedar info saja, bagi pemenang kategori Fin Tech ini Bank Mandiri menyiapkan suntikan dana masing-masing 200 Milyar rupiah. Uwow sekali bukan?


Ajang Wirausaha Muda Mandiri 2016 untuk yang "Muda, Inovatif dan Peduli"


Nah, ayo persiapkan dan daftarkan usahamu di www.wirausahamudamandiri.co.id, Periode pendaftaran sampai dengan 31 Desember 2016. Tahun ini ditargetkan Bank Mandiri mampu menyaring 8100 pengusaha muda baru. Buat yang pernah ikut di tahun sebelumnya, masih bisa ikut lagi kok. Asal belum menjadi finalis tingkat Nasional. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, selain di website diatas bisa juga melalui twitter @wrausahamandiri. Jangan lupa, program ini dapat diikuti tanpa membayar sepeserpun alias gratis.


Ajang Wirausaha Muda Mandiri 2016 untuk yang "Muda, Inovatif dan Peduli"





You Might Also Like

36 comments

  1. Wuahhh, sama negara serumpun jauh banget ya ketertinggalan kita hiks...baru tau ini. Semoga penyebaran pesan program WMM dari Mandiri ini tepat sasaran dan tercapai tujuannya. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin.... Semoga dapat menjaring anak2 muda yang berpotensi agar jumlah wirausahawan terus meningkat....

      Hapus
  2. Kalau mencermati cerita2 wirausaha sukses, seringkali mereka pernah mengalami bangkrut. Namun hebatnya mereka sanggup bangkit. Keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak... Bangkrut sampai habis habiskan, namun bisa bangkit bahkan lebih sukses dari sebelumnya...

      Hapus
  3. Kesempatan yang sangat bagus buat mereka yang kreatif, inovatif dan punya semangat juang tinggi. Sangat disayangkan kalau ada yang tidak memanfaatkan kesempatan emas ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesempatan emas... Yang sayang banget kalau dilewatkan...

      Hapus
  4. Perlu persiapan, jangan gegabah saat submit proposal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup Persiapan yang baik akan memperlancar prosesnya...

      Hapus
  5. Yang muda yang berwirausaha. WMM salah satu ajang positif bagi pemuda yang masih banyak energinya. Semoga ajang kompetisi bisnis seperti ini makin marak di Indonesia sehingga energi para pemuda Indonesia bisa tersalurkan ke hal-hal yang positif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... Semoga kedepannya lahir wirausahawan2 yang tangguh...

      Hapus
  6. dgn adanya dukungan seperti ini, para pemuda indonesia tentunya akan lebih semangat lagi untuk menjadi wira usaha muda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin semoga ya.. Agar Indonesia lebih baik lagi...

      Hapus
  7. Wah panjang dan bermanfaat infonya. Dulu WMM belum ada fintech. Jadi semangat agar yang muda2 bisa termotivasi

    BalasHapus
  8. Salut sama Bank Mandiri yang konsisten menggelar ajang ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga diikuti oleh yang lain mbak... Wujud nyata ikut membangun bangsa

      Hapus
  9. Saya dulu ikut nih yg tahun 2012, tapi cuma sampai di penjurian 1 dan 2. Iya nggak harus usaha yg omset miliaran juga untuk ikutan WMM, yg penting udah berjalan 2 tahun deh ya rasanya 😀 dan "rapi" (marketing, keuangan, plan, dll)

    BalasHapus
  10. wah, ternyata wirausahawan indonesia baru 1,65% ya. semoga bisa semain meningkat ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin... Semoga semakin banyak event serupa... Agar anak muda Indonesia lebih terpicu untuk berwirausaha...

      Hapus
  11. Programnya keren ya, Mbak. Semoga tahun depan aku bisa ikutan. Minta doanya Mbak :)

    BalasHapus
  12. Iya, setuju, Mbak. Yang muda yang out the box :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak... Kadang idenya anak muda itu suka aneh tapi oke...

      Hapus
  13. Wah keren banget nih ajang wirausaha muda mandiri ini, kalo aku punya usaha juga pasti aku ikutaaaan. Hihihihiii. Kece-kece profil para wirausaha muda diatas. Makasi infonya ya maaaak :D

    BalasHapus
  14. aku mau daftar wirausaha mandiri ini ahh siapa tau jodoh hihihi

    BalasHapus
  15. Ayo... ayooo....

    Aku minat banget nih Mbak, tapi usahaku belum punya badan hukum. Next year, mungkin ya

    BalasHapus
  16. Program yang bagus. Semoga makin banyak wirausahawan muda :)

    BalasHapus
  17. semoga tahun depan bisa ikutan..

    sekarang lagi proses jadi wirausaha

    BalasHapus
  18. Kemas bisnis biasa menjadi menarik dan rasakan sensasinya.... begitu ya Mbak. karena kreativitas mengemas itu mendapat poin yang tinggi

    BalasHapus