mpek-mpek dos

18.44.00 Retno Kusumawardani 0 Comments


Yang namanya mpek-mpek dos, yaitu mpek-mpek tanpa ikan. Mpek-mpek yang asli, perbandingan antara ikan dan tepungnya 2:1. Sedangkan mpek-mpek dos ini beberapa resep tidak menggunakan ikan sama-sekali, namun ada juga yang menggunakan ebi kering,ikan pindang sebagai bahan campurannya. Sedangkan saya sendiri menggunakan teri nasi. Karena waktu itu yang ada di tukang sayur cuma itu sih.

Waktu itu pingin banget bikin mpek-mpek, karena di Kepanjen ini agak susah cari mpek-mpek yang sesuai sama selera. Ada sih yang rasanya cocok di lidah, tapi giliran kepengin penjualnya lagi libur. Gigit jari deh hehehe.





Berikut ini resepnya :
 Mpek-mpek Dos
(By:amalkitchen)

Bahan biang:
60 gr tepung terigu protein sedang
125 ml air
1 siung bawang putih yang besar (saya 2 siung)
2 sdm ebi sangrai ( saya 3 sdm teri nasi sangrai)
1 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk (saya ga pakai)
1/2 sdt gula pasir
1 butir telur

Bahan utama
100gr tepung sagu/tapioka (saya tepung tapioka/kanji)
Telur 2-3 butir,jika pingin bentuk kapal selam (saya ga pakai)

Cara membuat :
-Haluskan bawang putih dan teri nasi. Masukkan ke dalam air bersama gula, garam dan kaldu bubuk. Didihkan air lalu angkat dan langsung masukkan tepung terigu. Aduk menggunakan sendok kayu sampai tercampur rata. Dinginkan.

-setelah dingin, masukkan telur kedalam adonan. Lalu masukkan tepung tapioka hingga kalis. Kalau masih lengket, tambahkan sedikit lagi tepung tapioka. Selalu lumuri tangan dengan tepung tapioka saat menguleni, agar tidak lengket.

-didihkan air di atas panci. Setelah mendidih kecilkan api sampai paling kecil, sehingga tidak ada letupan air. Bentuk mpek-mpek sesuai selera. Masukkan kedalam panci. Tutup panci dan rebus kurang lebih 15-20 menit hingga matang. Jika ingin membuat kapal selam, masukkan jangan lupa untuk memasukkan telur kedalam adonan.

-Angkat mpek-mpek kemudian tiriskan. Goreng diatas api kecil, dibolak-balik sampai berwarna kuning keemasan.






Kuah cuko :
Bahan:
125 ml air
125 gr gula merah
1/2 sdt cuka masak (saya 1 sdm)

Bumbu :
3 siung bawang putih
1 buah cabai rawit merah
1/4 sdm garam
1 sdm teri nasi dihaluskan (yang ini jangan sampai kelupaan, karena membuat kuahnya berasa nendang. Tanpa ini kuah mpek-mpek akan terasa hambar)

Cara membuat kuah cuko 
Haluskan bumbu, kemudian rebus bersama bahan hingga mendidih. Lalu angkat dan saring. Kalau ingin membuat lebih banyak, sisanya bisa di masukkan dalam botol dan disimpan di kulkas.

Bahan pelengkap
-mie bihun
-timun dipotong dadu.



Syelamat mencoba ya....

You Might Also Like

0 komentar: