tekno

Tips Mudah Cari Kerja Online di Era Layanan Internet Cepat

20.35.00

Cara mudah cari kerja online


Sebagai seorang ibu yang tidak bekerja kantoran, sering kali saya dianggap hanya menikmati gaji pak Suami. Banyak yang mengira saya hanya duduk santai-santai saja di rumah sambil menunggu anak- anak pulang sekolah dan pak Suami pulang kerja. Mereka pikir, jika saya ingin memiliki sesuatu tinggal menengadahkan tangan di hadapan Pak Suami. Tapi ya enggak salah juga mereka memiliki anggapan seperti itu. Saya memang jarang keluar rumah, paling cuma antar-jemput anak sekolah dan belanja sayur untuk masak.

Saya juga termasuk ibu-ibu yang kurang bergaul. Kalau emak-emak lainnya banyak disibukkan dengan arisan ini arisan itu, Saya lebih suka menikmati waktu di rumah. Tapi bukan berarti anti sosial, saya juga masih menghadiri undangan atau menerima ajakan teman-teman yang ingin sekedar kumpul-kumpul. Namun jika terlalu sering maka saya akan atur sendiri bagaimana caranya agar tidak terlalu berlebihan. Namun saya juga tak kuasa menolak jika memang agendanya kurasa penting. Intinya secukupnya sajalah.

Pernah juga ada yang bertanya kalau anak-anak sekolah dan pak Suami kerja aku mengerjakan apa saja di rumah, mungkin mereka heran kok bisa saya betah dan terlihat menikmati kesendirian. Apalagi anak anak sudah cukup besar, sudah bisa mengurus diri mereka sendiri dan tentunya pekerjaan rumah tak sebanyak saat anak-anak masih balita dahulu.

Mereka tidak tahu bahwa di rumah saya mengerjakan sesuatu yang mencegah over overthinking. Maksudnya sesekali saya juga masih overthinking, namun ada kalanya teralihkan oleh sesuatu yangsaya kerjakan.

Orang-orang itu juga tidak tahu bahwa yangsaya lakukan dapat mencegah untuk memikirkan sesuatu yang tidak perlu dipikirkan. Bakat cuek sih memang sudah ada, tapi sesuatu yang saya lakukan dapat mencegah  untuk memikirkan hal remeh yang enggak penting.

Mereka juga tak pernah menyadari bahwa di rumah saya melakukan sesuatu yang menghindarkan untuk mengembangkan bakat 'rasan-rasan'. Saya pikir semua orang memiliki bakat ini, namun tergantung orangnya mau mengembangkan bakat ini atau berusaha meredamnya.

Dan banyak orang yang tidak tahu pula, kalau di dalam rumah saya itu ada dunia yang luas dan tanpa batas. Saya bisa  kemana-mana dan ada di mana-mana tanpa harus melangkahkan kaki dari rumah. Dan tidak hanya sampai disitu saja, saya pun bisa menghasilkan uang alias mendapatkan cuan. Ya, saya memanfaatkan internet cepat untuk lebih mudah cari kerja online. Tidak semua orang tahu itu, mungkin hanya orang-orang yang sudah cukup dekat saja yang mengetahuinya. 

Di era internet cepat seperti ini sayang sekali kalau kita tidak memanfaatkannya dengan baik. Melalui internet kita lebih mudah cari kerja online. Dengan kerja online kita bebas memilih pekerjaan mana yang cocok dengan diri kita. Kita pun bisa mengatur waktu sendiri tidak harus terpaku pada jam kerja seperti layaknya kerja kantoran. Bahkan saya bisa bekerja sambil menunggu anak-anak yang sedang berjalan-jalan memutari mall.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar mudah cari kerja online di era internet cepat seperti sekarang ini, diantaranya :

Tips Mudah Cari Kerja Online di Era Layanan Internet Cepat


1. Miliki berbagai macam akun media sosial. Banyak pekerjaan online yang dibagikan melalui media sosial.

2. Buatlah data diri yang jelas pada akun, tidak perlu dituliskan secara terbuka semuanya. Namun cukup tunjukkan kalau anda adalah akun real, bukan akun palsu. Diantaranya dengan menggunakan foto diri dan tidak memyematkan data yang terkesan alay pada bio akun anda. Misalnya saja pekerjaan diisi dengan direktur PT Mencari Cinta Sejati. Jngan lupa cantumkan pula kontak yang bisa dihubungi seperti email.

3. Ikuti grup-grup yang berhubungan dengan pekerjaan online yang sesuai dengan ketertarikan anda. Misalnya anda gemar menulis, maka ikutilah grup-grup yang berhubungan dengan kepenulisan di media sosial.

4. Saat ini banyak sekali aplikasi yang berisi lowongan pekerjaan, termasuk berbagai macam kerja online. Anda bisa mendownload, mengisi data yang dibutuhkan dan aktifkan notifikasinya. Jika ada pekerjaan yang sesuai dengan kriteria anda, maka aplikasi akan memberikan pemberitahuan.

5. Anda juga bisa mencari pekerjaan online melalui website resmi perusahaan, biasanya perusahaan mencantumkan laman karir yang berisi lowongan pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Pastikan bahwa website maupun perusahaan tersebut dapat dipercaya ya.

5. Selalu update informasi agar kita tidak ketinggalan zaman.

6. Pastikan anda memiliki layanan internet yang lancar di rumah dan lebih baik lagi jika anda menggunakan internet cepat demi kelancaran pekerjaan anda. Saya sendiri sangat menikmati internet cepat dan layanan IndiHome dari Telkom Indonesia sejak bertahun-tahun yang lalu.

Cari lowongan kerja online



Nah itulah sebagian cara mudah cari kerja online yang sebagian besar sudah saya terapkan dan saya rasakan hasilnya. Memang saya belum seberhasil teman-teman yang lain, namun manfaatnya sudah sangat saya rasakan. Selain karena usaha dan kerja keras, tak dapat dipungkiri bahwa keberadaan layanan Internet cepat IndiHome dari Telkom Indonesia memberikan pengaruh signifikan terhadap pekerjaan saya, menjadi lebih lancar dan dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa dihadapkan oleh masalah jaringan internet.

Btw, saya terinspirasi menulis pengalaman saya ini setelah membaca sebuah artikel di sebuah situs perbandingan harga gadget,yang berisi tentang mudahnya mencari pekerjaan online di era digital ini. Teman-teman memiliki pengalaman yang sama? Boleh dong cerita di kolom komentar.


You Might Also Like

40 comments

  1. Toss Mbak ... saya pun sebenarnya termasuk kuper. Saya jadi punya banyak teman sekarang justru karena aktif di dunia maya hihi. Masya Allah ya, zaman now mudah sebenarnya mencari kerja online dengan bekal internet cepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, beruntung banget hidup di zaman internet..

      Hapus
  2. Alhamdulillah di era digital ini, semakin membuka banyak kesempatan bekerja secara online ya, Mbak. Lowongannya pun mudah didapat dari berbagai media sosial. Jadi walau di rumah, kita tetap produktif. Pastinya harus didukung dengan internet yang cepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Alhamdulillah ada IndiHome. Ngebantu banget buat kerja online..

      Hapus
  3. Aku juga jarang keluar rumah dan bergaul dengan ibu-ibu. Tapi memanfaatkan internet untuk mengembangkan diri. Hidup di jaman digital gini memang enak jadi ga perlu sering keluar rumah nyari informasi. Cukup dari hp atau laptop

    BalasHapus
  4. Cari kerja jadi mudah sejak ada internet, apalagi makin asyik aja langganan IndiHome makin mudah, bonusnya juga melimpah, dan yg penting jaringannya luass banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, jangan lupa kakau ada promo. Wajib dimanfaatkan..

      Hapus
  5. betul kak memang lebih enak mencari kerja lewat online yaa, bisa kita temukan lewat media sosial maupun lewat platform tertentu juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ga usah kamana mana tapi tetep bisa cari cuan..

      Hapus
  6. Ponakanku juga sekarang lebih banyaknya searching lowongan kerja dari internet. DImana apply lebih mudah dan sebaguian perusahaan dan ngadain wawancara online. Harus butuh internet stabil kayak IndiHome

    BalasHapus
  7. Bersyukur sekali kita hidup dengan akses internet yang cepat dan stabil seperti dari IndiHome. sangat membantu segala aktivitas kehidupan kita, termasuk dalam mencari kerja

    BalasHapus
  8. Bener banget tuh kak. Cari kerjaan online makin gampang ya kalo ada internet cepat, khususnya IndiHome dari Telkom Indonesia. Layanannya keren sih. Internetnya jg kenceng.

    BalasHapus
  9. Betul mba, sebenarnya banyak sekai ya lamaran kerja online di luar sana, tapi kitanya memang harus aktif mencari dan juga menambah skill digital!

    BalasHapus
  10. Sebel deh kalau cuma dikira minta duit suami ongkang2 di rumah. Hahah, kadang bikin baper. Padahal kan kita produktif jugaa eaa. Untung sekarang cari kerja bisa mudah pake internet cepat.

    BalasHapus
  11. Join group nih bener banget. Selain bisa sharing info lowongan kerja juga bisa sharing kalo ada lowongan yang mencurigakan 😅 maklum yak sampai skrg kyknya masih banyak lowongan abal2;yg sgt merugikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, cukup pengalaman orang lain bisa dijadikan pelajaran..

      Hapus
  12. Dengan mengandalkan internet yang mumpuni ini, urusan melamar kerja jadi makin cepat apalagi kalau pas lowongannya baru buka kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bisa jadi pelamar tercepat kalo kitanya update terus.

      Hapus
  13. Benar juga ya mbak
    Adanya layanan internet cepat dari IndiHome ini memberikan kita kemudahan dalam mencari lowongan pekerjaan online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, makanya sayang banget kalo internet cepatnya tidak dimanfaatkan..

      Hapus
  14. Sangat dimudahkan jaman sekarang dengan adanya internet yaa...auto.inget jaman dulu melamar pekerjaan pake surat menyurat

    BalasHapus
  15. Aku sejak resign, juga lebih suka di rumah mbak. Bener loh, kalau ngumpul itu jadinya malah rasan-rasan, hehehe.
    Aku juga karang keluar rumah kok, di rumah ya sok sibuk, kalau gambutnya nonton Drakor. Ada internet cepat tuh di rumah saja tetep bisa kerja dan dapat hiburan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah udah resign sekarang? Makin fokus ngeblog dong..

      Hapus
  16. punya layanan internet cepat di rumah penting banget sih, apalagi yang punya pekerjaan online maupun bisnis online wajib banget sih sehingga apapun pekerjaan yg berkaitan dengan internet selalu lancar jaya

    BalasHapus
  17. Dengan semakin banyaknya terhubung dengan teman online, banyak info dan jenis lowongan pekerjaan yang bisa dicoba. Karena zaman sekarang bisa dengan mudah ikut seleksi kerja online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, berkat internet jaringan juga semakin luas yaa

      Hapus
  18. teknologi digital sangat menguntungkan kita, terutama dalam hal melamar kerja. jadi gak perlu berlelah-lelah naro berkas sana sini sampe pinsan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, padahal kadangkala lamaran kertas gitu ga dilihat huhuhu sedih...

      Hapus
  19. Alhamdulillah selama ini aku juga terbantu dengan adanya internet cepat. Jadi sering dapat job-job secara online. Salah satu jalannya adalah bergabung dengan komunitas.

    BalasHapus
  20. sepertinya kita sama mba, sama-sama kurang arisan ini arisan , hehe dan yess bukan berarti kita anti sosial ya. setelah ditelaah ternyata bukan karena saya males bersosialisasi, entah karena usia tapi sepertinya memang crirclenya gak pas aja. malesin emang kalo bersosialisai tapi yang dibahas pergibahan dan semacamnya. gak manfaat sama sekali, sesekali pengen gitu ketemu circle yang bahas soal bikin karya, gimana upgrade diri dan hal-hal yang mengedukasi. sayangnya saya belum nemu kecuali circle yang emang udah terjalin belasan tahun. Apalagi kalo bahas soal cari kerja, mostly circle disini udah pada males nyari kerja, hehehe. padahal bisa banget ya cari cuan lewat internet. caranya banyak banget dan bisa kita ulik. itulah kelebihann internet. btw circle yan sefrekuensi dengan saya nyatanya hanya ada di dunia maya, dengan komunitas dan sahabat penulis/bloger, wehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, susah di dunia nyata mencari circle yang satu frekuensi... Kako di Malang teman maya bisa sering ketemuan di dunia nyata mbak, vuma rumahku jauuh, jadi jarang gabung..

      Hapus
  21. Iya juga ya, dulu mau cari lowongan kerja itu ribetnya minta ampun, beda banget dengan zaman sekarang karena teknologi udah canggih jadi hunting kerjaan bisa di rumah aja yang penting ada internet cepat pasti urusan hunting ini bakal lancar

    BalasHapus