Yuk Jualan Online : Tren Belanja Online dari Masa Ke Masa

20.33.00

Yuk Jualan Online

Halo teman-teman penjual online, sudah berapa lama nih malang melintang di dunia perdagangan online? Bagi yang sudah bertahun-tahun terjun di usaha ini pasti juga memiliki banyak cerita tentang pengalaman jualan online ya.

Begitu juga dengan teman-teman yang punya hobi belanja online, pasti juga sudah mengantongi banyak cerita tentang macam-macam tipe pedagang online. 

Saya memiliki kedua pengalaman tersebut, yaitu sebagai pedagang online dan juga pembeli online. Saat kita menjadi pedagang online harus mampu menempatkan diri sebagai pembeli. Dengan demikian kita akan memahami hal-hal apa yang membuat pembeli nyaman berbelanja di tempat kita. Dan kalau bisa membuat mereka kembali belanja di toko online kita tanpa harus mendikte mereka.

Namun jika pedagang merasa dibutuhkan oleh pembeli dan tidak mampu menyelami kebutuhan pembeli, maka bukan tidak mungkin pembeli tersebut akan lari dan tidak kembali lagi. Oleh karena itu jika kita berjualan online, Yuk Jualan Online yang mampu menyenangkan pembeli kita. 

Saat menjadi pembeli online, kita pun jangan merasa jadi raja yang segalanya minta dilayani. Alangkah lebih baik sebelum memutuskan untuk menulis pertanyaan di kolom chat, kita membaca dengan teliti deskripsi barang yang dijual. Dengan demikian, kita tidak sampai menanyakan hal-hal yang sudah tertulis jelas di deskripsi. Selain membuang waktu juga kasihan pedagang atau adminnya, karena pastinya yang dilayani bukan cuma kita.

Jika saling menjaga, maka pedagang dan pembeli online akan sama-sama mendapatkan keuntungan. Sebagai penjual kita senang karena dagangan kita laku dan membuat pembeli puas. Sedangkan pembeli juga merasa nyaman berbelanja dan mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan perasaan senang.

Berkat kemajuan teknologi, saat ini sudah tersedia berbagai macam platform belanja online. Biasanya setiap platform memiliki gaya masing-masing, baik untuk penjual maupun pembelinya. Hal itu dikarenakan fitur yang tersedia di setiap platform berbeda sehingga menghasilkan output yang berbeda pula.

Tren Belanja Online 

Sebagai netizen, apakah teman-teman menyadari bahwa Tren Belanja Online ini berkembang dan makin bervariasi dari waktu ke waktu.

Tren Belanja Online di Dunia

Tren Belanja Online di dunia sudah dimulai sejak tahun 1979 atau satu dasawarsa semenjak internet ditemukan. Berbeda dengan internet yang lahir di Amerika. Tren Belanja Online dunia justru dimulai dari Inggris. Ialah Michael Aldrich dari Redifon Computers yang menyambungkan komputer dengan televisi berwarna sehingga bisa melakukan penjualan real time melalui saluran telepon.

Pada tahun 1980 metode Aldrich digunakan secara meluas di Eropa. Pada tahun 1992 muncul toko buku online pertama disusul dua tahun kemudian lahirlah e-commerce.

Tren Belanja Online di Indonesia

Di Indonesia sendiri Tren Belanja Online dimulai pada pertengahan tahun 1999-an dengan kemunculan situs jual beli Kaskus. Situs yang digawangi Andrew Darwis ini berkembang menjadi salah satu situs yang digandrungi anak muda pada masa itu.

Populernya Kaskus mendorong munculnya web serupa. Jual beli dilakukan dengan cara mencari barang di kolom pencarian, kemudian penjual memberikan nomor untuk dihubungi lebih lanjut.

Era selanjutnya adalah Era Media Sosial yang di awali oleh Facebook pada pertengahan 2000an. Jual beli baik melalui Kaskus maupun Facebook keamanannya masih rentan. Karena banyak celah bagi penjual untuk menipu pembelinya. Misalnya saja barang tidak dikirim ke pembeli atau barang yang di jual berbeda dengan aslinya.

Setelah itu baru pada tahun 2010 e-commerce mulai dikenal di Indonesia. Karena keterbatasan internet pada waktu itu membuat e-commerce lambat berkembang. Namun seiring mudahnya akses internet, kini e-commerce semakin digandrungi oleh masyarakat.

Peningkatan volume akses ke e-commerce juga tak lepas dari mudahnya akses internet menggunakan handphone. Munculnya aplikasi yang bisa di akses menggunakan ponsel pintar juga turut mendorong naiknya minat masyarakat terhadap e-commerce.

Belanja online melalui e-commerce selain fiturnya yang semakin sempurna. keamanannya juga lebih terjamin. Karena uang akan dikirimkan penjual setelah di setujui oleh pembeli melalui notifikasi yang muncul setelah barang diterima.

Melalui e-commerce uang yang sudah terlanjur dikirim ke penjual pun bisa diminta kembali dengan mudah jika barang yang akan dibeli ternyata habis.

Salah satu e-commerce yang makin eksis sampai saat ini dan terus bertambah fiturnya adalah Lazada. 

Kelebihan jualan di Lazada

Tak hanya menyediakan kemudahan untuk melakukan transaksi jual beli, Lazada juga memberikan inkubasi pada para penjual yang tergabung di dalamnya. Dengan demikian para penjual yang baru bergabung akan di dampingi oleh tim dari Lazada.

Fitur lain yang diberikan oleh Lazada adalah fitur promosi produk baru agar Jualan di Lazada lebih cepat mendatangkan trafik. 

Lazada juga selalu update dengan teknologi baru, seperti munculnya fitur livestreaming. Tim dari Lazada juga selalu siap membantu para seller yang Jualan di Lazada apabila ingin melakukan penjualan dengan cara livestreaming.

Informasi lebih banyak dapat Anda peroleh melalui artikel Tren Belanja Online dari Masa ke Masa. Dari artikel tersebut dapat disimpulkan bahwa dari waktu ke waktu, terbukti bahwa e-commerce adalah salah platform penjualan terbaik. Makanya, Yuk Jualan Online di Lazada.

Seiring bertambahnya waktu menunjukkan bahwa angka penjualan di e-commerce mengalami peningkatan secara signifikan. Adanya pandemi turut mendorong naiknya pembelanjaan melalui e-commerce. Dikarenakan adanya pembatasan yang membuat masyarakat mengalihkan belanja mereka ke situs yang lebih dipercaya ini.

Per April 2021 tercatat 88.1% pengguna internet di Indonesia belanja menggunakan e-commerce. 

Data dari survey We Are Social yang diungkap pada Kick Off Fintech Nasional dan Indonesia Fintech Summit 2021 ini juga mengemukakan bahwa Indonesia sudah menduduki peringkat pertama dari segi penggunaan e-commerce. Wah ternyata legit juga ya jualan di e-commerce, yuk Yuk Jualan Online rame-rame. Biar makmur bareng bareng juga. 

Lazada yang juga salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, mencatatkan 30an juta pengunjung di setiap bulannya. Hal ini menunjukkan bahwa berjualan di Lazada memiliki kans besar untuk meraih omset yang tinggi.

Buat teman-teman yang sudah memiliki usaha online namun penjualan masih terbatas di media sosial. Yuk mulai Jualan Online di Lazada.

Banyak sekali keuntungan jualan online di Lazada yang bisa dirasakan oleh penjual. Berikut ini beberapa di antaranya.

Keuntungan jualan online di Lazada:

1. Pengunjung berlimpah tanpa harus melakukan iklan berbayar.

2. Promosi gratis. Lazada memberikan waktu 14 hari untuk melakukan promosi gratis. Manfaatkan peluang ini dengan mempromosikan produk sebanyak mungkin agar mendapatkan trafik penjualan yang tinggi.

3. Manfaatkan fitur analisis bisnis yang canggih. Dengan ini penjual dapat menganalisis pengunjung yang datang ke toko Anda. Sehingga mendapatkan data yang tepat untuk meningkatkan strategi penjualan.

4. Manfaatkan fitur bocoran peluang untuk mengetahui produk yang banyak peminatnya namun sedikit penjualnya.

5. Kemudahan dalam memberikan deskripsi produk. Bisa menggunakan gambar maupun HTML.

6. Banyak program campaign yang mampu mendatangkan lebih banyak pengunjung.

7. Proses yang cepat dan mudah untuk pendaftaran merk.

8. Customer service untuk penjual bukan robot, Anda bisa live chat dengan tim yang sedang bertugas saat itu.

9. Biaya Admin menjadi seller yang sangat murah. Hanya 1.8% saja.

10. Tersedia berbagai tema gratis untuk mendesain toko Anda di Lazada agar semakin menarik.

Nah, setelah membaca berbagai keuntungan jualan online di Lazada seperti di atas, Anda tertarik untuk memulai Jualan di Lazada?

Jangan khawatir, karena cara berjualan di Lazada cukup mudah. Simak penjelasan berikut :

Cara daftar jadi seller di Lazada

Cara daftar di Lazada

  1. Masuk ke web https://www.howwesell.asia/id/yukjualanonline/ kemudian klik tombol MULAI BERJUALAN di pojok kanan atas. Bisa juga langsung ke web https://sellercenter.lazada.co.id/
  2. Daftar atau masuk menggunakan no. HP atau email yang aktif.
  3. Isilah data dengan lengkap, seperti alamat toko dan data pribadi penjual. Untuk marketplace individu (Local seller), dokumen yang diperlukan hanya KTP dan informasi rekening. Sedangkan untuk LazMall, dokumen yang diperlukan seperti NIB (Nomor Izin Berusaha), Ijin Usaha dari OSS dan beberapa dokumen khusus tergantung tingkatan distributor/brand owner
  4. Verifikasi 2 langkah, melalui SMS atau email
  5. Pastikan Anda membaca dan memahami “Perjanjian Marketplace Lazada Syarat & Ketentuan” terlebih dahulu sebelum menyetujuinya.
  6. Klik selesai dan tunggu approval dari Lazada
  7. Yuk jualan online! karena toko online Anda di Lazada sudah siap.
Cukup mudah bukan? Jangan sampai menyesal karena terlambat mendaftar. Lebih cepat memiliki toko online di Lazada lebih baik karena lebih cepat pula Anda mendapatkan pundi pundi uang. Yuk Jualan Online!

belajar tren belanja online

Kesimpulan

Artikel Tren Belanja Online di Blog Yuk Jualan Online di Lazada telah menyadarkan saya bahwasanya dari waktu ke waktu Tren Belanja online itu semakin berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi.

Bertambahnya pengguna internet turut mendorong semakin pesatnya situs jual beli online. Dan terbukti, platform belanja online yang mampu bertahan adalah yang mampu beradaptasi dengan trend yang terus berubah dan teknologi yang terus berkembang. 

Lazada hadir dan mampu menjawab tantangan itu. Kemampuan Lazada untuk beradaptasi dengan zaman tidak saja membuat pembelinya nyaman tapi juga mampu menumbuhkan semangat penjual bahwa ada harapan besar yang akan tercapai dengan berjualan online di Lazada.

Blog Jualan Online dari Lazada ini juga memberikan banyak inspirasi bagi teman-teman yang ingin berjualan online di Lazada

Banyak sekali tips dan trik jualan online yang dikupas tuntas. Semakin banyak artikel yang dibaca maka akan semakin banyak ilmu yang didapat agar jualan online kita mendapat trafik yang tinggi.

Nah itulah sekilas pengetahuan mengenai Tren Jualan online dari masa ke masa baik di Indonesia maupun dunia. Juga sepintas info tentang kelebihan Jualan di Lazada serta sedikit cerita tentang mudahnya daftar menjadi seller Lazada. Semoga bermanfaat untuk Anda semua. 


You Might Also Like

57 comments

  1. Lazada emang sering iklan sih di google kayaknya, jadinya sering seliweran dan pernah juga kepoin pas tanggal tertentu, karena promonya menarik banget, kalau jadi seller berasa diuntungkan dg trafik pembeli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gabung di Lazada otomatis banyak yang mengu jungi, pembeli juga banyak jadinya

      Hapus
  2. Sekarang memang belanja online udah jadi tren di masyarakat. Jadi bikin peluang usaha juga. Lazada ini salah satu tempat belanja yang lengkap dan banyak pilihan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jangan lupa banyak keuntungan bergabung dengan Lazada

      Hapus
  3. Membaca ini jadi berpikir lagi untuk memulai berjualan online. Apalagi sekarang di Lazada ada program khusus untuk seller baru. Serasa dibimbing menemukan pasar yg lebih luas pastinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, ada program inkubasinya. Sayang banget kalo ga dimanfaatin

      Hapus
  4. Banyak keuntungan ya berjualan online di Lazada. Saya lama nggak tengok Lazada, nih. Jadi penasaran. Apakah Lazada ada affiliate juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah buruan ditengok mbak biar tau apa aja yang baru dari Lazada

      Hapus
  5. belanja di forum belanja dan di sosmed itu seperti uji nyali, harus berani aja terima konsekuensinya kalau sellernya tidak amanah atau sejenisnya, berbeda dengan belanja di Marketplace masih lebih tinggilah keamanannya, apalagi belanja di marketplace yang memang sudah terkenal seperti Lazada
    jadi penjual di Lazada pun juga banyak keuntungannya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak yang lebih memilih marketplace karena faktor keamanannya. Lazada bisa jadi pilihan yang terbaik

      Hapus
  6. Iya juga kak, kalau melihat perkembangan Lazada makin ke sini jadi lebih simple dan fiturnya menarik, sehingga cocok ya buat yang ingin memulai bisnis di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jualan online banyak keuntungannya selain keuntungan dari penjualan itu sendiri

      Hapus
  7. Jadi pengen belajar juga nih jualan online di Lazada. Pernah buka toko di marketplace sebelah, tapi belum berhasil nih. Semoga di Lazada bisa lebih maju deh...

    BalasHapus
  8. Jadi inget zaman dulu jualan lewat Kaskus. Seiring berkembangnya waktu, sekarang sudah banyak marketplace untuk berjualan, salah satunya yaitu Lazada. Jualan di Lazada banyak fitur dan benefitnya ya... Keren deh. Jangan sia-siakan kesempatan yang diberikan oleh Lazada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, Lazada menawarkan banyak keuntungan selain keuntungan betjualan itu sendiri

      Hapus
  9. Cara mendaftar di LAZADA ini terbilang mudah yaa..
    Karena verifikasi 2 langkah dan setelahnya sudah bisa langsung memulai berjualan online.
    Apakah satu akun bisa memiliki banyak toko online?

    BalasHapus
  10. Pas banget ya Lazada ini tempat jualan online yang aman dan terpercaya, banyak komunitasnya juga yang bakal bantu penjual semakin berkembang, selain itu pasarnya juga sangat luas, karena sampai Asia Tenggara, sehingga produk kita potensi dikenal calon konsumen sangat besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya Lazada menjadi salah satu pilihan terbaik untuk berjualam

      Hapus
  11. sekarang makin mudah ya mau jualan onlin, apalagi udah gabung Lazada jadi pasarnya bisa makin luas, dijamin cuan nya makin meningkat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itulah salah satu keuntungan jualan online di Lazada

      Hapus
  12. Iya, dulu banget jualan di kaskus. Terus ke medsos, dan sekarang di marketplace. Senengnya jualan di marketplace Lazada tuh selain mudah, jangkauan pangsa pasarnya juga beaar, karena Lazada marketplace terbesar di asia tenggara.

    BalasHapus
  13. Ternyata mudah ya daftar di Lazada. Semoga makin banyak seller yang sukses dengan bergabung di Lazada

    Tren belanja online memang makin baik ya dari masa ke sama. Memudahkan banget saat kita butuh barang Dan gak banyak waktu untuk shopping langsung ke Pasar/mall

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tren belanja online kini makin praktis dan memudahkan pembeli

      Hapus
    2. Belanja makin hari makin mudah dan praktis berkat Lazada ya

      Hapus
  14. Jualan online saat ini banyak diminati karena orang jd hematbtidak keluar ongkos bensin, makan pasti laper mata untuk jajan sudah gitu banyak diskon pula.

    Nah selain jadi pembeli online kita juga perlu brlajar jadi penjual juga, tahap awal jd reseller dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa.. Siapa tau berkembang. Kalau diseriusin hasilnya juga gede loh..

      Hapus
  15. Saat ini tren belanja online terus meningkat
    Makanya, jualan online menjadi peluang bisnis yang menjanjikan ya mbak
    Apalagi kalau jualannya di Lazada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pengu jung Lazada banyak sekali. Bisa jadi salah satu pertimbangan tersendiri

      Hapus
  16. E-commerce pertama buat ku beli online itu Lazada loh
    Aku kira perusahaan besar doang yang bisa jualan situ
    Ternyata individu bisa juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa.. Siapapun bisa menjadi penjual online di Lazada

      Hapus
  17. Buka toko di lazada ada tema tokonya jg? Woaa makin ciamik nih. Kalo dimodif sedemikan rupa kan bakal banyak yg tertarik mampir, lihat2 etalase dan berujung check out

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih bisa disesuaikan dengan selera kita sendiri

      Hapus
  18. wah bener banget sekarang usaha itu udah semakin maju, semua bisa dilakukan dengan online makanya sekarang tergantung usaha kita untuk maju aja. yuk semangatt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk semangat yuuk.. Semua bisa tergantung kemauan kita

      Hapus
  19. tertarik nih dengan fitur 14 hari untuk melakukan promosi gratis dari lazada. penasarab dengan mekanismenya bagaimana. kan lumayan ya bisa buat promo produk atau olshop kita di lazada

    BalasHapus
  20. Wah dapet wawasan baru nih, ternyata belanja online sudah dari tahun 1979 ya, dan transaksinya secara realtime via televisi yg di hubungkan dg komputer.. sekarang lebih mudah lagi penjual dan pembeli bisa bertransaksi via telpon seluler

    BalasHapus
  21. Belanja online memang menjadi trend yaa mbak, dalam satu dekade ini. Kalau gitu jualan juga harus online dong biar bisa menyesuaikan trend.

    BalasHapus
  22. Peluang dapet penjualan yang meningkat sekarang lagi musim jualan via live. Jualan di Lazada juga bisa banget live streaming gitu ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget.. Lazada juga selalu update dengan perlembangan terbari...

      Hapus
  23. Jualan online memang sip. Bisa dilakukan di rumah tanpa harus meninggalkan anak anak di masa tumbuh kembangnya

    BalasHapus
  24. saya belum pernah euy belanja di kaskus. pernahnya kayaknya belanja di ecommerce aja karena dulu juga jarang belanja online. heu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaa.. Aku sering belanja online semenjak ada marketplace. Lebih aman sih yaa

      Hapus
  25. aku dulu ngalamin nih belanja online masih lewat instagram aja.. cuma jadi rentan penipuan ya. kalau dari marketplace gini tentu lebih aman juga buat pelanggan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, aku belim pernah. Lebih tepatnya belum berani..

      Hapus
  26. Betul banget denganmengetahui trend belanja dari masa ke masa kita jadi tahu kondisi yang sesuai dan mengatur strategi lebih awal.

    Mengingat persaianan jualan online gak sedikit. ⁶

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya kalau mau sukses harus segera mulai atau kita akan ketinggalan..

      Hapus
  27. Wah lazada termasuk e commerce yang terus update dan fiturnya makin lengkap ya. Mantap nih dijadikan tempat untuk jualan online. Recommended banget

    BalasHapus
  28. Enak ya kalau jualan di marketplace Lazada, bisa dapat promosi gratis dan ada fitur analisa juga buat bantu analisa toko jualan kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa.. Jadi tau langkah apa untuk strategi marketing selanjutnya...

      Hapus