tips

Cara Efektif Menghilangkan Kejenuhan Saat Bekerja

14.15.00

Agar tak dihinggapi rasa bosan saat bekerja



Pernahkah anda merasakan bosan atau jenuh saat sedang bekerja? Rasanya sangat tidak menyenangkan bukan? Pasti setiap orang pernah mengalaminya. Melakukan kegiatan yang sama secara terus menerus memang rentan menumbuhkan kebosanan.Wajar jika kita mengalaminya, tapi jangan sampai dibiarkan berlarut larut. Jangan pula kebosanan dijadikan alasan penyebab turunnya produktivitas kita. Oleh karena itu kita harus pintar-pintar mengatasi rasa bosan tersebut hingga kita semangat beraktivitas kembali.

Tanda tanda kita mengalami kebosanan saat bekerja


1. sering merasa lelah tanpa sebab


Melakukan kegiatan yang sama secara berulang dapat membuat otak kita merasa jenuh. Namun kejenuhan ini kadang direspon salah oleh tubuh kita sebagai rasa lelah. Perasaan lelah ini muncul begitu saja tanpa harus kita melakukan aktifitas yang berlebihan.

2. Kurang bersemangat.'


Gaji atau pendapatan bisa menjadi salah satu faktor yang membuat kita bersemangat dalam bekerja. Namun ketika muncul perasaan bahwa gaji itu sudah tak penting lagi dan tak ingin meraih kehidupan yang lebih baik lagi, bisa jadi anda sedang mengalami kebosanan dalam rutinitas anda.

3. Gampang emosi


Orang yang sedang mengalami kejenuhan juga mudah tersulut emosinya. Karena dalam kondisi seperti ini biasanya kepala terasa penuh dan tak bisa mengendalikan diri dengan baik.

4. Kurang perhatian dengan lingkungan/sekitar anda


Terjebak kebosanan sering membuat kita menjadi kurang peka. Sehingga kita tidak menyadari peristiwa apa saja yang terjadi dengan orang orang di sekitar kita.

5. Bersikap asal asalan


Rasa bosan terhadap sesuatu malah membuat kita secara tidak sadar memikirkannya terus menerus. Sehingga muncul keengganan untuk memikirkan hal lainnya seperti penampilan, membuat bersikap asal asalan.

6. Sering mengeluh.


Ketika anda mulai mengeluhkan pekerjaan sepele yang biasanya dapat dengan cepat anda kerjakan, bisa jadi anda sedang diliputi kejenuhan.

7. Tidak bisa memikirkan ide ide baru.


Rasa jemu juga bisa membuat pikiran kita seolah olah buntu sehingga tidak bisa memikirkan hal hal baru atau inovasi dalam pekerjaan kita.

Nah, itulah beberapa ciri tanda tanda kejenuhan. Jika anda merasakannya, jangan dibiarkan berlarut larut. Karena dapat mergikan diri kita sendiri. Pada saat merasakannya bisa jadi kita jadi lebih permisif terhadap diri sendiri sehingga melakukan hal hal yang akan kita sesali di kemudian hari.

Oleh karena itu sebelum menjadi bumerang, alangkah lebih baik jika kita mampu mengatasi kejenuhan tersebut agar tidak mengganggu aktivitas kita sehari hari.

Rasa Jemu itu terkadang muncul disaat kita sedang berada ditengah tengah pekerjaan. Jika dalam situasi seperti itu, tentunya tidak mungkin jika kita harus meninggalkan pekerjaan dalam waktu yang lama. Kita butuh cara efektif menghilangkan rasa jenuh dalam waktu yang singkat. Sehingga pekerjaan masih bisa lanjut dan kita bersemangat kembali. Lalu bagaimana caranya?

Cara efektif menghilangkan kejenuhan saat bekerja dalam waktu singkat.


1. Mencuci muka atau berwudhu.


Mengambil waktu sebentar untuk sekedar cuci muka atau berwudhu dapat membuat kita merasa segar kembali, dan siap melakukan pekerjaan selanjutnya.

2. Menggerakkan tubuh.


Tidak perlu keluar ruangan atau pergi ke taman. Menggerakkan badan diantara waktu bekerja juga dapat membuat aliran darah kembali lancar dan kita semangat bekerja kembali.

3. Mencuri waktu untuk menikmati cemilan favorit.


Bagi yang memiliki hobi ngemil, mencuri waktu untuk menikmati sedikit cemilan dapat membuat pikiran kembali semangat untuk bekerja kembali.

4. Minum kopi atau coklat panas.


Kafein yang ada dalam kopi atau nikmatnya coklat panas dapat menjadi stimulan yang dapat meningkatkan fokus dan mengembalikan energi. Biasanya setelah minum kopi atau coklat panas, mata jadi lebih melek dan pikiran lebih fresh dan longgar.

5. Cuci mata


Untunglah sekarang cuci mata dapat dilakukan dengan window shoping melalui dunia maya. Cukup membuka e-commerce kesayangan lalu memasukkan berbagai barang barang yang kita inginkan ke dalam keranjang sudah dapat menumbuhkan semangat dalam bekerja. Keinginan untuk mendapatkan barang barang tersebut bisa menjadi pemicu semangat tersendiri.

6. Relaksasi otak dengan game.


Beberapa literatur mengatakan bahwa bermain game di komputer dapat membuat otak kita lebih rileks. Untuk menghilangkan kejenuhan yang tiba tiba muncul saat bekerja, pilihah game yang ringan namun menantang. Jangan memilih game berat yang mudah menyulut emosi. Pemilihan game ini penting karena dapat mempengaruhi emosi kita setelah memainkannya.

Untunglah saat ini untuk bermain game di komputer maupun laptop, kita tidak perlu menginstal yang dapat memakan memori di perangkat kita. Cukup dengan membuka browser dan buka situs game komputer seperti Solitaire.Org, anda sudah bisa relaksasi untuk menghilangkan kejenuhan.


game ini dapat mengusir rasa bosan anda pada pekerjaan



Solitaire

Di situs Solitaire.org terdapat permainan Solitaire klasik seperti yang ada di komputer jadul kita dahulu. Nah kenapa saya menyarankan permainan ini? Karena saya punya pengalaman pribadi terkait game legend ini. Dulu ketika dlanda kejenuhan saat mengerjakan skripsi, game inilah yang jadi pelarian saya. Permainannya ringan, menimbulkan rasa penasaran untuk menang tapi tidak sampai membuat emosi jiwa. Kalau gagal tinggal pilih menu permainan baru.

Meskipun sederhana tapi permainan Solitaire klasik tidak pernah membosankan. Setelah memainkannya, pikiran jadi lebih fresh dan siap melanjutkan pekerjaan kembali.

Senengnya lagi di website Solitaire.org ini juga tersdia banyak permainan lainnya, ada mahyong, puzzle, hidden object games, permainan kartu lainnya dengan berbagai variasi menarik.

Hidden Object Games


jenis permainan pengusir rasa bosan



Salah satu yang jadi favorit saya adalah hidden object games. Ini adalah permainan yang membutuhkan ketelitian. Kita diminta untuk menemukan beberapa benda dalam batas waktu tertentu. Di awal permainan, kita kan dengan mudah menemukan benda benda yang di maksud. Namun begitu naik ke level berikutnya kita harus lebih teliti lagi, karena benda benda yang dicari hampir menyerupai dengan background-nya. Setiap benda yang kita temukan dapat menambah poin, namun jika kita salah klik maka poin kita akan berkurang.

Permainan Hidden-Object-games ini lumayan menantang dan tidak membosankan. Namun demikian jika anda berselancar ke website ini harus tetap ingat waktu ya. Jangan sampai anda terlena dan melupakan kewajiban.

Nah itulah beberapa tips dari saya bagaimana menghilangkan kejenuhan saat bekerja dengan efektif dan dalam waktu yang singkat. Semoga bermanfaat untuk teman teman. Jika ada yang memiliki pengalaman serupa, boleh kok berbagi di kolom komentar.

You Might Also Like

1 comments

  1. Hemm bener banget sering mengalami ini sih saat bekerja apalagi duduk dan menghadap laptop terus. Apalagi ngegame ini kayaknya bagus.

    BalasHapus