Lokasi dan biaya PCR test Malang Surabaya

by - 1:48:00 PM

Lokasi dan biaya PCR test Malang Surabaya

Teman teman tentu sudah sering mendengar apa itu PCR test. PCR atau Polymerase Chain Reactor adalah metode deteksi virus di dalam tubuh dengan melakukan pengambilan sampel lendir dari belakang hidung atau belakang tenggorokan.

PCR test ini dilakukan untuk mendeteksi keberadaan virus Covid di dalam tubuh. PCR test ini tidak bisa dipisahkan dengan istilah Swab, karena pengambilan sampel lendir dilakukan dengan metode swab/seka.

Test PCR ini lebih akurat dalam mendeteksi virus bila di bandingkan dengan rapid test. Karena rapid test ini hanya mendeteksi adanya antibodi dalm tubuh. Antibodi ini terbentuk jika ada virus yang menyerang, namun antibodi ini belum terbentuk jika tubuh berada di fase awal awal penyerangan virus.

Kalaupun hasil dari rapid test positif, belum tentu yang menyerang adalah virus Covid 19. Bisa jadi yang menyerang tubuh adalah virus lainnya. Oleh karena itu pemberitaan akhir akhir ini tidak menyarankan untuk rapid test melainkan langsung saja swab test, karena hasilnya lebih akurat.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, metode swab ini dilakukan dengan mengambil sampel lendir dari belakng rongga hidung dan tenggorokan. Dua tempat tersebut di pilih karena disitulah virus ini menggandakan diri. Namun, swab belakang rongga hidung lebih banyak digunakan sedangkan belakang tenggorokan menjadi opsi tambahan saja.

Pengambilan sampel dilakukan dengan mengusapkan kapas bertangkai selama beberapa detik hingga sampel didapatkan. 

Mungkin akan muncul rasa tidak nyaman, namun cara ini harus di lakukan untuk mendapatkan hasil test yang akurat.

Lokasi dan biaya PCR test Malang Surabaya

Sebelum melakukan PCR atau swab test ada beberapa hal yang perlu teman teman persiapkan, diantaranya :

1. Pilih tempat test PCR yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja jarak yang ditempuh dari rumah. Berapa lama hasil testnya keluar. Karena masing masing tempat test memiliki harga yang berbeda dan lama tidaknya hasil test keluar juga mempengaruhi harga.

2. Persiapkan dana

3. Persiapkan mental karena test PCR ini kurang nyaman dan kita pun harus siap menghadapi apapun hasil test yang keluar.

4. Jika sudah menemukan loksi test PCR yang sesuai, persiapkan perlengkapan yang anda butuhkan untuk menuju ke lokasi test. Perlu dipikirkan apakah anda menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Pastikan anda membawa masker dan hand sanitizer. Jika menggunakan kendaraan umum, jangan lupa untuk jaga jarak dengan penumpang lainnya. Lebih baik berangkat lebih awal agar bisa memilih kendaraan umum yang sepi daripada tergesa gesa akhirnya naik kendaraan yng ramai. Karena belum tentu semua kendaraan umum menerapkan jaga jarak.

5. Jangan lupa untuk membersihkan rongga hidung sebelum test PCR dilakukan. Karena kapas bertangkai akan dimasukkan ke dalam hidung untuk mengambil lendir di belakang rongga hidung.

Hasil swab akan dibawa ke laboratorium untuk diperiksa dan anda pun tinggal menunggu hasilnya sambil tetap menjaga kesehatan dan melakukan protokol yang dianjurkan. 

Lokasi dan biaya PCR test Malang Surabaya

Banyak berita yang beredar mengenai lokasi PCR test namun tak semua menyertakan rincian biaya dan fasilitas apa yang akan di terima.

Buat teman teman yang hendak melakukan PCR test, ada baiknya untuk melihat lokasi PCR dan aneka paket yang di tawarkan melalui aplikasi Halodoc.

Melalui aplikasi Halodoc, teman teman bisa mencari lokasi PCR test terdekat dengan tempat tinggal teman teman.

Apakah teman teman menginginkan test di rumah, datang ke rumah sakit langsung atau test dengan cara drive thru. Informasi tersebut bisa teman teman melalui aplikasi. Di aplikasi yang sama, teman teman bisa membuat janji untuk pelaksanaan test PCR sekaligus melakukan pembayaran. Jadi, kita tinggal datang tanpa harus menunggu antrean di lokasi. Lebih praktis bukan?

Berikut ini beberapa lokasi PCR test di Malang dan Surabaya, beserta daftar harganya sesuai aplikasi Halodoc :

1. RS Hermina Tangkubanprahu
No.31-33, Jl. Tangkuban Perahu, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur

Biaya : Rp 1.500.000 hasil test keluar setelah 5 hari kerja.Test dilakukan di rumah sakit.

Biaya : Rp 999.000 hasil test keluar setelah 7 hari kerja.

2.  RSI Siti Hajar Sidoarjo
No.70 - 72, Jl. Raden Patah, Jasem, Bulusidokare, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
Biaya : Rp 1.300.000 hasil test keluar setelah 7-10 hari kerja. Test dilakukan di rumah sakit.
Biaya Rp 1.700.000 hasil test keluar setelah 7-10 hari kerja. Selain test Swab juga dilakukan rapid test.


3. RS Arafah Anwar Medika Sukodono
Jalan Sawo no. 2, Dungus, Sukadono, Sukodono, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.
Biaya : Rp 2.200.000 hasil test bisa diterima setelah 7 hari kerja, namun test bisa di lakukan di rumah.
Biaya : Rp 1.700.000 hasil test keluar setelah 3-5 hari kerja dan test di lakukan di rumah sakit.
Biaya Rp 1.950.000, hasil test akan keluar setelah 7 hari kerja. Tak hanya test PCR paket ini juga melayani konsultasi dengan dokter dan mendapat surat keterangan dokter.

4. RS Husada Utama Surabaya
No.31-35, Jalan Mayjen Professor Dr. Moestopo, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Kota SBY, Jawa Timur
 Biaya Rp 1.500.000 . Metode test dengan drive thru sehingga pasien tidak perlu turun dari kendaraan. Hasil test akan keluar setelah 2 hari kerja.

5. Cahaya Diagnostic Centre
Jalan Dharmahusada Utara 36-38, blok G-J, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur
Biaya Rp 1.200.000. Test dilakukan secara drive thru sehingga psien tak perlu turun dari kendaraan. Hasil test maksimal akan diterima setelah 2 hri kerja.

Teman teman bisa memilih diantara beberapa tempat tersebut, disesuaikan dengan kebutuhan teman teman.


Aplikasi Halodoc sendiri adalah terobosan teknologi di bidang kesehatan, dimana memungkinkan para pasien untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis, membeli obat, membuat janji untuk tes laboratorium maupun bertemu dengan dokter melalui aplikasi.

Selain itu Halodoc juga menyediakan artikel kesehatan terkini untuk memenuhi kebutuhan informasi kesehatan teman teman semua.

Oh ya kemarin saya sempat membaca berita untuk pendatang dari luar kota yang akan tinggal di Surabaya minimal 3 hari diwajibkan untuk melakukan swab test terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan tingkat penyebaran virus Corona di Indonesia masih tinggi. Untuk mencegah persebarannya harus dilakukan test PCR agar bisa menghindari hal yang tidak diinginkan.

Saya sebenarnya juga sudah merindukan Surabaya dan Sidoarjo karena Bapak Mertua dan banyak saudara yang tinggal di sana. Namun apa dikata, mungkin lebih baik situasi lebih memungkinkan lagi.

Nah buat teman teman yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya, jika sampai hrus melakukan test PCR sudah tahu tempat dan rinciannya bukan? Untuk lebih jelasnya teman teman bisa mengunduh aplikasi Halodoc sendiri. 

Lokasi dan biaya PCR test Malang Surabaya


Jangan lupa pakai masker dan tetap lakukan protokol kesehatan. Semoga kita dan keluarga selalu dalam lindunganNya... Amiin.

You May Also Like

0 comments