Baju Bayi Wajib Selalu Bersih, Simak Cara Mencucinya dengan Aman Berikut Ini!

by - 18.04.00

Baju Bayi Wajib Selalu Bersih, Simak Cara Mencucinya dengan Aman Berikut Ini


Baju Bayi Wajib Selalu Bersih, Simak Cara Mencucinya dengan Aman Berikut IniMemiliki bayi adalah anugerah yang tidak akan bisa dinilai dengan apapun untuk semua pasangan yang telah menikah. Namun mengurus bayi tentu akan memberikan kerepotan tersendiri bagi orang tua, apalagi ditambah dengan harus mencuci baju si kecil dan semua perlengkapannya. Baju bayi menjadi perlengkapan yang penting untuknya karena baju ini akan mampu melindunginya dari dingin. Pastikan untuk memilih baju yang aman dan nyaman untuknya dari segi bahan sehingga si kecil akan merasakan kenyamanan.

Baju untuk bayi tentu wajib selalu bersih agar menjaga kontaminasi bakteri dan kuman. Namun untuk mencucinya juga diperlukan trik khusus sehingga baju tetap awet namun betul-betul bersih. Ketika membeli baju untuk si kecil, ada baiknya jika Anda bisa memperhatikan label yang tertera dimana ada lampiran untuk cara pencucian yang disarankan. Anda bisa memilih baju yang bisa dicuci dengan mesin cuci sehingga lebih mudah dalam perawatannya.

Tips mencuci baju bayi
anak bayik punya adik bayik hihihi

 Ketika mencuci baju si kecil, perhatikan beberapa tips berikut ini:

  1. Sesuaikan deterjen nya
Sebagian bayi ternyata butuh deterjen khusus untuk pakaian yang akan dikenakannya, terutama jika bayi Anda memiliki kulit yang sensitif. Hal ini lantaran kulit yang sensitif akan mudah terkena gangguan di kulit mulai dari eksim, alergi dan lain sebagainya. Namun untuk bayi dengan keluhan tersebut, Anda bisa memakai deterjen cair dibanding deterjen bubuk karena deterjen cair akan lebih mudah larut ketika dibilas dibanding deterjen yang berbentuk bubuk. Ketika Anda bosan dengan satu deterjen dan ingin menggantinya, ada baiknya untuk melakukan tes terlebih dulu ke satu baju si kecil dan lihat reaksinya ketika memakainya.

2.                   Cermati bahan bajunya
Selanjutnya Anda perhatikan kembali bahan baju yang Anda cuci tersebut. Hal ini lantaran tidak semua baju bayi bisa dicuci menggunakan mesin cuci. Untuk itu, kembali lagi ke awal untuk bisa memperhatikan label pencucian ketika membelinya.

3.                   Perhatikan suhu air yang digunakan
Baju untuk bayi tetap bisa dicuci dengan suhu yang hangat hingga panas maksimal suhu 40 derajat. Meski begitu, pencucian dengan air suhu normal juga tetap bisa digunakan.

4.                   Merendam baju
Baju si kecil pasti akan sering terkena noda mulai dari noda susu, muntah, hingga buang airnya. Untuk cara termudah dalam menghilangkan semua noda tersebut adalah dengan segera mencucinya. Namun ketika noda tersebut telah menempel dengan erat, maka rendam terlebih dulu baju tersebut sementara waktu dan ketika noda sudah mulai pudar Anda bisa mencucinya seperti biasa.

5.                   Pisahkan popok kain
Jika Anda memakai popok kain untuk si kecil, maka ada baiknya untuk menghindari memakai deterjen yang mengandung bahan-bahan kimia. Hal ini lantaran popok digunakan untuk kulit paling sensitif dari si kecil sehingga perlu kewaspadaan. Bilas terlebih dulu popok kain tersebut sebelum mulai mencucinya dan ketika sudah selesai pencucian, pastikan membilasnya minimal dua kali sehingga deterjen betul-betul hilang. Pastikan memisah popok dari jenis baju lainnya.

Mencuci baju bayi memang memiliki cara yang berbeda mengingat kulit si kecil lebih rentan dan sensitif dibanding kulit orang dewasa. Usahakan untuk menghindari deterjen dengan embel-embel pelembut kain karena umumnya justru kerap berpotensi membuat kulit si kecil lebih sensitif lagi. Untuk itu, hanya pilih deterjen dengan bahan kimia yang paling sedikit dan jika memungkinkan pilih deterjen yang khusus untuk bayi sehingga keamanannya lebih terjamin.



You May Also Like

24 komentar

  1. Yang terpenting harus dipisahkan dari baju dewasa untuk baju dan popok bayinya. Selain itu mencucinya juga harus dikucek-kucek saja.

    BalasHapus
  2. Ternyata suhu ngefek ya.. Aku selalu nyuci pake air kran biasa sih

    BalasHapus
  3. dulu saya waktu punya bayi..nyuci bajunya dipisah dengan baju saya dan suami
    ga pake di rendam lama...langsung dicuci dengan deterjen khusus pakaian bayi
    trus dikasi d***l juga
    alhamdulillah bajunya bersih...tahan lama juga

    BalasHapus
  4. A-ha. Mungkin hal ini yg bikin keponakan saya kulitnya selalu muncul biang keringat. Terimakasih atas tulisannya ka.

    BalasHapus
  5. wahhh bener banget tuh, kalo yang muncul bintik bintik saat memakai baju itu kenapa ya, apa karena bajunya gitu ada sesuatu, warna merah kek gitu?

    BalasHapus
  6. betul juga mbak, mencuci baju adik bayi nggak boleh sembarangan

    BalasHapus
  7. Detergen dengan bahan kimia paling sedikit itu gimana ya mbak? Soalnya Setahu saya pasti detergen itu bahan kimianya banyak banget :D

    BalasHapus
  8. Kalau baju bayi memang lebih aman cuci dengan tangan, kalau pakai mesin cuci perlu berhati-hati. Ada rekomendasi merk deterjen yang cocok kah? Biasanya di rumah, saya pakai deterjen cair.

    BalasHapus
  9. Kalo aku malah.. gak memperhtilan suhu air sat nyuci... Yg biasa aja..langsung dari sumur..

    Cuci dan bilas hingga bersih.. udah..gitu aja..

    BalasHapus
  10. Waah....serius ini penting banget buat mahmud yang baru punya anak bayi.
    Menjadi Ibu harus cermat dan apik agar bayi tidak mudah iritasi, jadi anteng.

    BalasHapus
  11. Baju bayi memang perlu perawatan ekstra ya, Mbak. Termasuk dalam hal mencucinya. Tapi saya agak kurang telaten, nih. Kalau anak-anak sudah setahunan, biasanya ya saya campur aja sama baju dewasa. Hehehe

    BalasHapus
  12. Mencuci baju si kecil memang harus ekstra hati hati. perlakuaknnya pasti beda soalnya sikecil kulitnya sensitif dan perlu perlakuan berbeda.

    BalasHapus
  13. Wah bener mencuci baju bayi itu gak boleh sembarangan harus hati2. Seneng banget dapet ilmu lagi buat masa depan. Asyekkk makasih

    BalasHapus
  14. Waktu Mbakku lahiran, aku beberapa kali nyuciin baju bayinya. Waktu rendem dipisahin sama baju dewasa, kucek2 aja. Sblmnya kalau ada noda macam pup, dibersihkan dulu sih. Emang ngurus baju bayi itu agak beda. Jadi pas dipakai emang nyaman

    BalasHapus
  15. Kalau di kampung saya, habis nyuci baju bayi merasnya gak boleh diplintir. Katanya biarbayi gak sakit. Itu cuma kepercayaan aja sih

    BalasHapus
  16. Untuk bayi memang sebaiknya harus dicuci menggunakan deterjen yg cukup aman dan sedikit bahan kimianya mba. Apalagi kalau si balita ini punya alergi kulit

    BalasHapus
  17. suka belel baju kalo nyuci dimesin cuci, trus anak saya yang paling kecil suka alergi sama pewangi pakaian. Makanya sekarang selektif banget pilih detergen dan pewangi pakaian untuk baby. Btw thanks ya mba sharing elmunya

    BalasHapus
  18. mencuci baju bayi memang ada triksnya sendiri ya mbak. aaaah, aku jadi pingin punya bayilagi

    BalasHapus
  19. ahay pas banget, pas hamil pas cari ilmu ttg cara mencuci pakaian bayi. nanti tgl prakteknya aja nih.

    wah harus pake air panas ya, nggak bolej sembarangan donk. dan ga boleh dicampur dgn pakaian lain jg dong

    BalasHapus
  20. Ternyata untuk mencuci bajubayi itu untuk suhu airnya itu harus di perhatikan ya biar kehigenisnya terjaga.

    Dan hal tersebut juga harus dilakukan misalnya juga memisahkan baju bayi yg satu dengan yang lainnya

    BalasHapus
  21. Ternyata mau cuci baju bayi jg kita harus perhatiin suhu airnya juga ya mba, aku baru tau.. makasih banget nih tipsnya bisa aku praktekin nanti setelah ada dede bayi di rumah hehe

    BalasHapus
  22. Makasih tipsnya mbak, walaupun udah gak punya bayi lagi...tapi infonya tetap berguna

    BalasHapus
  23. hmm bener juga sih, bayi kan lebih sensitif ya dri kita orang dewasa. aku aja kalo baju nyucinya gak bener suka berasa bedanya wkwkwk

    BalasHapus
  24. Biasanya aku milih detergen bubuk karena lebih murah harganya mbak. Ternyata lebih baik pake detergen cair ya

    BalasHapus