#BahagiadiRumah ala saya

10.31.00 Retno Kusumawardani 5 Comments

novaversary #bahagiadirumah
saat bermain keluarga kumis
      

Bahagia adalah pizza dengan bir
Bahagia adalah toko buku loak penuh Max Planck dan Bertrand Russel
Bahagia adalah ketenangan yang mengalir…
Menghilir seperti Charles River…
                                             (J.S.Sumantri)

Setiap orang tentu mengidam-idamkan hidup yang bahagia. Kebahagiaan yang dirasakan setiap orang lain itu berbeda dengan orang lainnya. Bisa jadi suatu hal tidak berarti bagi seseorang namun dapat mendatangkan kebahagiaan bagi orang lain. Dan orang yang paling berbahagia adalah orang yang bisa melihat orang lain bahagia. Piye, bingung pora? hehehe

Bagaimana dengan bahagia di rumah? Apakah anda selalu merasa nyaman berada di rumah? Apakah anda merindukan suasana rumah dan orang-orang yang ada di dalamnya? Apakah anda selalu merasa ingin cepat pulang kerumah setelah urusan anda diluar selesai? Kalau iya, bersyukurlah karena anda #Bahagiadirumah…. Horeeee… prok prok prok… tepuk tangan hadirin semuanyaa..

Rumah (House) adalah tempat dimana kita tinggal. Berbagai aktifitas sehari-hari kita lakukan di dalam rumah, baik aktifitas yang dilakukan sendiri atau yang dapat dikerjakan bersama-sama dengan anggota keluarga lain. Rumah adalah tempat kita berinteraksi dengan semua anggota keluarga. Kemewahan bangunan yang disebut rumah belum tentu membawa kebahagiaan dan memberi arti rumah yang sebenarnya. Maksudnyaaa, bangunan rumah yang mewah belum menjamin kebahagiaan penghuni yang tinggal di dalamnya, begitu…
novaversary 28 #bahagiadirumah
makan bersama dalam satu wadah (kembulan)

Sedangkan rumah (home) adalah tempat dimana kita mengenal kasih sayang, merasa dicintai dan dihargai. Di rumahlah anak-anak kita pertama kali mengenal dunia. Gambaran mereka tentang kehidupan tergantung pada sikap dan tingkah laku yang dicontohkan oleh orang tua atau orang dewasa yang ada di rumah. Karena apa? Karena anak-anak itu seperti spon… yang dapat menyerap informasi apapun dari apa yang mereka lihat dengar dan rasakan. Nah lo…

Setiap rumah atau setiap keluarga memiliki cara sendiri-sendiri untuk berbahagia. Kebahagiaan para penghuni rumah dapat menghadirkan kenyamanan yang selalu dirindukan. Rumah yang penuh kebahagiaan akan selalu menjadi tempat tujuan untuk kembali. #Amiin…
Orang yang bahagia di rumah bukan berarti tidak diterpa masalah, salah besar itu. Karena selama kita hidup berbagai permasalahan akan selalu terjadi di kehidupan kita. Bahagia di rumah, dapat menjadi salah satu modal dalam menyelesaikan masalah karena dapat menyuntikkan energy positif untuk dapat menyelesaikan masalah dengan baik.

Nonton bersama


Well, dari tadi kita membicarakan tentang bahagia di rumah. Sebenarnya bagaimana sih mewujudkan bahagia di rumah? Berikut ini adalah beberapa tips untuk mewujudkan bahagia di rumah ala saya:
1.      Ajarkan nilai agama, karena hanya inilah yang dapat menjamin kebahagiaan baik yang sementara maupun yang kekal.
2.      Selalu bersyukur. Ajarkan kepada anak-anak untuk selalu bersyukur atas segala yang terjadi.
3.      Ungkapkan perasaan. Ajarkan kepada anak-anak untuk mampu mengungkapkan perasaannya. Baik itu perasaan senang, sedih, marah ataupun kesal. Dengan begitu mereka tidak akan mencari tempat lain untuk mengadu.
4.      Lakukan aktifitas bersama : kebersamaan dapat menjalin rasa sayang dan kedekatan.
5.      Perlakukan setiap anggota keluarga sebagai pribadi yang berbeda namun dalam takaran yang sama karena sifat setiap individu itu berbeda.
6.      Memberikan perhatian, meskipun pada hal-hal kecil.
7.      Bebaskan mereka berekspresi selama masih positif. Karena kesenangan setiap orang itu berbeda, jangan sampai kita memaksakan sesuatu yang menjadi kesenangan kita namun ternyata tidak bagi anggota keluarga kita.

 Tidak harus mahal untuk menciptakan kebahagiaan-kebahagiaan kecil. Dengan cara yang sederhana pun kita dapat mewujudkannya. Misalnya sempatkanlah untuk mendengarkan cerita anak-anak atau suami tentang aktifitas yang mereka lakukan seharian. Dan berikanlah tanggapan yang menunjukkan kita perhatian dengan apa yang mereka ceritakan Bisa juga dengan membuat kejutan kecil, misalnya tiba-tiba membuat masakan favorit keluarga, dan katakan hal itu anda lakukan karena anda menyayangi mereka semua. Simple bukan, bagaimana dengan sampeyan?

novaversary 28 #bahagiadirumah
anak yang ekspresif dan ceria, salah satu tanda bahagia


Lalu, apakah dengan menuliskan seperti ini berarti semua anggota keluarga saya bahagia dirumah? Jawaban saya adalah semoga… #aamiin. Karena saya hanyalah manusia biasa yang tak lepas dari banyak khilaf dan kesalahan. Tulisan ini selain sebagai pengingat untuk diri saya sendiri juga untuk saya ikut sertakan dalam #Novaversary  28th Blog competition #BahagiadiRumah Tabloid Nova.

28 Novaversary

28 tahun bukanlah waktu yang sebentar bagi Nova untuk menemani keluarga Indonesia. Ditengah kemudahan akses informasi seperti saat ini merupakan prestasi besar bagi Tabloid Nova masih kokoh bertahan. Hal ini menjadi bukti bahwa Tabloid Nova mampu beradaptasi dengan zaman, yang dengan luwesnya mengikuti perkembangan teknologi. Saya sendiri turut bangga menjadi bagian dari perayaan kebahagiaan #28NOVAVERSARY ini. semoga Tabloid Nova makin berjaya dan makin dicintai keluarga Indonesia.

You Might Also Like

5 komentar:

  1. bahagia di rumah memang sederhana ya... salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak... tergantung pilihan kita sendiri, salam kenal juga mbk :)

      Hapus
  2. bahagia adalah dapat melihat orang yang kita sayang tersenyum tulus :)

    BalasHapus