Resep sup ayam tomat yang segar dan Sehat.

by - 12:50:00 PM


Setelah beberapa hari masak yang berkuah santan, kini tiba saatnya masak yang berkuah bening... Nggak bening-bening amat sih hehehehe. Pilihan jatuh ke sup ayam tomat yang seger.


Sengaja sup ayam ini saya pilih karena isiannya berupa sayur mayur. Untungnya juga anak anak juga suka sayur seperti wortel, buncis, kentang dan sayuran lainnya yang biasa dimasukkan ke dalam sayur sop. 

Beda sup ayam tomat ini dengan sop seperti yang biasanya adalah penggunaan jahe geprek. Dengan memasukkan jahe ke dalam kuah, sup tidak terasa amis meskipun diisi dengan daging ayam. Jahe juga memberikan citarasa khas yang berbeda dengan sayur sop pada umumnya.


Selain sayur-sayuran yang saya sebutkan di bawah ini, teman teman juga bisa menambahkan jenis sayuran lain sesuai selera, seperti kacang polong, brokoli, kol, atau bahkan jamur sehingga menghasilkan masakan yang lebih kaya citarasa.

Jika ingin menikmati sup ayam ini tanpa nasi, teman teman juga bisa menambahkan jagung sebagai tambahan karbohidratnya. Baiklah, selamat mencoba resep sup ayam tomat seperti resep berikut ini.

Resep sup ayam tomat yang segar.
Sup ayam tomat (lemaripojok.blogspot)



Lanjut ke resep ya...
Bahan :
1 dada ayam
100 gr wortel potong-potong
200 gr kentang kupas, potong dadu
50 gr buncis, potong kecil-kecil
3 buah tomat matang ukuran sedang
7 butir bawang merah
7 butir bawang putih
1 ruas jahe di geprek
Garam
Gula
Merica bubuk
Daun prei dan seledri
1 genggam bawang merah goreng

Cara memasak :
Didihkan air, potong ayam menjadi potongan kecil-kecil. Sisihkan tulang dan lemaknya. Haluskan bawang merah dan bawang putih. Lalu tumis bersamaan dengan jahe yang sudah di geprek. Sisihkan.
Bila air sudah mendidih, masukkan potongan ayam dan tomat utuh. Rebus sampai ayam empuk.  Lalu masukkan potongan sayur. Ambil tomat yang sudah direbus lalu haluskan ( bisa menggunakan sendok/garpu). 


Setelah halus, masukkan lagi ke dalam sayur yang di rebus. Masukkan juga bumbu yang sudah di tumis. Tunggu sampai sayur-sayuran matang. Tambahkan garam, gula dan merica bubuk sesuai selera. Lalu masukkan daun prei dan seledri yang sudah dipotong-potong. Terakhir taburkan bawang goreng.
Sup ayam tomat siap dihidangkan.

tips membuat sup ayam tomat tanpa amis

Resep sup ayam tomat yang segar dan sehat untuk anak anak











You May Also Like

0 comments