Megahnya Mimika Sport Complex, Persembahan Freeport Indonesia untuk Papua

by - 11:02:00 PM

Megahnya Mimika Sport Complex, Persembahan Freeport Indonesia untuk Papua

Freeport Indonesia, tambang tembaga, Narasi dari Papua, Mining for Life
Sbr: detik.com

PTFI atau lebih dikenal dengan Freeport Indonesia adalah perusahaan tambang yang merupakan afiliasi antara Freeport-Mc Moran dengan Mining Industri Indonesia atau MIND.ID. Dari tambang yang berada di wilayah Mimika, Papua ini dihasilkan konsentrat yang diolah dari bijih. Konsentrat tersebut mengandung tembaga, emas, dan perak yang di pasarkan ke seluruh dunia. 

Perusahaan tambang yang beroperasi di pegunungan Sudirman ini memiliki kurang lebih 30.000 karyawan, dimana 30% nya merupakan warga asli Papua. Mereka menduduki jabatan yang sesuai dengan kemampuan dan kapasitas mereka. 

Sebagai perusahaan pertambangan yang memiliki cadangan tembaga dan emas terbesar di dunia, Freeport Indonesia berkomitmen untuk turut serta menjaga keberlanjutan baik itu keberlanjutan untuk alam maupun sumber daya manusianya. 

Bentuk pertanggung jawaban kepada alam diantaranya dengan melakukan penambangan dimana kelestarian lingkungan menjadi pertimbangan sejak perencanaan hingga pengoperasian tambang. 

Sedangkan pertanggung jawaban kepada masyarakat, dilakukan dalam berbagai bidang kehidupan seperti program ekonomi, kesehatan, pembangunan infrastruktur dan lain –lain. 

Dalam bidang ekonomi, ada program pembinaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PP-UMKM), Dana bergulir dan program program dalam bidang perikanan, peternakan dan lain lainnya. 

Untuk bidang kesehatan, selain turut aktif dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dengan membantu menciptakan lingkungan yang bersih, PT Freeport Indonesia juga meningkatkan dan mempermudah akses kesehatan bagi masyarakat setempat dengan mendirikan rumah sakit dan klinik. 

Melalui fasilitas kesehatan tersebut dilakukanlah kampanye kampanye yang mendukung kesehatan masyarakat seperti Kampanye pencegahan malaria serta kampanye pencegahan HIV dan Aids. 

Sedangkan dalam bidang olah raga Freeport Indonesia mendukung penuh pelaksanaan PON ke XX tahun 2020 yang rencananya akan digelar di Papua dan Papua Barat. Bentuk dukungan tersebut berupa pembangunan venue PON XX di Mimika yang dikenal dengan nama Mimika Sport Complex. 

MSC atau Mimika Sport Complex yang dibangun di tanah milik Pemda Mimika ini merupakan perwujudan CSR PT Freeport Indonesia. Dibangun dengan sebaik-baiknya dengan mengikuti standard Internasional dan menggunakan dana sepenuhnya dari PT Freeport Indonesia. 

Berbagai fasilitas dimiliki oleh komplek olah raga yang dibangun di atas tanah seluas 12,5 hektar ini. Fasilitas olah raga ini berupa arena olahraga dan penunjangnya seperti mess baik untuk atlet maupun official dan fasilitas kesehatan. 

Di dalam Mimika Sport Complex, selain menyediakan arena olah raga indoor juga terdapat arena olah raga outdoor. Sedangkan untuk mess nya sendiri terdiri dari mess laki laki dan mess perempuan di gedung yang berbeda. 

Cabang olah raga Outdoor yang bisa di selenggarakan di komplek olah raga modern ini terdapat lapangan rumput yang dikelilingi lintasan lari dan area untuk cabang olah raga atletik lainnya. Untuk lapangan itu sendiri, rumputnya di datangkan langsung dari Swiss. Di sisi lapangan juga terdapat tribun yang dapat menampung hingga 3400 penonton. Bukan hanya tribun ekonomi, tribun di MCS ini juga menyediakan tribun untuk VIP. 

Sedangkan venue olah raga indoor diperuntukkan cabang olah raga basket, badminton dan volley ball. Tribun penontonnya sendiri terlihat menarik karena masing masing diberi warna yang berbeda. Tribun ini secara keseluruhan mampu menampung kurang lebih 5500 penonton. 

Fasilitas kesehatan sendiri berupa komplek yang di dalamnya terdapat Rumah sakit, Puskesmas dan ruang Instalasi gawat darurat. Semua fasilitas yang ada di kompleks Mimika Sport Complex ini di lengkapi dengan kantor dan toilet yang modern juga. 

Pembangunan Mimika Sport Complex ini berlangsung selama kurun waktu tiga tahun, yakni sejak tahun 2013 hingga 2016 dan menghabiskan dana kurang lebih 486 milyar rupiah atau 33 juta USD. 

Pembangunan Mimika Sport Compleks sebagai salah satu wujud kepedulian PT Freeport Indonesia dalam bidang olah raga. Dukungan ini bukan hanya di Mimika saja namun dukungan ini juga untuk seluruh rakyat Indonesia. 

PON ke XX sendiri rencananya akan berlangsung pada tanggal 20 Oktober hingga 2 November mendatang. Semoga Pekan Olah Raga Nasional ke XX yang memiliki dua mascot yaitu Khangpo dan Drawa ini berjalan dengan lancar, tercipta rekor rekor baru sehingga membawa olah raga Indonesia ke level yang lebih tinggi. Dan MSC di Mimika tidak hanya memajukan olah raga di Mimika saja namun juga di Papua dan tentu saja di seluruh Indonesia. 

You May Also Like

0 comments