DIY

DIY : Membuat snowball dari barang bekas

15.05.00

DIY dari barang bekas : membuat snowwball sendiri di rumah


Pada waktu masih kelas dua atau tiga SD anak saya yang perempuan suka sekali membuat DIY dari benda benda yang sudah tidak terpakai di rumah. Seneng sih walau rumah jadinya lebih berantakan. Kini tambah gede, dia semakin jarang bebikinan sendiri. Waktu senggangnya lebih sering dihabiskan untuk menggambar. Kadang menggambar di kertas, kadang juga menggambar menggunakan smartphone. Nah kali ini saya mau cerita, cara membuat Snowwball sendiri di rumah dari barang bekas.




Cerita ini berawal dari anak perempuan saya yang main main ke rumah temannya. Di sana dia melihat snowball milik temannya. Snowball itu berasal dari Singapura, berbentuk bola dengan patung singa di dalamnya. Jika digerak-gerakkan maka butiran butiran putih yang nampak seperti salju yang berjatuhan dari langit. Sepertinya anak saya sangat terpikat dengan benda tersebut. Namun sesampai di rumah, dia tidak bilang ke saya melainkan sibuk sendiri, ngapain coba? Rupanya dia sibuk membuat snowwball sendiri dari botol bekas. Mungkin dia sadar kalau enggak mungkin juga meminta snowball dari Singapura ke mamanya. Secara mamanya belum pernah pergi ke Singapura. Mau beli juga enggak mungkin karena saat itu sudah malam, apalagi ayahnya juga kerja. Lagipula di kota kecil macam tempat kami ini juga belum tentu ada.


Ide membuat snowball ini benar benar murni atas inisiatif anak saya sendiri, saya cuma membantu saat mengelem saja, karena terus terusan bocor. Caranya sangat gampang kok, ikuti langkah langkah membuat snowball dari barang bekas berikut ini: 


Oke lanjut pada alat dan bahan ya :


Alat dan bahan untuk membuat snowball sendiri di rumah:


alat dan bahan untuk membuat snowball sendiri di rumah


1. Lem tembak beserta glue gunnya. Kalau enggak ada glue gun, bisa dibakar pakai lilin atau api kompor.
2. Gunting untuk memotong botol.
3. Botol bekas air mineral
4. Bekas gantungan kunci atau mainan dari plastik untuk dipasang di dasar snowball
5. Glitter secukupnya
6. Air secukupnya


Cara membuat snowball dari barang bekas:


1. Potong botol air mineral atau minuman kemasan yang terbuat dari plastik kira kira 10 cm dati tutup botol


2. Potong bagian dasar botol untuk alas. Kalau ada plastik lain yang datar juga oke


3. Rekatkan gantungan kunci atau mainan di dasar botol dengan menggunakan lem tembak


4. Rekatkan dasar botol dengan bagian botol lain (yang ada tutupnya) seperti disebutkan pada nomor 1 di atas.


5. Buka tutup botol, isi dengan air dan glitter secukupnya.


6. Taraaa... snoweball buatan sendiri sudah jadi. Gampang kan?

DIY cara membuat snowball dari botol bekas
Kesimpulan

Membuat Snowball dari barang bekas ini sangat mudah dilakukan. Bahannya pun mudah dijumpai di sekitar kita. Dengan sedikit ketrampilan maka mainan ini dapat dengan cepat dibuat.


Lumayan juga mainan ini dapat meredam keinginan anak saya untuk membeli snowball di toko. Memang sih anak kedua saya ini suka banget membuat barang barang DIY. Kapan kapan akan saya tulis lagi di blog. Sampai jumpa di DIY selanjutnya ya...

You Might Also Like

0 comments