Sinergi Astra Untuk Berbagi dan Menebar Inspirasi

by - 10:24:00 AM

Sinergi CSR Astra Untuk Berbagi dan Menebar Inspirasi


Sinergi Astra Untuk Berbagi dan Menebar Inspirasi




Apa yang terpikirkan oleh anda ketika mendengar kata Astra? Awalnya saya berpikir bahwa Astra adalah perusahaan luar negeri yang memiliki kantor di Indonesia. Ternyata saya salah. Karena ternyata Astra adalah perusahaan yang didirikan di Indonesia pada tahun 1957 lalu.




Astra yang dalam mitologi Yunani berarti bintang terang ini pada dekade awal berdirinya adalah sebuah perusahaan impor. Dan kini setelah 5 dekade berdiri, Astra Internasional telah berkembang dan memiliki 200 anak perusahaan yang memiliki lebih dari 200.000 karyawan. Sekian banyak anak perusahaan tersebut terdiri dari 7 divisi usaha, yaitu : 



1. Otomotif, 



Sinergi CSR Astra Untuk Berbagi dan Menebar Inspirasi




2. Agribisnis

Sinergi CSR Astra Untuk Berbagi dan Menebar Inspirasi





3. Pelayanan Finansial

Sinergi CSR Astra Untuk Berbagi dan Menebar Inspirasi





4. Alat-alat berat

Sinergi CSR Astra Untuk Berbagi dan Menebar Inspirasi



5. Teknologi Informasi

Sinergi CSR Astra Untuk Berbagi dan Menebar Inspirasi



6. Infrastruktur dan Logistik


Sinergi CSR Astra Untuk Berbagi dan Menebar Inspirasi


7. Properti

Sinergi CSR Astra Untuk Berbagi dan Menebar Inspirasi



Sejak awal berdiri, Astra berkomitmen untuk turut serta mensejahterakan bangsa seiring dengan perkembangan usaha mereka. Oleh karena itu Astra selalu berusaha agar terbentuk keseimbangan antara aspek bisnis dengan aspek tanggung jawab sosial kepada masyarakat, melalui strategi Triple P Roadmap.



Strategi Triple P Roadmap diterapkan untuk mendukung Tujuan Astra di tahun 2020 yaitu menjadi perusahaan yang merupakan kebanggan bangsa atau Pride of The Nation. Strategi ini merupakan pendekatan berimbang antara Portofolio, People dan Public contribution agar Astra dapat terus berkelanjutan.

Triple P Roadmap

Portofolio, kita semua telah mengetahui bahwa grup Astra memiliki segmen usaha yang bermacam-macam. Dari ke tujuh segmen usaha yang dimiliki Astra, semuanya memiliki keunggulan masing-masing.



People : Grup Astra memiliki sumber daya manusia besar, yang memiliki kurang lebih 200.000 karyawan. Sejak awal berdirinya, Astra selalu menerapkan sistem bottom up. Sehingga aspirasi karyawan dapat tertampung sebagai wujud partisipasi untuk kemajuan perusahaan. Berbagai kegiatan pengembangan kompetensi dan evaluasi kinerja dilakukan untuk peningkatan SDM. Tak lupa pula penghargaan dan apresiasi diberikan kepada yang terpilih maupun yang memasuki masa purna tugas.



Public contribution. Merupakan bentuk tanggung jawab Astra terhadap lingkungan dan masyarakat. Tidak hanya di sekitar Astra namun juga ke seluruh nusantara.


Untuk itu sebagai bentuk pertanggung jawaban terhadap masyarakat, hadirlah 9 yayasan di bawah PT Astra Internasional Tbk. Yayasan-yayasan inilah yang menghubungkan antara perusahaan dengan masyarakat agar menghasilkan program yang tepat sasaran dan tepat guna di tengah masyarakat. Sembilan yayasan tersebut antara lain :


9 Yayasan dibawa naungan Grup Astra


1. Yayasan Toyota Astra yang berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan dari Sekolah Dasar hingga Sekolah menengah Atas dan juga pada staf pengajar Perguruan Tinggi yang sedang meraih program Master maupun Doktor.

2. Yayasan Dharma Bakti Astra, yayasan ini mengemban misi untuk membantu mengembangkan UMKM di tanah air. Pengembangan yang dilakukan antara lain dengan melakukan pembinaan bidang manajemen, teknologi, akses pasar dan lain-lain.

3. Yayasan Pendidikan Astra Michael D Ruslim (YPA-RDM) yang memiliki visi untuk membantu sekolah-sekolah di daerah pra sejahtera agar mereka memiliki life skill / kecakapan hidup dan meningkatkan kualitas dan intelektual yang sesuai dengan nilai luhur bangsa.

4. Yayasan Astra Bina Ilmu yang mengemban misi menyelenggarakan institusi pendidikan yang menghasilkan lulusan yang profesional dan siap pakai, terutama dalam bidang otomotif dan sumber daya alam.

5. Amaliah Astra yang mengembangkan dan membina calon pemimpin agama melalui Astra Mubaligh Development Program. Dan juga memfasilitasi pemberian zakat, infaq dan sedekah.

6. Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) yang mempunyai misi mendukung kehidupan masyarakat di bidang pendidikan dan sosial melalui program pemberian beasiswa bagi siswa prasejahtera dan pembangunan fasilitas pendukung untuk institusi pendidikan, program edukasi masyarakat tentang keselamatan di jalan, program pelestarian lingkungan hidup serta kegiatan amal untuk berbagai aktivitas sosial dan budaya, termasuk bencana alam.

7. Yayasan Karya Bakti United Tractors yang memiliki visi menjadi lembaga pendidikan ketrampilan mekanik dan operator alat berat terbaik didunia. Visi ini dituangkan dalam program yang mendukung pengembangan sekolah kejuruan agar menghasilkan lulusan yang berkualitas.

8. Yayasan Agro Lestari (YAAL) yang memiliki visi menjadi salah satu sekolah terbaik di wilayah perkebunan. Serta menhasilkan lulusan dari TK sampai SMP yang berprestasi, inovatif, berkarakter serta peduli terhadap kesehatan dan keselamatan lingkungan.

9. Yayasan Insan Mulia Pamapersada Nusantara (PAMA) yang memiliki visi memberikan kontribusi positif bagi perkembangan perusahaan dan masyarakat melalui pembentukan karakter karyawan yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia melalui kegiatan dakwah dan syiar.



Sinergi CSR Astra Untuk Berbagi dan Menebar Inspirasi





Kesembilan yayasan tersebut bersinergi bersama para pemangku kepentingan baik internal yaitu grup Astra maupun eksternal yaitu para penerima manfaat. Sinergi tersebut diterjemahkan dalam 4 pilar utama kegiatan yang mencakup tanggung jawab astra terhadap lingkungan dan masyarakat. 4 pilar tersebut adalah : kesehatan, pendidikan, lingkungan dan kewirausahaan.


4 Pilar Program CSR Astra


1. Astra Untuk Indonesia Sehat.




Astra menyadari bahwa kualitas kesehatan masyarakat sangat berhubungan erat dengan keberlanjutan Astra di masa depan. Untuk itu Astra menyelenggarakan berbagai program yang berhubungan dengan kesehatan diantaranya :

  • Mokesa (Mobil Kesehatan Astra) yang merupakan mobil bantuan kesehatan gratis terhadap masyarakat di sekitar instalasi Astra. 
  • Pembinaan Posyandu dengan mengembangkan program aplikasi yang dapat digunakan oleh petugas Posyandu sehingga memantau status gizi anak dengan lebih mudah dengan memasukkan hasil pengukuran ke dalam software. 
  • GenerAksi Sehat. pada tahun lalu, Astra memberikan donasi kacamata terhadap ribuan anak indonesia. Pada tahun 2006 sebanyak 6000 buah kacamata didonasikan terhadap anak-anak yang tinggal di daerah terluar Indonesia. Jumlah ini melengkapi donasi kacamata pada tahun-tahun sebelumnya menjadi 15.048 buah kacamata. 

Sinergi CSR Astra Untuk Berbagi dan Menebar Inspirasi






2. Astra Untuk Indonesia Cerdas





Astra turut memajukan pendidikan di indonesia dengan melakukan berbagai pembinaan, pelatihan, pemberian beasiswa terhadap semua jenjang pendidikan termasuk para pengajar. Pendekatan hardwar, software dan brainware juga dilakukan untuk mewujudkan sumberdaya manusia Indonesia yang berkualitas. Beberapa program yang telah dilaksanakan antara lain :


  • Senyum Sahabat PAUD Astra (Senyum SAPA) Kegiatannya meliputi pengembangan software dan hardware, pengembangan kurikulum tematik yang mencakup parenting, pengasuhan dan perlindungan anak 

  • SMK BISA. Yang ditujukan untuk siswa sekolah kejuruan dan para pengajarnya. Kegiatannya berupa lomba inovasi SMK dan pelatihan softskill. Progam ini bertujuan untuk melatih daya inovasi guru dan siswa agar menghasilkan produk yang inovatif.

  • Karya Inovasi Guru. Kegiatan ini diikuti oleh guru binaan yang berasal dari seluruh Indonesia. Salah satunya adalah lomba inovasi guru dan lomba cerita guru inspiratif yang bisa diikuti masyarakat umum. Dari setiap cerita yang dkirimkan, Astra memberikan bantuan tas dan sepatu untuk anak-anak di daerah pra sejahtera. Sebanyak 7.081 cerita telah di unggah. dan berbahagialah anak-anak daerah yang mendapat bantuan tas dan sepatu tersebut.

  • Beasiswa Astra. Beasiswa ini diberikan pada pelajar terpilih dari tingkat sekolah dasar dan perguruan tinggi. Serta tenaga pengajar yang menempuh pendidikan master dan doktoral.


Sinergi CSR Astra Untuk Berbagi dan Menebar Inspirasi







3. Astra untuk Indonesia Hijau




Memanfaatkan alam namun tidak melupakan untuk berterimakasih terhadap alam dengan berkontribusi pada usaha untuk melestarikan alam itu sendiri. berbagai program telah dilakukan seperti 


  • Adiwiyata Summit. Yang merupakan program pendidikan lingkungan hidup yang berjkelanjutan. Telah mengadakan kegiatan dengan tema "Gaya hidup Ramah Lingkungan dan Kecintaan akan Alam" untuk 159 duta lingkungan Grup Astra yang berasal dari SD SMP dan SMA serta guru binaan Astra.

  • Haroto Pusako - Astra Sentul Eco Edu Tourism Forest. Bekerjasama dengan Perhutani untuk mewujudkan tempat konservasi lahan yang tergradasi, pelestarian keanekaragaman hayat, dan pusat pengelolaan hutan berbasis masyarakat dengan sistim tumpangsari.

  • Astra Geen Lifestyle. Berupa kampanye gaya hidup ramah lingkungan, seperti bersepeda, pembuatan biopori, uji emisi dan green run.



Sinergi CSR Astra Untuk Berbagi dan Menebar Inspirasi





4. Astra untuk Indonesia Kreatif




Dengan mengadakan program yang berupa program pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pembentukan sentra ekonomi masyarakat binaan. 


  • Astra Start Up Challenge. kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi para generasi muda untuk berwirausaha. Kegiatan lanjutannya berpa Astra Entrepreneur Camp bagi 25 Finalis ASC.

  • Pembinaan "Aku Bisa" (Asosiasi Kelompok Usaha Binaan Astra) adalah kumpulan usaha binaan yang dikembangkan menjadi sentra, diantaranya adalah bank sampah, konveksi, persewaan lapangan futsal dan lain-lain.

  • Bank Sampah. Kegatan yang bertujuan mengubah sampah menjadi barang yang bernilai ekomomis dengan mengedukasi masyarakat cara memilah dan mendayagunakan sampah. Masing-masing bank sampah dilengkapi dengan mesin pencacah sampah dan fasilitas pengolahan sampah hingga kapasitas 2 ton perbulan.

  • Astra Disability Connection Program. Adalah program dari Astra Grup yang mendukung dan memberdayakan para penyandang disabilitas di Indonesia. Kegiatannya berupa pelatihan yang dapat mendorong munculnya jiwa wirausaha. Juga membantu dalam bidang pemasaran sehingga karya para penyandang disabilitas ini dikenal masyarakat luas.




Sinergi CSR Astra Untuk Berbagi dan Menebar Inspirasi





Kampung Berseri Astra.



Salah satu bentuk CSR Grup Astra yang mengintegrasikan dari keempat pilar diatas adalah terwujudnya Kampung Berseri.

Kampung Berseri Astra adalah bentuk kolaborasi antara perusahaan dan masyarakat dalam mewujudkan kampung yang bersih, sehat dan produktif. Dalam program Kampung Berseri ini, kontribusi Astra berupa penyedia sarana, memberi pembinaan dan pendampingan. Dalam perjalanannya, Kampung Binaan Astra ini harus mencapai target status yang harus dicapai setiap tahunnya. Tingkatan KBA, sesuai tahun perjalanannya dan target status yang dicapai yaitu Pratama, Madya, Nindya,Utama dan Kencana. Setiap tahun akan diadakan evaluasi terhadap pencapaian status tersebut dan pencapaian terbaik akan mendapatkan apresiasi.


Kini sudah ada 71 Kampung Binaan Astra yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia. Setiap KBA diberdayakan sesuai dengan kondisi daerah masing-masing.




Sinergi CSR Astra Untuk Berbagi dan Menebar Inspirasi



Berdirinya 9 yayasan dan adanya 4 pilar program CSR grup Astra yang diwujudkan dalam berbagai macam program dan melibatkan puluhan ribu bahkan ratusan ribu masyarakat adalah bentuk perwujudan tanggung jawab Astra terhadap kesejahteraan dan kemajuan bangsa ini.

Hal ini tentu saja sejalan dengan cita-cita ASTRA yaitu Sejahtera bersama Bangsa, ntuk mencapai Goal 2020 yaitu Pride Of The Nation. Semoga cita-cita dan tujuan Astra Grup bisa tercapai agar semakin besar lagi kontribusi yang bisa diberikan kepada bangsa ini.


sbr: Indonesia satu dan astra.co.id

You May Also Like

6 comments

  1. wih, sudah banyak bgt ya aksi astra selama ini. benar2 menginspirasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak...sudah banyak tangan yang tersentuh oleh Astra

      Delete
  2. maju terus astra untuk generasi indonesia yg lebih maju

    ReplyDelete
  3. Anak saya paling suka sama Komatsu, ternyata distributornya Astra ya. Kerenlah bidang pengabdiannya banyak buat masyarakat. Viva Astra!

    ReplyDelete