resep ca bayam

16.00.00 Retno Kusumawardani 0 Comments

resep ca bayam
ca bayam


Sayur bayam adalah sayur favorit anak ketiga saya, maunya dia, tiap hari mamanya masak sayur bayam. Yang masak aja kadang bosan untuk melihatnya, apalagi ikutan makan hihihi. Kalau saya sih lebih senang bayam direbus setengah matang lalu dimakan pakai sambal terasi atau sambal tomat. Tapi ga mungkin kan anak-anak ikutan makan sambal. 

Ternyata, selain bisa dimasak menjadi sayur bobor, sayur bening dan cocolan sambal, bayam bisa juga dimasak menjadi ca bayam.

Ca bayam cocok dimakan bersama lauk apa saja, mau tempe goreng, pepes ikan atau dadar jagung. semua masih nyambung. Yang ga boleh ketinggalan adalah sambal tomat.

Langsung ke resep aja ya :

Ca Bayam 

Bahan dan Bumbu :

2 mangkok bayam
5 butir bawang merah
5 butir bawang putih
2 cm jahe 
500 ml air
garam
gula
minyak untuk menumis bumbu

Cara membuat :

iris tipis bawang putih dan bawang merah dan geprek jahe.
resep ca bayam
bumbu ca bayam

Panaskan wajan, lalu beri sedikit minyak. Tumis bumbu sampai berbau harum. Gambahkan air, garam dan gula. Apabila sudah mendidih, masukkan daun bayam yang sudah dicuci bersih. tunggu samppai bayam agak layu, koreksi rasanya lalu angkat. Ca bayam, siap dihidangkan.


Sudah pada tahu kan kalau bayam itu adalah sayur yang mengandung zat besi, yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Zat besi berguna untuk memperbanyak sel darah merah, sehingga dapat mencegah anemia.
Selain zat besi ternyata bayam juga mengandung zat gizi lain, seperti vitamin A untuk kesehatan mata dan kulit,  Folat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kalsium, yang berguna untuk menguatkan tulang. Flavonoid yang dapat mencegah kanker payudara pada wanita dan kanker prostat pada pria. Dan serat yang dapat menjaga kesehatan organ pencernaan kita.

Rugi sekali kan kalau tidak suka bayam?
Oke deh, selamat mencoba resep saya ya... jangan lupa komen dan add g+ saya ya..terimakasih .






You Might Also Like

0 komentar: