PERKEDEL KENTANG

18.53.00 Retno Kusumawardani 0 Comments




Perkedel kentang (lemaripojok.blogspot)



Entah darimana asalnya, lauk yang terbuat dari kentang ini kok dinamakan perkedel. Rasanya asin, gurih ditambah aroma segar dari potongan seledri yang membuat lauk ini tidak berasa eneg. Perkedel biasanya disandingkan bersama nasi kuning atau nasi putih dengan sayur sop. Bikinnya emang sedikit ribet, tapi kalo anak-anak doyan biar ribet pun dijabanin heheheh. Disini saya tuliskan resep yang simpel aja ya... Kalau suka bisa ditambahkan daging rebus yang sudah dicincang halus. Rasanya lebih gurih.

Perkedel kentang
By: retno kusumawardani

Bahan dan bumbu
1/2 kg kentang, kupas dan cuci bersih
Bawang putih 7 butir
Merica bubuk 1/4 sdt
Garam 1 sdt atau sesuai selera
Gula , 1/4 sdt
Bawang merah goreng satu genggam
Daun seledri satu genggam, cincang kasar
Telur 1 butir
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:
Potong potong kentang sesuai selera lalu goreng sampai kuning kecoklatan. Haluskan kentang dengan cara diulek selagi panas. Sisihkan. Ulek bawang putih, gula dan garam sampai halus, masukkan merica bubuk lalu campurkan dengan kentang yang sudah diulek. Setelah itu masukkan satu genggam bawang merah goreng dan daun seledri cincang. Campur semua bahan sampai rata. Simpan di lemari es kurang lebih 10 menit. Lalu bentuk dengan tangan.





Kocok lepas satu butir telur, tambahkan sedikit garam. Masukkan perkedel ke dalam kocokan telur, tiriskan lalu goreng sampai berwarna kuning kecoklatan.






Siap dihidangkan deh. Biasanya saya bikin sekalian banyak. Setelah dibentuk lalu disimpan di kulkas. Kalau pingin makan, tinggal di celup di kocokan telur lalu goreng. Sisanya bisa disimpan lagi di kulkas.

You Might Also Like

0 komentar: