Masih nggak suka pete? (Sambel goreng pete)

09.52.00 Retno Kusumawardani 0 Comments


Yang namanya pete, siapa sih yang nggak tahu? Semua orang pasti tahu.... Pete bisa dijadikan campuran sayur lodeh, sambal goreng kentang, dibakar, digoreng begitu saja bahkan dimakan mentah. Tapi tidak semua orang suka. Karena setiap kali kita makan pete, mulut kita akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Tapi jangan salah ... Ternyata pete itu selain enaaaak juga banyak sekali manfaatnya. Sebelum membahas manfaat dan efek samping pete, akan saya tuliskan dulu salah satu resep yang biasa saya buat. Resep ini sangat manjur untuk meningkatkan semangat menghabiskan sebakul nasi qiqiqiqi...

Sambal goreng pete

Bahan : 
Pete 2 papan (potong jadi dua memanjang)
Tempe 100 gr (potong korek api)
Ikan teri yang sudah digoreng 1 genggam.

Bumbu :
Bawang merah 5 butir
Bawang putih 5 butir
Tomat 1 butir
Cabai rawit 15 buah (sesuai selera)
Garam 
Gula
Minyak goreng untuk menumis

Cara memasak
Iris tipis bawang merah dan bawang putih dan potong-potong tomat. Iris juga cabai rawit sesuai selera anda. Panaskan minyak, masukkan bumbu yang sudah dipotong -potong tadi. Tumis sampai harum, lalu masukkan tempe yang sudah dipotong korek api. Tumis sampai tempe berwarna agak kecoklatan. Masukkan teri, aduk dan lalu masukkan petai, tumis sebentar saja agar petai tidak terlalu matang.




Syelamat makan ya.... Makan yang kenyang biar bisa mikir hihihi... Jangan lupa, hilangkan bau pete di mulut anda agar tidak mengganggu orang lain.

Berikut ini ada beberapa tips untuk menghilangkan bau mulut karena makan pete 

1. Memakan brem 
Brem adalah makanan ringan yang beraroma khas. Memakan brem setelah         mengkonsumsi pete, akan menghilangkan bau mulut.

2. Mentimun
Mentimun adalah sayuran berair yang bercitarasa segar dan khas. Bau mentimun yang segar dapat menghilangkan bau mulut akibat petai.

3. Susu hangat.
Meminum susu juga salah satu cara yang ampuh untuk menghilangkan bau mulut karena petai.

4. Beras
Mengkonsumsi beras yang sudah ditumbuk secara halus, dapat menghilangkan sisa petai yang ada si dalam mulut.

5. Gosok gigi
Walaupun gosok gigi dianjurkan untuk menghilangkan bau mulut akibat pete, tapi tidak dianjurkan untuk langsung melakukannya. Tunggu 30 menit setelah makan untuk memggosok gigi. Sementara itu konsumsilah makanan kecil, untuk menetralisir bau mulut.

6. Bubuk kopi
Seperti yang kita ketahui, bubuk kopi dapat menyerap bebauan yang ada di sekitarnya. Konsumsilah kurang lebih 1/2 sdm kopi. Masukkan ke dalam mulut, diamkan sebentar lalu ditelan. Apabila anda tidak suka, setelah didiamkan bisa anda buang lalu berkumur.

Nah...semoga tips tadi menghalau keraguan anda untuk makan pete karena tidak tahan dengan bau mulut yang menyrrtainya. Nah, setelah membahas bau mulut akibat makan pete, sekarang akan saya tuliskan beberapa manfaat dari makan pete. Agar anda dan saya tentunya tidak hanya sekedar menyukai pete, tapi juga tahu kandungan nutrisi dan manfaatnya untuk tubuh kita.

Kandungan dan Manfaat buah pete :

Menurut Wikipedia, dibandingkan buah apel pete memiliki kandungan protein empat kali lebih banyak. Karbohidrat dua kali lebih banyak. Fosfor tiga kali lipat, lima kali lipat vitamin A dan zat besi serta dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya. Aduuuh....kok baru tahu ya saya...hihihi.... Selain itu pete juga merupakan sumber energi yang baik, yaitu 142 kkal per 100 g biji. Petai mengandung tiga macam gula alami, yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Kombinasi tersebut mampu memberikan dorongan tenaga instan, tetapi cukup lama dan cukup besar efeknya. 

Dan inilah 18 Manfaat buah pete untuk kesehatan

1. Manfaat buah pete untuk menghindar depresi
menurut survey yang di lakukan pada pasien pasien depresi, banyak orang yang jadi tambah baik setelah makan pete. Hal ini berlangsung dikarenakan pete memiliki kandungan tryptophhan, sejenis protein yang di rubah oleh tubuh menjadi serotonin, yang dapat membuat si pengonsumsi rileks, melakukan perbaikan mood, dan dengan umum seseorang merasa lebih bahagia.

2. Pms ( pre menstrual syndrome )
bila alami pms atau bad mood waktu menstruasi, cukup tangani dengan makan pete. vitamin b6 yang di kandung pete mengatur kandungan gula darah yang bisa memperbaiki mood.

3. Menghindar anemia
dengan kandungan zat besi yang tinggi, pete bisa merangsang produksi sel darah merah serta menolong jika terjadi anemia.

4. Perangi tekanan darah tinggi
buah tropis ini amat tinggi kalium, namun rendah garam hingga amat prima memerangi tekanan darah. Demikian tingginya, hingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan pete untuk lakukan klaim resmi tentang kekuatan buah ini saat menurunkan efek tekanan darah serta stroke.

5. Mendorong kekuatan otak
200 siswa inggris di Twickenham ( Middlesex ), Inggris, tertolong didalam ujian sekolah setelah mengkonsumsi pete pada waktu sarapan, istirahat serta makan siang. Riset sudah menunjukkan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi bisa menolong studi membantu siswa makin waspada.

6. Manfaat buah pete untuk penajaga saluran pencernaan
kandungat serat ( dietary fibers ) yang tinggi menjadikan pete amat baik untuk saluran pencernaan. Pete dipakai sebagai makanan untuk menjaga penceranaan dikarenakan struktur nya yang lembut serta halus. Buah ini juga dapat menetralkan asam lambung serta mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan didalam lambung.

7. Obat mabuk
Salah satu cara sangat cepat untuk mengobati penyakit mabuk yaitu milkshake pete, yang dimaniskan dengan madu. Pete dapat menolong menenangkan perut serta dengan pertolongan madu dapat menambah kandungan gula darah yang jatuh, namun susu dapat menenangkan serta kembali melakukan perbaikan kandungan cairan didalam tubuh.

8. Kurangi rasa kenyang
Pete mempunyai dampak antasid pada tubuh, hingga apabila dada merasa panas disebabkan umumnya makan, coba makan pete untuk kurangi sakitnya.

9. Hindari mual pagi
Makan pete di antara jam makan dapat membantu menjaga kandungan gula serta hindari muntah.

10. Tangani gatal gigitan nyamuk
sebelum menggunakn cream penghilang gatal akibat gigitan nyamuk, cobalah gosok tempat yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit pete. Banyak orang sukses mengatasi rasa gatal serta bengkak lewat cara ini.

11. Manfaat buah pete untuk Hindari kegemukan
Penelitian di Institut of Psychology, Austria mendapatkan bahwa tekanan pada waktu kerja, mengakibatkan orang mencari makanan yang menenangkan layaknya coklat serta keripik. Dengan sample 5. 000 pasien di rumah sakit, peneliti mendapatkan bahwa umumnya orang jadi gemuk dikarenakan tekanan kerja yang tinggi. Laporan menyimpulkan bahwa untuk hindari nafsu ngemil ini, kita perlu mengendalikan kandungan gula didalam darah dengan ngemil makanan tingggi karbohidrat seperti pete tiap-tiap dua jam sekali untuk menjaga kadar gula darah.

12. Manfaat buah pete untuk netralkan luka lambung
Pete dipakai sebagai makanan untuk menjaga penceranaan dikarenakan teksturnya yang lembut serta halu. Buah ini juga dapat menteralkam asam lambung serta kurangi iritasi dengan melapisi permukaan didalam lambung.

13. Mengatur suhu tubuh
Banyak kebudayaan melihat pete sebagai buah dingin yang dapat turunkan suhu tubuh serta emosi ibu yang menanti kelahiran anaknya. Di Belanda contohnya, ibu hamil dapat mengonsumsi pete untuk meyakinakan si bayi lahir dengan suhu tidak tinggi. Walau di Indonesia ada larangan untuk mengonsumsi waktu hamil untuk menghindar baunya air ketuban.

14. Bantu seasonal affective disoder ( penyakit emosional yang kacau )
pete bisa menolong pasien SAD dikarenakan memiliki kandungan pendorong mood alami tryptophan.

15. Hindari merokok
Pete bisa mendorong orang yang ingin berhenti merokok. Vitamin b6 serta b12 yang di kandungnya, bersama dengan kalium serta magnesium, menolong tubuh cepat pulih dari dampak penghentian nikotin.

16. Hindari stress
Kalium yaitu mineral mutlak, yang menolong unutk menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak serta mengatur keseimbangan cairan tubuh. Saat kita stress, kecepatan metabolisme kita dapat meningkat, hingga dapat kurangi kandungan kalium didalam tubuh. perihal ini bisa kembali di seimbangkan dengan makan pete yang tinggi kalium.

17. Manfaat buah pete untuk turunkan efek stroke
Menurut riset didalam The New England journal of medicine makan pete sebagai bagian dari makanan 1 hari hari dapat turunkan resiko kematian dikarenakan stroke hingga 40%.

18. Obat awet muda
Kemungkinan di sebabkan kandungan proteinnya, pete dapat meregenerasi kulit, petani pete indonesia telah mengekspor ke Jepang untuk di buat jadi di antara bahan kosmetik.


Buanyak kan manfaat pete untuk tubuh kita...namun meskipun memiliki kandungan manfaat yang berlimpah, jangan sampai kita makan berlebihan. Karena dapat memberatkan kerja ginjal. Untuk itu, konsumsilah secukupnya dan disertai dengan minum air putih yang banyak.

Bagaimana....masih belum suka sama pete ?
Aaah.....rugiiiiii.....hihihi

Sumber :

sumber:http://etipskesehatan.com/
Wikipedia
Cakrawala dunia.com
Laman fb : Sehat dengan herbal




You Might Also Like

0 komentar: