tips memilih buku untuk anak

00.55.00 Retno Kusumawardani 3 Comments


Sebagai orang tua, tentu kita semua senang apabila melihat anak-anak kita suka membaca. Untuk mendukungnya tentu kita tidak sayang mengeluarkan uang untuk membeli buku untuk mereka. Namun buku apakah yang sesuai untuk mereka?

Ketika membeli sebuah buku untuk anak anda, pertimbangan apakah yang anda pakai dalam memilih sebuah buku? Gambarnya, penulisnya, atau penerbitnya? Atau bahkan anda sangat teliti hingga membaca seluruh buku sebelum anda membelinya?

Beberapa waktu lalu saya sempat “menemukan” buku anak yang tidak aman untuk anak. Buku ini menceritakan tentang seorang putri duyung yang cantik,yang merupakan anak maharaja di lautan yaitu Triton anda pasti sudah tahu siapa dia, ya...dia adalah Ariel.

Sampulnya memang menarik. Menampilkan gambar seorang putri duyung dengan warna-warna cerah. Setiap anak pasti tertarik, apalagi anak perempuan yang lebih menyukai cerita tentang putri-putrian

Orang tua pun akan berpikir bahwa buku ini pasti buku anak-anak. Namun apabila kita melihat ke dalam buku maka akan menemukan konten yang tidak sesuai untuk anak.

Setelah saya teliti, ternyata buku itu tidak ada nama penulisnya. Bahkan tidak ada nama penerbitnya. Nah ...lalu siapa yang bertanggung jawab pada isi buku?

Tentu saja buku itu dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Yaitu orang-orang yang hanya mengejar keuntungan tanpa memperhatikan dampaknya pada anak-anak.

Atau bahkan mereka punya misi tertentu untuk merusak moral generasi kita? Entahlah mungkin saya berpikir terlalu jauh. Semga saja tidak demikian.

Berikut ini beberapa tips untuk memilih buku yang aman bagi anak

1.Carilah buku yang ada nama penerbitnya. Penerbit yang sudah punya nama tidak akan mungkin mempertaruhkan reputasi dengan menerbitkan buku yang tidak bermutu. Tapi tidak semua penerbit yang tidak terkenal itu tidak bermutu. Apalagi sekarang banyak penerbit indie yang menghasilkan buku dengan isi berkualitas. Apabila penerbitnya bukan penerbit yang terkenal, sempatkanlah untuk membaca setidaknya sebagian buku tersebut untuk mengetahui isinya.

2.Lihat apakah ada nama penulisnya. Penulis adalah yang membuat cerita. Lagipula tiap penulis memiliki gaya bercerita masing-masing. Anak anda pun pasti menyukai gaya bahasa atau gaya bercerita penulis tertentu. Dengan mengetahui nama penulis buku, maka kita akan mudah mencari buku lain yang merupakan hasil karya penulis tersebut.

3.Perhatikan tempat membeli buku Saya pernah membeli buku di dalam bis antar kota. Sepintas memang tidak ada masalah, namun bila diperhatikan, pemilihan kata dan susunan kalimatnya kadang kurang tepat sehingga membingungkan anak-anak yang baru mengenal baca tulis. Selain itu juga banyak kesalahan dalam pengetikan. Bahkan ada juga cerita yang tidak memiliki pesan moral sama sekali.


4.Harga buku. Tidak semua buku yang murah itu jelek. Tapi kebanyakan buku berkualitas memang memiliki harga yang lebih mahaldan dijual di toko buku terkenal. Tentu saja kata murah dan mahal ini relatif bagi tiap pembeli.

5.Jangan terkecoh oleh sampul.Banyak sampul buku anak yang menarik, penuh warna ceria dan berciri khas anak-anak. Namun isi di dalamnya sama sekali tidak aman untuk anak. Perlu kejelian orang tua dalam memilih buku.

6. Pilih buku anak yang sesuai untuk usia anak anda. Yang saya maksud disini adalah buku untuk anak usia tiga tahun tentu berbeda untuk anak usia lima tahun. buku untuk usia anak enam tahun akan berbeda dengan anak usia 10 tahun. Hal ini tidaklah mutlak, karena disesuaikan dengan kemampuan anak anda. Semakin besar frekuensi baca anak, maka kemampuan berpikirnya akan semakin berkembang dan buku yang dibacanya pun akan semakin “berat”.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih buku untuk anak. Diperlukan peran serta orang tua dalam memilih buku. Karena anak adalah penyerap yang sangat baik, jadi apa yang dibacanya saat ini akan mempengaruhi cara berpikirnya di masa mendatang.

Berikut ini salah satu contoh buku yang tidak aman untuk anak.

tips memilih buku untuk anak
sampul yang sangat "anak-anak" tidak menjamin isinya juga "anak-anak"


tips memilih buku untuk anak
tips memilih buku untuk anak
tips memilih buku untuk anak


You Might Also Like

3 komentar:

  1. Buku buku sekarang banyak yang tidak cocok dengan anak, pintar pintar memilih buku

    BalasHapus
  2. wah memang ya , ortu harus teliti dalam memilih buku cerita sesaui dengan usia anak

    BalasHapus
  3. Makasih tipsnya, mbak. Pingin banget beliin banyak buku bacaan buat anak yang mendidik dan sesuai umurnya, tapi di tempat saya minim banget toko buku. Ada dua saja nggak lengkap yang dijual.

    Kalo mau ya kudu ke Solo. Padahal saya yang emak rumahan ini jarang banget pergi kesana. :)

    BalasHapus