Resep

Resep Tuna Mac N Cheese Tiga Sapi Susu Evaporasi

10.17.00

Challenge Cerita Tiga Sapi

Memiliki tiga anak dengan usia tanggung alias remaja memang harus sedia banyak makanan. Baik itu makanan utama atau camilan. Masa-masa pertumbuhan sangat banyak membutuhkan asupan gizi. Ditambah kegiatan fisik yang dilakukan setiap hari. Tak heran kalau mamak menyediakan makanan apapun pasti dilahap habis. Tapi ada kalanya juga bosan dengan bahan tertentu, maka mamak harus putar otak untuk lebih kreatif. Kebetulan sekali ada Challenge Cerita Tiga Sapi. Sebagai seorang mamak yang setiap hari berkutat di dapur, saya merasa tertantang untuk memberikan Kreasi Resep Tiga Sapi yang disukai anak-anak.

Produk-produk Tiga Sapi ini sudah bertahun-tahun menemani para ibu untuk menyediakan makanan dan minuman lezat. Eksistensi produk Tiga Sapi hingga saat ini menunjukkan bahwa produk ini dipercaya sebagai produk yang berkualitas.

Berkenalan dengan Tiga Sapi

resep untuk Tiga Sapi Susu Evaporasi

Tapi sebelumnya mari kita kenalan dahulu dengan Tiga Sapi. Jadi Tiga Sapi adalah salah satu produk dari Indofood yang berupa olahan susu. Jenis produk Tiga Sapi ada bermacam-macam, di antaranya Tiga Sapi Kental Manis putih dan Tiga Sapi Kental Manis rasa coklat, Kremer dan Tiga Sapi Susu Evaporasi. 

Tiga Sapi Kental Manis dapat digunakan untuk topping makanan maupun minuman dan bahan masakan yang menggunakan susu. Terutama masakan yang bercita rasa manis. Penambahan Tiga Sapi Kental Manis dapat memberikan rasa gurih dan nikmat pada makanan maupun minuman. Sebagai contoh, Anda bisa menambahkan Tiga Sapi Kental Manis  pada saat membuat martabak manis, kue atau puding.

Tiga Sapi Kental Manis tersedia dalam ukuran 370 gr dan 490 gr. Untuk kemasan 490gr harganya 12 ribu saja. Tiga Sapi Kental Manis Lebih Praktis dan Ekonomis.

Tiga Sapi Kental Manis mengandung Kalsium, Vitamin D3, Vitamin A dan vitamin B1. Kalsium yang bermanfaat dalam pembentukan tulang dan gigi, dibantu penyerapannya oleh vitamin D3. Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, sedangkan vitamin B1 dapat membantu sel-sel tubuh mengubah Karbohidrat menjadi Energi.

Kremer biasanya digunakan untuk menambah tekstur creamy pada minuman. Sedangkan Tiga Sapi Susu Evaporasi bisa digunakan pada saat memasak makanan yang bertekstur lembut seperti pasta, roti atau cream. Yang jelas banyak sekali makanan dan minuman yang bisa dihasilkan dari produk Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis ini.

Kalau kremer dan kental manis saya sudah beberapa kali mencoba membuat masakan dengan kedua bahan tersebut. Tapi untuk susu evaporasi saya belum pernah mencobanya. Oleh karena itu, untuk menjawab rasa penasaran, saya coba  membuat Kreasi Resep Tiga Sapi yang terbuat dari Tiga Sapi Susu Evaporasi.

Yang membuat penasaran adalah bagaimana hasil masakan menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi , apa bedanya dengan menggunakan susu biasa. Tapi sebenarnya apa sih susu evaporasi itu?

Sekilas info tentang Susu Evaporasi

Menurut sebuah halaman kesehatan yang saya baca, Susu Evaporasi adalah susu yang dipanaskan dengan suhu tinggi menggunakan teknik pasteurisasi untuk menghilangkan 60% kadar air sehingga susu menjadi lebih kental.

Perlu diketahui bahwa pasteurisasi adalah proses pemanasan susu tanpa mengurangi kandungan gizi di dalamnya. Proses pasteurisasi ini juga membuat susu jadi lebih awet. Teknik ini sudah dilakukan jauh sebelum mesin pendingin makanan ditemukan.

Itulah sebabnya susu evaporasi lebih awet alias tidak cepat basi. Tampilannya pun berwarna lebih kuning atau tidak putih seperti susu pada umumnya di karenakan kandungan airnya yang telah berkurang dan karamel yang terbentuk karena proses pemanasan.

Dengan berkurangnya kandungan air, otomatis dengan volume yang sama kandungan gizi pada susu evaporasi lebih padat dibandingkan dengan susu biasa. Oh mungkin inilah sebanyak banyak yang bilang kalau susu evaporasi itu lebih sehat.

Berkenalan dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi

Tiga Sapi Susu Evaporasi dikemas dalam kemasan kotak dengan tutup ulir sehingga lebih mudah dan praktis. Kemasan ini juga menjaga isi di dalamnya tetap higienis dengan adanya segel berupa lapisan alumunium foil yang terletak di bawah tutup ulir. Tiga Sapi Susu Evaporasi ini adalah susu evaporasi yang menggunakan kemasan kotak pertama di Indonesia.

Bentuk kemasan Tiga Sapi Susu Evaporasi juga didesain sedemikian rupa sehingga lebih mudah dan nyaman dipegang. Posisi tutupnya membuat susu lebih mudah dituang hingga tetes terakhir dan bentuknya membuat penyimpanan di lemari es menjadi lebih efisien.


apa itu susu evaporasi

Tiga Sapi Susu Evaporasi ini dapat digunakan sebagai pengganti santan pada masakan yang menggunakan santan seperti soto betawi, bubur kacang hijau, kare ayam dan lain-lain. Dengan demikian masakan jadi lebih sehat dan creamy. Selain itu juga dapat digunakan sebagai pelengkap minuman seperti kopi, teh tarik, minuman kekinian yang menggunakan boba dan lain-lain.

Untuk kemasan yang berisi 500 gr dengan segala manfaat dan semua kandungan gizi di dalamnya kita dapat membelinya dengan harga 15 ribu saja. Satu kemasan Tiga Sapi Susu Evaporasi bisa digunakan untuk beberapa masakan. Itulah sebabnya Tiga Sapi Susu Evaporasi ini Harga Lebih Hemat dan Isi Lebih Banyak. 

Satu kotak Tiga Sapi Susu Evaporasi bisa digunakan untuk beberapa kali masakan. Oleh karena itu, ketika menyimpannya kembali, tutup dengan rapat dan simpan dalam lemari pendingin dengan suhu minimal 4 derajat celcius. Setelah dibuka dapat disimpan dalam lemari es paling lama 3 hari. 

Alasan memasak Tuna Mac n Cheese dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi

Sebenarnya yang terlintas pertama kali saat melihat Tiga Sapi Susu Evaporasi ini adalah resep roti manis dengan menggunakan susu evaporasi. Yaitu Resep roti manis dengan metode Thang Zong atau water Roux. Dulu saya sering membuatnya dengan menggunakan susu biasa. Itu saja sudah menghasilkan roti yang lembut dan berserat halus. Apalagi jika membuat  Kreasi Resep Tiga Sapi Susu Evaporasi yang lebih kental dan gurih, dalam bayangan saya pastilah roti yang dihasilkan akan jauh lebih lembut lagi.

Namun untuk Challenge Cerita Tiga Sapi ini saya ingin membuat masakan yang lain, yaitu makanan yang jarang dikonsumsi anak-anak. Kreasi Resep Tiga Sapi yang akan saya buat adalah Tuna Mac n Cheese Tiga Sapi Susu Evaporasi. Sengaja memang saya tambahkan tuna karena memang ada stok ikan tuna segar dan butuh cara untuk menghabiskannya.

Kesimpulannya, saya memilih Tuna Mac n Cheese sebagai masakan saya kali ini karena ada beberapa alasan :

- Penasaran dengan hasil masakan yang menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi.

- Ada stok ikan tuna segar yang harus dihabiskan

- Mac n cheese cukup mudah, praktis dan cepat memasaknya

- Anak-anak suka sekali dengan jenis masakan seperti mac n cheese ini.

Resep Tuna Mac n Cheese dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi

Sebenarnya proses memasak Tuna Mac n Cheese ini cukup cepat dan praktis. Yang paling lama hanya pada saat merebus makaroninya. Setelah makaroni selesai di rebus hanya butuh waktu tak lebih dari 10 menit, masakan sudah siap dihidangkan.

Resep Tuna Mac n Cheese Tiga Sapi Susu Evaporasi

Bahan Tuna Mac n Cheese

1. Makaroni 100 gr rebus sampai al dente atau matang tapi tidak sampai terlalu lunak

2. Ikan tuna segar 50 gr, cincang agak kasar

3. Bawang putih 2 butir cincang halus

4. 1/4 butir bawang bombay, potong kecil-kecil

5. Tiga Sapi Susu Evaporasi kurang lebih 150 ml

6. Keju parut 50 gr

7. Tepung terigu 2 sdm

8. Margarin 2 sdm

9. Garam 1/2 sdt

10. Merica 1/2 sdt


Cara Membuat Tuna Mac n Cheese dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi

1.Rebus makaroni hingga aldente, tiriskan lalu sisihkan. panaskan 1 sdm margarin, kemudian tumis ikan tuna yang sudah dicincang hingga berwarna putih, angkat dan sisihkan. 

2.Kemudian panaskan margarin dan tumis bawang putih sampai harum. Setelah itu masukkan bawang bombay, tumis sampai layu dan harum. 

3. Masukkan tepung terigu kedalam tumisan bawang, aduk hingga merata. tumis hingga licin dan menggumpal.

Cara membuat Tuna Mac n Cheese Tiga Sapi Susu Evaporasi

4. Masukkan Tiga Sapi Susu Evaporasi, campur dan biarkan sampai meletup-letup.

5. Setelah meletup letup kemudian masukkan makaroni rebus, tuna, keju, garam dan merica bubuk lalu aduk hingga tercampur rata. Koreksi rasanya tambahkan garam jika lebih suka rasa yang asin.

6. Sajikan dalam keadaan hangat. Di atasnya bisa ditaburkan oregano, peterseli atau keju parut lagi. Bisa juga dipanggang untuk mendapatkan sensasi smokey. Tapi kemarin anak-anak sudah enggak sabar sehingga langsung disantap.

resep mac n cheese paling simpel

Sangat mudah dan praktis bukan? Ternyata memasak Tuna Mac n Cheese menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi, hasilnya lebih lembut dan creamy. Atau dengan kata lain tekstur creamynya itu lebih terasa. Begitu juga dengan rasanya lebih gurih dan milky. Saking creamynya, ikan tunanya enggak ada aroma amis khas ikan sama sekali, bahkan salah satu anak saya bilang kalau ikan tuna-nya terasa seperti daging ayam. Enggak heran kalau anak-anak minta dibuatkan lagi.

Tidak beda jauh dengan yang pertama, pada pembuatan yang kedua ini juga langsung habis dilahap. Untuk dua resep ini tidak sampai menghabiskan satu kemasan. Bahkan sisanya bisa dibuat untuk memasak satu resep lagi. Jadi, satu kemasan bisa dipakai untuk tiga resep, terbukti kan kalau Tiga Sapi Susu Evaporasi  Harga Lebih Hemat dan Isi lebih banyak.

Kreasi Resep Tiga Sapi

Ikuti Kompetisi Foto Tiga Sapi

Saat ini sedang berlangsung Kompetisi Foto Tiga Sapi di platform Instagram. 5 orang pemenang akan mendapatkan hadiah berupa saldo OVO atau Gopay yang total besarnya 5 juta rupiah dan paket spesial dari Tiga Sapi. Dan akan dipilih 4 orang pemenang favorit setiap minggunya yang akan mendapatkan hadiah saldo e-wallet sebesar Rp 250.000. Keterangan lengkapnya ada di Instagram @lezatnyatigasapi ya.

Cara mengikuti Kompetisi Foto Tiga Sapi sangat Gampang :

1. Follow akun Instagram @lezatnyatigasapi dan fanpage Facebook Tiga Sapi

2. Upload foto dagangan Anda yang menggunakan Tiga Sapi Kental Manis atau Tiga Sapi Susu Evaporasi disertai dengan testimoni penggunaan Tiga Sapi Susu Evaporasi atau Tiga Sapi Kental Manis sebagai salah satu bahan pembuatannya.

3. Tag akun @lezatnyatigasapi dan tiga orang teman dan pastikan akunnya tidak diprivat ya..

4. Tambahkan hastag #ceritatigasapi

5.Kompetisi berlangsung pada 9-30 September 2022.

Nah tunggu apa lagi, yuk ikuti Kompetisi Foto Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis sekarang. Hadiahnya mayan banget loh bisa buat jalan-jalan atau jajan sekeluarga. Catat juga tanggalnya ya agar tak ketinggalan deadline.

You Might Also Like

43 comments

  1. Ya Allah enak banget iniii... rasanya creamy ya.. aku suka mbaa..

    BalasHapus
  2. Aku baru tahu kalau tiga sapi kental manis ada yang ukuran agak kecil, ya. Tapi di resep ini ga dipakai, kan kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kah kak? Saya ngga ngelihat kalau ada yang kecil..

      Hapus
    2. enggak mbak, cuma pakai Tiga Sapi Evaporasi aja

      Hapus
    3. ada kok mbak yang kemasan lebih kecil, tapi kebanyakan yang dijumpai di toko toko itu kemasan yang gede ..

      Hapus
  3. Anak aku doyan tuna, baca resepnya nampaknya mudah dan sederhana. Saya ingin mencoba di rumah di akhir pekan kali ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah cocok nih kalau doyan tuna, ikannya bisa dibanyakin...

      Hapus
  4. Kadang memang emak harus kreatif untuk mengolah makanan agar tidak bosan ya.

    Mau coba resepnya, pakai kemasan yang ada tutupnya jadi praktis banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa... kalau buat satu masakan tapi masih nyisa gampang banget buat nyimpennya lagi, praktis dan aman..

      Hapus
  5. Waaah bisa dicoba nih mbak resep masakannya. Pasti rasanya nikmat, bikin anak-anak ketagihan ya. Apalagi ada produk Tiga Sapi sebagai bahan pelengkapnya, dijamin hasil masakan lebih nikmat ya. Menjadi ibu memang harus kreatif menciptakan menu sendiri si rumah supaya anak-anak makin mencintai masakan ibunya. Recook ah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi hasilnya lebih creamy... boleh kalau mau recook mbak..

      Hapus
  6. Kesukaan anak-anak nih mac n chesee, apalagi pake tiga sapi susu Evaporasi makin creamy makin lezat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyesss, makin creamy kalau susunya pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi

      Hapus
  7. Ternyata Mac itu dr kata Macaroni ya.. Enak banget tuh pasti, selain gurih dr keju juga hasilnya pasti creamy banget dr susu Tiga Sapi yg dipakai.. Karena rasanya jg gurih dan lebih creamy untuk masakan..

    BalasHapus
  8. tiga sapi susu evaporasi ternyata banyak sekali kegunaannya terutama untuk aneka jenis makanan. Mac and Cheese nya pasti lebih gurih dan sedep mantep pake susu evaporasi. Jadi penasaran banget pengen coba buat

    BalasHapus
  9. Hahaha.. memang benar, Mbak. Kalau anak-anak cowok tanggung, itu makannya pada banyak. kan lagi masa pertumbuhan. jadi ingat saat saya dan 3 orang saudara cowok saya. Ibu saya sampai masak banyak hehehe.
    Dan enak nih, resep ikan tuna. kebetulan saya suka ikan. Tapi apa bisa ikan tunanya diganti ikan lain, Mbak? Misalnya tongkol atau cakalang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dong... kalau ikan cakalang teksturnya lebih mirip tuna daripada tongkol. Dan kalau bisa pilih ikan segar agar rasanya lebih enak..

      Hapus
  10. Tuna kan agak amis, Mbak. Apakah cocok dipadukan dengan susu? Ada trik mengurangi amisnya, Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ikannya segar enggak amis mbak, kalaupun ada tidak sampai mengganggu citarasa maksakan. Tapi kalau mau lebih ilang amisnya, pada saat mencuci bisa dicuci pakai air yang diberi sedikit air perasan jeruk nipis

      Hapus
  11. wah ini sih kayanya kalo ak praktekkin resepnya pasti langsung dicium2 dipeluk2 deh sama anakku, soalnya menu kesukaan dia, cobain ah bikin mumpung wiken nih

    BalasHapus
  12. Mantap nihh mac and cheese ngga akan pernah gagal mahh ini kalo pake evaporasi dari tiga sapi, lebih gurih yaa mbaa

    BalasHapus
  13. Susu evaporasi cap tiga sapi sepertinya endeuss yaa...Belum pernah mencoba tapi belum banyak tersedia ya bun di supermarket? (Gusti yeni)

    BalasHapus
  14. jadi Ibu memang harus super kreatif ya Mbak apalagi soal masak memasak nih biar bahan makanan gak terbuang percuma harus diolah jadi makanan yang menggugah selera keluarga terlebih lagi anak-anak, hmmm jadi penasaran nih dengan Tuna Mac n Cheese-nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk cobain mbak, dojamin anak-anak pasti sukaa...

      Hapus
  15. Cara bikinnya praktis banget... Rasanya juga pasti yummy nih soalnya pakai produk susu tiga sapi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, masakan yang praktis-praktis gini kan favorit ibu-ibu banget hihihi

      Hapus
  16. Resepnya oke banget. Bikinnya mudah, gizinya banyak.

    BalasHapus
  17. Aku sebenernya juga gak tau yang namanya susu evaporasi.
    Tapi mendapat info bermanfaat sehingga menggunakan susu evaporasi sebagai bahan saat memasak bisa menambah cita rasa gurih serta tetap sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. susunya lebih kental gitu mbak, jadinya ke masakan lebih creamy...

      Hapus
  18. kalau mac n cheese kebetulan sudah sering buat mbak, tapi belum pernah kalau dicampurkan dengan tuna nih, ide bagus buat dicoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain mbak, enak kok kalau pakai ikan tuna segar. Enggak amis...

      Hapus
  19. Resepnya menggiurkan sekali nih kak, dengan Tiga Sapi yang juga keren dong pastinya yah, cobain ahhh

    BalasHapus
  20. wah pas banget di rumahku ada makaroni nih, mbak. jadi pengen bikin mac and cheese juga pakai susu evaporasi tiga sapi

    BalasHapus
  21. My favorite food! Suka banget deh sama makanan ini. Pengen cobain bikin pakai Tiga Sapi juga, bakal lebih nendang kayanya rasanya.

    BalasHapus
  22. Produk Tiga Sapi dibuat apa saja pasti endezz sih. Mau nyoba juga bikin Mac n Cheesenya, secara anak2 suka banget sama makaroni dan keju, biasanya dibikin makaroni schotel aja. Kapan2 dibikin menu ini juga deh.

    BalasHapus
  23. Tuna - keju - susu, sungguh perpaduan yang luar biasa
    Pasti asik nih buat bekal sekolah. Enak dan bergizi tentunya
    Siap recook resepnya

    BalasHapus