Resep

Kumpulan Resep Masakan Sehat Tanpa MSG

22.38.00

resep makanan sehat tanpa micin

Membuat masakan yang mudah tapi disukai oleh semua anggota keluarga itu sebuah tantangan tersendiri. Apalagi jika memiliki anak yang pemilih soal makanan. Wah, ketika melihat si anak makan dengan lahap seperti mendapatkan sebuah piala kejuaraan. Tapi sebagai ibu kita butuh makanan yang bisa diolah secara praktis. Begitulah, tidak semua waktu yang dimiliki ibu itu dihabiskan untuk urusan dapur saja. Masih banyak deretan pekerjaan lain yang juga menunggu.

Itulah sebabnya jika ada makanan praktis yang disukai oleh anak-anak maka makanan tersebut cenderung jadi masakan favorit ibu juga dan dijadikan andalan jika ibu sedang sibuk atau lelah. Di rumah saya, anak-anak suka sekali dengan yang kriuk kriuk. Ada ayam, mintanya digoreng tepung yang renyah. Ketika ada tempe, tahu atau brokoli pun mintanya digoreng dengan tepung yang renyah dan gurih.

Untunglah sekarang meskipun setiap hari goreng-goreng yang renyah dan gurih hati mamak tetap tenang karena sudah ada tepung Bumbu Kobe Serbaguna Premium. Tepung Bumbu Kobe Serbaguna Premium adalah tepung Bumbu persembahan Dapur Kobe. Tepung serbaguna premium terbuat perpaduan berbagai rempah pilihan dan merupakan tepung bumbu pertama di Indonesia yang dibuat tanpa tambahan penguat rasa, tanpa bahan pengawet, dan tanpa pewarna buatan. Tepung serbaguna premium ini dapat mewujudkan resep masakan sehat Indonesia tanpa micin.

Baca juga : Resep Bakwan Caisim Kobe, Bakwan Next Level agar Anak Suka Sayur

Pertama kali melihat kemasan Kobe Serbaguna Premium ini langsung terasa kesan premiumnya. Kemasannya dengan background warna gelap dan tulisan didominasi warna gold memberi kesan yang elegan dan mewah. Betul-betul menunjukkan bahwa produk di dalamnya adalah tepung bumbu yang premium.

Memasak dengan menggunakan Tepung Bumbu Kobe Serbaguna Premium ini caranya tak jauh beda dengan tepung bumbu lain. Ada dua cara untuk membuat gorengan yang renyah, gurih dan menggugah selera, yaitu dengan adonan kering dan adonan basah.

1. Cara membuat gorengan renyah dengan adonan basah

  • Pertama, siapkan dulu bahan yang akan dimasak. Bisa berupa ayam, tempe atau daging. Kemudian potong sesuai selera.
  • Kemudian buat adonan basah dengan cara : dua ratus gram tepung diberi air sebanyak 350 ml atau 1 3/4 gelas belimbing. Aduk hingga merata.
  • Setelah itu, selimuti bahan gorengan dengan menggunakan adonan basah kemudian goreng di dalam minyak panas sampai berwarna kuning keemasan.

2. Cara membuat gorengan renyah dengan adonan kering

  • Siapkan dahulu bahan yang ingin dibuat gorengan, potong sesuai selera. 
  • Kemudian balur bahan tersebut menggunakan tepung kering dengan dicubit cubit ringan agar tepung menempel. Ingat ya, tidak perlu diremas-remas.
  • Setelah itu goreng dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kuning keemasan.

Nah itulah dua cara mudah untuk membuat gorengan yang renyah tanpa msg dengan menggunakan tepung Bumbu Kobe Serbaguna Premium. Dengan menggunakan adonan basah, satu kemasan berukuran 200 gr bisa untuk membalur ayam hingga dua kilogram. Jika menggunakan adonan kering, satu kemasan Tepung Bumbu Kobe Serbaguna Premium dapat digunakan untuk menggoreng ayam kurang lebih seberat 1,5 kg. Cukup hemat bukan? 

Baca Juga : Resep Telur Dadar Krispy agar Anak Makannya Nambah Terus

Menurut saya, meskipun tidak menggunakan tambahan penguat rasa, tepung bumbu Kobe Serbaguna Premium ini rasanya tetap enak dan gurih. Anak-anak saya pun menyukainya. Terbukti ketika saya membuatkan mereka Ayam Dadu Crispy non MSG, mereka maunya dibuatkan lagi dan lagi. Saat makan pun mereka lahap dan penuh selera.

Biar tidak penasaran, berikut ini resep ayam dadu crispy non MSG.

Resep Ayam Dadu Crispy Non MSG 

Bahan ayam dadu crispy non MSG

  • 300 gr dada ayam tanpa tulang
  • 200 gr Tepung Bumbu Kobe Serbaguna Premium (saya hanya pakai separuhnya)
  • 350 ml air (saya pakai separuhnya)
  • Minyak goreng secukupnya
cara membuat ayam goreng renyah tanpa msg

Cara Membuat Ayam dadu crispy non MSG

  • Potong ayam berbentuk dadu atau sesuai selera. Kalau saya memotongnya berbentuk persegi empat.
  • Buat adonan basah dengan menggunakan tepung bumbu dan air. Aduk hingga tercampur sempurna. Kemudian masukkan ayam yang sudah dipotong-potong. Pastikan semua potongan ayam dibaliuri adonan dengan sempurna.
  • Panaskan minyak, kemudian masukkan potongan ayam satu demi satu ke dalam minyak panas. Goreng hingga matang dan berwarna keemasan.
  • Setelah matang, angkat ayam kemudian tiriskan. Ayam dadu crispy non MSG pun siap dihidangkan.
tepung Kobe tanpa micin

Resep Dapurkobe ini sangat disukai anak anak karena rasanya yang enak dan teksturnya yang renyah. Sayapun sangat menyukainya karena bisa masak enak dengan praktis dan cepat. Hal lain yang juga membuat saya senang adalah anak anak dapat mengkonsumsi makanan sehat yang juga sangat mereka sukai. Jadi tidak heran kan kalau resep ini akan menjadi salah satu makanan sehat favorit di keluarga kami?

Baca juga : Inspirasi Menu Ramadhan yang Mudah dan Praktis ala Tepung Bumbu Kobe

Dengan menggunakan tepung Bumbu Kobe Serbaguna Premium teman-teman bisa berkreasi membuat masakan sehat yang disukai oleh anak-anak dan keluarga. Namun jika kehabisan ide, teman-teman bisa mengintip di Dapur Kobe. Website dapurkobe dapat dijadikan rujukan saat kita kebingungan hendak memasak apa agar anak-anak doyan makan. Karena di DapurKobe ini tersedia berbagai resep masakan enak yang dapat dicontek. Termasuk juga di dalamnya Kumpulan Resep Masakan Sehat Tanpa MSG

Berikut ini akan saya beri contoh resep masakan sehat yang ada di website dapur kobe.

Resep Ayam Goreng Butter Milk

Saya tertarik untuk berbagi resep ini karena bahannya yang unik, yaitu buttermilk. Buttermilk adalah susu cair yang diberi sedikit perasan air jeruk lemon atau cuka. Sebelumnya saya pernah membaca bahwa buttermilk digunakan pada salah satu resep cake. Namun kali ini buttermilk digunakan untuk mengolah ayam. Bagaimana, penasaran kan bagaimana resepnya?

Sebenarnya resep ini cukup mudah, hanya saja butuh lebih banyak waktu untuk marinasi ayam dengan menggunakan buttermilk. Baiklah, berikut ini resepnya :

Bahan Ayam Goreng Buttermilk

  • 1/2 ekor ayam potong menjadi 6 bagian
  • 120 ml susu cair
  • 1 sendok makan cuka atau dua slice potongan jeruk lemon.
  • 200 gr tepung bumbu serbaguna premium (1 bungkus)
  • minyak goreng secukupnya untuk menggoreng.
cara membuat ayam goreng crispy tanpa msg

Cara membuat Ayam Goreng Buttermilk

  • Campurkan susu cair dengan cuka atau potongan jeruk lemon. Kemudian rendam ayam yang sudah dipotong dalam campuran tersebut. Biarkan/ marinasi selama kurang lebih 2 jam.
  • Panaskan minyak goreng. Sementara itu ambil satu buah potongan ayam, gulingkan di tepung bumbu sambil dicubit cubit ringan (teknik menggoreng menggunakan adonan kering). Lakukan hingga potongan ayam habis.
  • Kemudian goreng dalam minyak panas. perhatikan apinya jangan sampai terlalu besar agar tidak gosong. Cukup gunakan api kecil saja. Goreng hingga berwarna keemasan, angkat kemudian tiriskan. Ayam goreng Buttermilk siap disantap.

Resep masakan sehat berikutnya dari dapurkobe adalah Ayam Kunyit Crispy.

Resep Ayam Kunyit Crispy

Seperti kita tahu kunyit adalah salah satu rempah yang sering digunakan dalam resep masakan Indonesia. Selain memberikan warna khas, kunyit juga dikenal memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Nah, kali ini kita akan mencoba membuat resep makanan sehat dengan menggunakan kunyit dan tepung Bumbu Kobe Serbaguna Premium.

Bahan ayam kunyit crispy

  • 1/2 ekor ayam, potong menjadi 6 bagian
  • 1 bungkus tepung bumbu Kobe Serbaguna Premium (200 gr)
  • 350 ml air
  • 1/3 sendok makan bubuk kunyit
  • minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat ayam kunyit crispy

  • Rendam ayam dalam air. Sementara itu campur tepung bumbu Kobe Serbaguna Premium dengan bubuk kunyit. Ambil satu potongan ayam, gulingkan di atas tepung dan cubit cubit ringan. Lakukan hingga potongan ayam habis. Setelah itu goreng dalam minyak panas dengan menggunakan api kecil hingga ayam matang. Angkat dan sajikan.
resep ayam goreng renyah ala dapurkobe

Bagaimana mudah bukan memberikan makanan sehat dan lezat untuk keluarga? Bersama tepung bumbu Kobe Serbaguna Premium kita bisa masak lezat dengan mudah praktis dan menghasilkan masakan yang sehat.

Tepung Kobe Serbaguna Premium ini juga mengandung zat besi, serat pangan, vitamin B2 dan B9, serta zinc. Meskipun dibuat tanpa tambahan penyedap rasa buatan, rasanya tetap enak, aromanya gurih khas bawang putih dan renyah. Tepung serbaguna ini dapat digunakan untuk berbagai bahan makanan seperti tempe, ayam, daging, brokoli, seafood dan lain-lain.

Dengan Tepung Bumbu Kobe Serbaguna Premium, mamak tetap bisa memberikan makanan sehat untuk anak anak yang dibuat dengan penuh cinta tanpa micin.

Ingin mencoba masak dengan tepung bumbu Kobe Serbaguna Premium juga? Tenang saja, karena tepung bumbu premium ini bisa dibeli di minimarket terdekat. Atau beli saja secara online di Tokopedia atau Shopee. Tinggal pencet hape, tepungnya datang sendiri ke rumah. Lalu masak sehat dan asik untuk keluarga. 

You Might Also Like

2 comments

  1. MSG meresahkan sih buat yang menderita kolesterol, apalagi punya efek jangka panjang buat kesehatan. Mantep ini bisa dicoba resepnya, memang tepung serbaguna andalan. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. ayam goreng butter milk paling enak :D

    BalasHapus