entrepreneur

Makin Mudah dan Praktis Menjalankan Usaha Bersama Aplikasi Kasir iReap POS

21.01.00

 

Aplikasi kasir iReap

Akhir-akhir ini saya sering kali melihat video di media sosial yang menceritakan tentang usaha street food. Siapa sangka meskipun berada di pinggir jalan tanpa bangunan permanen namun omzetnya bisa sampa ratusan bahkan jutaan perhari. 

Saya pun pernah mengalaminya sendiri. Beberapa tahun lalu saya pernah berjualan es buah di pasar takjil. Menurut para pelanggan, es buah buatan saya termasuk murah, porsinya besar dengan buah yang banyak macamnya. Mungkin karena berkah bulan Ramadan juga, es buah jualan saya selalu habis tak bersisa dengan keuntungan yang lumayan.

Seiring anak yang bertambah besar, saya ingin kembali berjualan. Namun  bingung bagaimana memulainya. Jujur saja pengalaman berjualan es buah dahulu itu segala sesuatunya di bawah arahan pak Suami. Namun yang jelas, selama ini yang berputar-putar di kepala saya ini tak jauh-jauh dari makanan.

Beberapa usaha kuliner modal kecil yang sempat terpikir antara lain:


1. Kedai es krim : Kedai es krim adalah impian masa sekolah saya. Saat itu saya membayangkan, jika memang tidak bekerja formal saya ingin membuka kedai es krim di rumah. Sederhana saja, yang penting tempatnya nyaman. Selain es krim yang dilengkapi berbagai topping saya akan menjual jus buah, roti bakar, kentang goreng dan mungkin wafel. 

2. Warmindo : Jauh sebelum warmindo marak seperti akhir-akhir ini, saya sudah kepikiran untuk membuat warung mi instan. Hanya saja saat itu belum kenal istilah warmindo. Mi instan adalah makanan sejuta umat, semua suka, dari orang dewasa hingga anak-anak.

3. Toko kelontong tapi dilengkapi dengan mesin pembuat gula kapas, popcorn dan dispenser air panas. Jadi pelanggan bisa membuat kopi atau menyeduh mie cup sendiri.Sedangkan anak-anak kecil bisa membeli gula kapas dan popcorn.

Tiga hal itu sih yang selama ini sudah terpikirkan. Jika diperhatikan lebih seksama persamaan dari ketiganya adalah sama-sama berhubungan dengan kuliner, makanan yang dijual sifatnya made by order dan tidak perlu persiapan heboh sebelumnya. Cukup sediakan bahannya kemudian masak ketika ada yang pesan. Dan yang lebih penting adalah ketiganya bisa dimulai dari modal yang tidak terlalu besar. Memang salah satu keinginan saya adalah membuat usaha tanpa berhutang. Dimulai dari usaha kecil, sebisa mungkin mengembangkannya hingga jadi usaha yang menjanjikan.

Berkaca dari pengalaman sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak memulai bisnis. Tapi perlu ditekankan dulu ya, bisnis yang saya maksud adalah bisnis berskala kecil dan bisa dibilang termasuk dalam bisnis rumahan. Nah berikut ini tipsnya :

Tips memulai bisnis kuliner dengan modal kecil

1. Tentukan kuliner apa yang ingin anda jual. Dari situ anda bisa memikirkan siapa target pasarnya, bagaimana pengemasannya, dan dimana anda bisa berjualan. Cari informasi sebanyak-banyaknya untuk menambah insight.

2. Pastikan anda menguasai resepnya. Biasanya perlu beberapa kali percobaan untuk menemukan komposisi resep yang pas.

3. Buatlah produk yang unik dan berbeda dari yang lainnya. Bisa dari segi rasa, bentuk atau tampilan.

4. Perhitungkan modal yang dibutuhkan. Jika memungkinkan hindari hutang agar bisa lebih enjoy saat menjalankan usaha.

5. Segera mulai. Bisnis kuliner skala kecil dapat dilakukan dengan menggunakan alat-alat yang sudah tersedia di rumah untuk menghemat modal. Dengan pengelolaan yang baik, sebagian keuntungan yang diperoleh dapat digunakan untuk belanja modal.

6. Manfaatkan teknologi. Saat ini selain media sosial untuk promosi juga ada aplikasi penunjang yang bisa mempermudah kita untuk menjalankan bisnis. Salah satunya adalah Aplikasi Kasir iReap.

7. Konsisten. Pada usaha kuliner, yang paling mempengaruhi konsumen untuk kembali adalah rasa. Pastikan anda tidak mengurangi takaran bumbu agar rasa yang dihasilkan tidak berubah.

8. Sabar. Di beberapa video yang saya tonton, butuh 8 bulan hingga satu tahun bagi penjual untuk dikenal dan memiliki pelanggan loyal sehingga omsetnya mencapai ratusan ribu bahkan mencapai angka jutaan rupiah perhari. Kuncinya adalah tekun dan sabar. 

Nah itulah beberapa tips memulai usaha kuliner skala kecil. Kalau pengalaman saya dahulu, berjualan di pasar takjil punya keuntungan tersendiri. Diantaranya lokasi strategis dan sudah pasti didatangi orang. Waktu mulai berjualan juga di jam yang tepat dan tanpa terlalu banyak promosi sudah dikenal oleh orang.

Bicara tentang tiga 3 jenis usaha kuliner yang sudah saya tuliskan di atas, sepertinya saya cenderung untuk membuka toko kelontong yang dilengkapi mesin gula kapas, pop corn dan dispenser air panas. Alasan saya adalah sambil menjaga toko saya masih bisa tetap menulis. Selain itu, untuk usaha dengan modal kecil, toko kelontong seperti ini masih bisa saya handle sendiri. Dan untuk memudahkan dan meringankan pekerjaan, saya akan memanfaatkan teknologi seperti Aplikasi Kasir iReap POS.

Apakah Aplikasi Kasir iReap POS itu?

iReap POS adalah aplikasi yang di rancang dan dikembangkan untuk mempermudah dalam mengatur dan menjalankan operasional toko, seperti Sistem kasir  (Point of Sales)  dan sistem pengelolaan barang. iReap singkatan dari Integrated Retail Application.

Siapa yang dapat menggunakan Aplikasi Kasir iReap POS?

Aplikasi ini dapat digunakan oleh siapa saja yang memiliki usaha. Baik usaha yang dikelola sendiri maupun toko/usaha yang sudah memiliki cabang. Berbagai usaha tersebut antara lain warung makan, restoran, salon, bengkel, toko kelontong, toko pakaian, klinik/spa, dan juga perusahaan distribusi.

Berapa biaya Aplikasi Kasir iReap POS?

Gratis seumur hidup jika anda menggunakan iReap POS Lite dan berbayar biaya langganan jika anda menggunakan iReap POS Pro. Untuk yang berbayar, tentunya memiliki fitur yang jauh lebih lengkap jika dibandingkan dengan yang gratis. Jika usaha anda masih dijalankan sendiri tanpa karyawan, misalnya toko kelontong kecil maka anda fitur-fitur yang disediakan oleh iReap POS Lite sudah mencukupi. 

Namun jika anda ingin menambah fasilitas seperti pembayaran menggunakan Q-RIS atau e-money maka anda bisa menggunakan iReap POS Pro dengan biaya bulanan sebesar Rp.99.000 per perangkat. Jika anda membayar tahunan, bila dihitung perbulannya hanya membayar Rp 41.667 per perangkat. 

Keuntungan menggunakan aplikasi iReap POS

1. Sangat membantu dalam memantau jumlah stok barang. Cara downloadnya juga sangat mudah, cukup 3 langkah saja

2. Gratis seumur hidup untuk iReap POS Lite. Anda juga dapat mencoba fitur gratis dari iReap POS Pro selama 14 hari, setelah itu baru dikenakan biaya langganan.

3. Tidak ada batasan master data,transaksi dan tanpa iklan.

4. Jika anda memiliki banyak cabang toko, anda bisa memonitor penjualan, keuntungan, secara realtime darimanapun dan kapan pun dengan menggunakan iReap Pro.

5. Penyimpanan database dalam device untuk versi Lite, sedangkan untuk versi PRO bisa cloud dan lokal (device) yang keduanya otomatis tersinkronisasi jika terhubung internet.

6. Versi Pro memiliki fitur lebih lengkap seperti absensi karyawan, web dashboard report, multiple user, koneksi online dan offline, laporan transaksi yang bisa dieksport ke csv, excel. pdf dan masih banyak fitur-fitur lainnya.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita rasakan jika menggunakan Aplikasi Kasir iReap. Saat ini sudah saatnya kita memanfaatkan teknologi yang dapat mempermudah dan meringankan pekerjaan kita. Dengan sedikit kemauan untuk belajar, maka akan banyak manfaat yang kita rasakan.

Buat teman-teman yang memiliki usaha, tidak ada salahnya download Aplikasi Kasir iReap sekarang juga agar lebih mudah melakukan pengelolaan dan pemantauan usaha yang dijalankan.

Semoga tips memulai usaha kuliner ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Bagi yang ingin membuka usaha semoga dimudahkan dan dilancarkan. Doakan saya juga ya agar bisa segera memulai bisnis kuliner milik saya sendiri yaa.


You Might Also Like

42 comments

  1. Wah aplikasi baru ini, mantep banget untuk memulai bisnis apalagi bisnis yang prospeknya besar seperti makanan ringan. Bisa dicoba nih buat mendapat bantuan modal dalam bisnis, terima kasih tipsnya!

    BalasHapus
  2. Usaha kuliner memang nggak ada matinya sih. Apalagi yang mengikuti tren kekinian, pasti bakalan laris. Tinggal kitanya saja yang perlu konsisten.

    Dan pastinya perlu juga tuh pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi kasir iReap ini, biar urusan catat mencatat transaksi harian jadi lebih mudah dan praktis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya usaha kuliner untungnya lumayan, dan kalau ada aplikasi yang bisa membantu, kenapa enggak dipakai aja?

      Hapus
  3. Aplikasi iReap rekomended bagi yg memiliki usaha baik besar maupun kecil. Sangat dimudahkan ya sekarang ini kalau mau usaha. (Gusti yeni)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kita harus memanfaatkan teknologi biar kerjaan lebih ringan

      Hapus
  4. Aplikasi kasir iReap sangat membantu pembukuan keuangan secara digital, apalagi untuk teman-teman yang baru terjun ke dunia usaha dengan modal minim, aplikasi kasir bisa diakses dengan mode free-nya. keren

    BalasHapus
  5. wah senangnya, sekarang jadi makin terbantu nih usahanya. Apalagi buat para pemula ya, jadi makin memudahkan pakai aplikasi ini

    BalasHapus
  6. Lumayan juga ya biaya perbulannya, tapi kalau banyak fitur yang dimanfaatkan, bikin mempermudah transaksi dan lainnya, penambahan qris itu sangat membantu konsumen kayak aku yg suka cashless

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tapi kalau usaha yang dikelola sendiri bisa pakai yang lite, biar gratis

      Hapus
  7. pastinya aplikasi ini membuat laporan keuangan semakin rapi dan terkontrol dengan baik,, dan pastinya makin terlihat profesional, cocok buat usaha saya yang masih skala merintis alias baru, mau cobain

    BalasHapus
  8. Salah satu kendala saat belanja itu adalah saat membayar. Apalagi dulu itu bayar cash. Sekarang masalah pembayaran bisa lebih cepat dan mudah ya, Mbak. Apalagi semakin banyak aplikasi kasir yang bisa dipilih.

    BalasHapus
  9. Bermanfaat aplikasinya biar pencatatan transaksi lebih rapi, jadinya kan pelaku usaha juga lebih praktis soal manajemen keuangan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ngebantu banget aplikasinya, rugi banget kalau engga mau coba

      Hapus
  10. mantap banget fitur fiturnya ya kak, bisa digunakan untuk akuntansi sederhana sampe perhitungan stok barang digudang juga. Plus bisa untuk pembayaran cashless. banya bener ya manfaatnya. keren sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, yang pro worthed banget meskipun harus berlangganan. Sebanding sama manfaatnya

      Hapus
  11. bagi para android user, dan sebagai pelaku UMKM tentunya sangat dipermudahkan dengan adanya inovasi kasir online

    BalasHapus
  12. kabar bagus buat pemilik usaha nih, bisa coba pakai aplikasi kasir ini jadi pencatatan transaksi jadi lebih rapi dan tertata plus banyak fiturnya juga

    BalasHapus
  13. iReap adalah aplikasi kasir terbaik ya mbak
    Membantu pelaku bisnis mengatur keuangannya
    Biaya perbulannya juga terjangkau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, terjangkau banget. Worthed sama manfaat yang dirasakam

      Hapus
  14. Mau rekomendasiin ke tanteku yang jualan kebab ah, biar lebih gampang yang jaga kasir dan memantau pembukuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah boleh juga tuh biar lebih mudah menghitung cash flownya

      Hapus
  15. Aplikasi kasir iReap ini keren banget, ya. Dengan aneka fitur unggulan, dapat memudahkan pihak manapun ketika berbelanja.

    BalasHapus
  16. Gak cuma mudah ya Mbak tapi malah untung banget nih para penjual atau yang punya usaha berjualan dengan memanfaatkan aplikasi kasir iReap ini karena banyak banget keunggulannya. Apalagi tersedia versi gratisannya juga dengan fitur yang tidak kalah menarik. Pastinya bikin urusan transaksi semisal pencatatan keuangan jadi lebih simple dan praktis ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pencatatan keuangan lebih simpel dan praktis, yang punya usaha wajib coba nih..

      Hapus
  17. Aplikasi yang menarik ya. Bagus banget dimanfaatkan oleh para pebisnis pemula karena fungsinya yang mirip dengan mesin kasir malah lebih canggih lagi karena banyak fitur2nya yang menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau memang dirasa perlu, bisa pilih versi yang pro

      Hapus
  18. Memang enak yang pro ya.. fiturnya lebih banyakk.. yg perlu diperhatikan buat pebisnis ni perlu memasukkan biaya beli aplikasi ke dalam harga produk.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, agar biaya aplikasinya tidak terasa berat yaa

      Hapus
  19. Terpukau dengan kecanggihan Aplikasi Kasir iReap POS.
    Akan sangat bermanfaat sekali menggunakan aplikasi yang pintar begini selagi masih belum punya SDM yang cukup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ngebantu banget kan? Memudahkan dan meringankan pekerjaan

      Hapus
  20. Tipsnya bisa diterapkan nih. Terutama sabar dan konsisten. Dua hal yang biasanya sulit dilakukan pebisnis pemula. Tapi kalau sudah diniatkan, semua pasti bisa kok.

    BalasHapus