beauty

Pentingnya Menggunakan Double Cleansing untuk Wajah

21.32.00

Pentingnya double cleansing


Membersihkan wajah adalah salah satu ritual wajib yang tidak boleh dilupakan. Manfaat membersihkan wajah sangat banyak, ada manfaat yang kita rasakan langsung pada saat itu juga tapi ada juga manfaat membersihkan wajah yang kita rasakan untuk jangka panjang.

Manfaat membersihkan wajah yang dapat kita rasakan secara langsung diantaranya membersihkan sisa make up yang menempel pada wajah, membersihkan debu dan polutan setelah kita beraktivitas di luar ruangan, membuat wajah terasa lebih segar dan ringan dan membuat skincare jadi lebih mudah terserap oleh kulit.

Sedangkan manfaat membersihkan wajah yang dapat kita rasakan dalam jangka waktu yang panjang adalah dapat menjaga kesehatan dan kelembaban wajah sehingga memperlambat proses penuaan. Walaupun demikian, kita tidak boleh terlalu berlebihan dalam membersihkan wajah karena dapat membuat wajah jadi kering, berjerawat atau bahkan iritasi akibat hilangnya kandungan minyak alami pada wajah.

Pentingnya Double cleansing

Double cleansing adalah metode membersihkan wajah dengan menggunakan dua produk yang berbeda. Produk pembersih wajah yang pertama adalah pembersih berbasis minyak yang berguna untuk mengangkat sisa make up, debu dan polutan dari wajah. Sedangkan produk pembersih wajah yang kedua adalah produk berbasis air yang bermanfaat untuk membersihkan wajah dari sisa-sisa kotoran dari tahap sebelumnya.

Membersihkan wajah dengan teknik double cleansing sangat disarankan karena ampuh membersihkan wajah secara maksimal. Namun perlu diingat juga untuk mengenali kondisi kulit kita sendiri agar terhindar dari permasalahan yang bisa timbul karena teknik double cleansing yang kita lakukan. Mengenali jenis kulit kita sendiri juga bermanfaat untuk menentukan pembersih apa yang sesuai dengan kondisi kulit kita.

mengapa harus menggunakan double cleansing


Kapan sebaiknya melakukan double cleansing?

Saat yang tepat untuk double cleansing tergantung pada aktivitas dan jenis kulit kita. Double cleansing harus dilakukan setelah kita menggunakan make up, baik make up yang berat pada siang hari maupun make up ringan untuk malam hari. Double cleansing pada malam hari membuat kulit kita terbebas dari polutan dan sisa make up sehingga pada malam hari saat kita istirahat, kulit melakukan regenerasi

Jika kita bukan pengguna make up, double cleansing harus tetap dilakukan pada malam jika dalam sehari kulit kita terpapar udara luar yang kotor dan berdebu dan menggunakan sunscreen. Namun hal itu kembali pada jenis kulit kita masing-masing. Jika ternyata melakukan double cleansing setiap hari justru membuat kulit kita semakin kering maka perlu di evaluasi kembali apakah kita harus mengurangi intensitasnya atau mengevaluasi apakah cara kita membersihkan wajah sudah benar atau belum. Karena terlalu lama membiarkan sabun pada wajah juga dapat membuat kulit lebih kering.

Amankah efek kencang dan kesat setelah membersihkan wajah?

Sebaiknya menggunakan pembersih wajah yang tidak menimbulkan efek kencang (wajah terasa tertarik/kaku ) dan kesat pada wajah. Karena ini berarti minyak alami pada wajah banyak yang terbuang. Oleh karena itu lebih baik memilih pembersih yang tetap bisa menjaga kelembaban wajah dan tak perlu mencuci wajah hingga terasa kesat.

Produk yang digunakan untuk double cleansing

Langkah pertama dalam double cleansing adalah membersihkan wajah menggunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak seperti : oil cleanser, make up remover, milk cleanser, micellar water, facial cleanser, dan cleansing balm.

Pembersih wajah berbahan dasar minyak ini bermanfaat untuk membersihkan kotoran dan mengangkat sel kulit mati yang menutup pori-pori.

Langkah kedua dalam double cleansing adalah membersihkan wajah menggunakan pembersih wajah berbahan dasar air seperti facial foam, facial wash dan sabun wajah berbentuk bar.

Penggunaan sabun cuci muka ini bertujuan untuk membersihkan kotoran di wajah yang belum hilang dan juga menghilangkan sisa bahan kimia dari produk sebelumnya.

Nah itulah sedikit info yang perlu diketahui mengenai Double cleansing. Kedepan, jika ada tambahan informasi lagi maka artikel ini akan saya perbaharui lagi.

Atau mungkin diantara teman-teman ada yang ingin menambahkan? Saya tunggu masukannya di kolom komentar ya...



You Might Also Like

0 comments