Mari Bicara Menstruasi dengan Remaja Kita

by - 5:56:00 PM

Menstruasi pertama pada remaja

Menstruasi adalah peristiwa normal yang dialami oleh hampir setiap wanita. Apabila wanita tidak mengalami menstruasi, berarti ada yang salah dengan tubuhnya dan lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter Obgyn atau Obstetri dan Ginekologi. Menurut beberapa sumber, usia pertama kali menstruasi yang normal yaitu antara 10-14 tahun. Namun tak perlu terlampau panik apabila anak sudah mengalami menstruasi sebelum usia 10 tahun, karena memang akhir akhir ini usia awal menstruasi cenderung maju bila dibandingkan bertahun-tahun yang lalu. Menjaga kebersihan saat menstruasi erat kaitannya dengan kesehatan reproduksi.

Oleh karena itu sebagai orang tua perlu kiranya untuk membekali anak anak kita tentang pengetahuan menstruasi, baik anak perempuan maupun anak laki laki. Apa alasannya? Apa pula manfaatnya?

Kebetulan sekali saya baru saja mengikuti Webinar dalam rangka Hari Kebersihan Menstruasi 28 Mei Yang bertajuk Sehat dan Bersih saat Menstruasi, yang menghadirkan narasumber :
  1. Prof Dr.dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG (K), MPH yang merupakan anggota pengurus besar Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).
  2. Ibu Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si. Ketua Ikatan Psikolog Klinis Indonesia wilayah Jakarta.
  3. dr. Dwi Octavia Handayani, M.Epid Kabid P2P Dinas Kesehatan Provinsi DKI.
cara menjaga kebersihan saat menstruasi


Ada yang menarik di sini, saya baru tahu kalau ternyata pada tanggal 28 Mei diperingati sebagai Hari Kebersihan Menstruasi. Tentu tanggal ini dipilih bukan tanpa alasan, Angka 28 dipilih karena rata-rata siklus menstruasi itu adalah 28 hari. Dan mengapa dipilih bulan Mei untuk memperingati hari Kebersihan Menstruasi yaitu karena bulan Mei adalah bulan ke 5 yang menunjukkan jumlah rata-rata hari yang dialami wanita untuk menstruasi setiap bulannya.

Angka yang digunakan sebagai tanggal peringatan Hari Kebersihan Menstruasi adalah angka rata-ratanya, pada kenyataannya siklus haid yang normal itu antara 21-35 hari dan terjadi selama 3-7 hari. Demikian pemaparan dari Dr. dr Dwiana Ocviyanti, SpOG (K), MPH.

Lebih lanjut dr Dwiana menjelaskan bahwa Menstruasi adalah kondisi normal yang dialami oleh setiap wanita. Dengan mengalami menstruasi berarti wanita tersebut sudah siap untuk bereproduksi (memiliki anak).

Menstruasi atau haid adalah peristiwa luruhnya lapisan dinding rahim yang ditandai dengan keluarnya darah melalui vagina. Jadi darah yang dikeluarkan sebenarnya adalah dinding rahim yang mengalami penebalan untuk persiapan menempelnya sel telur jika dibuahi.

Untuk menghadapi menstruasi ini, perempuan perlu dibekali pengetahuan Manajemen Kebersihan Menstruasi. Apa itu Manajemen Kebersihan Menstruasi?
  • Yaitu pengelolaan kebersihan dan kesehatan saat peristiwa menstruasi terjadi.
  • Pengetahuan tentang penggunaan pembalut yang baik dan benar dan sesuai dengan standard kesehatan
  • Kepemilikan akses untuk pembuangan pembalut, akses ke toilet dan akses untuk menggunakan air bersih dan sabun untuk membersihkan diri dengan nyaman dan privasi terjaga.

Berikut ini adalah cara-cara menjaga kebersihan saat mengalami menstruasi :
  1. Gunakan dan perlakukan pembalut dengan baik dan benar.
  2. Bersihkan vagina menggunakan air bersih yang mengalir
  3. Bersihkan Vagina dari arah depan ke belakang untuk mencegah berpindahnya kuman dan bakteri dari dubur ke vagina.
  4. Gunakan pembersih vagina dengan pH yang tepat, yaitu antara 3.5 - 4.5. Jangan gunakan sabun mandi karena pHnya terlalu tinggi sehingga tidak baik untuk kelembaban vagina.
  5. Ganti setiap pembalut setiap 4 jam sekali atau sedikitnya ganti pembalut 4 kali sehari. Jangan menggunakan pembalut terlalu lama karena bisa memicu tumbuhnya jamur dan berkembangnya bakteri yang tidak baik untuk vagina.
cara menjaga kebersihan saat menstruasi untuk remaja

Demikian pula jika menggunakan menstruasl cup, walaupun menstrual cup bisa menampung jumlah darah haid seharian, namun lebih baik jika dicuci setelah pemakaian kurang lebih 5 jam. Penggunaan menstrual cup ini dapat mengatasi permasalahan sampah namun memerlukan perawatan ekstra bila dibandingkan dengan pembalut sekali pakai. Menstrual cup harus dicuci dan disimpan dengan benar agar tetap bersih saat waktu memakainya tiba.

Alasan mengapa Manajemen Kebersihan Menstruasi ini perlu diberikan kepada setiap perempuan adalah karena kebersihan yang buruk saat mengalami menstruasi akan mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Menurut data, kesadaran perempuan Indonesia akan pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi sangatlah rendah.

  • 50% anak perempuan tidak tahu apa yang harus dilakukan saat menstruasi pertama kali.
  • Hanya 1 dari 3 anak perempuan yang mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut.
  • Hanya 1 dari 3 perempuan yang mengganti pembalutnya 4 jam sekali. Selebihnya mengganti pembalut hanya 2x sehari.

Adapun masalah kesehatan yang timbul jika Manajemen Kebersihan Menstruasi buruk adalah :

1. Infeksi saluran Reproduksi
  • Contohnya adalah Kandidosis Vulvovaginalis yang merupakan infeksi saluran reproduksi wanita yang disebabkan oleh jamur Candida albicans.
  • Penyakit ini ditandai dengan rasa gatal vagina yang berlebih/ekstrim, pembengkakan pada vagina dan vulva serta keputihan yang menggumpal.
  • Salah satu penyebabnya adalah hygienitas yang buruk pada saat menstruasi. Dimana pada saat haid datang menggunakan pembalut dengan tidak benar sehingga terjadi iritasi yang berakhir infeksi.
  • Penyakit ini berhubungan dengan HIV dan HPV yang merupakan penyebab kanker serviks

2. Infeksi saluran Kemih/isk yaitu infeksi yang terjadi pada sistem/ saluran kemih seperti ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra.
  • Gejala Infeksi Saluran Kemih ini antara lain : demam, sakit perut dan panggul, nyeri saat buang air kecil, muncul darah saat buang air kecil dan lain sebagainya.
  • Penyebab infeksi saluran kemih ini antara lain kebersihan yang buruk seperti pembersihan organ kelamin luar dengan cara yang salah dan penggunaan produk yang tidak higienis.
  • Komplikasi serius hingga kematian dapat terjadi jika penyakit ini tidak ditangani dengan baik.
3. Infeksi Vagina (Vaginitis) dapat terjadi jika kebersihan saat menstruasi tidak terjaga
  • Contohnya adalah Vaginosis bakterialis, yaitu infeksi vagina yang disebabkan oleh terganggunya keseimbangan bakteri alami (flora normal) yang berada di dalam vagina.
  • Dapat menyebabkan keputihan dan gatal-gatal
  • Merupakan salah satu faktor risiko dari hygienitas yang buruk dan penngunaan pembalut yang berulang atau jarang ganti.
  • Penderita infeksi vaginosis bakterialis ini memiliki risiko tinggi tertular HIV dan HPV yang merupakan penyebab terjadinya kanker serta risiko persalinan.
Peningkatan risiko terkena kanker serviks akibat jamur dan bakteri seperti yang dijelaskan sebelumnya. Informasi yang mengatakan pembalut penyebab kanker itu adalah tidak benar. Asalkan menggunakannya dengan benar, karena pembalut sudah melalui uji klinis oleh pihak yang berwenang. Kanker serviks dapat dicegah dengan melakukan vaksin dan papsmear secara rutin.


Mengingat pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi ini, para remaja juga harus dibekali pengetahuan. Baik itu remaja laki laki maupun perempuan. Namun, sebelum mentransfer pengetahuan MKM kepada remaja, sebaiknya ibu juga mengupgrade pengetahuan si ibu sendiri. Karena menurut data, 90 persen anak perempuan mempercayai informasi yang bersumber dari orang tua dan guru. Demikian disampaikan Psikolog Anna Surti Ariani, S.Psi., MSI dalam kesempatan webinar ini.

Bunda Nina, begitu beliau biasa dipanggil juga menyampaikan bahwa masih banyak orang tua yang sulit membicarakan menstruasi dengan para remaja, sebabnya adalah :
  • Menstruasi dianggap tabu, padahal menstruasi adalah kejadian yang sangat normal.
  • Kurangnya pengetahuan. Hal ini dapat menimbulkan tidak percaya dirian orang tua untuk menyampaikan informasi, oleh karena itu sebagai orang tua juga perlu belajar.
  • Bingung memulai pembicaraan. Hal ini berhubungan dengan kedekatan orang tua dan anak, jika komunikasi baik maka tidak akan ada kebingungan.
  • Remaja ragu terhadap kapasitas orang tua. Hal ini dapat diatasi dengan belajar bersama dari sumber yang tepat dan terpercaya.
Selain orang tua, informasi tentang menstruasi juga diperoleh melalui teman/ saudara perempuan, guru, tenaga kesehatan dan juga media. Namun demikian pembicaraan menstruasi dengan orang tua tidak hanya mempengaruhi masalah kebersihan dan kesehatan juga namun juga perkembangan psikologis remaja.

Manfaat membicarakan menstruasi dengan anak adalah :
1. Kesehatan reproduksi remaja jadi lebih baik
2. Dapat menunda hubungan seksual pertama
3.Mengurangi risiko masalah kesehatan mental yang terait dengan seksualitas.
4.Hubungan antara ibu dan anak jadi lebih dekat.

Itulah pentingnya membicarakan menstruasi dengan anak. Dan apabila tidak membicarakan menstruasi lebih awal maka dapat terjadi :
  • Munculnya emosi negatif seperti cemas, takut dan marah.
  • Tidak siapan menghadapi menarke (hari pertama datangnya menstruasi)
  • Terjadinya kesalah pahaman tentang menstruasi yang disebabkan banyaknya mitos yang beredar di masyarakat.
Remaja umumnya belum mengetahui tentang masalah reproduksi, oleh karena itu sebelum melakukan pembicaraan tentang menstruasi, orang tua dalam hal ini ibu juga harus mempersiapkan jawaban dari pertanyaan yang dilontarkan oleh si remaja. 

Beberapa pertanyaan yang sering muncul terkait menstruasi adalah :
  • Apa itu menstruasi, bagaimana terjadinya?
  • Mengapa laki laki tidak menstruasi?
  • Apa tanda tanda menstruasi?
  • Menstruasi itu berapa lama?
  • Bagaimana menggunakan pembalut? Apa bedanya yang bersayap dan tak bersayap?
  • Apakah menstruasi sama dengan keputihan?
  • Kenapa pada saat menstruasi mudah marah dan gampang cakep?
  • Kapan perempuan berhenti menstruasi?
  • Kapan bicara tentang menstruasi dengan anak?
Lebih baik membicarakan menstruasi dengan anak sebelum waktunya tiba. Yaitu sebwlim si anak mengalami Menarke atau menstruasi yang pertama kali. Saat yang tepat adalah pada waktu munculnya tanda tanda awal pubertas pada anak perempuan. Beberapa tanda awal pubertas ini muncul satu atau dua tahun sebelum menstruasi.

Tanda tanda awal pubertas pada anak perempuan antara lain :
  • Payudara mulai tumbuh
  • Tinggi badan meningkat
  • Keluarnya cairan dari vagina
  • Tumbuh rambut di area tertentu
  • Pinggul melebar.
  • Muncul jerawat, dan
  • Perubahan emosional
Pentingnya remaja laki laki mengetahui tentang menstruasi
Tak hanya remaja perempuan yang perlu dibekali tentang menstruasi, remaja laki laki pun sama. Memberikan informasi menstruasi kepada remaja laki laki dapat menumbuhkan rasa menghargai dan memahami perempuan. Selain itu remaja laki laki jadi lebih peduli dan diharapkan bisa memberikan bantuan jika teman atau saudaranya sedang mengalami masalah menstruasi. Remaja laki laki pun jadi paham, jika menstruasi tidak hanya proses mengeluarkan darah saja melainkan ada peran hormon yang mengakibatkan emosi tidak stabil.

Dengan demikian tidak ada lagi remaja laki laki yang mengejek atau mempermalukan teman atau saudaranya yang sedang mengalami menstruasi.

7 Tips Bicara tentang Menstruasi
Menurut Bunda Nina, 7 tips berikut dapat digunakan saat orang tua ingin bicara masalah menstruasi dengan remajanya.
  • Ibu adalah pihak yang paling diharapkan untuk pembicaraan ini. Oleh karena itu, pemahaman ibu harus tepat dan tidak termakan mitos
  • Tanamkan bahwa pembicaraan mengenai menstruasi bukanlah hal yang tabu.
  • Dibicarakan berulang kali, bicara tentang menstrasi tak cukup hanya sekali namun harus diulang sampai beberapa kali. Dimulai dari tanda awal pubertas mulai muncul
  • Bersikap positif dan membangun
  • Lebih baik banyak bertanya dan berdiskusi dibandingkan dengan memberi nasehat
  • Jelaskan secara konkrit tentang proses menstruasi baik menggunakan gambar atau penjelasan dengan menggunakan pembalut
  • Penjelasan diberikan kepada remaja putri dan juka laki laki. Walaupun untuk laki laki tidak perlu detail seperti penjelasan untuk remaja putri.
Kalau tambahan dari saya, terlihat cerdaslah di mata anak tapi jangan sok tahu agar anak percaya dan yakin bahwa informasi yang kita sampaikan itu benar. Oleh karena itu sebelum mengajak anak ngobrol, orang tua harus belajar terlebih dahulu. Baik belajar tentang materi yang ingin disampaikan maupun cara penyampaiannya.

cara membicarakan menstruasi dengan remaja


Pemerintah juga memberikan perhatian khusus untuk masalah kesehatan reproduksi remaja ini. Demikian disampaikan oleh dr. Dwi Oktavia, yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah no61 tahun 2014 tentang kesehatan reproduksi.

Dalam pelaksanaannya ada beberapa program yang mendukung kesehatan reproduksi remaja, yaitu :
  • Usaha Kesehatan sekolah yang berkolaborasi dengan Puskesmas untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat atau kemampuan hidup sehat bagi warga sekolah.
  • Posyandu Remaja atau Pos Pelayanan Terpadu Remaja sebagai wadah informasi para remaja untuk mengetahui seluk beluk masa puber.
  • Aku Bangga Aku Tahu adalah kegiatan penyuluhan dari sekolah ke sekolah tentang kesehatan reproduksi dan penyakit infeksi menular seksual.
  • Imunisasi HPV yang diberikan pada anak kelas 5 dan 6 SD, untuk mengurangi risiko kanker serviks.
Nah itulah pentingnya membicarakan menstruasi dengan remaja kita, semoga semakin banyak orang tua yang sadar ya sehingga tidak ada lagi bully seputar menstruasi. Dan anak anak perempuan kita dapat menjali hari harinya dengan nyaman.


Terkait Manajemen Kebersihan Menstruasi, salah satu yang harus diperhatikan adalah pemilihan sabun kewanitaan yang tepat. Yaitu sabun khusus yang memiliki pH antara 3.5 hingga 4.5. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan sabun mandi karena pH nya netral atau sekitar angka 7. pH yang seimbang pada area kewanitaan dapat mencegah terjadinya infeksi dikarenakan bakteri baik akan tetap tinggal dan bakteri jahat akan mati. Demikian pula sebaliknya, jika keasaman vagina tidak terjaga maka bakteri jahat akan berkembang sehingga mengakibatkan infeksi.

Beruntung, kini sudah hadir rangkaian Feminine Care dari Betadine yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Ada yang digunakan untuk sehari-har, pada saat menstruasi bahkan pada saat terjadi infeksi.

Nah berikut ini adalah produk-produknya :

Betadine Feminine Wash Foam dan Betadine Feminine Wash Natural  untuk perlindungan sehari hari:

pembersih kewanitaan yang aman untuk remaja

Terdiri dari dua macam yaitu Betadine Feminine Wash Foam dan Betadine Feminine Wash Natural. Betadine Feminine wash foam adalah pembersih kewanitaan yang berbentuk foam yang lembut dan wangi yang lembut pula. Dikemas dalam tabung yang dilengkapi dengan pump dan tutup bening. Hanya dengan sekali tekan, busa yang keluar sudah cukup untuk satu kali membersihkan area kewanitaan.

Betadine Feminine Wash Natural Dikemas dalam botol pipih berwarna bening. Berupa cairan yang bening dan agak encer. Penggunaannya cukup sedikit saja usdah cukup untuk membersihkan area kewanitaan.

Betadine Feminine Hygiene Untuk menjaga kebersihan saat menstruasi

pembersih kewanitaan untuk menstruasi

Seperti kita tahu, pada saat menstruasi area kewanitaan kita menjadi lebih lembab yang dapat memicu tumbuhnya jamur munculnya gatal gatal. Nah, Betadine Feminine Hygiene membantu untuk menjaga kebersihan dan mengatasi gejala infeksi seperti iritasi ringan, bau tak sedap dan gatal.

Betadine Vaginal Douche yang digunakan pada saat terjadi infeksi.

pembersih kewanitaan untuk vaginitis atau infeksi vagina

Betadine varian ini dugunakan untuk kasus yang khusus, oleh karena itu penggunaannya membutuhkan rekomendasi dari dokter.

Betadine Feminine Wipes untuk travelling.

pembersih wanita praktis untuk travelling

Nah varian ini wajib ada di tas yang akan kita bawa travelling. Berbentuk tisu basah yang lembut dan wangi yang lembut pula. Dikemas dalam bungkus plastik yang tipis sehingga sangat praktis di bawa kemanapun.

Mau beli rangkaian Femininecare dari Betadine sekarang juga? Tenang aja, teman teman juga bisa membelinya melalui e commerce, baik di Shopee maupun Tokopedia. Selamat berbelanja...

macam macam produk betadine untuk kewanitaan



Teman teman sudah sedia betadine yang mana ini untuk di rumah? Ingat ya jaga kebersihan area kewanitaan dengan baik, perhatikan hal hal yang kita anggap sepele namun berpengaruh terhadap kualitas kebersihan area kewanitaan kita. Jangan lupa untuk mendidik anak anak kita baik laki laki maupun perempuan tentang menstruasi. Terima kasih, semoga bermanfaat ya...

You May Also Like

228 komentar

  1. Aku juga kemarin berkesempatan ikut webinar ini, ternyata bener-bener memberikan banyak ilmu ya mbak. Terutama bagi aku yang punya anak gadis menjelang usia remaja. biar bisa menjelaskan perihal menstruasi ini dengan baik pada dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak sama, aku juga mendapat banyak insight dari zoominar kemaren

      Delete
  2. bicara menstruasi itu penting ya mbak
    apalagi sebagai ibu, kita punya peran penting untuk mengedukasi anak anak tentang kebersihan dan kesehatan saat menstruasi

    ReplyDelete
  3. Kalau daku waktu menarke di usia 12 tahun, sebenernya antara tidak tahu tapi tahu, karena sering dengar kakak dan mendiang mama membicarakan soal haid

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya sama, akupun tahunya dari mencuri dengar kakak kakakku dan saudara lainnya ngobrol

      Delete
  4. Duh serem ya ternyata kalau saat haid kita tidak rutin mengganti pembalut karena darah banyak mengandung bakteri jika tidak sering2 dibersihkan ..mkasih bngt mba infonya sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  5. ibu2 sejagat raya harus paham ttg ilmu menstruasi dan bagaimana mengomunikasikan ke buah hati ya
    karena ini sesuatu yg sangat penting dan urgent utk dibahas secara mendetail

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener nggak cuma ilmunya yang dipelajar tapi juga cara mengkomunikasikannya

      Delete
  6. Aik banget obrolan soal Menstruasi ini, ternyata memang ga hanya sama anak remaja perempuan saja. Tapi sebaiknya laki2 punn mengetahuinya, agar tahu mengapa kalo lagi M para perempuan suka naik level emosinya, hahaa.

    Makasih Mak, udah reminder lagi soal kebersihan saat menstruasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih paham bun anak lakinya biar paham kenapa cewek suka emosi sendiri hahahaha

      Delete
    2. Bener juga Teh Nchie, kalau anak laki-laki sejak dini sudah diberi pemahaman, maka dia akan lebih peduli dan menghormati ya

      Delete
  7. Nah, saya juga suka nyaranin tuh ke putri sulung yang udah menstruasi. Agar gak lupa bawa pembalut cadangan kl bepergian takut bocor kan malu ya. Betadine Feminine Care, noted ya, tfs Mba

    ReplyDelete
  8. acaranya seruu banget emang nih. molly jadi belajar banyak soal parenting.

    ReplyDelete
  9. anakku sudah 8 tahun, sudah waktunya siap2 lah ya kalau begitu :) thanks for sharing mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, daripada keduluan menarkenya baiknya mulai di introduction sekarang

      Delete
  10. Aku termasuk yang nggak tahu harus ngapain saat pertama kali menstruasi dulu. Nggak kaget sama mensnya, karena udah nunggu-nunggu banget, wkwk. Soalnya adik sepupuku sudah mengalami duluan, aku jadi worry karena belum mens.

    Tapi begitu mensnya datang, panik deh. Terus baru diajari ibu cara memasang pembalut yang benar. Juga bagaimana membersihkannya.

    Harapannya sih nanti anak perempuanku nggak panik waktu mengalami mens pertama. Sudah kusounding sejak lama sih soal menstruasi.

    ReplyDelete
  11. Lengkap banget, kak...resume acara webinarnya bersama Betadine.
    Aku jadi tau banyak hal mengenai menstruasi dan pentingnya mengedukasi ke anak-anak, tidak hanya ke anak perempuan, tapi juga anak laki-laki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, pengennya yang baca pun sama taunya kayak aku...

      Delete
  12. Webinar tersebut memang mengedukasi buat perempuan, jadi punya pengetahuan yang benar dan tepat tentang MKM yang bisa di share lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengedukasi banget yah mba saya aja baru tau soal MKM yang tepat

      Delete
    2. iya seharusnya yang sudah tau tentang informasi ini menyebarjannya untuk yang lain...

      Delete
    3. terima kasih mbak Aihny, semoga bermanfaat yaa

      Delete
  13. Ternyata anak laki-laki juga perlu ya diedukasi tentang mmenstruasi supaya lebih menghargai & bisa membantu wanita. Aku kemana-mana bawa pembalut kalau sudah mau waktunya datang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bahas dengan anak laki-laki saya. Supaya dia bisa melindungi teman perempuannya kalau ada yang sedang menstruasi di sekolah. Apalagi kalau sampai 'tembus' tuh suka bikin deg-degan.

      Delete
    2. sama mbaak.. selalu bawa kemana mana kalau deket waktunya, bawa cadangan juga. Btw anak lelaki wajib paham soal menstruasi ini ya mbak lidya

      Delete
    3. nah iya mbak mira, anakku juga paham tapi aku belum ngobrolin sedalam itu sih, bentar lagi kayanya soalnya hampir masuk sekolah hihihi

      Delete
  14. Aku juga ikutan seminarnya, dan beneran seru banget karena materinya bagus dan daging.
    btw, lengkap banget tulisannya mbakk.,,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang banget kalau enggak ditulis semua mbak, biar yang ga ikutan seminar juga sama dapet ilmunya kayak aku...

      Delete
  15. Pengenalan terkait menstruasi ini penting dilakukan sejak dini. Jadi anak juga makin tahu bagaimana menyiapkan diri jika menstruasi tiba. Jangan sampai kita anggap tabu dan anak nyari sumber informasi yang salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mbak. Kadang sudah dipersiapkan sejak dini aja, masih ada kurangnya. Apalagi kalau persiapannya dadakan kaya tahu bulat ya. Hehe..

      Delete
    2. ngeri banget kalau sampai cari sumber info yang salah ya mbak Nurul...

      Delete
    3. hahaha iya mbak Marita, jangan sampai dadakan...

      Delete
  16. jadi inget waktu pertama haid, setengah panik juga sih, awalnya kan ga kebayang bercak2 merah itu apa, wkwkwk, ke warung beli pembalut, malah ibu warungnya ky ketakutan gtu, beli pemblut smpe dibungkus koran biar ga ketauan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wwkwkwk... emang masih banyak yang menganggap tabu ya mbak. Tapi pernah denger juga sih, katanya emang ada yang mencari darah haid pertama buat nambah ilmu, gatau ilmu apa mungkin ilmu hitam...

      Delete
  17. Kemarin aku sempet anyang2an mba, takut berbuntut isk juga sih
    asli kebersihan saat menstruasi ini penting banget. Soalnya kan organ wanita lebih dekatnya ke anus nih. Upaya untuk cebok juga wajib dengan arah yang benar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih kebiasaan kecil tapi ternyata berdampak serius yaa...

      Delete
  18. pasti seru banget ya dapat ilmu banyak soal mentstruasi dari acara ini, terutama sangat bermanfaat bagi anak-anak remaja dalam menghadapi kondisi menstruasi yang harus benar-benar dijaga dan dirawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kak, dari jelang pubertas memang baiknya sudah dapat edukasi ini ya biar gak kaget pas menarke

      Delete
    2. iya mbak, beruntung banget bisa ikut eventnya

      Delete
    3. iya kak Feni jangan sampai kaduluan menarke yaa

      Delete
  19. seminarnya bener-bener bagus dan seru.
    sayang ya acaranya cuma 2 jam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau seminar menarik itu waktu terasa berjalan cepat ya mbak...

      Delete
  20. edukasi seputar organ biologis dan menstruasi emang jadi penting ya mba, dulu aku kaget banget pas di sekolah masih kelas 6 SD, tetiba mens dong, sampe akhirnya periksa ke dokter kok cepet banget kelas 6 SD udah mens

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung usia juga kak... sudah wajar sih kalau zaman sekarang...

      Delete
    2. Hampir sama sepertiku, tapi aku yang telat kak. Baru dapet kelas 3 SMP ketika semua temen2 cewek udah pake pembalut, sampe dibawa ke dokter huhu. Ternyata emang belum waktunya

      Delete
  21. Wah baru tau dibalik tanggal 28 mei itu ada maknanya ya ternyata. Bener banget nih pengetahuan tentang menstruasi emang wajib banget dikasih tau pada anak, baik laki-laki ataupun perempuan. Untungnya sekarang membicarakan hal ini bulan tabu kek jaman dulu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Edukasi untuk anak perempuan maupun anak laki-laki memang perlu ya kak, agar mengerti sehingga bisa saling menghormati

      Delete
    2. iya, kalau kita mengemasnya dengan baik, anak anak pun tak akan menganggap tabu...

      Delete
    3. iya kak Feni anak laki laki pun perlu dikasih paham kalo menstruasi itu ada hubungannya sama hormon juga...

      Delete
  22. seruu banget acaranyaa..
    jadi banyak belajar tentang kebersihan saat menstruasi.
    dan bener banget, anak remaja harus dapat edukasi terkait hal ini, khususnya dari orang tua mereka. makanya gak boleh canggung bahas hal kayak gini ya mbaa ke anak. krn penting banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ortu kudu pinter ngasih taunya biar si anak bisa menerima dengan baik...

      Delete
  23. Jadi ingat waktu SD dulu, saat mens suka ditakut-takuti untuk rajin mengganti pembalut agar tidak didekati oleh setan. Dan mitos-mitos soal menstruasi yang disampaikan ibuku. Niatnya sih baik, ya. Tapi terkadang malah jadi menakut-nakuti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... mungkin karena mereka tidak bisa menjelaskan secara ilmiah, jatuhnya menakut nakuti...

      Delete
  24. sepakat mbak
    bicara menstruasi kepada remaja itu penting
    agar saat menstruasi mereka bisa tetap menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, memang penting banget pembicaraan tentang menstruasi ini

      Delete
  25. Sebelum ke anak perempuan, saya lebih dulu ngebahas menstruasi ke anak saya yang laki-laki. Setelah menyimak bahasan ini ternyata memang penting ya untuk laki-laki tau menstruasi meskipun gak mengalami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, biar mereka lebih memahami perempuan yang lagi mens ya mbak...

      Delete
  26. Anak itu kadang malu untuk cerita dan menanyakan hal ini, nah tugas kita sebagai orang tua yang mulai mendekati anak perempuan di rumah untuk memberikan edukasi tentang Manajemen Kebersihan menstruasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kita yang harus jemput bola biar anak gak canggung

      Delete
  27. pasti kaget banget ya ketika pertama kali ngalamin menstruasi. Edukasi soal menstruasi memang perlu banget loh, biar ketika si gadis ngalamin menstruasi pertamanya, dia nggak kaget lagi dan telah siap menghadapinya dengan senyuman, hahaha.

    Sekarang mah nggak perlu tabu lagi, setiap orang tua perlu banget edukasi sejak dini mengenai menstruasi kepada setiap anak gadisnya. Orang tua juga wajib menambah ilmu soal menstruasi, jadi bisa memberikan penjelasan yang komprehensif sekaligus berbagi pengalamannya.

    Dan melalui artikel super duper teramat sangat keren sekali ini, saya jadi tau kalau ternyata ada Hari Kesehatan Menstruasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget sekarang udah bukan zamannya tabu. Lebih baik mengedukasi daripada menganggap tabu tapi si anak jatuhnya gak ngerti apa apa...

      Delete
  28. Praktis nih varian betadine yang berbentuk tisu basah kalau dibawa pergi. Banyak yang belum aware tentang kebersihan mesntruasi nih makanya harus terus diedukasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yang bentuknya tissue baunya juga enak, lembut...

      Delete
  29. Banyak remaja putri yang masih belum teredukasi tentang penjagaan kebersihan saat menstruasi dan bahkan mereka risih bicara mens dengan rekannya. Padahal ini penting sekali lho, namun perlu juga konsul dan bicara dengan orang yang dpt dipercaya.

    Btw, yang terpenting remaja putri tidak boleh mengasih tahu tanggal pertama menstruasi kepada kakek/ayah/pacar/teman pria karena bisa berbahaya. bisa dihitung tuh kapan ovulasi yang pas untuk kehamilan remaja putri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah makanya pendidikan tentang menstruasi ini penting banget agar mereka juga tau bahayanya...
      Jika mau bicara lebih dalam juga bisa dilanjutkan dengan seks ed yang lebih mendalam agar mereka lebih bisa menjaga diri...

      Delete
  30. Lengkap banget produk untuk area kewanitaan dari betadine ini ya mbak. Kemarin aku juga ikut webinar ini, keren banget deh. banyak informasi menarik dan berkualitas yang bisa kita dapatkan. tentunya sayang jika gak dibagikan ke teman-teman ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sayang banget, amakanya sebisa mungkin aku tulis dengan lengkap biar semua juga bisa mendapat info yang sama kayak aku

      Delete
  31. Kebersihan daerah kewanitaan saat menstruasi sangat penting sekali ternyata ya mbak? Pas banget ini saya punya anak remaja gadis yg sudah mens juga, sepertinya perlu share info ini deh

    ReplyDelete
  32. Seorang wanita/ remaja putri hendaknya mulai sekarang belajar menjadi ibu, salah satunya harus paham dan tahu tentang hal menstruasi dan alat kewanitaan, penting ketika nanti sudah punya anak gadis yg perlu edukasi demikian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget, bisa buat bekal nanti kalau punya anak juga...

      Delete
  33. Sebenernya saya malu sih mau komentar mba, karena saya cowok. Cuma apa yang mba tulis ini informatif sekali, dan bisa saya teruskan ke saudara saya yang cewek. Memang beberapa waktu lalu dia mengalami kendala perihal seputar menstruasi remaja ini. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mas, padahal cowok juga perlu tau tentang mens ini loh biar lebih memahami perempuan... ehm

      Delete
  34. Emang bener banget.. Edukasi itu sangat penting dan byk manfaat yg para mom dan anak gadis untuk menjaga kebersihan daerah v agar terhindar dari kanker serviks

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar, masalah kebersihan yang efeknya gak main main kalau sampai diabaikan...

      Delete
  35. Memang ibulah yang paling berperan yaa dalam mengedukasi anak perempuannya tentang menstruasi jangan sampe mereka cari info lewat teman ataupun internet

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, oleh karena itu orang tua perlu lebih dekat degan remajanya agar mudah ngomongin hal hal sensitif kayak gini...

      Delete
  36. Ak termasuk yang telat haid sih (baru pas kelas 3 smp) dan itu temen sekelas udah semua. Panik dong ya, bingung. Ibu juga kayak santai aja gitu mkwkw. Dari tulisan ini ak belajar kalau edukasi soal haid hrus dimulai sejak dini, yah

    ReplyDelete
  37. keponakanku juga udah menginjak usia remaja nih teh, mamihnya udah mulai ngenalin soal menstruasi sedikit sedikit ke dia biar ga kaget juga nantinya ya hihihi

    ReplyDelete
  38. Memang bicara tentang menstruasi jangan dianggap tabu. Penting banget buat remaja tahu apa yang perlu dilakukan saat menarke. Semoga para perempuan Indonesia semakin paham akan manajemen kebersihan menstruasi

    ReplyDelete
  39. Memang diperlukan cara bersihin yang benar karena itulah masih banyak yang buang pembalut di saluran septi tenk sehingga terjadi mampet

    ReplyDelete
  40. baru tau ada Hari Kebersihan Menstruasi

    karena jadi mudah mengedukasi remaja putri, semua data tersedia

    Jika mereka paham insyaallah Miss V sehat, demikian juga organ reproduksi mereka

    ReplyDelete
  41. Yeaayyy makasih mbak sudah share materi sekece ini. Lengkap banget. Btw penting memberikan edukasi soal menstruasi, biar nggak salah salah. Aku inget dulu waktu pertama mens, kebalik donk Pasang pembalut, jadi amsyong deh. Hehe

    ReplyDelete
  42. kalau bukan kita yg ngobrol dengan mereka, ya siapa lagi ya
    apalagi, Ibu adalah sumber utama rujukan anak perempuan yang mengalami haid pertama
    namun alangkah lebih baik bila kita sudah memberi edukasi menstruasi sebelum mereka mengalaminya

    ReplyDelete
  43. Iya jadi keingetan nih aku ada tiga gadis nih harus banyak ngobrol tentang ini, karena penting banget ya..

    ReplyDelete
  44. sekarang remaja perempuan lebih crpat ya mens nya usia 10 th .. apa mgkn karena gizinya lebih baik atau gmna .. sy dulu pas sma kelas 3 udah deg2an kok ngga mens2..

    ReplyDelete
  45. Waktu saya remaja dulu, sempat panik saat terkena mens pertama, jd emang penting banget bicara ke remaja soal edukasi menst ini

    ReplyDelete
  46. Zaman sekarang makin banyak edukasi mengenai menstruasi ya. Soalnya emang lebih banyak manfaatnya sih drpd mudhorotnya. Dengan anak2 khususnya pra remaja tahu sejak dini malah mereka akan paham bahwa organ kewanitaan harus bener2 dijaga kesehatannya.

    ReplyDelete
  47. Acaranya seru juga ya, bisa nanti informasinya ku bagikan juga kepada putriku yang baru merasakan datang bulan.

    ReplyDelete
  48. Kenyataan bahwa masih 50 persen anak perempuan yang nggak tahu apa yang harus dilakukan saat menstruasi pertama, itu kenyataan . Tapi harus kota sosialisaikan inin

    ReplyDelete
  49. Pendidikan dan pengetahuan mengenai menstruasi penting baginperempuan karena terkait kesehatan reproduksi

    ReplyDelete
  50. bicara masalah menstruasi dengan anak perempuan termasuk pendidikan seks sejak dini yaa mba, apalagi buat yg baru pertama kali mens kita perlu mendampingi dan menjelaskan dgn bahasa yg mudah dimengerti

    ReplyDelete
  51. inget banget deh dulu tuh risih dan malu gitu pas pertama kali menstruasi apalagi aku temasuk yg cpt dpt mensnya dibanding tmn sebayaku. berasa kaya tabu gitu mau obrolin sm mamaku pun.

    ReplyDelete
  52. Berharap banget webinar seperti ini dapat diadakan untuk anak-anak SMP dan SMA. Supaya mereka lebih tahu tentang menstruasi, manajemen kebersihannya dan juga bagaimana menanganinya. Sekarang isu seksualitas harus disampaikan terbuka ke anak-anak agar mereka mendapatkan informasi lewat jalur yang berkualitas.

    ReplyDelete
  53. berbicara soal mensturasi apalagi bagi anak perempuan yang akan beranjak dewasa emang tidak mudah. peran ibu penting, apalagi ada anak remaja yang jadi malu ketika masuk dalam masa puber ya.

    ReplyDelete
  54. Asli sedih deh pas tau masih banyak anak perempuan yg belum paham soal jaga kebersihan saat mens. Makanya nih PR juga buat para orang tua untuk nggak lagi menagnggap ini sebagai hal yg tabu ya mba

    ReplyDelete
  55. Edukasi menstruasi emang harus dibicarakan sejak dini ya mbak supaya anak remaja putri mendapat informasi yang sesuai dan tidak bias..bagus banget webinarnya setuju sama uraiannya

    ReplyDelete
  56. Aku juga ikutan loh webinar sehat dan bersih saat menstruasi, mbak

    Nah, dari situ juga aku tahu bagaimana cara merawat kebersihan selama haid.

    ReplyDelete
  57. Betadine lengkap banget ya produknya... seneng banget ada produk yg ramah area kewanitaan dan bs dipake daily.

    ReplyDelete
  58. Tema zoominar ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’. ini penting banget sebagai bahan edukasi utk kita semua.
    Semoga makin banyak yg tercerahkan ya.
    karena masih banyak lho, yg nggak paham cara membersihkan Miss V dan hal2 terkait menstruasi

    ReplyDelete
  59. Penting banget menjaga kebersihan saat menstruasi ya Mba. Karena kalau nggak sampainya ke mana-mana. Alhamdulillah zOominar ini memberikan banyak wawasan

    ReplyDelete
  60. Penasaran aku sama menstrual cup. Apapun wadah untuk menstruasi, kebersihan utama ya

    ReplyDelete
  61. Dengan menggunakan Betadine Feminine Hygiene pasti bisa membersihkan dari kotoran saat menstruasi

    ReplyDelete
  62. Sungguh beruntung bisa ikut acara ini, Mbak. Sangat bermanfaat buat pembaca. Memang remaja putri dan bahkan putra harus diedukasi dengan baik soal menstruasi. Jangan sampai anak cewek kaget pas dapat haid atau anak cowok meledek teman ceweknya gara-gara tembus pas mens. Karena menstruasi adalah anugerah dari Tuhan, ga ada proses ini ya ga ada kehamilan. Semoga manajemen kebersihan menstruasi bisa diwujudkan di semua keluarga agar para wanita terlindungi kesehatan intimnya.

    ReplyDelete
  63. Saya juga baru tau tentang hari Menstruasi, Mbak. Memang perlu ada hari tersebut untuk selalu mengingatkan dan semua jadi aware tentang kebersihan organ kewanitaan, ya...

    ReplyDelete
  64. Sepakat, Mbak Retno. Jangan dianggap tabu masalah menstruasi utk dibahasa bareng anak remaja putri. Karena mereka akan mengalami sendiri, dan bahkan anak cowok pun bakalan berinteraksi dalam konteks sosial, misalnya teman di sekolah. Edukasi yg baik akan menghindarkan diri mereka mencemooh atau meledek teman putrinya. Bagus ini acara soal kebersihan menstruasi.

    ReplyDelete
  65. Saya juga baru tahu sih kalau ada Hari Kebersihan Menstruasi. Selama ini mah, saya merasa cukup dengan mencuci bersih pembalut yang sudah digunakan. Kemudian mengganti pembalut setiap merasa penuh. meski itu berarti dari pagi sampai sore sih. Ternyata bagusnya malah setiap 4 jam kudu ganti pembalut ya Kak. Oke deh.

    ReplyDelete
  66. bicara menstruasi dengan remaja pada masa sekarang adalah hal yang wajib
    karena perkembangan zaman membuat edukasi tentang masalah kewanitaan dan menstruasi harus diajarkan sejak dini
    saya sudah memulainya meski anak saya baru usia 9 tahun
    tapi mengenalkan dan memberitahu tentang fase2 yg akan dia jalani itu sudah saya lakukan demi kesehatan dia jg

    ReplyDelete
  67. Manajemen kebersihan menstruasi ini memang penting banget ya mbak, karena pasti akan mempengaruhi organ vital perempuan.

    Terlihat cerdas tapi nggak sok tahu di depan anak, ini emang penting ya, supaya anak mau terbuka dan nggak merasa digurui

    ReplyDelete
  68. Anakku 14 tahun belum mens pertama. Kita sering ngobrolin ini. Tanda2 puber dia udah kelihatan. Kata dokter Dwi masih normal sampai 16 tahun ya. Aku juga dulu mens pertama 16 tahun sih.

    ReplyDelete
  69. Mens pad juga bisa jadi solusi ka ramah lingkungan. Yg penting rutin ganti dan bersihin miss v dengan rutin

    ReplyDelete
  70. Dulu saya kira hanya anak perempuan lho yang butuh informasi dan edukasi tentang menstruasi ini.
    Dulu juga rasanya risih kalau anak tanya kenapa mama ga salat/puasa. Hihihi
    Sekarang sudah tahu cara jawabnya dan akan menjawab dengan nyaman.
    Berkat ikut webinar juga

    ReplyDelete
  71. Bener banget, edukasi menstruasi wajib buat anak perempuan, mereka biasanya bingung. Edukasi juga penting buat anak laki-laki biar lebih menghargai perempuan!

    ReplyDelete
  72. Wiwin | pratiwanggini.netJune 5, 2021 at 10:26 PM

    Pembahasan manajemen menstruasi ini komplit banget. Berharap edukasi ini bisa tersebar ke seluruh wilayah negeri ini.

    ReplyDelete
  73. Webinar tentang manajemen kebersihan menstruasi ybl bener-bener mencerahkan ya. Semoga informasi ini semakin meluas, sehingga efek jangka panjangnya untuk kesehatan reproduksi perempuan Indonesia.

    ReplyDelete
  74. Banyak pelajaran berharga pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan pas menstruasi
    pas dapet kemarin aku jadi rajin dan ganti lho mba hehehe

    ReplyDelete
  75. Produk betadine lengkap banget ya Mba, udah teruji klinis pastinya
    aku belum coba, tapi mau banget coba setelah dapet materi zoominar ini juga soal kebersihan
    mari kita menjaga bersama

    ReplyDelete
  76. saya rasanya dulu waktu remaja jarang sekali dapat penyuluhan soal menstruasi ini dan dengan adanya webinar seperti ini sangat bagus untuk mengedukasi anak-anak remaja yang baru mengenal menstruasi agar dilakukan dan ditangani dengan benar dan tepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama deh Teh Mei, jaman remaja rasanya nggak banyak edukasi soal kebersihan menstruasi begini. Sekarang akhirnya tahu juga.

      Delete
  77. Pelajaran bgt buat saya nih, walaupun anakku masih bayi tp info seperti ini penting bgt buat aku bekal nanti. Apalagi aku punya anak prempuan.

    ReplyDelete
  78. Kalau ada acara kayak gini lagii, penginnya ikut ngajak anak remaja yaa kak. Cuma dikemas menarik untuk anak2 seusia mereka. Kemarin aja webinarnya keren bangett, ga bosen loh nyimaknya

    ReplyDelete
  79. Aku mupeng loh kak sama buku saku dari Betadine. Buku itu bagus banget kan ya biar anak kita yang menjelang baligh jadi paham akan menarke dan menstruasi.
    Dan kita sebagai ibunya jadi paham bagaimana cara bicara pada anak kita tentang Menstruasi.

    ReplyDelete
  80. Seneng banget ada webinar yang isinya berbobot kayak gini, bukan sekedar promosi saja tapi juga memberikan edukasi penting dalam kehidupan. Terutama bagi wanita remaja ya.

    ReplyDelete
  81. Tentang kebersihan di saat menstruasi ini penting banget, ya. Jadi perlu nih edukasi ke anak-anak perempuan, apalagi yang sebentar lagi mau haid pertama. Perlu pendampingan dan support-nya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. jangan sampai keduluan menarke, biar merwka gak bingung..

      Delete
  82. Kalau lagi haid kendala di luar rumah pas gak ada air mengalir ini kadang bikin susah ya, makanya manajemen kebersihan menstruasi harus didukung oleh berbagai pihak juga ya. Belum lagi kalau menemukan toilet yang kotor

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sedih banget kalau nemu yoilet kotor, untung Betadine wipes dapat m3ngurangi rasa was was...

      Delete
  83. Aku dulu tuh cuma beberapa kali bicara menstruasi sambil lalu ke anak perempuanku. Nggak yang detil gitu, jadi pas dia mens pertama kali sempat bingung. Jadi abis baca ini akan meluangkan waktu lagi untuk ngobrol lebih deep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaa... akupun gitu, untung ikut webinar ini sebelum anakku mengalami menarke...

      Delete
  84. Jadi ingat zaman remaja atau tepatnya saat pertama kali haid saya langsung nangis dan mengurung diri di kamar karena malu. Iya malu bukan takut. Reaksi seperti itu seharusnya tidak terjadi kalau dari awal ortu sudah memahamkan saya soal ini tapi as we know menstruasi menjadi hal yang tabu dibicarakan padahal ini hal yang penting banget ya Mbak terutama mengenai masalah kebersihan saat menstruasi. Well baca postingan ini jadi merasa ikut teredukasi juga. Thanks for sharingnya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa masih banyak yang menganggap tabu, enggak apa apa sih asal MKMnya tetap tersampaikan dengan benar...

      Delete
  85. Serem ya kalau sampai terjadi infeksi di vagina atau saluran kemih. Aku seringnya keputihan dan pernah isk juga. Memang PR banget menjaga kebersihan menstruasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. keputihan masih normal asal tidak berbau ... iya nampaknya sepele tapi penting banget soal MKM ini

      Delete
  86. iya mbak, kalau bukan kita yg ngajakin mereka bicara, ya siapa lagi, lahwong kita yang ngerti
    dan mari pastikan mereka tahu lebih awal dan tahu dari kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. jangan sampai mereka tau dati orang lain. Kan kita ga tau orang lain jelasinnya gimana

      Delete
  87. Qku uda sering liat produk betadine ini wira wiri, habis baca ini jadi pengen juga nih persiapan sebelum anak gadis dpt haid

    ReplyDelete
  88. Anakku dua-duanya perempuan. Hohohho.

    Dann pernah lho anak pertama bertanya. Jujur, masih suka bingung bagaimana memulai dan menjelaskan ke anak. Apalagi anak pertama usia 8 tahun sudah mulai bertanya kenapa alasan aibunya pernah tidak solat di waktu tertentu.

    Kemarin ikut webinar ini, jadi lumayan terbuka untuk memulai berbicara pada anak perempuanku. Memang benar sih untuk jangan lagi dianggap tabu pembicaraan tentang menstruasi karena kan untuk masa depannya juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata salah satu yang harus diperhatikan adalah pemilihan sabun kewanitaan yang tepat ya mbak. Disarankan yang memiliki pH antara 3.5 hingga 4.5. Noted ini.

      Delete
    2. kalau gak sholat anakku udah tau dari dulu, tapi detailnya belum tau hihihi. Tapi Alhamdulillah sekarang udah aku jelasin..

      Delete
  89. Iyeess ngobrolin mens ma anak2 apalagi remaja penting yaaa
    Di rumah aku juga pakai betadine buat pembersih kewanitaan mbak. DUlu jg aku pakai sabun trus setelah paham pH sabun mandi tu jauh lbh tinggi dr pH vagina ganti ke pembersih kewanitaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang praktis ya kalau pakai sabun mandi, tapi ternyata malah ga bagus. Btw aku juga gitu dulu qiqiqi

      Delete
  90. Iya ya kita sebagai ibu perlu banget terlihat cerdas di depan anak saat menjelaskan mengenai menstruasi ini kepada mereka. Jadi mereka bisa yakin gitu dengan apa yang mesti mereka lakukan saat mens, atau apa yang bisa dilakukan anak laki-laki jika teman perempuannya mens.
    Makasih sharingnya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kalau terlihat cerdas gitu biasanya anak lebih percaya daripada kita ditanya tapi terlihat bingung...

      Delete
  91. kalau kita membersihkan darah haid dengan baik, dan mampu ber-MKM dengan baik
    kemungkinan besar kita akan terhindar dari penyakit keputihan, kanker serviks, dan lainnya
    lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

    ReplyDelete
  92. Beruntung aku termasuk anak yang Ibunya cerewet banget soal menstruasi. Jadi sejak pertama kali dapat haid waktu kelas 3 SMP, udah terbiasa untuk cuci pembalut sih dan jaga kebersihan Miss V.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah dari wal emang kudu dibiasakan... kalau terlanjur telat biasanya agak susah...

      Delete
  93. Andaikan dulu sudah tahu ada Betadine Feminine Hygiene, saya mungkin tidak perlu repot kalau pas kebetulan khawatir dengan air di kamar mandi
    Ada tissue khusus yang sudah mengandung bahan pembersih, aku sudha stok kalau kalau harus keluar rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mbak, praktis banget buat dibawa kemanapun...

      Delete
  94. Bener, aku baru tahu loh bahwa ada menstrual hygiene day alias hari kebersihan menstruasi. Pas banget yaa moment nya buat edukasi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya buatku juga pas banget, karena anak cewekku juga hampir gede nih...

      Delete
  95. Alhamdulillah, Betadine menghadirkan produk untuk menjaga kebersihan khususnya untuk organ vital perempuan. Terutama lagi saat menstruasi yang resiko kebersihannya perlu banget diwaspadai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, aku udah coba produknya dan rekomen banget...

      Delete
  96. Anak gadis kita harus tahu dan menerapkan ttg kebersihan menstruasi yg dibicarakan bersama ibu. Seperi hrs mengganti pembalut setiap 4 jam sekali ya

    ReplyDelete
  97. Ketika anak-anak mendapatkan ilmu yang baik dan benar mengenai menstruasi ini, maka mereka akan lebih siap dan berhati-hati ketika akan melakukan sesuatu. Lebih menyayangi dirinya sendiri sebagai wanita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, mereka jadilebih paham mana yang baik dan mana yang gak baik...

      Delete
  98. Aku kadang ada iritasi kulit gara2 ngga cocok sama merek pembalut tertentu nih. Padahal udah 4 jam ganti, sering dibersihkan juga. Ini aku obrolin juga sama anakku, karena kulit sekitar miss V emang sensitif banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kudu pinter pinter milih oembalut nih dan diingat ingat merk mana yang cocok jngan sampai lupa

      Delete
  99. Obrolan ibu dan anak penting banget tentang menstruasi. Apalagi sebelum mendapatkan haid pertama. Jadi anak tidak salah kaprah dalam menanganinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget dan sumber info paling baik menurutku ya Ibu...

      Delete
  100. Usia 10 sudah harus diberikan edukasi ya tentang menstruasi. Bahkan sebelum itu juga gpp karena ada juga yg usia 8-9 thn sudah mendapat menstruasi pertama.

    ReplyDelete
  101. Serem juga ya mbak penyakit kelamin yang disebabkan kurang bisa menjaga kebersihan diri saat menstruasi. Jadi penting sekali bicara menstruasi degan anak perempuan dengan harapan mereka juga akan terhindar dari penyakit berbahaya. Semoga sehat selalu deh kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin, iya ternyata kesalahan dalam kebersihan efeknya bisa fatal juga...

      Delete
  102. Betul sekali, sebagai orang tua apalagi yang memiliki anak perempuan yang akan memasuki masa remaja sudah seharusnya memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan alat reproduksi. Terlebih pada saat sudah memasuki masa haid. Edukasi itu bukanlah hal yang tabu untuk di bicarakan pada anak remaja perempuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jangan menganggap edukasi sebagai hal yang tabu. Cara penyampaiqn yqng edukatif tentu akan lebih midah diterima yaa

      Delete
  103. BTW, tenyata ada selengkap ini ya produk Betadine. Beda kegunaan, beda pula produknya. Sangat membantu pastinya dalam menjaga kebersihan organ intim.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, masing masing memiliki manfaat untuk situasi yang berbwda...

      Delete
  104. Wah Betadine keren ya udah bikin produk OK yang dibutuhkan oleh para wanita dalam menjalani masa berat saat menstruasi.

    ReplyDelete
  105. Asyik ya bisa ikutan webinar soal sehat & bersih saat menstruasi. Kita jadi tau apa aja yang perlu dipersiapkan ketika sedang haid. Pasti ilmunya daging banget deh nih.

    Dari artikel keren banget ini, saya baru tau kalau ganti pembalut itu harus rutin, bahkan kalo perlu setiap 4 jam sekali. SElain itu juga jangan membersihkan daerah kewanitaan dengan menggunakan sabun. Wah dampaknya cukup banyak ya kalau nggak menjaga kebersihan saat menstruasi. Seremmm... Penting banget nih menjaga kebersihan saat menstruasi. Untung ada Betadine Feminine Care....

    ReplyDelete
  106. Dan saya pun baru tau kak kalo 28 mei itu hari kebersihan menstruasi dan batu tau juga kalo betadine sekarang bisa makin banyak kegunaannya

    ReplyDelete
  107. Salut kepada Betadine yang ngasih edukasi kepada perempuan Indonesia soal masalah menstruasi ini. Kadang orangtua juga abai masalah tersebut dan anak dibiarkan mencari tahu sendiri di sekolah. Padahal sekolah ga mengajarkan. Belajar di internet juga belum tahu kebenarannya. Bertanya ke teman juga kadang bisa menyesatkan. Dengan edukasi kayak gini semoga orangtua dan perempuan makin paham.

    ReplyDelete
  108. bahas tentang gak perlu malu lagi, apalagi ke anak-anak remaja karena mereka pun sekarang lebih terbuka, daripada mereka dapat infonya dari orang lain kan Ibunya juga jadi merasa bersalah dan canggung juga ya pastinya :)

    ReplyDelete
  109. Kebiasaan buruk aq nih kak, kalo ganti pembalut biasanya 6 jam sekali soalnya belum paham sih kak dan sekarang baru tau kalo waktu yang baik itu 4 jam sekali.. Btw thanks infonya ya

    ReplyDelete
  110. Sama, aku baru tahu soal Hati Kebersihan Menstruasi dari webinar ini. Terus jadi tahu ya kalau kita gak bersih, nanti bisa kena macam-macam kaya gatal, keputihan juga infeksi lain. Oh serem banget. Gak boleh dibiarin. Kudu rajin MKM

    ReplyDelete
  111. Ternyata produk betadine lengkap banget ya. Selama ini cuma tahu obat merahnya aja hehe. Ternyata ada feminine care seriesnya. Komplit lagi setiap peruntukannya, keren deh. Jadi pengen beli dan merasakan manfaatnya.

    ReplyDelete
  112. bahkan sebelum remaja aku udah kenalin tentang menstruasi nih kepada anakku mbak. belajar dari masa kecil yang nggak dapat info lengkap tentang mens, padahal ngaruh banget ke kesehatan kita ya kalau kebersihannya nggak baik

    ReplyDelete
  113. Memang perlu untuk edukasi menstruasi ini dilakukan saat memasuki masa pubertas, entah itu oleh orangtua, saudara perempuan, maupun di sekolah

    ReplyDelete
  114. Aku suka dengan Betadine ini
    Produknya sangat lengkap ya mbak
    bisa membantu perempuan menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya

    ReplyDelete
  115. Setuju bangett kak anak laki2 pun perlu tahu soal inii biar mereka ngga ngeledek2 lagii

    ReplyDelete
  116. Betadine memang lengkap banget ya produknya, bisa dipake daily oleh setiap perempuan. Love banget

    ReplyDelete
  117. Penanganaan yang salah saat mensturasi malah akan menimbulkan penyakit-penyakit berbahaya, ya. Bahkan bakteri juga bisa berkembanh di area V. Nah, penting banget untuk mengedukasi mengenai mensturasi ink pada anak sedini mungkin.

    ReplyDelete
  118. aku baru tau produk2 betadine lumayan lengkap untuk perempuan yaa.. makasi buat ulasannya mba. bermanfaat banget buatku

    ReplyDelete
  119. aku sedang coba untuk belajar menggunakan sabun pembersih kewanitaan demi kenyamanan, apalagi saat menstruasi

    ReplyDelete
  120. Anak TK sudah tanya soal jerawat
    Bahkan nanya kenapa payudara bunda besar sementara dia kecil
    Makanya pas banget ini ada edukasi soal menstruasi memang perlu

    ReplyDelete
  121. Selain jaga kesehatan dan kebersihan nya, edukasi membuang pembalut bekas yang aman dan benar juga harus diberikan pada anak. Jangan sampai asal bungkus, jangan sampai lupa dibuang; tertinggal di kamar mandi. Yang terakhir ini saya pernah alami. Trus mbak kost ngingetin, ntar dimakan Kunti. Ampuun deh...

    ReplyDelete
  122. Semoga webinar macem ini selalu diadakan terus ya Mbak, karena banyak remaja semakin bertumbuh dan pertumbuhan penduduk di Indonesia makin banyak. Biar makin merata

    ReplyDelete
  123. Emang banyak banget kayanya ya mak poin poin yang mesti disampaikan pas lagi ngobrolin ttg menstruasiii.. ngga boleh sampai lupa untuk mengajarkan juga ttg MKM ini yaaa

    ReplyDelete
  124. Salah satu yang penting menurutku dan juga perlu dikomunikasikan kebiasaan ganti pembalut. Aku pernah tuh bepergian dengan beberapa perempuan ke luar kota. Kebetulan dalam perjalanan pas memang di antaranya ada beberapa yang masa menstruasi. Ketika ada masa mampir dan memungkinkan untuk ke toilet, ada lho perempuan yang lagi menstruasi memilih untuk nanti saja ganti pembalut. Tau tidak, dia baru ganti pembalut setelah kami kembali ke penginapan, itu artinya, dia pakai pembalut yang sama hampir 12 jam. Ini menurutku not good banget ya dan beresiko menimbulkan penyakit juga akibat tidak menjaga kebersihan organ intim selama menstruasi

    ReplyDelete
  125. BEtadine emang luar biasa ya dengan nara sumber yang hadir banyak mengedukasi dan memberikan pemahaman baik pentingnya menjaga kebersihan menstruasi ini.

    ReplyDelete
  126. Filosofi tanggal peringatan menstrual daynya unik deh. Fakta-fakta yang dibeberkan di atas bener banget sih. Saya juga waktu usia 12 tahun pertama kali menstruasi tuh bingung dan kaget harus ngapain karena tidak diedukasi oleh ibu saya sebelumnya. Jadi penting banget nih hal-hal seputar menstruasi gini dibicarakan ke remaja perempuan.

    ReplyDelete
  127. iya loh, khawatir banget kalau si anak tau soal menstruasi dari orang lain
    lebih bahaya lagi kalau taunya soal mitos2 duluan
    duuuuh kan jadi bahaya

    ReplyDelete
  128. Bicara menstruasi ini memang bikin saya sedikit butuh pengetahuan dan kemampuan berbicara karena kebetulan anak saya kritis sekali ketika mendapatkan istilah baru

    ReplyDelete