Pengalaman Belajar Public Speaking Online Gratis di Qubisa

by - 11:12:00 AM


Pengalaman Belajar Public Speaking Online Gratis di Qubisa

Pengalaman Belajar Public Speaking Online Gratis di Qubisa. Saya senang sekali kalau melihat seorang yang bisa dengan tenang dan percaya diri berbicara di depan orang banyak. Apalagi jika mampu melempar joke joke segar dan mengundang tawa. Dan saya bukannya ingin seperti mereka, tapi setidaknya ketika tiba tiba ada moment yang mengharuskan saya untuk berbicara di depan orang banyak itu saya bisa percaya diri.

Entahlah, karena memang dasarnya saya pemalu atau bagaimana. Sejak zaman sekolah dahulu jika ada kegiatan yang berhubungan dengan pentas, saya selalu memilih bekerja di belakang layar. Rasanya puas sekali jika acara berjalan lancar dan kita ikut andil di dalamnya walau tidak diketahui orang banyak.

Dan berjaga jaga untuk saat yang tak terduga, saya pikir tak ada salahnya juga. Dan jikalau harus kursus langsung, masih pikir pikir juga. Ada hal lain yang perlu dipikirkan, ya biaya ya waktu juga.

Untunglah saat membuka web Qubisa saya melihat bahwa saat itu sedang ada live webinar pengembangan diri dalam public speaking yang diselenggarakan secara gratis. Pucuk dicinta ulam pun tiba, saat belum berani meminta pun Tuhan sudah tahu yang kita butuhkan dan mengabulkannya. Rezeki.

Namun sayang, karena sebelumnya saya harus mengikuti zoom di kegiatan yang berbeda, saya jadi agak sedikit terlambat. Namun tak masalah juga karena saya masih mendapatkan beberapa sari ilmu dari kegiatan tersebut.

Dalam webinar ini kita tidak hanya mendapatkan ilmu, tapi juga informasi lowongan kerja yang diberikan pada saat mendekati akhir acara. Dua penanya yang beruntung juga mendapatkan hadiah berupa saldo OVO sebesar 50 ribu rupiah. Dan yang pasti peserta mendapatkan e-sertifikat yang bisa langsung di download begitu acara berakhir. Oh ya, jangan lupa mengisi survei pasca acara ya agar sertifikatnya bisa di download.

Webinar ini bertajuk "Yuk Bisa Yuk!, Membangun Kepercayaan Diri dalam Public Speaking”. Sebagai pembawa acara kak Habibi dan pengisi acara Coach Lika Satvarini dan Ir. Bapak Tri Agus Djoko Kuntjoro., MT.

Caoach Lika ini adalah seorang profesional yang sudah belasan tahun berkecimpung sebagai pengajar dan fasilitator di bidang Professional Image, Grooming, Bussiness, Ettiquete dan Communication. Beliau juga aktif sebagai Coach untuk corporate dan development. Hal ini nampak sekali pada saat memberikan materi, begitu menguasai dan penyampaiannya mudah dipahami.


Sedangkan bapak Tri Agus adalah perwakilan dari IT Telkom Surabaya, karena memang live webinar ini adalah bagian dari event Qubisa Goes To Campus bersama IT Telkom Surabaya.

Menurut Coach Lika Satvarini, ada beberapa tips ampuh untuk menghilangkan ketakutan saat kita akan melakukan public speaking, yaitu :

1. Percaya diri, Confidence come from competence. Yang artinya kepercayaan diri itu muncul karena kita punya kompetensi di dalamnya. Jika kita menguasai apa yang akan kita sampaikan maka kita akan dengan mudah menyampaikannya.

2. Gunakan rumus 3P yaitu: Prepare atau persiapan, yaitu persiapkan diri Anda mulai materi, busana, hingga kesehatan yang prima agar pada saat acara Anda sudah benar benar siap. Yang kedua yaitu Practice, ungkapan Practice Makes Perfect benar benar berlaku untuk public speaking ini. Oleh karena itu rajin rajinlah berlatih agar lebih menguasai materi dan situasi pada saat acara berlangsung. P yang ketiga adalah Pray atau berdoa. Setelah kita melakukan persiapan, berlatih dengan giat jangan lupa untuk berdoa agar acara berjalan dengan lancar dan tanpa kendala.

3. Hilangkan pikiran negatif. Memang benar kita harus siap dengan segala situasi tapi alangkah lebih baiknya jika pikiran kita itu dipenuhi dengan sesuatu yang positif. Karena pikiran yang positif akan mempengaruhi bagaimana kita berbicara di depan orang banyak.

Berbicara di depan khalayak, tak hanya sekedar menyampaikan informasi saja. Tapi kita harus bisa mengajak audiens untuk antusias dengan apa yang kita sampaikan. Caranya dimulai dari diri kita dahulu. Yang pertama kita harus mencintai materi yang akan kita sampaikan, dan kita harus meyakini bahwa materi tersebut membawa manfaat dan berguna bagi audiens.

Yang selanjutnya, buatlah diri kita bersemangat dengan apa yang kita lakukan. Bicara di depan orang banyak dengan penuh semangat, tentunya berbeda sekali dengan berbicara di depan orang banyak tanpa semangat di dalamnya. Tugas kita adalah menyebarkan semangat dan antusisme tersebut kepada audiens. Bagaimana, bisa membayangkan?

Perjalanan karir yang panjang tak luput dari kejadian di luar rencana yang hasilnya tidak mengenakkan. Bisa saja kejadian tersebut mengakibatkan trauma yang membuat kita ragu ragu, apakah tetap melanjutkan untuk aktif di ranah publik speaking atau cukup, berhenti sampai disini? Menurut Coach Lika, semuanya itu kembali pada diri kita sendiri. Apakah kita mau lanjut dan menganggap kejadian tersebut sebagian dari pengalaman? Atau tetap berkutat dengan rasa trauma yang menghalangi kita untuk maju?

Jika ingin terus maju, maka mantapkan hati dan pelajari kejadian tersebut dimana letak kesalahannya. Lalu, perbaiki kesalahan tersebut dan kembali semangat untuk berbicara di depan umum lagi. Dan seharusnya setiap orang itu memiliki growth mindset sehingga bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya dan meraih kesuksesan.


Menurut Bapak Ir. Tri Agus Djoko Kuntjoro,MT., Kejujuran dalam berbicara di depan khalayak sangat diperlukan. Kejujuran tersebut tak perlu dibuat buat atau terlalu berusaha untuk meyakinkan, karena kejujuran tersebut akan nampak dari gestur, cara kita berbicara dan pandangan mata kita. Dengan melakukan hal yang tidak dibuat buat tersebut dengan sendirinya dapat meningkatkan personal branding kita. Beberapa hal lain yang dapat meningkatkan personal branding kita antara lain :

1. Sorotan mata yang tegas dan tajam menunjukkan kita pantas berada di depan orang banyak

2. Gaya busana atau penampilan yang sesuai dengan acara. Karena penampilan ini dapat mencerminkan kepribadian sesorang

3. Intonasi suara yang tepat untuk setiap situasi atau acara. Misalnya saja pada acara normal atau acara santai tentunya harus dibedakan.

Berlatih pernafasan juga dapat membantu kita menjaga kualitas berbicara. Dan hindari hal hal yang dapat merusak suara seperti makan gorengan terlalu banyak dan tidur larut malam. Minimal 3 hari sebelumnya kita harus menjaga kondisi tubuh dan melakukan persiapan agar tidak nervous saat acara tiba.

Setelah melakukan persiapan yang cukup dan berusaha yang terbaik dan berdoa, langkah selanjutnya adalah pasrah kepada Tuhan. Perasaan yang demikian dapat membuat kita lebih tenang dan terhindar dari rasa nervous.

Nah itulah beberapa poin penting yang saya dapat dari live webinar di Qubisa beberapa waktu lalu. Teman teman juga bisa mendapatkan materi lainnya tanpa harus mengikuti live, yaitu dengan belajar di berbagai fitur yang disediakan oleh Qubisa.

Qubisa sendiri adalah sebuah platform belajar online yang dapat kita lakukan dengan gratis. Selain live webinar seperti yang saya ceritakan sebelumnya, di Qubisa teman teman juga bisa kursus online gratis bersertifikat, serta belajar singkat dengan microlearning.

Ada 10 macam kategori yang bisa teman teman pilih untuk dipelajari di platform belajar daring Qubisa, yaitu : Bisnis, keuangan, desain, Human Resource, IT dan perangkat lunak, IT Development, Lifestyle dan Kesehatan, Pengembangan diri, Lifestyle dan kesehatan, kursus online digital marketing dan juga pendidikan.

Karena masih penasaran dengan public speaking, saya pun mencari materi serupa yang ada di fitur microlearning yang ada di Qubisa. Dan saya menemukan bahwa dalam Public Speaking yang juga tak kalah penting adalah introduction atau pengenalan diri. Disarankan untuk proses perkenalan diri ini dilakukan dengan singkat namun menarik. Karena pada saat intrudiction ini kita memberi kesan pertama pada audiens. Jika kemunculan kita diawali dengan sesuatu yang menarik maka audiens akan betah dan sebaliknya.

Untuk memberikan perkenalan yang baik, ada tips jitu agar menariik perhatian audiens yaitu :

1. Awali dengan kutipan. Pilih kutipan yang sesuai dengan tema dan jangan lupa sertakan dari siapa kutipan tersebut berasal.

2. Sampaikan Fakta, menyampaikan fakta akurat dari sumber data yang jelas dapat menarik audiens untuk menaruh perhatian terhadap kehadiran kita.

3. Cerita, sebuah pengalaman menarik baik dialami sendiri atau orang lain dapat dijadikan pembuka saat kita melakukan public speaking.

Setelah melakukan salah satu dari tiga poin diatas, jangan lupa untuk mengucapkan salam dan mengenalkan diri dengan singkat. Selanjutnya, untuk meningkatkan engagement, teman teman bisa membuat kesepakatan selama acara berlangsung, misalnya saja boleh bertanya setelah materi selesai atau melakukan yel yel yang dapat membangkitkan semangat audiens.

Nah, itulah beberapa tips yang saya peroleh dari fitur microlearning dengan judul : “Membuat Introduction Public Speaking yang Baik”. Menyenangkan bukan? Belajar di platform e-learning Qubisa, dapat menunjang career development, dari satu macam bidang saja ilmu yang kita peroleh lengkap dari A ke Z dan gratis pula.

Keuntungan lainnya di Qubisa adalah kita bisa kumpulkan poin di LigaPoinQu sambil belajar. Dimulai dari mendaftar di platform, mengikuti webinar, kursus sampai belajar di microlearning kita akan mendapatkan poin yang akan diakumulasi. Untuk 50 pengguna dengan poin tertinggi akan mendapat hadiah dengan total 10 juta rupiah. Selain itu juga ada lomba video Microlearning Festival berhadiah 95 juta rupiah. Asyik kan, informasi lebih lengkapnya bisa di lihat di web Qubisa ya.

Nah itulah pengalamanku saat belajar di platform belajar online gratis Qubisa, semoga bermanfaat juga buat teman teman ya. Selamat belajar.

You May Also Like

138 komentar

  1. Tips dari coach Lika nya jadi 5P ya
    1 PD
    2 prepare
    3 Praktik
    4 Pray
    5 Pikiran Positif

    Tapi kenyataannya itu buat saya tetap susah. Di depan umum tetep aja grogi. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang jam terbang pengaruh ya Teh, semakin bertambah jam terbang pastinya rasa grogi itu gak akan segede yang pertama

      Delete
  2. Asiknyaa jaman now tuh asalkan ada kemauan dan konsisten belajar terus buat upgrade skill, banyak flatform onlen yang mumpuni kek Qubisa iniapalagi gratis.
    Duh PR banget nih buatku kalo soal public speaking, menyeraah haaa. Perlu dipraktekan tuh tips2nyaa. NOted.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkw kita samaan, Teh. Bawel di online aja. Tetapi, kadang-kadang suka pengen punya ketrampilan public speaking. Kayaknya harus belajar juga.

      Delete
    2. yang penting tau ilmunya dulu, praktek kalo ada kesempatan wkwkwk

      Delete
    3. yuk belajar bareng bareng mbak Myraa

      Delete
  3. Kalau mau jadi pembicara memang harus menguasai materi ya, misalnya cerita pengalaman pribadi. otomatis bakalan PD ngomong depan umum!

    ReplyDelete
  4. modal no 1 nya aku ga punya mbak :( PD itu susaaaaaah banget hahhaaa boro2 ngomong di depan org ga dikenal, di depan teman kantor yang kerja bareng 12 taun aja gelagapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama banget mba aku kadang suka keselipet ngomong kalau depan orang banyak hahaha bener-bener ga pede.

      Delete
    2. akupuun, tapi takut kalau kepaksa buat ngomong suatu waktu. Minimal tau ilmunya lah

      Delete
    3. kadang bicara biasa aja suka belibet ya kak Amel...

      Delete
  5. Nah nemu juga, aku emang lagi nyari belajar online public speaking buat anakku untuk mengasah kemampuan berbicara di depan umum supaya persentasi lebih lancar dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih enak banget belajar di Qubisa ini, videonya singkat padat dan jelas...

      Delete
  6. Aku contekin semua ya mba ilmunya. Kebetulan aku masih ngajar public speaking. Eh belajar kok ngajar heheh

    ReplyDelete
  7. waa seru banget nih bisa ikutan belajar public speaking online, apalagi gratiss, pengen banget bisa ikutan jugaaa, salah satu kemampuan yang pengen aku bisa hehehe

    ReplyDelete
  8. Sekarang media belajar online sangat banyak ya, seperti Qubisa ini. Bahan Public Speaking jg bisa dipelajari secara online dan gratis, tinggal kemauan dan manajemen waktu. Ikut belajar dari tulisannya ini dulu mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, yang serba gratis sekarang tersedia tinggal kitanya mau apa enggak...

      Delete
  9. Banyak ilmu yang bisa di dapat di platform belajar online QuBisa ini ya mba, apalagi ada webinar gratis dan microlearning gratis benar2 bermanfaat banget deh QuBisa ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, tinggal kitanya mau belajar apa enggak...

      Delete
  10. alhamdulillah sekarang banyak ya platform online yang menyediakan sarana belajar jarak jauh, jadi jarak dan waktu udah ga jd masalah buat belajar hal baru

    ReplyDelete
  11. Aku banget tuh kak, suka malu kalau harus ngomong di depan umum. fix kudu ikut belajar juga nih kaya kaka. makasih rekomendasi tempat belajarnya ya kak

    ReplyDelete
  12. Wah banyak juga jenis pengembangan skill nya ya. Public speaking nih emang penting banget, apalagi kalo via zoom, harus pinter2 ngebangun suasana biar audiens gak bosan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bisa lewat zoom buat yang live, yang gak lewat zoom kita bisa langsung nonton videonya. Tenang aja videonya singkat padat dan jelas, jadi ga akan bosan...

      Delete
  13. Kadang ya udah prepare, practice asma pray juga tetep aja ndredeg sendiri. Nervous trus jadi ga pede apalagi kalau udah liat penontonnya, walaaahhh rasanya semua pikiran2 negatif bergelayutan. >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya bener banget, nambahin jam terbang biar ga gampang nervous...

      Delete
  14. wah belajar di qubisa, selain dapat poin juga bisa dapatin hadiah hingga 10 juta yaa, makin memotivasi ini ya untuk belajar publik speaking di qubisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, semakin banyak kita belajar di Qubisa, poinnya makin bertambah. Dan kesempatan menangpun semakin besar

      Delete
  15. Pesannya mantap banget. Sepakat deh kalau mau maju bagaimanapun juga harus evaluasi diri ya biar semakin baik ke depannya

    ReplyDelete
  16. Wah asyik nih aku sempat tertarik nih dunia public speaking, tapi sekarang lagi agak mengendor... rekomended ya ini pelatihannya...

    ReplyDelete
  17. Berdiri di depan banyak orang itu memang sesuatuh sekali, haha..
    Kalau jadi pembicara talkshow sih masih berani tinggal jawab pertanyaan moderator, yang susah kalau berdiri sendirian dan menghidupkan suasana, waah bisa kabur kata-katanya walaupun materi sudah dikuasai haha

    ReplyDelete
  18. Jaman sekarang gak ada yag gak mungkin ya untuk belajar termasuk belajar public speaking apalagi teknologi juga udah canggih belajar online pun sudah banyak. Asyik juga ya selain dapat ilmu ada informasi lowongan kerja jug amelalui Qubisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget, banyak yang bisa didapat di Qubisa ini secara gratis...

      Delete
  19. Haruskah aku belajar Public Speaking juga di Qubisa? Gratis ini dan kudu dicoba

    Aku bisa ikut pentas, tapi lebih senang di balik layar. Pas ngomong tuh rasanya deg-degan banget sampai panas dingin

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk coba yuk, siapa tau tiba tiba diminta buat ngomong di depan. Paling tidak udah tau ilmu dasarnya...

      Delete
  20. Mbak, IT Telkom Surabaya tu kampus kah?
    Aku selalu kagum kalau ada yang pinter banget public speaking, penasran dr mana gtu belajar menguasai materi juga mengeluarkan rasa PD-nya
    Beruntung nih bisa ikutan kursusnya, gratis pula ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, sepertinya begitu... sama akupun juga suka kagum sama mereka yang piawai bicara di depan orang banyak..

      Delete
  21. Ternyata banyak sekali kelas yang ada di Qubisa yaa..
    Aku jadi penasaran ada kelas skill apalagi yang bisa dipelajari saat masih dirumahaja seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cus langsung diuka aja, banyak banget yang bisa dipelajari di QUBISA...

      Delete
  22. asyik banget nih mba bisa menambah keahlian kita lewat platform ini.. aku juga pengen coba deeeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak macemnya dan gratis Mamabo... harusnya Mamabo juga punya kelas di sini hihihi

      Delete
  23. aku termasuk orang yg tidak percaya diri ketika harus berbicara di depan orang banyak. pengen bisa sih, itu tinggal download ada ya qubisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lewat web aja bisa kok... cus dicoba, banyak materi menarik lainnya

      Delete
  24. baca ini jadi pengen belajar public speaking lagi aku, eh bisa ikutan juga kan ya pake platformnya qubisa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa banget, mau belajar materi lainnya juga banyak...

      Delete
  25. Dulu jaman kuliah kalau mau belajar publik speaking, bayarnya jutaan. Skrg alhamdulillah ad gratisan tp berkualitas. Mau nih belajar di QuBisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, yang susah cari yang kayak gini nih. Gratis dan berkualitas...

      Delete
  26. Aku kayaknya butuh deh pelatihan beginibiar bisa ngomong relaks di depan orang karena sekarang sering ada undangan narsum kalau gagap kan malu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. alah bisa karena biasa, tapi kalau belajar ilmunya dulu bisa mempercepat progresnyaa..

      Delete
  27. Tipsnya membantu banget mbak. Emang harus terus latihan sih ya. Sejak dulu aku emang orangnya di belakang layar trs sih.

    Bener banget tuh Qubisa sekarang banyak webinar dan gratis pula. Ada poin bila kita ikut webinar dan isi kuisioner. Aku baru dapat ranking 90 euy tadi pagi. Hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah... yuk kumpulin terus mas, siapa tau bisa dapet hadiah uang...

      Delete
  28. Wah, ternyata ada banyak kategori pembelajaran yang bisa kita pilih ya, Mba. Menarik sekali ini, kita bisa memilih mau belajar tentang apa, dan pilihannya juga mengikuti kebutuhan masa kini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak banget mbak... sampai masak pusn ada, tergantung kita mau belajar apa...

      Delete
  29. Saya juga suka grogian kalo berdiri di depan umum, apalagi kalo harus ngejoke, nanti yang ada malah garing kayak kerupuk. Gimana mau jadi standup comedy ya, hehehe...

    Tapi beruntung sekarang bisa belajar ilmu pengembangan diri secara online lewat platform Qubisa. Materi pelajrannya banyak. Caranya juga mudah. Bahkan bisa belajar materi yang nggak berbayar. keren dah Qubisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gratis tapi berkualitas. Rugi banget kalau nggak kita manfaatin...

      Delete
  30. Duh, public speaking di luar zona nyaman saya banget
    Tapi zaman sekarang harus berani public speaking sih ya, harus mau belajar
    Untung ada QuBisa, kursus online gratis yang waktu belajarnya bisa fleksibel~

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, zaman sekarang kudu berani keluar dari zona nyaman biar bisa berkembang

      Delete
  31. prepare, practice and pray ini mmang perlu banget kalau mau mengasah public speaking ya. Saya pernah pas mau mandu jadi MC doank pun karna belum ppernah sebelumnya jadi latihan sampe hampir sejam. Ternyata ngomong lancar itu effortnya besar yaa.

    makanya untung banget ada aplikas belajar seperti qubisa ini, bikin beljar jadi mudah, dan bisa dapat materi yang sesuai kebutuhan kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bangeet, apalagi jika belum pengalaman makin berat rasanya bebennya. Tapi kalau menguasai ilmunya dulu udah mengurangi beban lah...

      Delete
  32. Banyak banget kelas yang ditawarkan ya. Keren2 lagi. Ilmunya aplikatif dan banyak dibutuhkan di era pandemi ini. Senengnya ada kelas begini jadi kita bisa belajar tanpa harus keluar rumah. Apalagi dapat sertifikat dan poin. Mantap

    ReplyDelete
  33. Belibet pas bicara di depan umum, bisa diatasi dengan ikut belajar di QuBisa, seperti pengalamannya Mbak Retno. Soalnya efek grogi dan nge-blank pasti ada aja ya ketika melihat banyak orang dan kitanya belum menguasai ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa... menguasai ilmunya dulu lanjut praktek beneran pasti lebih lancar daripada tiba tiba praktek tanpa dasar ilmu...

      Delete
  34. Aku sudah download lho. Memang keren banget Qubisa ini ya. Beruntung sekali dg perkembangan zaman sekarang semakin maju, jadi memudahkan kita untuk belajar.

    ReplyDelete
  35. Saya juga belajar terkait tips dan trik interview kerja dari QuBisa ini. Lumayan daging materinya dan gratis pula. Bahkan kita bisa dapat point.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa... materinya daging banget, dari pemula juga ada materinya...

      Delete
  36. Percaya diri dulu baru mulai prepare, terus practice, baru disusul sama pray, danmenganak ke pikiran positif.

    Public Dpeaking bukan skill mudah tapi bisa kalau berani dan terus dipelajari ya. Asik ih ada public speaking class juga di QuBisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih asik, cocok banget buat siapa aja yang mau belajar...

      Delete
  37. Wah, seru nih belajar public speaking. Soalnya kemampuan berbicara di depan umum itu memang suka bikin deg-deg sering, hehehe. Langsung catat lagi nih, tipsnya. Suka dengan 3 P. Persiapan, praktek, dan pray (berdoa).

    ReplyDelete
  38. mauu banget belajar public speaking. aKu aslinya gak bisa ngomong, gagap melulu. malu banget rasanya, dihinggapi rasa cemas setiap ngomong sama orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaa... akupun pemalu, tapi siap siap aja siapa tau sewaktu waktu ada kesempatan diminta ngomong di depan...

      Delete
  39. kemampuan public speaking ini penting ya mbak
    beruntung sekarang klo ingin belajar public speaking, bisa langsung dari Qubisa ya mbak

    ReplyDelete
  40. Wah, kayanya aku perlu belajar nih. Masih suka nggak pede ngobrol di depan banyak orang. Suka ngeblank tiba-tiba. Makasih infonya, Mbak Retno.

    ReplyDelete
  41. wah ngiri, saya juga ingin belajar public speaking via online

    Ada keelas investasi nggak ya di Qubisa.

    pingin banget, meluncur ah ke webnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelasnya banyak Buuun, macam macam. Monggo langsung di intip sajaa

      Delete
  42. Saya juga pengen bisa bicara di depan umum, makasih tips-tipsnya, tapi yang paling penting tuh praktek yah karena paling susah tuh ngatasin rasa grogi hehe

    ReplyDelete
  43. banyak banget ya yang bisa kita pelajari di Qubisa. Tema pembelajarannya luas banget yaaaa.. Pas banget aku udah bikin akun Qubisa nih, nanti mau ngulik lebih dalem ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. cus mbak, belajar gratis nih jangan disia siain...

      Delete
  44. Saya percaya bahwa kemampuan public speaking itu memang penting jadi pas ngomong di depan publik gak demam panggung ya kak. Cuma pengalaman saya cuma ngomong di depan orang banyak juga ada seni menyusun kata. Untung ada Qubisa selain tersedia kursus onlinenya, juga ada belajar public speaking jadi makin oke nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tinggal pilih mau belajar yang mana. Di Qubisa banyak kelasnya...

      Delete
  45. Wah belajar public speaking ini pengen banget saya pelajari sebab saya masih sering merasa amat malu untuk tampil di depan umum. Duh, kira-kira ke depan bakal ada lagi gak yaa webinar mengenai public speaking ini... Atau mungkin bisa akses microlearning nya aja kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikutan microlearningnya juga asik kok... pembelajaranya menyenangkan...

      Delete
  46. Nah berlatih pernapasan ini yang saya sering bolos sama guruku
    Tapi ini mau coba belajar lagi karena ada proyek yang sedang berjalan untuk kelas online dan butuh public speaking

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuss mbak amma... sukses ya untuk kelas onlinenya...

      Delete
  47. Baca komen-komen yang ada di tulisan ini, pada banyak yang grogi kalau bicara di depan umum ya. Wah, aku bersyukur nih karena aku banyak temannya. hahaha. Tak usahlah ngomong di depan umum, kadang ngomong santai berdua Pewe aja aku sering keslimpet, gak kebayang kalau harus ngomong di depan umum. Cuma kadang, ya terpaksa juga. Hmmm, sepertinya harus belajar public speaking nih di QuBisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... mbak Monic gak sendiri... cuss mbak, bisa belajr gratis...

      Delete
  48. mbaaa beruntugn sekali bisa belajar public speaking di qubisa...pengenn buagett lo aku ini mbaaa..apalagi gretongan hahha...percaya diri ini faktor utama buanget ya mbaaa...makanya karena aku ini orgnya gak pd an ngoong di depan umum..pengen banget deh belajar PR...tapi btw baca artikel mba retno ini ngebantu juga looo...jadi tau kita must gimana..intonasi harus gimana..makasih infonya mbaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mbak, aku nulis gini juga buat pengingatku tapi juga biar manfaat buat orang lain...

      Delete
  49. wah seru ya asik banget belajar tentang public speaking ini, saya sudah ambil beberapa kelasnya di Qubisa ini untuk tingkatin skill

    ReplyDelete
  50. Asyik nih bisa belajar gratis soal public speaking di qubisa. Coba intip, ah.

    ReplyDelete
  51. seru banget nih belajar public speaking, mau juga dong, soalnya kalau aku ngomong didepan publik biasanya itu suka deg-degan pengennya cepet selesai dan terlalu cepat aku kalau bicara

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuss Bu Sumi... coachnya enak kalo ngajar, kita jadi betah belajarnya...

      Delete
  52. Qubisa membantu belajar bahasa dengan baik oleh pakarnya, gratis pula.

    ReplyDelete
  53. wuah nggak bisa nih kalau akau belajar public speaking di blog ini doang
    nanggung euy, aku kan jadi penasaran, hahaha
    yawes aku ndang meluncur ke Qubisa
    makasih ya mbak rekomendasinya, hehe

    ReplyDelete
  54. Keren ya QUBISA ini. Banyak ilmu yang dibagikan dan bisa kita serap pengetahuannya. Gratis pulak. Lengkap sudah manfaatnya buat kita

    ReplyDelete
  55. Wah mantap nih..udah dapet ilmu..dapet poin pula yang bisa dapet hadiah ya.. dobel-dobel manfaatnya..

    ReplyDelete
  56. Wah, menyenangkan sekali kalau bisa belajar public speaking semudah ini. Bisa kapan saja juga ya, kalau pakai Qubisa.
    Pengen belajar PS juga nih. Otw ke sana aaaah

    ReplyDelete
  57. Wah habis ini juga mau belaajr public speaking di sana ah mba, terakhir aku belajar soal personal branding yang positif. Berguna bangetttt dan gratisss

    ReplyDelete
    Replies
    1. hoooh gratis ini poin penting buat kita kita ya... walaupun gratis tapi berkualitas siih..

      Delete
  58. Seru ya kak, kalau bisa tetap produktif meski dari rumah.

    Apakagi pematerinya enak banget cara ngejelasinnya. Auto semangat nih belajarnya

    ReplyDelete
  59. Asyik banget ya mbak, jadi pengen ikutan belajar di QuBisa juga, apalagi ini gratis. Maklum udah lama vakum jadi guru, sekarang kalau ngomong depan orang banyak jadi rada gugup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah udah pernah jadi guru, udah punya pengalaman dooong...

      Delete
  60. Media pembelajaran daring/elearning sudah menjamur di indonesia, satu2nya cara agar menarik, maka developper perlu membuat fasilitas dan fitur yg berbeda dan inovatif dari media pembelajaran lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa bener banget, salah satu inovasi dari Qubisa ini adalah microlearning. Dimana kita belajar dari video singkat tapi menarik...

      Delete
  61. Aku juga pengen banget deh bisa menguasai public speaking. Cus ah mau cek di qubisa. Sistem pembelajaran nya menyenangkan ya, ga buat bosan

    ReplyDelete
  62. Platform belajar online qubisa ini memang sangat bermanfaat karena begitu banyak materi mulai dari pengembangan diri bahkan mengenai web digital
    cukup menarik pembahasan public speaking nya, bisa memberi motivasi dan inspirasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... lengkap banget, terserah kitanya mau belajar apa...

      Delete
  63. Seru banget ya belajar di QuBisa ini, apalagi metode belajarnya yang bisa dibilang beda dibandingkan yang lainnya. Jadi tertarik menambah pengetahuan di QuBisa nih.

    ReplyDelete
  64. Wah qubisa ini platform Belajar yang keren ya mbak.. Aku kemarin juga belajar nih disana yang masak-masak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah yang masak masak aku malah belum buka, nanti aku liat ah...

      Delete
  65. Qubisa memang lengkap dari berbagai maca sumber pengetahuan utk meningkatkan skill, bagus banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes, berkualitas pembelajarannya dan gratis lagi...

      Delete
  66. public speaking adalah salah satu dari soft skill. Sepertinya aku membutuhkan belajar lagi mengenai kemampuan ini. Karena jujur saja, saat bicara di depan public suka bikin aku grogi meski sekedar lewat online. Aku juga maulah belajar puclic speaking di Qubisa.

    ReplyDelete
  67. Wah, bikin mupeng mbak, webinarnya. Aku belum pernah ikut nih. Baru nyoba microlearningnya. Dam memang menarik..

    ReplyDelete
  68. Ayok makin kenceng nambah poin di Qubisanya mbak hihihihi, masih semangat ngumpulin poin nih

    ReplyDelete