tips

10 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Ibadah Umroh

23:00

Konten [Tampil]
Paket umroh Shafwah Holidays


Beribadah di tanah suci merupakan impian dari setiap muslim. Namun karena jarak yang jauh, beribadah di Baitullah tidak bisa sewaktu-waktu dilakukan. Butuh persiapan yang cukup agar semuanya berjalan dengan lancar. Sebaiknya persiapan dilakukan jauh-jauh hari agar ketika tiba waktu yang dijadwalkan semua keperluan sebelum pemberangkatan sudah beres. Namun adakalanya tertundanya suatu ibadah bukanlah sebuah kesalahan melainkan ada hikmah dibaliknya.

Hal ini seperti yang dialami oleh kedua orang tua dan adik saya. Awalnya kedua orang tua saya hendak menjalankan umroh ditemani oleh salah seorang keponakan yaitu anak dari kakak saya yang tertua. Namun pada saat pengurusan dokumen, ternyata ada yang tidak sama antara penulisan nama Ibu di Kartu Keluarga dan Surat Nikah. Dimana salah satunya menggunakan spasi sedangkan dokumen lainnya tidak ada spasinya. Maklum, ibu baru pertama kali ini mengurus paspor untuk keperluan ke luar negeri jadi selama ini tidak menyadari kalau ada perbedaan.

Karena mengurus nama yang salah itu tadi, perjalanan umroh diundur, yang awalnya akan dilaksanakan diantara lebaran dan musim haji akhirnya terlaksana setelah musim haji. Dengan mundurnya dari rencana semula artinya ada kesempatan untuk menabung lagi dan hikmahnya adalah adik saya yang semula tidak akan ikut akhirnya bisa ikut. 

Dengan ikutnya adik saya ini menjawab kekhawatiran Bapak tentang bagaimana dengan adik saya nanti jika Bapak dan Ibu  sedang berada di tanah suci. Karena adik saya yang penyandang down syndrom ini setiap harinya selalu bersama Bapak. Alhamdulillah, akhirnya semua berjalan dengan lancar. Saat di tanah suci pun adik saya dapat diajak bekerja sama dan mengikuti setiap tahapan ibadah umroh dengan baik. 

Saya pun memiliki keinginan untuk beribadah umroh dan haji suatu saat nanti. Saya tidak tahu cita-cita saya ini akan terwujud dalam waktu dekat ini ataukah saya harus bersabar lebih lama lagi. Yang terpenting dari sekarang saya mempersiapkan diri agar suatu saat nanti jika panggilan itu datang saya sudah siap baik lahir maupun batin.

Walaupun begitu, tak ada salahnya kita mengetahui persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum melaksanakan ibadah umroh. Dengan melakukan persiapan yang baik akan membuat kita beribadah lebih tenang di tanah suci nantinya. Lalu apa saja persiapan sebelum berangkat umroh?

Persiapan sebelum berangkat umroh :


1. Mempersiapkan dokumen

Hal ini sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari, agar jika terjadi kesalahan dapat segera diketahui dan segera membetulkannya di dinas terkait. Pengalaman ibu saya adalah nama yang serupa tapi tak sama antara buku nikah dan Kartu Keluarga. Selama ini buku nikah selalu tersimpan rapi di lemari karena selama ini buku nikah adalah dokumen yang jarang sekali bahkan hampir tidak pernah digunakan. Begitu membutuhkannya barulah ketahuan kalau ada perbedaan penulisan nama. Untuk itu tidak ada salahnya jika kita melihat kembali di semua dokumen yang kita miliki apakah ada perbedaan atau tidak.

Untuk keperluan umroh, biasanya kita mengurus paspor sendiri sedangkan untuk visa umroh diurus oleh travel agent yang kita pilih.

2. Persiapan kesehatan.

Ibadah umroh dan haji adalah ibadah yang membutuhkan kesehatan fisik yang prima. Pada saat umroh maupun haji kita akan melakukan banyak sekali perjalanan kaki. Misalnya saja pada saat thawaf atau mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 kali yang menempuh kurang lebih sejauh 1000 m. Pada saat Sa'i kita akan melakukan lari-lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah yang jaraknya 450 m, jika dilakukan tujuh kali sama artinya dengan menempuh jarak 3,15 km.

Untuk itu selain mengkonsumsi makanan sehat, sebelum melakukan ibadah umroh kita sebaiknya latihan jalan terlebih dahulu. Hal ini juga dilakukan oleh Bapak. Kurang lebih dua bulan sebelum Umroh, setiap pagi Bapak berjalan dengan menempuh jarak kurang lebih 3 km, sehingga pada saat melaksanakan ibadah umroh, secara fisik Bapak sudah siap. Alhamdulillah di usia 78 th Bapak tetap sehat hingga sampai di rumah.


3. Persiapan Keperluan pribadi

Perlengkapan pribadi untuk umroh ini biasanya terdiri dari pakaian, perlengkapan ibadah, obat-obatan, vitamin, peralatan mandi, pelembab dan lain-lain. Untuk mempermudah melakukan persiapan lebih baik membuat daftar/check list. Dengan demikian tidak ada barang yang tertinggal. Hendaknya jumlah barang yang dibawa pun menyesuaikan dengan durasi kita di tanah suci sehingga barang yang dibawa betul-betul barang yang dibutuhkan saja dan tidak terlalu berlebihan.


4. Pahami aturan yang berlaku di Tanah Suci

Memahami aturan di tempat yang akan kita tuju tidak hanya untuk tujuan umroh maupun haji saja. Namun kemanapun kita akan melangkah, sebaiknya kita mengetahui hal-hal apa yang dianggap sopan maupun tidak sopan di tempat tujuan kita. Tak ada salahnya pula kita banyak membaca review atau pengalaman dari orang yang telah melakukan umroh sebelumnya untuk mendapatkan gambaran lebih jelasnya.

5. Mencari tahu musim yang sedang berlangsung di Arab Saudi.

Arab Saudi adalah negara yang memiliki dua musim, yaitu musim panas dan musim dingin. Walaupun hanya terdiri dari dua musim sama halnya dengan Indonesia, namun cuacanya berbeda dengan di negara kita. Dengan mengetahui musim yang sedang berlangsung maka persiapan busana yang akan kita kenakan nantinya dan barang-barang yang akan dibawa lainnya bisa disesuakan dengan musimnya.

Pilihan paket umroh Shafwah Holidays

6. Persiapan manasik

Manasik adalah serangkaian persiapan sebelum umroh atau haji yang meliputi pemahaman tentang rukun dan sunah umroh, tata cara beribadah, doa-doa yang harus dibaca, hal-hal yang dilarang dan lain sebagainya. Manasik ini penting dilakukan agar pada saat beribadah umroh nanti dapat berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatan mansik umroh ini ada yang dilakukan bersama-sama namun ada juga yang dilakukan mandiri.

7. Persiapan mental

Perlu diingat bahwa sebelum pemberangkatan menuju tanah seci hendaknya kita memurnikan niat terlebih dahulu agar tujuan ibadah kita tercapai.

8. Persiapan biaya

Biaya umroh ini juga berkaitan dengan waktu yang dipilih, karena mempengaruhi harga paket umrah. Misalnya saja umroh pada saat Ramadhan lebih mahal bila dibandingkan dengan hari biasa, apalagi jika waktunya semakin mendekati lebaran, maka harga jauh lebih mahal. Untuk itu anda perlu mempersiapkan tabungan dan sesuaikan dengan waktu umroh anda.

9. Persiapan waktu

Jika memang biaya sudah tersedia, saya kira menyegerakan untuk beribadah umrah itu lebih baik. Namun jika masih membutuhkan lebih banyak persiapan maka pilihlah waktu yang tepat yang membuat anda tetap nyaman dan tidak terbebani.


10. Memilih travel agen yang tepat.

Memilih travel agen juga merupakan salah satu poin penting saat melakukan ibadah umroh. Apalagi jika kita termasuk orang yang belum pernah travelling ke luar negeri sendirian. Atau bagi para orang tua yang sudah lanjut usia, jangan sampai salah memilih travel agent. Pastikan travel agent memiliki izin dan benar-benar melayani para jamaah dengan baik.

Salah satu travel agent untuk ibadah umroh dan haji yang sudah terpercaya adalah Shafwah Holidays. Shafwah Holidays merupakan bagian dari Shafwah Group yang bergerak dalam bidang jasa halal/muslim tour dan ibadah umroh/haji. Saat ini Shafwah Holidays sudah hadir di empat provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Selatan dan Jawa Timur.

Shafwah Holidays menyediakan paket umroh yang beragam mulai dari 9 hari, 10 hari, 11 hari dan lain sebagainya dengan harga mulai dari 28-jutaan. Paket Umroh Shafwah Holidays ini memiliki harga yang bervariasi tergantung waktu, jumlah hari dan fasilitas yang anda pilih. Ada paket umroh standar, Premium, VIP dan VIP B.

Berikut ini beberapa contoh paket umroh Shafwah Holidays


1. Umrah Muharram,11 Agustus 2023, 10 hari dengan harga mulai Rp 29.950.000
2. Umrah Muharram, 17 Agustus 2023, 12 hari dengan harga mulai Rp 32.500.000
3. Umrah Muharram, 23 Agustus 2023, 12 hari dengan harga mulai Rp 32.950.000
4. Umrah Muharram, 24 Agustus 2023, 9 hari dengan harga mulai Rp 28.950.000

Masih banyak pilihan paket umroh lainnya, Anda dapat memilih paket umroh sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Tentu saja ragam paket itu dibuat untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan yang maksimal kepada para jemaah. 

Bicara tentang biaya umroh, Shafwah Holidays memberikan solusi bagi anda yang ingin melaksanakan ibadah umroh namun masih terkendala dana. Bekerja sama dengan salah satu bank syariah, Shafwah Holidays memfasilitasi pelanggan untuk booking paket umroh dengan menggunakan Tabungan Rencana Umroh.

Dengan melakukan booking melalui Tabungan Rencana Umroh ini, jemaah bisa melaksanakan umroh di tahun depan namun tetap menggunakan harga yang ditentukan pada saat booking.

Sebagai contoh, saat ini masih tersedia uang Rp 1.500.000, dan ingin melaksanakan ibadah umroh tahun depan. Dengan uang tersebut, jemaah bisa booking seat untuk umroh tahun depan dan memilih salah satu paket umroh. Untuk selanjutnya kekurangan biaya umroh dibagi menjadi 12 dan bisa auto debet setiap bulannya.

Cara ini membuat menabung untuk umroh menjadi jauh lebih mudah karena tidak akan tergoda untuk menggunakan uang tersebut untuk hal yang tidak berguna. Dengan melakukan Tabungan Rencana Umroh ini jemaah tetap menabung ke Bank Syariah, dan berangkat umrohnya tetap bersama Shafwah Holidays.

Biaya paket umroh shafwahholidays

Setelah membuat Tabungan Rencana Umrah, berarti kita sudah melewati 3 tahapan persiapan umroh sekaligus yaitu persiapan biaya, persiapan waktu dan persiapan travel agen. 

Selain paket umroh dan haji , Shafwah holidays juga menyediakan paket wisata halal, paket wisata muslim, wisata Indonesia dan wisata luar negri. Untuk informasi lebih lengkap bisa langsung menuju website Shafwah Holidays atau melalui media Sosial @ShafwahHolidays.

Mungkin diantara teman-teman memiliki pengalaman menarik seputar persiapan umroh ataupun pada waktu melaksanakan ibadah umroh, boleh dong berbagi di kolom komentar.

facebook

You Might Also Like

0 comments