tekno

Tips Membeli Printer Agar Anda Tidak Menyesal di Akhir

22.49.00

MEORA PRIMA SOLUSINDO OFFICIAL PARTNER HP

Saat ini printer sudah menjadi kebutuhan yang penting. Tak hanya di kantor tapi juga di rumah. Seringkali anak anak mendapat tugas sekolah yang harus di print dan dikumpulkan segera. Semakin tinggi tingkatan sekolah maka kebutuhan akan printer juga semakin banyak. Karena tugas-tugas tersebut jumlah halamannya semakin bertambah dan hampir semua pelajaran memberikan tugas yang harus dikumpulkan berupa print out.

Sebenarnya saya juga sudah memiliki printer di rumah. Tapi ya begitulah sudah lama teronggok di sudut rumah karena rusak. Bukan salah printernya tapi salah saya yang tak memahami karakter printer sehingga tidak bisa merawatnya dengan baik.

Makanya, tak beda dengan membeli barang barang yang lainnya, membeli printer pun harus ada persiapannya, dan kita juga harus tahu tips-tipsnya agar printer yang kita beli itu bisa berfungsi dengan baik dan awet.

Berkaca dari pengalaman saya dahulu yang membeli printer secara second dan tidak memahami karakter printer, maka saya mencoba untuk mengumpulkan beberapa tips sebelum membeli printer berikut ini agar nantinya saya bisa memilih printer yang tepat dan tahan lama.

Meora Prima Solusindo melayani printer untuk kantor dan perusahaan

Tips membeli printer

1. Sesuaikan dengan kebutuhan. Apakah penggunaan printer hanya untuk mencetak dokumen berupa tulisan, atau butuh juga untuk mencetak foto. Setiap printer memiliki spesifikasinya masing-masing.

2. Pelajari kelemahan dan kelebihan masing masing merk printer. Setiap brand/merek printer memiliki kelemahan dan kelebihan sesuai dengan peruntukannya. Ada printer yang cocok untuk kebutuhan rumahan saja, ada juga yang cocok untuk perkantoran. Ada printer yang proses mengeprintnya cepat tapi gambar kurang tajam, tapi ada juga yang proses pencetakannya lebih lambat tapi kualitas gambar yang muncul lebih baik. Memahami karakter masing-masing printer dapat mempermudah memilih printer yang kita butuhkan.

3. Perhatikan fitur fitur tambahan. Saat ini fitur tambahan yang tersedia dalam printer semakin lengkap. Ada printer yang dilengkapi dengan scanner dan fotokopi atau printer dengan koneksi internet/bluetooth, Semakin banyak fitur tambahan yang disematkan maka harga printer pun semakin tinggi. Pahami kebutuhan anda, apakah fitur tambahan tersebut bermanfaat untuk anda atau tidak.

4. Pelajari bagaimana perawatan printer. Ada jenis printer yang harus digunakan setiap hari. Ada juga printer yang tetap aman meskipun dinyalakan satu minggu sekali. Memahami kebutuhan anda akan printer dapat mempermudah untuk memilih sehingga anda tidak memerlukan ekstra tenaga untuk merawatnya.

5. Pelajari bagaimana cara pengisian tinta. Ada printer yang bisa kita isi ulang sendiri, tapi ada juga printer yang harus dibawa ke service center untuk sekedar mengisi tinta. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, pahami hal ini jika memang dirasa "worthed" maka pilih yang sesuai dengan kebutuhan anda.

6. Perhatikan harga tinta. Masing masing merk printer memiliki preferensi sendiri-sendiri terhadap tinta. Ada printer yang hanya bisa diisi oleh tinta yang harganya mahal tapi ada juga printer yang diisi oleh tinta dengan harga berapapun tetap menghasilkan cetakan yang optimal. Printer yang lebih toleran terhadap aneka jenis tinta ini biasanya printer yang digunakan untuk mencetak kertas atau dokumen saja. Sedangkan printer yang digunakan untk mencetak foto atau produk sejenis biasanya meminta tinta yang berkualitas dan lebih mahal.

7. Pelajari bagaimana merawat printer sebelum anda membelinya. Sehingga ketika anda sudah memilikinya, sudah tahu langkah langkah apa yang harus dilakukan agar printer awet.

8. Usahakan beli printer yang masih baru. Memang harga printer second lebih terjangkau, tapi printer baru jelas secara kondisi jauh lebih baik. Semua komponen-komponennya masih dalam keadaan baik dan terjaga. Kapasitas cetaknya pun masih belum berkurang sama sekali. Selain itu printer baru ada garansinya.

9. Pilih printer dari merek yang terkenal dan diakui kualitasnya. Anda bisa mencari testimoni dari para pemilik printer dan menanyakan bagaimana kualitas printer yang mereka gunakan.

10. Pilih toko/distributor yang jelas dan bertanggung jawab. Toko elektronik/ distributor yang sudah berpengalaman biasanya memberikan garansi lebih lama daripada toko lain. Oleh karena itu sebelum membeli printer perlu ditanyakan langsung berapa lama garansi dari toko/distributor dan juga garansi dari pabrik. Pilih yang masa garansinya lebih lama.

11. Perhatikan layanan after sales dari toko/distributor. Toko/distributor yang baik akan melayani dengan baik segala keluhan pelanggannya. 

12. Cek kondisi fisik printer sebelum anda membelinya. Sebelum membawa pulang dari toko, biasanya printer dicoba terlebih dahulu. Selain memeriksa kondisi fisiknya, periksa juga kelengkapannya seperti kabel, manual book, kartu garansi dan lain-lain.

13. Siapkan tempat untuk printer di rumah yang sesuai dengan ukuran dan model printer. Perhatikan bagaiman cara menyimpan printer yang baik. Penempatan printer saat di rumah bisa mempengaruhi daya tahan printer. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat meletakkan printer adalah: 

  • letakkan printer di tempat yang tidak terkena panas
  • Jangan meletakkan benda yang berat di atas printer
  • posisikan printer agar kita dapat dengan leluasa mengoperasikannya. Dan juga beri ruang yang lega agar kertas yang keluar dari printer cukup memiliki tempat.
  • perhatikan jarak antara meja dengan sumber listrik, jangan sampai kabel printer terlalu dipaksakan untuk mencapai sumber listrik.
14. Periksa kompabilitas printer dengan perangkat anda. Misalnya printer yang canggih biasanya hanya bisa dioerasikan oleh laptop/PC dengan spesifikasi minimal tertentu. Jangan sampai kita membeli printer terkini namun tidak bisa dikoneksikan dengan perangkat kita karena tidak kompatibel.

15.  Simpan dengan baik kartu garansi dan nota pembelian dari toko. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan maka kita dapat dengan mudah menemukannya.

Nah itulah beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat kita akan membeli printer. Memang sedikit ribet di awal jika kita mempraktekannya. Namun dengan memahami poin poin dari tips membeli printer di atas maka anda sendiri yang akan merasakan manfaatnya.

Bicara tentang merk printer yang berkualitas, tentu kita sering kali mendengar merk HP yang merupakan akronim dari Hawlett Packard. Printer HP begitu kita biasa menyebutnya adalah salah satu printer berkualitas yang sudah sangat sering kita jumpai baik di perkantoran maupun untuk penggunaan di rumah. Printer HP ini memiliki keunggulan diantaranya harga terjangkau, cartridge awet, dan memiliki hasil cetak yang awet.

layanan purna jual terbaik di meora prima solusindo

HP telah memproduksi printer dengan berbagai tipe, ada yang ink tank, ink jet, laser printer, office printer for CAD and GIS, Page Wide Array Printers, Scanners Flatbed dan Scanners Sheetfed. Dari berbagai macam printer HP yang ada saat ini ada, yang paling saya butuhkan adalah printer yang bisa mencetak tanpa harus menghubungkannya terlebih dahulu dengan laptop. Atau hanya dengan hape saja kita sudah bisa mengoperasikan printer.

Printer wireless ini menjawab kebutuhan belajar anak sekolah zaman sekarang yang lebih banyak menggunakan handphone dalam kegiatan belajar mengajar setiap harinya. Dengan printer wireless ini maka tugas akan dengan mudah dan cepat dicetak, sehingga lebih praktis dan hemat waktu.

HP menjembatani kebutuhan tersebut dengan melahirkan aneka produk printer nirkabel, salah satunya Printer HP Ink Tank 415 wireless.

Printer HP Ink Tank 415 Wireless

Tips memilih printer Meora prima solusindo
Printer yang dapat dikendalikan dari smartphone ini memungkinkan anda untuk mencetak dari mana saja. Dan berikut ini beberapa spesifikasi dan kelebihan dari printer HP Ink Tank 415 wireless

1. Tidak perlu dihubungkan dengan laptop/PC. Anda dapat mencetak langsung dari gawai/ smartphone dan dapat dilakukan dari mana saja.
2. Dalam satu kali isi, printer ini dapat mencetak 8000 halaman berwarna atau 6000 halaman dengan warna hitam dengan harga perhalaman yang relatif terjangkau.
3. Dapat digunakan untuk mencetak, memindai dan menyalin (print, scan,copy)
4. Harganya sangat terjangkau, kurang dari dua setengah juta
5. Menggunakan metode ink tank sehingga pengisian lebih mudah dan tankinya tahan bocor sehingga anti berantakan pada saat pengisian. Dan tanki transparan sehingga volume tinta dapat dikontrol dari luar.
6. Kualitas cetakan lebih tajam dan tahan lama. Untuk dokumen 22x tahan lebih lama dari merk lain. Begitu juga dengan hasil cetak berwarna.

Membaca berbagai fitur dan kelebihan Printer HP Ink Tank 415 Wireless begini jadi semakin ingin memilikinya agar anak anak dapat dengan mudah menyelesaikan tugas sekolahnya.

HP Pro 280 G6 MT


Bicara tentang printer, kita jangan melupakan soal PC. Karena bagaimanapun untuk mengerjakan tugas lebih mudah menggunakan PC. Memang saat ini Laptop lebih populer daripada PC tapi jelas PC memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki Laptop.

Kelebihan PC dibandingkan dengan Laptop :


1. PC dapat dirangkai sesuai kebutuhan penggunanya
2. Prosessor lebih kuat
3. Pilihan lebar layar lebih beragam
4. Dapat dipasangi berbagai macam piranti lain
5. Biaya servis lebih murah
6. Biasanya PC lebih awet bila dibandingkan laptop
7. Kartu grafis / VGA lebih baik

Bicara tentang PC, HP juga memiliki aneka produk dekstop yang berperforma tinggi salah satunya adalah HP Pro 280 G6 MT. Dan berikut ini spesifikasi HP Pro 280 G6 MT

Spesifikasi HP Pro 280 G6 MT



Bekerja menggunakan PC memiliki keleluasaan lebih bila dibandingkan dengan Laptop. Itulah sebabnya, meskipun bentuknya tidak sekompak dan seringan Laptop, PC tetap masih menjadi andalan baik di rumah rumah maupun di perkantoran.

Membeli produk dengan kualitas terbaik akan lebih afdol lagi jika membelinya di tempat yang jelas dan terpercaya. Untuk membeli Printer dan PC yang sudah terjamin kualitasnya, Meora Prima Solusindo tempatnya. 

meora prima solusindo partner resmi HP,DELL,Canon, Epson dan Fuji Xerox


Meora Prima Solusindo


Meora Prima Solusindo adalah perusahaan yang bergerak di bidang IT yang sudah lebih dari 20 tahun menjadi partner resmi HP, Epson, Canon, Dell dan FujiXerox. Pelayanan dan service terbaik selalu ditingkatkan demi memberikan print solution agar perusahaan berjalan lebih efisien. Lebih dari 90% kliennya bergerak di bidang Bisnis dan Enterprise

Mampu bekerja sama dengan korporasi besar merupakan sebuah prestasi sendiri. Hal ini bukanlah hal yang mengherankan bagi Meora Prima Solusindo. Karena dalam pelayanannya mereka selalu mengedepankan kepuasan pelanggan.

Keunggulan Meora Prima Solusindo 

  • Pelayanan prima dan dan sesuai harapan pelanggan
  • produk original
  • harga terbaik
  • aman dan terpercaya
  • Promo berupa voucher dan hadiah langsung
Meora Prima Solusindo menyediakan berbagai type printer


Meora Prima Solusindo melayani pembelian produk berupa 

  • printer, 
  • pita, 
  • laptop, 
  • PC, 
  • tinta, 
  • Toner dan 
  • Accesories 
Selain itu Meora Prima Solusindo juga melayani service printer yang memberi banyak sekali layanan kemudahan pada para pelanggannya. 

Managed Print Service by Meora Prima Solusindo

1. Layanan penjemputan. Layanan pick up ini memberikan solusi bagi anda yang sibuk sehingga tidak perlu menyisihkan waktu khusus untuk melakukan service printer

2. Layanan jarak jauh, layanan ini dilakukan secara interaktif untuk memeriksa kerusakan unit dari jarak jauh.

3. On Site Sevice atau layanan service di tempat. Pelanggan yang menentukan waktu dan tempat yang longgar untuk dikunjungi.

4. Same day service atau layanan di hari yang sama, dengan demikian anda bisa segera menggunakan produk yang anda inginkan.

Nah, sudah tahu kan dimana bisa mendapatkan produk ori dengan harga terbaik sekaligus pelayanan after sale yang prima? Meora Prima Solusindo Jawabannya.

Itulah beberapa tips untuk membeli printer dan sedikit ulasan dimana anda bisa membeli printer, PC dan produk berkualitas lainnya yang aman, mudah dan terpercaya. Semoga bermanfaat yaa

You Might Also Like

0 comments