parenting

Manfaat Bermain Ular Tangga untuk Anak

22.25.00

manfaat bermain ular tangga bagi anak

Manfaat Bermain Ular Tangga untuk Anak
Pandemi membuat kita harus tinggal di rumah saja. Kalaupun harus keluar rumah sebaiknya untuk kepentingan yang sangat mendesak. Sudah hampir satu tahun, angka penderita masih terus bertambah. Sedangkan di luar sana tidak semua orang mempedulikan protokol kesehatan. Kitalah yang harus menjaga diri dan keluarga demi kebaikan bersama.

Mengurangi atau hampir meniadakan kegiatan di luar rumah memang tak mudah. Apalagi jika melibatkan anak anak. Kalau saya sih, masih mengajak anak anak untuk keluar tapi sebisa mungkin menghindari kerumunan. Untunglah tinggal di kota sepi seperti sekarang ini masih mudah menemukan tempat tempat yang sepi u7ntuk melepaskan anak anak sebentar saja dari kepenatan selama di rumah saja.

Walaupun begitu, berlimpahnya waktu untuk tinggal di rumah membuat saya harus sedikit memutar otak agar anak anak tidak bosan berlama lama di rumah. Memberikan mereka permainan adalah salah satu caranya. Sebenarnya ada banyak permainan yang bisa dilakukan di rumah saja. Seperti congklak, engklek, halma, monopoli ular tangga dan lain lainnya.

Nah, kali ini saya akan sedikit mengulas manfaat bermain ular tangga untuk anak anak. Menurut Wikipedia, permainan ular tangga ini ada sejak tahun 1870. Ular tangga sendiri adalah permainan papan yang melibatkan dua orang atau lebih. Papan itu sendiri terbagi atas kotak kotak persegi yang beberapa diantaranya dihubungklan dengan ular dan tangga.

Sumber lain menyatakan kalau ular tangga ini adalah permainan kuno dari India. Kemudian dibawa ke luar India oleh Inggris yang saat itu menjajah India. Awalnya permainan ini identik dengan agama Hindu, namun seiring perjalanan waktu, permaianan ini menjadi pengisi luang bagi anak anak dan dewasa. Nah berikut ini, beberapa dasar permainan ular tangga:

Alat alat yang digunakan untuk bermain ular tangga :
  • Papan permainan yang saat ini bisa menggunakan kertas karton, kain, flanel dan lain lain.
  • Dadu
  • Pion/bidak dua sampai empat pemain
Cara Bermain ular tangga :
  • Setiap pemain meletakkan pion di kotak awal permainan. Biasanya berada di pojok kiri bawah.
  • Siapkan urutan untuk melempar dadu. Bisa melalui hompimpah, suit atau kesepakatan.
  • Lemparkan dadu lalu pindahklan pion dengan jumlah langkah sama dengan hasilo pelemparan dadu.
  • Jika pion berhenti tepat di kotak yang bergambar bagian bawah tangga, maka pion boleh naik tangga dan menempati kotak di ujung tangga.
  • Jika pion berhenti di ekor ular maka harus turun ke kotak tempat kepala ular berada.
  • Pemenang adalah pemain yang paling cepat mencapai kotak kanan atas.
Kita pun dapat membuat permainan ular tangga sendiri yang sesuai dengan keinginan kita. Atau memodifikasi permainan menjadi lebih seru dari biasanya dengan memberikan tantangan. Tantangan itu dilakukan jika salah satu pemain menempati kotak yang sudah diberi tanda. Jadi, selain kotak yang berisi ujung ujung tangga dan ular, ada kotak lain yang berisi tantangan.

manfaat bermain ular tangga bagi anak

Setiap pemain yang menempati kotak tantangan harus mau melakukan tantangan yang ada. Tantangannya macam macam, bisa bernyanyi, menari, menirukan suara atau gerakan hewan dan lain-lain. Dengan adanya tantangan ini permainan ular tangga menjadi lebih seru dan tidak membosankan.


Selain untuk killing time permainan ular tangga ini juga memiliki banyak manfaat untuk anak. Beberapa manfaat permainan ular tangga untuk anak antara lain :

Manfaat permainan ular tangga:

  • meminimalisir interaksi dengan gawai
  • meningkatkan bonding antara orang tua dengan anak dan juga dengan kakak ataupun adik.
  • permainan ini mengajarkan anak untuk mengenal angka.
  • melatih kecepatan menghitung dengan melihat jumlah titik di dadu.
  • melatih kemampuan berhitung saat melangkahkan pion sesuai dengan hasil lemparan dadu.
  • komunikasi antar pemain dapat meningkatkan interaksi dan kemampuan berbahasa si kecil.
  • melatih kesabaran saat menunggu giliran melempar dadu.
  • belajar menerima kekalahan dan ikut senang ketika pemain lain yang menang.
  • melatih kepercayaan diri saat menjawab tantangan.
  • tantangan yang diberikan juga bisa mendorong anak untuk lebih kreatif dan bergerak, tergantung tantangan yang diberikan.

Ternyata permainan ular tangga yang notabene adalah permainan kuno juga memiliki segudang manfaat untuk tumbuh kembang anak ya. Permainan ini akan semakin seru jika kita membuat papan permainan sendiri di rumah. Pembuatannya bisa dilakukan beramai-ramai bersama si kecil. Si kecil pun bisa berkreasi dengan warna atau gambar gambar yang akan di tempel di papan ular tangga.


Dengan membuat sendiri papan ular tangga seperti ini, si kecil akan merasa lebih memiliki dan merasa sayang jika mainan mereka rusak ataupun hilang. Nah, teman teman sudah ada ide, ingin membuat papan ular tangga yang seperti apa dan apa saja tantangannya? Boleh kok diceritakan di kolom komentar.

You Might Also Like

1 comments

  1. aku udah gede gini juga masih suka main ular tangga dan dibarengi dengan monopoli :D seru banget untuk mengisi waktu luang #dirumahaja

    BalasHapus