Resep

cara Membuat Donat Kentang yang Lembut

20.26.00

resep donat kentang yang enak dan lembut


Masih penasaran sama donat. Kali ini coba membuat donat kentang, yang konon katanya lebih lembuuut...coba ah, anak-anak juga masih suka sama donat, belum ada yang bosan. Ini dia resepnya

Resep Donat kentang

Bahan membuat donat kentang:

250 gr tepung terigu
100-150 gr kentang kukus, haluskan
1 sdm ragi instan
2 sdm susu bubuk
40 gr margarin
4 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
 +/- 100 ml air hangat

Cara membuat donat kentang:

Tuang +/- 50 ml air hangat kedalam mangkok, masukkan susu bubuk, 1/2 sdt gula dan ragi instan. Aduk lalu biarkan sampai kurang lebih 10 menit atau sampai berbuih.

Cara ini dilakukan agar kita tahu apakah ragi yang digunakan masih bagus apa tidak. Apabila tidak muncul buih, maka ragi sudah mati. Sebaiknya tidak digunakan.

Campurkan tepung terigu, garam, margarin dan sisa gula campur  dan remas bahan bahan tersebut sampai berbulir. Setelah itu masukkan gula, campur lagi sampai kerata. Lalu masukkan larutan ragi. Uleni adonan, apabila adonan terasa keras tambahlah air hangat sedikit demi sedikit sampai kelembekannya cukup. Lalu adonan diuleni sampai kalis. Apabila adonan terlalu lembek tambahkan tepung terigu.adonan kalis apabila sudah tidak lengket lagi di tangan dan apabila ditarik melebar maka akan seperti pita.

Setelah kalis. Lumuri adonan dengan minyak goreng atau tutup dengan plastik agar permukaannya tidak kering. Tunggu hingga mengembang 2x lipat/ 1 jam.
Setelah mengembang dua kali lipat kempiskan adonan, timbang sesuai berat yang diinginkan lalu bentuk menjadi donat.

Cara membentuk donat agar bulat:

1. Ambil adonan, bulatkan lalu pipihkan
2. Cubit dan tarik lah satu bagian donat dari tengah bulatan ke arah luar, lalu dengan menggunakan ibujari tangan kanan, masukkan adonan yang ditarik tadi ke tengah-tengah bulatan, ulangi di setiap sisi donat sampai satu bulatan penuh. Apabila permukaan donat belum halus, ulangi proses ini sampei permukaan donat halus.
( apabila adonan kalis, maka permukaan donat akan cepat halus).

Setelah adonan dibentuk, tutup permukaan donat dengan plastik dan biarkan sampai 1 jam. Lalu goreng dalam minyak yang banyak dan panas.
Goreng donat sampai bagian yang tercelup minyak berwarna kecoklatan, balik sekali saja, agar tidak menyerap minyak.

Adonan donat ini juga bisa dioven menjadi roti loh. Jangan lupa olesi permukaannya dengan kuning telur agar permukaannya terlihat menarik dan menggiurkan.

Inilah penampakan donat kentang yang pernah saya buat
resep donat kentang paling mudah dan simpel



You Might Also Like

0 comments