Resep

Kue Rangin, Resep Kue Simpel untuk Anak yang Senang Belajar Memasak

10.14.00

cara membuat kue rangin yang simpel


Beberapa waktu lalu saya sudah pernah menulis bahwa salah satu cara agar anak rajin ke dapur adalah mengajak anak untuk membuat masakan yang sederhana. Dengan begitu yang tersimpan di memori anak adalah memasak itu hal yang mudah, menyenangkan dan tidak merepotkan.

Trik itu lumayan sukses membuat anak perempuan saya bereksperimen dengan membuat masakan yang dia lihat di youtube atau tiktok. Kita cukup menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan dan biarkan dia berkreasi.

Keuntungan lain dari membuat makanan sendiri adalah lebih irit, Memang sedikit repot sih, tapi sepadan dengan hasilnya. Anak lebih kreatif dan tentu saja hasil masakannya jauh lebih banyak. Kekurangannya? Cucian piring dan dapur yang jadi lebih meriah. Jangan dibilang kotor ya, nanti anaknya ngambek hahaha.

Salah satu resep yang lagi getol getolnya dibuat sama anak anak adalah kue rangin. Kue tradisional yang bahan utamanya tepung beras dan kelapa parut ini memang murah meriah dan mudah banget dibuat. Gara-gara beli kue rangin beli 10 ribu ternyata dapatnya cuma 10 biji itupun ukurannya kecil, ibarat kata cuma sak emplokan. Buat anak saya yang masa pertumbuhan, jangankan 10 biji ukuran segitu, 30 biji pun dia sanggup menghabiskan. 

Baca Juga : Resep Bluder dengan chocochip yang enak

Karena gemes, pengen nambah lagi tapi penjualnya udah ga ada. Akhirnya si anak ciwi coba googling bagaimana resep kue rangin yang juga disebut kue bandros ini. Ternyata cara membuat kue rangin ini cukup mudah. Bahannya sederhana dan gampang di dapat. Anak perempuan saya langsung semangat. Dia lari ke dapur, ternyata bahan yang tidak ada cuma kelapa parutnya. Untung Ayah pas ada di rumah dan bersedia ke pasar untuk membelikan kelapa parut. Akhirnya yeay... membuat kue rangin sendiri di rumah.



Resep kue rangin/bandros

Bahan untuk membuat kue rangin

Tepung beras 250 gr

750 ml santan (Saya memakai santan instan 65 mili yang saya tambah dengan air hingga 750 ml)

3 sdt garam

1/2  butir kelapa yang tidak tua tapi juga tidak terlalu muda, diparut.

2 sdm tepung terigu (opsional, tidak di tambah pun tidak apa apa)

2 sdm tepung kanji (opsional)

Cara membuat kue rangin

Rebus santan hingga mendidih lalu dinginkan, sementara itu campurkan tepung, parutan kelapa dan garam dalam satu wadah. Setelah santan dingin tambahkan ke campuran tepung sedikit demi sedikit. Aduk adonan hingga merata. Adonannya ini bisa dibilang encer, bukan jenis adonan yang kental. Bedanya terletak pada hasil kuenya. Kalau kental, kue cenderung padat jika adonan encer, kue lebih lembut tapi proses memasaknya lama dan kue lebih rapuh. Jadi untuk adonan, sesuai selera saja.

Panaskan cetakan, olesi dengan margarin jika perlu. Tapi jika pakai cetakan anti lengket, margarin tidak diperlukan lagi.

Setelah cetakan panas, tuang adonan ke dalam cetakan lalu tutup agar panas dari bawah cepat mengeringkan bagian atas adonan. Setelah bagian tepi adonan berwarna kecoklatan, angkat adonan. Jangan khawatir jika adonan sudah matang tidak akan lengket ke cetakan.

Baca juga : Resep Kue Garpu sederhana yang Disukai Anak

Kue rangin ini enak dinikmati saat hangat. Begitu di angkat dari cetakan lalu taburi dengan gula pasir, kue rangin pun siap disajikan.

Pada waktu pertama kali membuat kue rangin yang terpikirkan oleh saya adalah dicetak di snack maker. Lucu sih karena bentuknya ada yang berupa hati dan bunga. Adasih cetakan kue pukis, tapi lagi malas ngambilnya.

Pada saat membuat kue rangin yang kedua kalinya saya baru ingat kalau punya cetakan satay cake. Bentuknya seperti Hpp*call gitu tapi didalamnya terbagi menjadi dua sisi atas dan bawah. Di masing-masing sisi terbagi menjadi dua lajur dengan 5 cetakan kue di masing masing lajurnya. Di tepi cetakan terdapat lubang kecil untuk menempatkan tusuk sate.

cetakan satay cake untuk kue rangin


Kalau digunakan sesuai fungsinya, maka kue yang dihasilkan akan berbentuk seperti lolipop. Tapi karena kali ini saya gunakan untuk mencetak kue rangin, maka saya hanya menggunakan salah satu sisi saja.

Saking senangnya anak anak dengan kue ini, dalam waktu kurang lebih dua minggu sudah menghabiskan 1 kg tepung beras. Itu berarti sudah 4x membuat kue rangin sendiri di rumah. Untuk satu resep ini saya tidak sempat menghitung jadi berapa kue, karena begitu matang langsung dilahap sama anak-anak. Tapi yang jelas hasilnya banyak banget. 

Baca juga : Resep Cake Pisang Praktis tanpa mikser dan Oven

Perhitungan biaya jika membuat kue rangin sendiri :

250 gr tepung terigu 3500

santan instan 3500

kelapa parut setengah butir 4000

gula sesuai selera, paling habis satu ons 1500

selebihnya garam, air dan gas yang tak seberapa.

Dengan biaya enggak sampai 15 ribu, anak anak bisa makan kue sampai puas. Bandingkan dengan membeli. 15 ribu mendapatkan 15 buah kue berukuran kecil. Anak-anak sendiri masih kurang dan saya pun enggak kebagian haha.

Bisa membuat sendiri seperti ini bukan berarti tidak pernah membeli ya, kami juga kadang-kadang beli juga tapi sekedar obat kepingin. Tapi kalau pas emang lagi pengen banget makan sampe puas dan tanggalnya pas tua, sepertinya opsi membuat sendiri di rumah jadi pilihan utamanya.

Apalagi cara membuat kue rangin ini gampang banget. Anak anak sudah bisa membuat adonan sendiri, masaknya pun bisa gantian. Jadi terasa makin gampang buatnya.

Baca Juga : Resep Kue Maryam yang enak dan lembut

Berkat resep-resep sederhana seperti kue rangin inilah, anak anak jadi betah di dapur dan tidak menganggap memasak itu suatu hal yang berat dan merepotkan. Selamat mencoba...


You Might Also Like

1 comments

  1. Menarik juga kue rangin, belum pernah buat atau nemu kuenya. Bisa juga anak diajak buat, parenting yang bermanfaat untuk si kecil ini mah. Tergiur pengin nyobain pas laper kayak gini, terima kasih informasinya!

    BalasHapus