Wotuwo, Aplikasi Untuk Orang Tua Millenial

by - 9:43:00 PM

IWIC 11




Menjadi orang tua zaman sekarang memang harus ekstra dalam mengawasi anak-anaknya. Karena segala macam informasi sangat mudah diperoleh baik itu yang baik maupun yang buruk. Hanya dengan satu alat maka anak-anak bisa menjelajah dunia bahkan di wilayah yang tidak diperuntukkan bagi mereka.



Saya rasa sangat tidak bijaksana apabila melarang anak-anak kita baik yang masih berusia anak-anak atau remaja untuk sama sekali tidak bersentuhan dengan gawai dan internet. Karena bagaimanapun mereka hidup di zaman internet. Mau tidak mau mereka juga harus berhubungan dengan itu. 



Ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar anak-anak menggunakan internet dengan sehat. Beberapa tips tersebut antara lain :



1. Beri pengertian pada anak dampak baik dan buruknya menggunakan internet. Beri alasan dan bukti yang jelas agar mereka mengerti maksud kita.


2. Buat kesepakatan. Misalnya berapa waktu yang diizinkan untuk bermain dengan gawai. 


3. Disiplin, baik orang tua maupun anak harus disiplin dengan kesepakatan yang telah dibuat.


4. Sisihkan waktu untuk anak. Karena biasanya anak tertarik untuk bermain dengan gadget karena mereka tidak menemukan keasyikan diluar itu. Jadi orang tua yang asyik, dapat mengurangi frekuensi anak bermain gadget.


5. Sediakan buku bacaan atau majalah yang menarik minat mereka.


6. Jalan-jalan bersama seluruh anggota keluarga.


7. Awasi saat anak menggunakan gawai.


IWIC 11


Mengawasi anak kita saat menggunakan gawai, bukanlah hal yang sulit dilakukan jika mereka masih dalam usia anak-anak. Namun bagaimana dengan remaja? Mereka tentunya lebih cerdik daripada orang tuanya. Mengikuti kemanapun mereka pergi dan terus-terusan bertanya tentang apa yang mereka lakukan rasanya tidak mungkin dilkukan pada anak remaja. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengawasi si remaja yang sudah membawa smartphone sendiri ini adalah dengan menggunakan aplikasi. 



WOTUWO, aplikasi yang masih dalam rancangan saya ini berupa aplikasi yang dapat mengawasi penggunaan smartphone pada anak-anak kita meskipun menggunakan ponsel yang berbeda. Bagaikan ruang control cctv sebuah gedung, Ponsel milik orang tua bisa mengawasi penggunaan ponsel sang anak. 

Orang tua bisa melacak situs apa saja yang dibuka oleh anak-anak mereka (atau anggota keluarga yang telah didaftarkan), Dapat mengetahui dimana posisi sang anak sewaktu-waktu (melalui GPS). Akan ada alarm yang berbunyi di HP orang tua jika anak-anak membuka situs yang berbahaya atau keluar dari radius yang disepakati. Lalu orang tua bisa memblokir situs tersebut dari HP anak meskipun mereka berjauhan.



Selain itu, dengan menggunakan aplikasi tersebut, orang tua juga bisa mengakses fitur kamera pada ponsel anak. Sehingga mengetahui dengan benar kegiatan yang dilakukan oleh sang anak sewaktu-waktu.



Aplikasi ini juga menyediakan fitur "Panic Button" yang langsung terhubung dengan ponsel seluruh anggota keluarga. Panic button ini digunakan ketika dalam keadaan darurat atau terdesak.



Mari kita bayangkan, ada berapa keluarga yang hidup di muka bumi ini. Dan berapa pasang orang tua yang akan menggunakan aplikasi ini. Pengguna reguler akan mendapatkan fitur yang sederhana saja. Atau bisa juga free semua fitur untuk jangka waktu seminggu saja (trial). Untuk dapat menggunakan aplikasi secara penuh, pengguna harus membeli yang premium atau membayar biaya berlangganan. Menambahkan anggota ke dalam aplikasi juga bisa dikenakan biaya.



Dengan menggunakan aplikasi ini. Orang tua bisa lebih tenang dalam mengawasi anak-anak mereka di zaman digital ini.


IWIC 11


Nah itulah ide membuat aplikasi yang bermanfaat untuk para orang tua zaman sekarang. Kira-kira teman-teman punya ide aplikasi apa nih?



Jika anda memiliki ide yang cemerlang untuk membuat aplikasi, jangan hanya disimpan. Sayang sekali, karena siapa tahu buah pemikiran kita bermanfaat untuk orang banyak.



Meskipun anda tidak bisa membuat aplikasi, anda masih bisa mewujudkan aplikasi impian anda itu melalui IWIC atau Indosat Wireless Inovation Contest.



IWIC (Indosat Wireless Inovation Contest)


IWIC adalah sebuah lomba ide membuat aplikasi yang diadakan oleh Indosat Ooredoo. Ada dua jenis perlombaan yaitu lomba ide membuat aplikasi dan hackaton. Hackaton adalah lomba membuat aplikasi dalam waktu 24 jam.



IWIC adalah kontes yang pesertanya terdiri dari berbagai macam kalangan dan usia. Anak-anak, remaja, bapak bapak, atau ibu rumah tangga juga dapat ikut serta dalam kontes ini.



Anda dapat mengikuti lomba ini sesuai dengan passion anda, apakah di bidang hiburan, Utility media atau Special need.



Hadiah yang disediakan bernilai ratusan juta rupiah loh, bukan itu saja. Dengan mengikuti IWIC ini anda berkesempatan dibimbing oleh mentor yang ahli di bidangnya, Anda dapat berkenalan dengan orang-orang dengan passion yang sama. Dan tentu saja anda akan mendapatkan pengalaman yang tidak anda dapatkan di tempat lain. 

IWIC 11


Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai IWIC ini, anda bisa kunjungi iwic.indosatooredoo.com. Ayo ikut submit ide anda dan dapatkan hadiah yang akan mengubah hidup anda.



You May Also Like

7 comments

  1. Wah mantap nih. Sangat berguna bagi orang tua. Semoga bener bener ada nanti aplikasinya di play store

    ReplyDelete
  2. panic button hehehe :D
    Tapi kalau menurut saya sih, rasanya seperti mengekang kebebasan anak juga.

    ReplyDelete
  3. Wah, bagian ada alarm itu oke banget. Tapi berarti ada radius tertentu atau sistemnya kaya tracking hp ilang aja ya? Keren nih kalau dikebangkan mbak^^

    ReplyDelete
  4. Wah.. Keren aplikasi ini, Mbak. Jadi orang tua pasti lebih mudah mengawasi putera-puterinya.
    Semoga terwujud, ya..

    ReplyDelete
  5. keren mba kepifikiran idenya emang zaman now kudu extra pengawasan dari ortu y mba

    ReplyDelete
  6. wew, ide nya boleh jugaa.
    wotuwo itu singkatan dari apa mba? hehe..

    ReplyDelete
  7. Hmmm.... teknologi jaman sekarang ngenbantu banget ya dalam kerhidupan sehar-hari. Nanti generasiku jadi orang tua teknologi akan jauh lebih canggih dari yg sekarang.... haha :D

    ReplyDelete