CODE POL, Aplikasi Penyedia Data Kendaraan Bermotor

by - 7:39:00 AM

iwic hackaton indosat CODE POL, Aplikasi Penyedia Data Kendaraan Bermotor


Halo… awal November ini Kepolisian Republik Indonesia menggelar operasi Zebra. Bagaimana? Surat-surat kendaraan dan izin mengemudi sudah lengkap kan? Operasi Zebra ini digelar dari tanggal 1 November sampai dengan 14 November. Enggak Cuma surat-surat kendaraan dan SIM saja yang diperiksa saat operasi Zebra ini. Namun juga kelengkapan lain harus sesuai aturan, misalnya spion, plat nomor, lampu dan lain-lain. Setiap Polda atau Kepolisian Daerah memiliki focus tertentu, pelanggaran apa yang menjadi sasaran utama. Namun bukan berarti pelanggaran lainnya dibiarkan saja.

Sebagai pengguna jalan, kita tidak usah khawatir akan terjaring selama kita mematuhi peraturan. Hanya saja perlu bersabar sedikit, meskipun kita sudah lengkap pasti akan melalui pemeriksaan juga. Toh, akhirnya kita tidak akan ditindak apa-apa. 

Pada saat pelaksanaan operasi zebra ini biasanya kita tidak menduga dimana tempat digelarnya operasi zebra ini. Agar tidak tergesa-gesa, hendaknya anda berangkat lebih pagi, jadi ketika bertemu rombongan bapak-bapak berseragam coklat ini kita tetap tenang dan tidak terjadi peristiwa yang tidak diinginkan hanya karena kita takut terlambat sampai tujuan.

Operasi Zebra, selain memacu masyarakat untuk lebih tertib berlalu lintas, nyatanya juga dapat membantu polisi untuk mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor. Jadi sebagai warga masyarakat yang baik, hendaknya kita mendukung kegiatan ini. Misalnya dengan tidak menyebarkan informasi tempat-tempat digelarnya operasi zebra. Saya sering menemukan adanya warga masyarakat yang men-share posisi digelarnya operasi zebra melalui media social. Hal seperti inilah yang membuat tujuan operasi Zebra ini tidak tercapai. Alih-alih mentertibkan diri, masyarakat lebih memilih jalur lain agar tidak terkena operasi.

Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia sendiri membebaskan setiap Kepolisian Daerah dalam melakukan operasi zebra ini. Bisa melalui razia atau dengan hunting, mencari pelanggar di jalan raya.

Bicara tentang pelanggaran di jalan raya, agar kerja polisi lebih cepat dan praktis, ada baiknya menggunakan aplikasi yang dapat menunjang pekerjaan polisi lalu lintas. Karena sekarang sudah zamannya internet. Sudah saatnya berbagai informasi itu dapat diperoleh hanya dengan satu gerakan jempol saja.

iwic hackaton indosat CODE POL, Aplikasi Penyedia Data Kendaraan Bermotor


CODE POL 


Aplikasi ini bisa disebut dengan nama Code Pol atau kita bisa menyebutnya CP saja. Ada dua cara yang dapat diaplikasikan : Pertama dengan memasang barcode pada kendaraan. Barcode ini diletakkan atau dipasang sedemikian rupa sehingga tidak bisa dipindah dari satu kendaraan ke kendaraan lainnya. Barcode ini nantinya dibaca oleh fitur scan yang ada di aplikasi (CP). Yang kedua dengan cara scanning plat nomor kendaraan. Tujuan kedua cara ini adalah sama, yaitu mendapatkan informasi mengenai kendaraan.


Scanning ini dapat menunjukkan tentang nomor mesin kendaraan, nomor rangka,merk dan type kendaraan, nomor STNK dan masa berlakunya, dan nama pemilik kendaraan. Ketika polisi lalu lintas melakukan razia, maka akan dengan mudah mendapatkan informasi kendaraan yang ada di depannya tanpa membuka-buka lagi situs internet lainnya. Dengan menggunakan aplikasi Code Pol ini dengan cepat dan mudah, Polisi mengetahui data sebuah kendaraan, sesuai atau tidak dengan surat kendaraan yang disodorkan oleh pengemudi saat terkena razia. Aplikasi ini nantinya akan terhubung dengan pusat data. Sehingga dengan cepat polisi akan mengetahui, riwayat kendaraan tersebut. Misalnya berapa kali kendaraan tersebut kena tilang, atau pernah terlibat dalam kecelakaan atau tidak. 

Bukan hanya polisi, masyarakat umum pun dapat menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini sangat membantu dalam proses jual beli kendaraan. Calon pembeli dapat dengan cepat mengetahui data kendaraan . Tentunya untuk masyarakat umum, fiturnya berbeda dengan yang dimiliki pihak kepolisian. Data yang ditampilkan hanya data yang boleh diakses oleh masyarakat saja. Coba bayangkan ada berapa pemilik kendaraan yang ada di Indonesia ini? dan berapa juta orang yang berprofesi sebagai penjual dan pembeli kendaraan bermotor?

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis untuk fitur yang berisi keterangan umum. Namun untuk keterangan yang lebih spesifik harus membeli yang premium. Bagaimana, menarik bukan?

Teman-teman pasti heran mengapa tiba-tiba saya membicarakan tentang aplikasi. Itu karena saya mengikuti lomba ide aplikasi yang diadakan oleh Indosat. Lomba ini disebut IWIC atau Indosat Wireless Innovation Contest.


IWIC (Indosat Wireless Innovation Contest)


IWIC (Indosat Wireless Innovation Contest) adalah lomba aplikasi mobile yang diselenggarakan oleh Indosat. Dan tahun ini sudah menginjak tahun ke 11. Semua orang bisa mengikuti lomba ide aplikasi ini. Baik itu pelajar, masyarakat umum, ibu-ibu atau bapak-bapak. Semua orang bisa menyumbangkan idenya agar bisa dimanfaatkan. Siapa tahu ide kita dapat berguna untuk orang banyak. 

Kita tidak perlu mempelajari tentang pembuatan aplikasinya, karena kita hanya menyumbangkan ide saja, keren kan? Nah apa ide yang terlintas di kepala anda?

iwic hackaton indosat CODE POL, Aplikasi Penyedia Data Kendaraan Bermotor



Keuntungan mengikuti IWIC


Mengikuti IWIC, ternyata keuntungannya tidak berupa materi saja loh. Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapat, diantaranya :

1. Sejak tahun 2016, IWIC telah berkembang menjadi kompetisi bertaraf internasional.

2. Hadiah dengan total nilai ratusan juta

3. Ide kita akan semakin dikenal oleh masyarakat luas.

4. Kita akan mendapatkan bimbingan untuk mengembangkan ide yang kita miliki.

5. Berjejaring, kita akan bertemu dengan orang-orang yang lebih ahli dalam bidang ini.

6. Mendapatkan banyak pengalaman, diantaranya berkesempatan untuk mengunjungi perusahaan global.

7. Berkesempatan untuk bertemu investor yang akan mendanai ide kita.


HACKATON IWIC 11


Selain lomba ide untuk membuat aplikasi mobile, dalam IWIC juga diadakan hackaton. Hackaton adalah lomba membuat aplikasi dalam 24 jam. Hackaton ini sendiri akan diadakan pada tanggal 17 November 2017 pukul 13.30 hingga selesai hari sabtu 18 November 2017 pukul 13.30 di Jakarta.

Mana yang akan anda ikuti? Lomba ide membuat aplikasi atau Hackaton IWIC? Dapatkan keterangan lengkap melalui tautan berikut ini http://iwic.indosatooredoo.com

Ayo segera daftarkan idemu...



You May Also Like

8 comments

  1. Astik banget tuh. :D Pengen ikutan

    ReplyDelete
  2. November ini banyak kejutan deh. :D Sukaaaa

    ReplyDelete
  3. wah.. idenya mantap nih mbak,
    dengan begini juga kita bisa dengan mudah melaporkan kejadian2 di jalanan, seperti tabrak lari atau pelanggaran lalin lainnya.

    ReplyDelete
  4. wih ada aplikasi baru lagi, atau akunya aja yang baru tahu hhh,
    tapi bagus deh sekarang mau ngapa-ngapain jadi gampang :)

    ReplyDelete
  5. Infromasi yang bermanfaat nih, Teh. Aku baru tahu malah ini aplikasi..
    Coba lah, pengen kepoin, penasaran sama apk nya..

    ReplyDelete
  6. boleh juga tuh, mbak idenya. jadinya nggak ribet lagi yaa buat polisi ngedata kendaraan bermotor

    ReplyDelete
  7. hhm....

    dija belom punya ide

    nanti deh, cari cari ide dulu

    ReplyDelete