7 Trik Packing Agar Muat Banyak Saat Berlibur

by - 3:48:00 PM




7 Trik Packing Agar Muat Banyak Saat BerliburKegiatan-kegiatan dalam menyiapkan liburan selalu menyenangkan sekaligus melelahkan. Memilah destinasi wisata yang diinginkan kemudian menyesuaikan dengan keuangannya. Terkadang, terpaksa mencoret destinasi yang didambakan karena anggaran belum mencukupi. 

Setelah itu, mulai sibuk mencari tiket pesawat dan membandingkan harga maskapai yang satu dan lainnya. Lanjut dengan mencari akomodasi yang bisa membuat nyaman. Semua selesai. Seminggu sebelum keberangkatan kembali dipusingkan dengan urusan packing atau mengemas barang.

Terlalu banyak memuat barang akan membuat tas atau koper menjadi berat apalagi jika menggunakan pesawat ada batasan kuota bagasi per orangnya. Sehingga urusan mengemas barang akan menjadi tugas rumah yang sulit bagi sebagian orang. Kamukah salah satunya yang kesulitan dalam mengemas barang ketika akan liburan? Berikut ini trik untuk kamu



  • Buat Rencana Perjalanan
Dalam membuat itinerary biasanya kamu akan tahu pasti kemana saja dan apa yang akan kamu lakukan selama berlibur. Sehingga, dapat menyesuaikan barang dan pakaian apa saja  yang dibutuhkan selama berlibur. Jangan sampai kita salah membawa baju atau salah kostum Pun begitu dengan barang-barang.

Khusus jika kamu pergi keluar negeri yang memiliki iklim berbeda dengan Indonesia. Perhatikan musim disaat kamu berangkat. Jika pergi saat musim salju berarti kamu harus membawa baju dan jaket yang tebal.



  • Tentukan Baju Sesuai Lama Liburan
Lima hari sebelum berangkat mulailah untuk pre-packing. Keluarkan baju-baju andalanmu yang ada di lemari untuk belibur. Letakkan semua baju andalan di atas kasur tanpa memikirkan apa-apa dulu. Setelah itu, kemudian pilihlah berdasarkan jenis liburan, musim di negara atau kota yang dituju, dan lamanya berlibur. 

Pilihlah baju-baju tipis jika akan berlibur kepantai dan tinggalkan gaun jika tak ada rencana untuk dinner di restoran romantis. Bawalah baju seperlunya sesuai dengan lamanya hari. Jika pergi hingga lebih dari dua minggu, bawalah baju yang bisa kau kenakan beberapa kali nantinya.



  • Gunakan Trik Saat Memasukkan Pakaian
Trik dalam memasukkan baju ke koper atau tas ada dua yakni menggulung dan melipat. Mana yang sebaiknya dilakukan? Teknik gulung bermanfaat agar baju tidak mudah kusut dan muat banyak. Hanya saja, tidak semua baju dapat kita gulung. 

Pakaian stretch, sweater ringan dan pakaian tipis lainnya sangat tepat jika digulung. Sedangkan trik melipat diterapkan pada baju yang mudah berkerut. Kamu dapat menghamparkan pada bagian dasar.



  • Bawa Peralatan Kosmetik dan Mandi Seperlunya
Hindari membawa kosmetik dan perlengkapan mandi dalam berat yang sebenarnya. Maksudnya kamu bisa menggunakan botol-botol kecil (travel size) untuk dimasukkan sabun, shampo, ataupun body lotion. Selain dapat masuk ke dalam tas atau koper. Memasukkannya dalam botol travel size tidak akan berat dan mudah di bawa kemana saja.



  • Susun Barang-Barang
Hal ini pun termasuk bagian utama dalam mengepak pakaian saat berlibur. Susun atau masukkan barang-banrang mulai dari yang terberat kemudian ter-ringan. 

Jika membawa parfum atau barang pecah belah gunakan plastik bubble wrap agar tidak pecah. Kemudian masukkan kedalam kaus kaki tebal. Selain barang-barang yang ada dalam koper atau tas, pisahkan juga barang-barang untuk di simpan dalam tas kecil seperti dompet, charger, gadget dan barang urgent lainnya.



  • Sisakan Ruang Kosong dalam Tas
Meskipun koper atau tas masih muat untuk membawa barang-barang sebaiknya hindari terlalu memadatkannya. 

Umumnya saat pulang berlibur barang bawaan yang kita bawa akan semakin banyak. Salah satu penyebabnya adalah membawa souvenir atau oleh-oleh untuk keluarga dan tetangga. 

Namun, jika ingin tetap memadatkan barang-barang lebih baik bawa tas yang bisa dilipat saat tidak digunakan dan masukkan ke dalam koper. Tas tersebut akan digunakan untuk membawa oleh-oleh.



  • Gunakan Pakaian Berlapis Saat Berangkat
Pakaian dan barang-barang lainnya sudah tidak bisa dimasukkan lagi? Jangan khawatir, kamu bisa mengambil pakaian atau celana yang paling berat untuk dikenakan saat berangkat. 

Selain itu, kenakan atau bawa jaket dibandingkan harus memasukkanya dalam koper atau tas. Sebagai alternatif kamu bisa menggunakan kaosk emudian sweater dengan bawahan jaket kemudian menengteng jaket atau mengikatkannya ke pinggang. Cara seperti itu, lumayan membuat ruang dalam koper atau tas.


Setelah seminggu pre-packing jangan lupa membuat list barang-barag yang sudah dimasukkan apa saja agar satu hari sebelum berangkat, kamu dapat tahu barang-barang apa yang belum dimasukkan atau tambahkan lagi.  

Namun, jika ingin menambahkan tiket pesawat karena ada teman atau keluarga yang tiba-tiba ingin ikut berlibur, jangan dulu putus asa takut tidak mendapatkan tiket di tanggal yang sama. 

Kamu dapat cek dan cari tiket melalui Reservasi.com, kemanapun dan kapanpun kamu bisa cari melalui situs atau aplikasinya.

Nah itulah beberapa trik dan tips agar koper kita bisa muat banyak saat travelling atau melakukan perjalanan.





You May Also Like

4 comments

  1. wah membantu sekali buat kalau mau mudik
    apalagi bawa pakaian banyak

    ReplyDelete
  2. Jadi, hindari menimbang berat badan ketika hari-H keberangkatan ya, Ret. Pasti nambah tuh karena pake celana paling berat plus jaket pula :D

    ReplyDelete
  3. Kalo aku sering kesusahan pas pulang traveling sering nambah tas lagi buat isi oleh-oleh dan lain-lain. Jarang kepikiran juga kalo seharusnya kita sudah harus menyediakan space kosong sewaktu berangkat jadi gak perlu ribet cari tas tambahan. Hehe :D

    ReplyDelete
  4. kl cuaca pas dingin emang bisa mak pake berlapis... tp kl lagi panas... wadaoooo, perjuangannya pas berangkat dari rumah itu loh... hahhhahaha... Tp memang pake pakaian lbh ini termasuk efektif... apalagi kl udah kepepet

    ReplyDelete