Rencanakan Jelajahi Keunikan Karimunjawa dengan Mudah dan Hemat

by - 15.43.00


Jelajahi keunikan Karimunjawa dengan cara hemat dan mudah
(pantai Nirwana)


Rencanakan Jelajahi  Keunikan Karimunjawa dengan Mudah dan Hemat. Kalau melihat di media social, siapa yang tidak ingin jalan-jalan ke Maldives atau Hawaii yang memiliki pantai yang indah dan air laut yang bening.  Berjalan menyusuri pantai ditemani angin yang semilir atau bergulung-gulung di pasir pantai yang lembut sambil sesekali disapa ombak yang malu-malu…  aah … mupeng banget kan.


Dan ternyata, untuk mendapatkan sensasi yang demikian itu. Kita tidak usah pergi jauh-jauh ke luar negri . Cukup di Indonesia saja. Salah satunya yang terhitung lumayan dekat adalah Karimunjawa.


Memang sih, cita-citaku adalah mengajak anak-anak keliling di negeri sendiri sebelum mereka mengelilingi dunia. Melihat indahnya Indonesia dari dekat, bukan lewat layar kaca maupun layar sentuh ponsel pintar. Biar mereka memahami mengapa banyak orang di luar sana yang iri akan keindahan Indonesia yang beraneka ragam. Dari Gunung sampai lembah dari daratan sampai kepulauan yang indah. Dengan begitu mereka akan jadi anak-anak yang bangga dengan negerinya sendiri. Salah satunya ya Karimunjawa ini.


Jelajahi keunikan Karimunjawa dengan cara hemat dan mudah
Pantai Barakuda

Ketika berlibur ke Karimunjawa, beberapa orang menyebutnya dengan wisata ke Pulau Karimunjawa. Padahal Karimunjawa sendiri adalah Kepulauan yang terdiri dari 27 pulau. Memang sih hanya ada 5 pulau yang berpenghuni, tapi bukan berarti pulau yang tidak berpenghuni itu tidak bisa dikunjungi loh…. Ada banyak pantai indah yang melambai-lambai ingin dikunjungi.


Selain itu, banyak hal unik yang bisa kita temui di Karimunjawa antara lain :
  • Berenang bersama Hiu. Hiii … membayangkan saja sudah ngeri, apalagi melakukannya sendiri. Di Pulau Menjangan Besar, Karimunjawa ada sebuah penangkaran Hiu karang. Banyak wisatawan yang tidak menyianyiakan kesempatan berkunjung kesini dengan berenang bersama Hiu. Walaupun hiu yang ada cukup jinak, tapi kita harus tetap waspada karena bagaimanapun mereka adalah binatang buas. Dan apabila merasa terganggu, bisa saja mereka malah menyerang kita.
  • Masyarakatnya terdiri dari tiga suku yang mendominasi, namun mereka tetap hidup rukun dan damai walaupun masing-masing suku memegang adat kebudayaan masing-masing. Tiga suku tersebut adalah Jawa, Madura dan Bugis. Karenanya di Karimunjawa kita bisa melihat rumah adat Bugis.
  • Hanya 1,4 % dari luas Karimunjawa yang merupakan daratan. Sisanya adalah wilayah perairan yang terdiri dari lautan dan pantai yang dangkal dengan air yang jernih. Kebayang kan indahnya?
  • Banyak terumbu karang. Kini jumlah terumbu karang semakin berkurang, salah satunya karena global warming yang menyebabkan coral bleaching atau matinya terumbu karang. Alangkah baiknya kalau kita kesana tidak merusak dengan cara menginjaknya. Karena dibutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh kembali.
  • Banyak terdapat gosong . Yaitu daratan pasir yang muncul saat air surut dan hilang kembali saat air pasang. Tempat ini biasanya dijadikan spot berfoto yang indah.
  • Berfoto di bukit Love. Tempat ini dinamakan bukit Love karena memang letaknya di ketinggian dan disana ada tugu yang berupa tulisan LOVE. Selain kita dapat berfoto dengan background tugu love, kita juga dapat berfoto dengan background hamparan laut luas yang nampak dari kejauhan. Disini juga merupakan salah satu sunset point yang indah. Nah catet.
  • Wisata Religi. Banyak yang tidak mengetahui kalau di Karimunjawa terdapat makam dari keturunan Sunan Muria yang merupakan salah satu dari wali Songo. Nah, berlibur sekaligus wisata religi juga bisa kita lakukan di Karimunjawa.
  • Tidak dapat dikunjungi setiap hari. Boleh saja kita menggebu-nggebu ingin berlibur ke Karimunjawa. Tapi kita harus ingat kalau akses menuju kesana tidak tersedia setiap hari.


Jelajahi keunikan Karimunjawa dengan cara hemat dan mudah
Penangkaran Hiu


Masih banyak hal unik lainnya yang ada di Karimunjawa, yang makin menambah rasa penasaran dan ingin segera mengajak anak-anak kesana.


Ngomongin soal transportasi ke Karimunjawa, jadi teringat jaman kuliah dulu. Ada seorang teman yang Praktek Kerja Lapangannya ke Karimunjawa.


Saat itu penggunaan internet belum seluas sekarang, media social pun belum berperan besar. Bahkan Facebook saja belum sampai di Indonesia. Pada saat itu, kapal yang menuju ke Karimunjawa hanya ada satu kali seminggu. Itupun kalau cuaca cerah, nah kalau cuaca tiba-tiba berubah. Gagal deh rencana perjalanan ke Karimunjawa.


Pernah suatu hari teman saya itu hendak menuju tempat PKL nya, namun karena kurangnya informasi dia ketinggalan Kapal yang berangkat pada minggu tersebut. Padahal sudah jauh-jauh dari Malang ke Jepara. Kasihan sekali….
Jelajahi keunikan Karimunjawa dengan cara hemat dan mudah
Tapi kini untunglah, dengan internet kita mendapat berbagai macam kemudahan. Kita dengan mudah bisa menyusun jadwal yang sesuai dengan kegiatan kita. Namun sebel juga ya, saat mencari tiket pesawat . Belum lagi memesan kamar hotel, memilih-milih hotel yang sesuai dengan keinginan itu  serasa buang buang waktu.


Untunglah seorang teman menyarankan untuk mencoba Paket Wisata Traveloka. Ternyata Traveloka menyediakan paket tiket pesawat plus hotel.  Jadi kita dapat memesan tiket pesawat dan hotel sekaligus. Jadi enggak ribet lagi kan? Kejutan lainnya yaitu, kita akan mendapatkan harga yang lebih murah daripada membeli tiket secara terpisah. Auch... banget deh.

karimunjawa unik dan hemat lemaripojok
dengan traveloka paket pesawat dan hotel, kita akan hemat 23%

Cara bayarnya pun macem-macem, bisa lewat ATM, pakai kartu kredit bahkan bisa lewat Indomart dan Alfamart. Asiik kan pakai Traveloka jadi lebih mudah dan hemat. Lumayan banget kan, selisih harganya bisa dipakai untuk wisata kuliner di Karimunjawa nanti.



Pokoknya jangan sampai lupa deh, kalau mau berlibur atau urusan bisnis, paket tiket Traveloka adalah pilihan paling cakep agar pesan tiket pesawat dan hotel jadi lebih hemat, mudah dan saving time. See you at Karimunjawaaa

You May Also Like

33 komentar

  1. Ya ampun, aku baru tahu kalau Traveloka menyediakan paket wisata!! Duh, ketinggalan banget aku. Padahal aku selalu ngintip Traveloka tiap nyari hotel.
    Aku pengen banget ke Karimunjawa dari beberapa tahun lalu. Sampai sekarang aku masih belom kesampaian. Coba intip Traveloka ahhhh.... Terima kasih infonya ya, Mbak Retno.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama sama...kalau kesana barengan yuuk biar seru

      Hapus
  2. Kalau ke Karimunjawa mampir ya, Mbak! heheh. Dg catatan naik kapalnya dr pelabuhan Jepara sih. Kalau dr Semarang ya beda kasus. Untuk ke sana seringnya hari2 tertentu. Pas lagi ombak ya batal deh

    BalasHapus
  3. uwaaaaaw pengen main dan gelitikin hiuuuuuuuuuu
    meluk meluk hiu sambil bilang "duhh kamu kok gemesin siiiih"

    kukira pulau karimunjawa itu terkenal sama jernih lautnya doang, ternyata banyak banget spot-spot yang dikunjungi.
    berarti kalau ke sana, saya harus ketemu mas-mas hiu yang cakeeeeeeeep dan gemesiiiiiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. berenang sama hiu ngeri ngeri sedap ya...tapi boleh juga buat pengalaman

      Hapus
  4. Ya ampun... Pengen banget kesana.. Kapan yaaa

    BalasHapus
  5. Duh gimana yah ngerasain berenang bareng Hiu pasti deg deg serr

    BalasHapus
  6. Duuh...Karimunjaya, salah satu tempat tujuan wisata yang ingin kami kunjungi. Ternyata masih banyak tempat indah di Indonesia yang belum saya datangi. Apalagi ada Paket Wisata Traveloka, serba dimudahkan untuk pergi travelling ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget mba.. Ga perlu ribet ribet cari tiket. Tinggal klik klik...

      Hapus
  7. ke karimunjaya kirain mahal, ternyata pas tadi cek paketnya, termasuk terjangkau untuk ukuran paket wisata ke berbagai pulau

    jadi minat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya apalagi pakai paket pesawat plus hotel jatuhnya jauh lebih hemmat

      Hapus
  8. Mbaaak... kalau ke Karimunjawa, aku dicolek ya. kita bisa ketemuan di dermaga kartini. Kan dekat rumahku.
    Kalau butuh guide khusus, bolehlah ajak daku yang suka gratisan ini. HIhihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... Semoga ada rejeki buat jalan jalan kesana,
      Kita Meet up ya mbak...

      Hapus
  9. Mbak ajak2 ya kalau trip ke karimun Jawa :D

    Btw paketan hotel dan pesawat tu emang memudahkan ya,jatuhnya jd cukup hemat biaya

    TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayuk rame rame bawa keluarga pasti seru ya...
      Iya, hebatnya kerasa banget, sampai lebih 20% lumayan kan...

      Hapus
  10. Travelola memberikan kemudahan banget ya dalam berpergian kemana mana ya mba. Pernah memakai itu dan emang murah murah banget harganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kadang kita bisa terkejut dengan diskonnya...

      Hapus
  11. menarik sekali spot spot di karimun jawa.. tp kalau berenang bareng ikan hiu kayaknya aku ga berani deh.. jinak sekalipun.. bareng ikan lele aja aku geli mbak hahahaa..

    oh iya traveloka masih jd andalan kami kalau mau pesan tiket pesawat.. krn emang paling mudah sih ya.. tinggal klik klik klik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahaha.. Sama mbak, bagaimana pun mereka tetep binatang buas...
      Emang Travel oke ini recomended mbak...

      Hapus
  12. dari dulu mau kesana gak pernah kesampain, semoga bisa cepet2 kesana deh.

    BalasHapus
  13. Pas banget, mau liburan ke karimun terus dpt info ini, hihi

    Makasih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah asyik... Bisa puas poto poto disana...

      Hapus
  14. Aluuuusss artikelnya, Mbak hahahahha

    Lagi enak-enak baca tentang Kepulauan Karimunjawa, eh ujungnya XD

    Berenang sama hiunya pengin deh, tapi ngeri juga sih hahaha itu berenang langsung apa pake kurungan besi gitu orangnya, Mbak?

    BalasHapus
  15. Karimunjawa
    Klu di provinsi saya ada nama Karimun juga, tapi Tanjungbalai Karimun hehehe
    Penasaran nih ke Karimunjawa
    Moga nti bisa ke sana

    BalasHapus
  16. Selalu ppenasaran dengan Karimun Jawa...satu saat ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Doa bareng bareng ya mbak...

      Hapus