Resep Kue Pukis andalan yang enak.

by - 13.48.00

Resep Kue Pukis andalan yang enak.
kue pukis (dok pri)

Sebagai kue yang dikenal masyarakat sejak lama. Kue Pukis memiliki berbagai modifikasi. Mulai dari aroma, rasa dan topping. Namun menikmati kue pukis tidak kalah nikmatnya dengan kue pukis modifikasi baru.


Banyak orang malas membuat kue pukis yang original ini karena prosesnya lebih ribet. Namun kelebihan kue yang seperti resepnya nanti saya sampaikan adalah kue lebih awet walaupun tanpa bahan pengawet.


Jangan lupa, gunakan bahan-bahan alami jika ada. karena akan berpengaruh pada aroma dan rasa. Dan kalau memungkinkan memakai bahan-bahan yang berkualitas sehingga hasilnya lebih enak


Baiklah lanjut pada resep ya

Kue Pukis 

Bahan : 500 gr tepung terigu

300gr gula atau 400gr gula bagi yang suka manis

2 sdt ragi instan

75 gr margarin/mentega lelehkan tunggu hangat

3 butir telur

santan dari 1/2 butir kelapa

100 ml air hangat

sedikit garam

daun pandan wangi

topping (keju, meises, coklat parut dll)



Cara membuat

1. Peras kelapa parut, kemudian rebus santan bersama daun pandan wangi, namun jangan sampai pecah. Biarkan sampai hangat-hangat kuku. Dan jangan diaduk-aduk agar kepala santannya terkumpul di permukaan.


2. Campur ragi instan dengan air hangat, tambahkan sedikit gula lalu biarkan kurang lebih selama 8 menit. jika campuran tersbut mengeluarkan busa yang banyak, berarti ragi masih aktif. namun bila tidak mengeluarkan busa maka ragi sudah mati dan tidak bisa digunakan.


2. Kocok telur dengan gula sampai gula larut dan adonan mengental. Kemudian masukkan tepung terigu aduk aduk sampai tercampur rata. Tambahkan  santan hangat ke dalam adonan. Caranya adalah dengan mengambil santan yang bagian atas saja. Tambahkan pula campuran ragi yang sudah berbusa. aduk adonan sampai tercampur rata dan tidak ada terigu kering yang menggumpal. Beri santan sampai menjadi adonan kental (jangan terlalu encer).


3. Setelah itu masukkan margarin yang sudah dilelehkan dan juga garam. Aduk sampai merata. Biarkan adonan mengembang minimal satu jam. namun jangan lebih dari 3 jam karena adonan akan berubah kecut.


4. Panaskan cetakan kue pukis, olesi dengan margarin tipis-tipis agar tidak lengket saat mencetak kue yang pertama. Setelah cetakan panas, masukkan kue kira-kira 2/3 cetakan. jangan terlalu penuh karena akan meluber dan lengket satu sama lain. Kemudian tutup cetakan. Jika ingin memberi toping, bisa ditambahkan sesaat setelah adonan diisi kedalam cetakan, bisa juga topping dibubuhkan saat adonan setengah matang. Tunggu hingga warna kue yang menempel pada cetakan berubah menjadi coklat muda. baru diangkat. Atau bisa juga dengan menusukkan lidi ke dalam kue. Jika ada kue yang menempel berarti masih mentah. dan sebaliknya jika kue tidak menempel berarti sudah matang.


Kue pukis, nikmat disajikan saat hangat. Tapi masih tetap enak meskipun sudah dingin. Simpan di tempat tertutup. Kue akan awet sampai 3-4 hari meskipun tidak dimasukkan ke dalam lemari es.

You May Also Like

0 komentar