Resep Mie Ayam Homemade Ala Bulik Sri

by - 21.15.00

Resep Mie Ayam Homemade Ala Bulik Sri rumahan lemaripojok

Resep Mie Ayam Homemade Ala Bulik Sri
Yaelah judulnya jujur amat ya… Memang saya nyontek resep mi  ayam nya Bulik Sri. Adik Ibu yang nomer 8. Sebenarnya tidak persis seperti beliau sih, soalnya saya cuma mengingat-ingat pas kemarin bantuin masak. Tapi kata anak-anak rasanya oke, mirip sama yang kemarin. Walaupun sebenarnya masih kalah sama resep aslinya.  Ah anak-anakku memang manis, tau saja kalau emaknya butuh support hahaha…biar makin rajin masak, gitu kali ya.


Kalau ingin membuat mie yang enak sebenarnya bisa membuat sendiri tapi ya gitu, agak ribet. Lah kalau saya milih yang praktis saja. Saya membeli mie kering yang biasa dijual di warung-warung. Jadi begitu ingin memasaknya tinggal merebusnya sebentar. Sebenarnya ada juga sih mie yang khusus untuk mie ayam, tapi belinya harus di pasar. Sementara saya jarang sekali ke pasar. Belum tentu 3 bulan sekali. Jadinya pakai yang gampang carinya saja.


Pada waktu mau masak inipun tidak ada rencana sebelumnya. Tiba-tiba saja kepingin membuat mie ayam. Jadinya, bahan yang dipakai pun seadanya saja. Dapat sawi hijau saja cuma seikat. Enggak pakai kerupuk pangsit dan bawang gorengpun enak saja hahaha…besok-besok deh kalau beneran niat bahannya dilengkapi. Tapi resepnya sama kok, cuma kurang bahan pelengkapnya saja.


Baiklah, lanjut pada resep ya….

Bahan dan bumbu:
500 gram dada ayam, rebus potong kotak-kotak kecil.
Sawi hijau secukupnya
Mie kering 500 gr
Brambang Prei iris, 1 mangkok/ selera
Bawang putih 10 butir
4 butir kemiri
1 cm jahe
1 cm kunyit
1 bungkus merica bubuk sachet kecil
Garam
Gula
Kecap
Minyak wijen (optional)
Saus teriyaki
Minyak untuk menumis bumbu
Penyedap rasa (optional)
Air 1500 ml.
Daun bawang iris kecil-kecil
Bawang merah goreng untuk taburan
Cabai/saus sambal
Kulit pangsit goreng (kalau ada)


Cara membuat :

  • 1.       Rebus ayam dalam air mendidih sampai matang. Setelah dingin potong kotak-kotak kecil
  • 2.   Sementara itu haluskan 7 butir bawang putih, kemiri, jahe dan kunyit. Potong bawang prei, sisihkan sedikit bagian daun untuk campuran kuah.
  • 3.    Panaskan sedikit minyak, lalu goreng bumbu sampai matang. Kemudian masukkan Brambang prei yang sudah dipotong-potong tadi. Goreng sampai bau bawang prei mentahnya hilang. Setelah itu masukkan daging ayam yang sudah dipotong-potong. Aduk sampai tercampur sambil digoreng sebentar. Lalu tambahkan 500 ml air. Masukkan garam, gula, kecap, minyak wijen, setengah sachet merica bubuk dan saus teriyaki. Didihkan dan tunggu sampai air agak menyusut. Koreksi rasanya.
  • 4.     Sambil menunggu, cuci dan potong-potong sawi hijau sesuai selera lalu rebus sampai matang. Sisihkan.
  • 5.  Geprak/ haluskan 3 butir bawang. Goreng dalam minyak panas. Kemudian masukkan daun bawang prei yang disisihkan tadi. Tambahkan kurang lebih 1 liter air. Tambah garam, gula, dan merica bubuk. Koreksi rasanya.
  • 6.  Rebus mie kering dalam air mendidih. Lalu tiriskan. Kalau lengket bisa disiram dengan air matang dingin.
  • 7.   Penyajian : letakkan mie rebus di dasar mangkok. Tambahkan daging ayam yang sudah di masak kecap tadi. Tambahkan sawi hijau dan kulit pangsit goreng. Taburkan bawang goreng dan irisan daun bawang diatasnya. Beri samabal jika suka.

Resep Mie Ayam Homemade Ala Bulik Sri rumahan lemaripojok


Nah, mie ayam homemade siap di santap. Karena untuk dikonsumsi sendiri, terserah suka suka mau ayamnya dibanyakin. Atau sayurnya yang banyak, bahkan taburan bawang goreng yang berlimpah. Terserah, sesuaikan dengan selera dan kebiasaan kita di rumah biar semakin nikmat. Gampang kan resep mie ayam homemade-nya…mau mencoba?

You May Also Like

5 komentar

  1. Mba Retno ciyusan rajin banget dirimu mba hahaha aku masih mengandalkan power of beli kalau mie ayam hahaha ga amu ribet banget ya aku :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar anak-anak puas makannya mbak hihihi mau pagi siang atau malam bisa langsung makan...

      Hapus
  2. Hwaaaaa mau mie ayamnyaaaa :'D

    BalasHapus
  3. Mie ayam kalau bikin sendiri, bisa milih mie yang bagus dan kuahnya pun aman dari MSG. Saya waktu itu bikin mie ayam pake bumbu kuah sup aja, haha... Ayamnya suwir pakai bumbu ayam kecap lada hitam.

    BalasHapus