Penuhi Gizi Keluarga dengan Olahan dari Ayam Dingin Segar

by - 2:43:00 PM

Penuhi Gizi Keluarga dengan Olahan Ayam Dingin Segar
Chef Edwin Lau : duta Kampanya Ayam Dingin segar 
sumber : www.ayamdinginsegar.com

Penuhi Gizi Keluarga dengan Olahan dari Ayam Dingin Segar
Makanan sehat adalah makanan yang mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dengan komposisi yang seimbang. Sebagai ibu rumah tangga, saya terbiasa menyediakan menu makanan sehat untuk keluarga saya dengan cara memasak sendiri. Karena dengan memasak sendiri, saya jadi tahu bahan-bahan apa saja yang ada dalam masakan tersebut. Selain itu saya juga bisa mengontrol sendiri kebersihan dan proses memasaknya.

Ketika membeli sayuran, saya memilih sayuran yang masih segar. Sayuran segar ditandai dengan warnanya yang cerah, dan tidak layu, batangnya mudah dipatahkan karena kandungan air masih tinggi. Sayuran yang berlubang karena dimakan ulat juga lebih sehat. karena itu berarti tidak mengandung pestisida (*)

Selain memasak sayur, saya juga menyediakan lauk untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Untuk protein hewani anak-anak saya lebih suka lauk daging ayam. Daging ayam bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Yang menjadi favorit anak-anak adalah ayam goreng dan ayam kecap.

Saya tinggal di sebuah kampung di Kepanjen Malang. Jarak rumah saya dengan pasar tradisional tidak terlalu jauh. tapi saya lebih sering berbelanja di tukang sayur langganan. Tukang sayur langganan saya biasanya mulai berjualan setelah subuh. Kalau anak-anak sedang tidak rewel, biasanya saya belanja setelah subuh. tapi kalau anak-anak sedang minta perhatian lebih, saya biasanya belanja setelah anak-anak berangkat ke sekolah.

Penuhi Gizi Keluarga dengan Olahan Ayam Dingin Segar
sumber : pixabay

Seperti halnya di pasar tradisional, tukang sayur tempat saya belanja menggelar dagangan mereka di tempat terbuka. Semua sayuran, bumbu masak , daging dan ikan diletakkan bejajar-jajar untuk memudahkan pembeli memilih. Daging ayam biasanya dibungkus menggunakan tas kresek kecil, sedangkan ikan dimasukkan dalam keranjang kecil terbuat dari bambu (besek). 

Daging ayam yang dijual biasanya disembelih dan dipotong pada malam sebelumnya. Sedangkan para tukang sayur itu belanja di pasar (kulakan) pukul 2 sampai 4 dinihari. Daging ayam sampai pada pembeli kurang lebih mulai pukul 05.30 sampai siang. Tergantung pembeli berbelanja pada pukul berapa. Padahal, ayam yang telah disembelih dan dipotong hanya boleh berada dalam suhu ruang selama 4 jam saja. Selebihnya harus disimpan dalam lemari pendingin untuk menghindari kontaminasi dengan bakteri. 

Nah, sebaiknya, jika anda berbelanja di tempat yang tidak ada fasilitas pendinginnya harus pagi-pagi benar atau sesegera mungkin setelah ayam di potong. Agar masakan ayam yang kita persembahkan untuk keluarga benar-benar berasal dari daging yang masih terjaga kualitasnya.

Beruntung bagi yang tinggal di Jabodetabek atau di kota besar lainnya, bisa menikmati ayam dingin segar setiap hari. Karena ayam dingin segar mudah di dapat di supermarket, minimarket dan toko khusus yang memiliki fasilitas pendingin.

Ayam dingin segar adalah daging ayam yang disembelih dan didistribusikan dalam keadaan dingin atau beku (rantai dingin) agar tetap terjaga kualitasnya. Suhu yang digunakan selama proses penyembelihan dan pendistribusian sampai di tangan konsumen adalah 0 derajat celcius sampai 4 derajat celsius (**)


Ayam dingin segar memiliki beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan ayam yang didistribusikan tanpa pendinginan. Ayam dingin segar lebih bersih dan higienis, karena selama proses distribusi berada di dalam tempat tertutup. Ayam dingin segar kandungan gizinya juga lebih terjaga. karena suhu yang dingin menjaga daging ayam tetap segar sehingga kuman maupun bakteri tidak dapat berkembang biak. Meskipun jarak waktu antara proses pemasakan dengan pemotongan lebih lama namun rasa tetap terjaga, tetap lezat.

Ayam yang disimpan dalam keadaan dingin dapat mempertahankan kesegarannya antara 1-2 hari jika disimpan dalam suhu maksimal 4 derajad celsius. Apabila disimpan dibawah suhu -18 derajad celsius dapat bertahan hingga 6 bulan. Jadi lebih praktis ya, sewaktu-waktu kita ingin memasak tinggal mengeluarkan ayam dari lemari pendingin. Walaupun telah disimpan dalam lemari pendingin, Ayam Dingin Segar juga serbaguna karena bisa dimasak apapun sesuai selera keluarga anda.



Menurut Chef Edwin Lau yang merupakan duta Kampanye Ayam dingin segar, daging ayam mengandung protein tinggi, kaya akan vitamin B2 dan B6. Selain itu juga mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh yaitu tembaga, fosfor dan selenium. Kelebihan daging ayam dibanding daging sapi adalah, daging ayam lebih sedikit mengandung lemak jenuh. Sayang sekali, kalau sekian banyak nutrisi ini rusak hanya karena pendistribusian yang tidak tepat(***)

Tak heran rasanya jika pemerintah gencar mengkampanyekan Ayam Dingin Segar di masyarakat. Agar masyarakat tahu bagaimana cara memilih daging ayam yang baik dan masyarakat mengetahui bahwa Ayam Dingin Segar  adalah pilihan daging ayam yang terbaik. Karena sejak proses penyembelihan, pemotongan dan pendistribusian telah melalu proses yang memiliki standar tinggi untuk menjaga kualitas daging ayam tersebut.

Cara yang bisa dilakukan agar kualitas ayam dingin segar tetap terjaga selama perjalanan dari supermarket/pasar berpendingin sampai di rumah adalah dengan membawa ayam menggunakan tas belanja penahan dingin (cooler bag) atau dengan menggunakan es batu dan kantung plastik. Kedua cara tersebut dapat digunakan untuk tetap menjaga agar ayam tetap dalam keadaan dingin setiba di rumah agar nutrisinya tetap terjaga.(****)

Selain karena favoritnya anak-anak, saya pun lebih suka memasak daging ayam, karena lebih praktis dan mudah. Bumbu yang digunakan pun bumbu sederhana tapi bisa menghasilkan rasa yang lezat. Untuk ayam goreng, biasanya saya masak daging ayam dengan cara "ungkep" (mengungkep) terlebih dahulu. Setelah dingin, simpan dalam lemari es lalu digoreng ketika ingin menyantapnya.

Selain dibuat ayam goreng, daging ayam yang telah di ungkep pun bisa diolah menjadi menu masakan lain sesuai selera keluarga.

Berikut ini adalah resep untuk mengungkep ayam, agar daging ayam empuk dan gurih sampai meresap ke dalam.

Penuhi Gizi Keluarga dengan Olahan Ayam Dingin Segar


Bahan : 500 gr daging ayam, potong menjadi 6-8 bagian.

Bumbu : 
1 sendok teh ketumbar
5 siung bawang putih
1 cm kunir
1 cm jahe
1,5 sdt garam
1 atau 2 batang serai di geprak/ diremukkan.
+/- 500 ml air

Cara mengungkep
Haluskan semua bumbu kecuali daun serai cukup digeprak/ dipukul-pukul sampai batangnya pecah saja.. 
Jerang air, masukkan semua bumbu dan ayam yang telah dipotong.
Rebus ayam bersama bumbu hingga air menyusut.
Setelah matang, ayam bisa digoreng atau dimasak menjadi menu yang lainnya.

Mari sajikan makanan berkualitas untuk keluarga kita dengan memilih bahan makanan yang terjaga kandungan nutrisinya seperti ayam dingin segar hingga terhidang di meja makan kita.


Sumber :
(*)  http://www.indahmudah.com/2014/03/tips-memilih-sayuran-sehat-dan-segar.html
(**) https://ayamdinginsegar.com/apa-itu-ayam-dingin-segar/
(***)https://ayamdinginsegar.com/2016/10/20/kementerian-pertanian-meluncurkan-kampanye-ayam-dingin-segar/
(****)https://ayamdinginsegar.com/2017/04/23/bagaimana-membawa-pulang-ayam-dingin-segar-dari-pasar-atau-supermarket/

You May Also Like

11 comments

  1. ayam goreng resep favorit anak2 nih..

    ReplyDelete
  2. Jadi inget pas beli nugget ayam, dikasih bongkahan es batu. Ada pengaruhnya juga dengan urusan bakteri ya kalau nggak didinginkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak...tapi malah kitanya yang suka abai sama beginian, padahal ada efeknya juga...

      Delete
  3. Bumbu buat ngungkepnya banyak juga ya Mbak. Pasti makin enak saat diolah lagi.

    ReplyDelete
  4. Aku juga milih beli ayam dingin segar biar terjaga higienitasnya. Nah, buat ayam goreng Setelah dibumbui masuk kulkas lagi nanti kalau mau makan tinggal goreng dadakan. Sama nih mba resep ayam gorengnya. Hehehe

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Saya juga nih. Balik ke sini sudah jam segini, jadi lapar hehe

      Delete
  6. Alhamdulillah kami dekat dengan depot penyembelihan ayam, jadi jika butuh langsung meluncur

    ReplyDelete
  7. Saya lho selama menikah baru sekali beli ayam sendirian huhuhu, karena kita khawatir banget kualitasnya. Kalau mau masak, ya belinya nitip ke orang yang jual ayam yang barusan dipotong

    ReplyDelete
  8. kalau sdh ayam goreng ... ehmmm nyammy apaalagi pahanya

    ReplyDelete