#MemesonaItu seperti saya : Stunning As Always

by - 17.54.00

#MemesonaItu Pancarkan pesonamu
Beginilah kalau mau bersin terus difoto.


#MemesonaItu seperti saya : Stunning As Always. 

Hmmm abaikan judul diatas, karena itu cuma mantra. Yah...mantra untuk menyemangati diri saya sendiri. Agar selalu bahagia dan bersyukur. Pernah dengar kan, kata pepatah "The Best Motivator Is Your Self". Yang artinya motivator terbaik adalah diri anda sendiri. Bagi saya, memotivasi diri sendiri itu penting, untuk menjaga kita agar terus berpikir positif. 


Sebelumnya saya akan memperkenalkan diri. Saya adalah ibu dari tiga anak. Laki laki-perempuan dan laki-laki yang masing masing berusia hampir 10 tahun, 8 tahun dan 7 tahun. Sehari-hari saya adalah ibu rumah tangga, yang kadang kadang nulis di blog. Sejak anak ketiga saya lepas asi (disapih) saya putuskan untuk tidak menggunakan jasa ART yang biasanya datang tiap pagi dan pulang di sore hari.

Sok banget ya...padahal waktu itu anak saya yang terbesar masih usia 5 tahun, adiknya yang kedua usia 3 tahun dan si bungsu masih 2 tahun. Keputusan yang sombong kalau kata saya sendiri. soalnya saya bukanlah termasuk orang yang pandai mengurus rumah. Ditambah lagi tiga balita yang enggak bisa diam.

Pak suami mana pak Suami? Kebetulan pak Suami kerjanya di lapangan yang tidak ada jadwal dan harus siap jika sewaktu-waktu ada panggilan kerja. Kadang pulangnya sore, kadang malam, kadang dinihari bahkan kadang sehari semalam enggak pulang. Sedangkan orang tua dan saudara rumahnya jauh.


#MemesonaItu Pancarkan pesonamu
mereka, ketika tiga-tiganya masih balita

Bisa dibayangkan, bagaimana ribetnya saya. Masak, membersihkan rumah, mencuci, momong anak-anak dan lain sebagainya dan lain sebagainya saya lakukan sendiri. Yang saya hadapi tiap hari adalah : anak-anak yang bergantian menangis, cucian piring menumpuk, baju kotor dan rumah berantakan yang enggak ada habis-habisnya. Capek? sudah pasti? Mengeluh? waktu itu sih enggak sempat lagi mengeluh saking banyaknya yang harus saya kerjakan. 

Kalau malam tiba, tidur pun serasa kurang, karena harus beberapa kali terbangun untuk membuatkan susu. Anak-anak ini menggemaskan sekali. kalau susunya disiapkan sebelum emaknya tidur eh malah utuh sampai pagi. Kan sayang kalau kebuang, jadi mubadzir. Tapi kalau enggak disiapkan malah bangun tengah malam untuk minta susu. Udah gitu mereka bangunnya gantian enggak pernah barengan. Tiap malam bisa terbangun beberapa kali untuk membuat susu, belum lagi bapaknya #eh maksudnya bukain pintu kalau bapaknya datang malam-malam wkwkwk


#MemesonaItu Pancarkan pesonamu
ada yang anteng, ada yang usil. begitu terus bergantian...


Masih untung kalau pas bapaknya ada di rumah, bisa gantian bikin susunya. Pokoknya tiap pagi saya mencuci 10 buah botol susu bahkan lebih. Harap maklum balitanya ada tiga soalnya...

Lalu apa kabar #MemesonaItu ? Ah dulu mana sempat mikirin diri sendiri untuk menjadi yang memesona. Mempercantik diri pun terlupakan. Kurang lebih selama 9 tahun saya benar-benar menjadi ibu rumah tangga. Sampai lupa kalau sebagai ibu rumah tangga saya juga bisa nyambi melakukan kegiatan yang lain. Benar-benar tak terpikirkan. saya hanya fokus pada anak-anak. 

Tapi kini sudah bersyukur banget, anak-anak sudah mulai gede. Sudah sekolah semua. Mereka sedikit-sedikit sudah mulai bisa mengurus diri sendiri. Bahkan kadang juga sudah bisa membantu melakukan pekerjaan rumahan. Semacam bersih-bersih, merapikan barang dan mencuci piring. Kalau malampun saya sudah bisa tidur nyenyak sekarang

Saya tidak menyesali pilihan saya, dan saya bahagia bisa menemani anak-anak dan menjadi orang pertama yang tahu perkembangan mereka. Meskipun harus menggantung ijazah di lemari kamar, saya merasa pilihan saya adalah yang terbaik. 

#MemesonaItu adalah berbahagia dengan pilihan anda dan segala konsekuensinya.


Untunglah saya dianugerahi sifat keras kepala, sedikit ngeyel dan cuek. Ketika orang-orang di luar berkata kepada saya sayang kalau ijazah dianggurin, buat apa kuliah kalau cuma untuk momong anak dan lain-lain, saya tetap tak bergeming.

Ditertawakan dan diremehkan karena anak-anak yang nrecel (jumlahnya banyak dan jaraknya dekat) dan karena penampilan pun saya cuek aja. Sampai kinipun seperti itu. Apa yang saya pakai adalah yang menurut saya nyaman

Apalagi sekarang ada fenomena macan ternak alias mamah cantik antar anak ke sekolah dengan berbagai macam gaya. Kalau enggak kuat iman bisa kehilangan jati diri.

Ada loh beberapa dari mereka yang berusaha untuk berubah, mengikuti trend sampai bergaya hidup di atas batas kemampuannya. Ah semoga saya terhindar yang seperti itu.

Tergoda? Mungkin saja dalam kadar yang rendah hihihi. Wajar bukan? Saya juga manusia. Berubah karena zaman yang dinamis itu suatu kepastian. Tapi berubah jadi orang lain? Jangan deh... 


#MemesonaItu  Selalu bahagia dan merasa cantik, kapanpun dan dimanapun 


Saya berusaha untuk nyaman dengan apa yang saya miliki dan tetap jadi diri sendiri. Mau bukti? Ehm…saya dong bisa banget keluar rumah tanpa bikin alis sama lipstick. Cuma pakai pelembab wajah saja. Soalnya You know lah sinar matahari sekarang tuh jahaaap…eh Jahat wkwkwk. Meskipun bertemu dengan mamak mamak lain yang dandan cantik saya merasa baik-baik saja.


#MemesonaItu Pancarkan pesonamu
bahagia dan percaya diri tanpa rias wajah



Ya begitulah hidup di jaman sekarang mau jadi yang seperti beginding atau begindang terserah kita. Kalau saya, selama anak-anak, suami, dan keluarga masih memberikan cinta dan kasih sayang secara tulus kepada saya. Berarti saya masih memesona di mata mereka. Kalau untuk orang lain? Itu sih urutan ke sekian-sekian. Yang penting saya tidak mengganggu mereka, gitu aja sih.

#MemesonaItu apa adanya, nyaman dengan apa yang kau miliki dan bisa jadi diri sendiri.


#MemesonaItu Pancarkan pesonamu


#MemesonaItu, dengan mensyukuri apa yang ada pada diri anda, maka anda akan bahagia dan tidak usah mencari pengakuan dari orang lain agar dianggap bahagia, karena kebahagiaan yang sejati itu terpancar dari dalam diri.



#MemesonaItu seperti saya, stunning as always hahaha.


Errr sekarang anak-anak sudah mulai besar, sudah mulai belajar mengurus diri mereka sendiri, apakah rumah jadi lebih rapi No (manggil diri sendiri : Retno)?


Tentu saja…tidak. Masih tetap saja berantakan dan jangan tanya kenapa wkwkwk



Salam hangat dari saya, dan Pancarkan Pesonamu...





Tulisan ini diikutkan dalam lomba blog #MemesonaItu


#MemesonaItu

You May Also Like

3 komentar

  1. Setuju mempesona itu apa adanya, tak perlu dibuat-buat ya, Mba. Semoga menang nih lombanya. Itu fotonya memang benar mau bersih kah, Mba ? hehe

    BalasHapus
  2. dgn selalu merasa bahagia, apapun yg sedang dihadapi, pesona kita akan tampil keluar ya mba... :)

    BalasHapus
  3. wahhh, anaknya udah besar-besar yaa Mbaa :)

    benar banget, pesona akan keluar dengan sendirinya bila kita sudah merasa nyaman dan bahagia dengan diri sendiri :)

    BalasHapus