Pentingnya Pemahaman Alergi Diberikan Kepada Anak

by - 5:13:00 PM

Pentingnya Pemahaman Alergi Diberikan Kepada Anak


Reaksi alergi yang seringkali terjadi pada diri seseorang, mungkin akan dapat dengan mudah dikenali dan diobati oleh orang tersebut. Namun hal tersebut akan berbeda jika dialami oleh anak-anak. kecenderungan anak yang belum mengenal alergi dan penyebabnya, membuat mereka justru mendekat dan bersentuhan langsung dengan penyebab alergi yang justru akan memperparah kondisi alergi yang mereka alami. Oleh karena itulah memberikan pemahaman alergi pada anak menjadi sangat penting dilakukan agar reaksi alergi yang dialami oleh anak tidak semakin parah.

Sebagai orang tua, tentunya Kita harus memahami aktivitas serta konsumsi makanan yang selalu diberikan pada anak. Namun hal tersebut tidak akan berlaku ketika mereka berada disekolah dan diluar pengawasan Kita. Seringnya mereka berada disekolah inilah yang kadang membuat mereka beraktivitas dan mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan alergi pada tubuh anak. Alasan inilah yang kemudian menjadikan Kita wajib memberikan pengetahuan tentang alergi yang mereka alami, agar ketika mereka berada diluar pengawasan orang tua, mereka dapat menghindari faktor-faktor pemicu terjadinya reaksi alergi.

Berikut ini beberapa cara yang mungkin dapat Kita lakukan agar anak lebih mengenal dan dapat menghindari faktor pemicu alergi, yang antara lain adalah:

  • Biasakan anak untuk tidak jajan sembarang dan batasi lah memberi uang saku terlalu berlebihan pada anak.
  • Beritahukan kepada mereka makanan apa saja yang menjadi pemicu alergi pada tubuh mereka.
  • Biasakan anak untuk selalu menjaga kebersihan dalam diri dan tempat mereka berada.
  • Ajarkan pada anak pola hidup yang sehat dengan rajin berolah raga dan tidur tepat waktu.

Memberikan pemahaman alergi kepada anak dari dokter alergi anak tentunya dapat dilakukan oleh orang tua dengan menggunakan cara-cara yang mudah dipahami oleh anak. Hal tersebut tentunya dimaksudkan agar anak dapat dengan mudah mengerti mana-mana yang harus dilakukan dan mana yang harus dihindari. Dengan memberikan pengetahuan yang tepat kepada anak tentang alergi dan penyebabnya, maka secara tidak langsung Kita sebagai orang tua telah turut menjaga kesehatan tubuh mereka dan menghindarkan mereka dari bentuk reaksi alergi apapun.


*sponsored post

You May Also Like

2 comments

  1. Siiaaap membekali anak dgn ilmu penting ya mba...terutama jgn jajan sembarangan.. Salam kenal:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba... Kudu tegas sama anak, demi kebaikan mereka juga...

      Delete