Resep dan Cara membuat playdough yang aman untuk anak-anak

by - 8:23:00 PM


Resep dan Cara membuat playdough/lempung terigu yang aman untuk anak-anak
Resep dan Cara membuat playdough yang aman untuk anak-anak

Menstimulasi anak dapat dilakukan melalui berbagai cara. salah satunya adalah dengan memberi mainan yang dapat merangsang perkembangan motoriknya. Motorik dapat dibedakan menjadi dua yaitu motorik kasar dan motorik halus. motorik kasar berhubungan dengan kegiatan fisik seperti berjalan, berlari, menendang dan kemampuan untuk duduk. 

Sedangkan motorik halus berkaitan dengan koordinasi antara mata dengan tangan. Motorik halus bisa dilatih melalui permainan seperti playdough, puzzle, menyusun balok dan lain-lain.

Banyak Playdough yang tersedia di pasaran. Tapi terkadang sebagai orang tua ada kekhawatiran ketika bermain playdough, dikarenakan bahannya yang dianggap tidak aman. Awalnya saya pun demikian, namun setelah bisa membuat playdough sendiri kekhawatiran itu sirna.

Playdough yang saya dan anak-anak buat berasal dari bahan-bahan yang aman karena terbuat dari bahan makanan yang tersedia di dapur kita. Bahan utamanya yaitu terigu, itulah sebabnya mengapa playdough ini biasa disebut dengan lempung terigu.

Bahan-bahannya antara lain :
  • 200 gr tepung terigu 
  • 100 gr garam
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • pewarna makanan
  • sedikit air hangat untuk melarutkan garam
Cara Membuat : 
  • larutkan garam dengan sedikit air hangat
  • tambahkan pewarna makanan
  • tambahkan 1 sendok makan minyak goreng
  • aduk rata bahan-bahan tersebut
  • lalu tambahkan 200 gram tepung terigu sampai adonan bisa dibentuk dan menjadi licin


Dengan membuat playdough sendiri ada beberapa manfaat yang kita dapatkan diantaranya :
  • Menghargai proses. Dengan membuat playdough sendiri anak-anak jadi mengerti bahwa untuk mencapai sesuatu itu harus melalui proses. tidak semuanya dapat dicapai dengan instan.
  • Mengenal benda. Ada beberapa alat dan bahan yang digunakan saat membuat playdough sendiri. Misalnya anak jadi bisa membedakan tekstur garam dan tepung terigu. Bisa menimbang sendiri dan lain-lain
  • Belajair mencampur warna. Misalnya warna merah dicampur kuning menjadi oranye. Warna biru dicampur merah menjadi ungu. dan warna biru dicampur dengan warna kuning menjadi warna hijau.
Itulah resep membuat playdough sendiri di rumah dan manfaat yang diperoleh anak-anak kita. Share melalui media sosial anda jika anda rasa bermanfaat.


You May Also Like

12 comments

  1. Pembautanya dari barang-barang alami ya teh,.
    kalo di masukin oven bisa langsung di jadikan kue juga hehe yakali

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi...tapi rasanya asin banget wkwkwk

      Delete
  2. makasih ya resepnya.. ini yang akau cari2...

    ReplyDelete
  3. play dough bahasa gaulnya malam ya mbak? aku masih zamannya tuh maen gituan. ternyata bisa buat sendiri ya :D

    ReplyDelete
  4. area rumah mana nih mbak yg "dikorbankan" utk buat playdough ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini di teras mba...biar mudah bersihinnya wkwkwk

      Delete
  5. Biasanya tahan berapa lama, Mbak? :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal ngga kebanyakan air sih 2 hari masih tahan..

      Delete
  6. Anakku suka mainan tepung diawur-awurin di segala penjuru rumah, kenapa gak dibikin playdough aja ya. Ternyata gampang gitu bikinnya.

    ReplyDelete
  7. Baru tau bisa buat sendiri pakai tepung terigu...
    karna pakai minyak, playdough nya bakalan berminyak gak ya kalo didiemin?

    ReplyDelete