Kekurangan Dan Kelebihan Pemakaian Kompor Gas

by - 19.23.00



Zaman semakin modern. kini masak tak lagi menggunakan tungku dan kayu bakar, melainkan menggunakan kompor. Kompor merupakan salah satu peralatan masak yang wajib dimiliki, saat ini ada berbagai jenis kompor mulai dari kompor induksi, kompor gas dan kompor listrik. 

Biasanya para ibu rumah tangga lebih memilih kompor gas dibanding kompor listrik, dikarenakan kompor gas lebih cepat panas dibandingnkan dengan kompor listrik. Terlebih lagi kompor gas jauh lebih murah dibandingkan kompor listrik yang menggunakan daya lebih tinggi.

Namun bagi beberapa orang, kompor listrik lebih praktis untuk digunakan daripada kompor gas, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan kompor listrik jika digunakan :


Kelebihan :

  • - Kompor listrik lebih ramah lingkungan, kompor listrik tidak menyebabkan gas buangan atau polusi.
  • - Harga kompor listrik cenderung lebih murah dibandingkan kompor gas, memang banyak terdapat pilihan kompor listrik namun untuk harga kompor listrik bisa dibilang lebih murah dibanding kompor gas.
  • - Kompor listrik lebih aman digunakan daripada kompor gas, karena tidak aka nada kekhawatiran terjadinya ledakan.
  • - Dengan permukaan yang lebih halus, maka akan lebih mudah pada saat menaruh peralatan memasak lain seperti panic, dan Teflon.
  • - Lebih praktis serta ekonomis, karena tidak perlu membeli gas lagi. Selain itu tidak perlu tempat yang terlalu luas untuk menyimpan kompor listrik ini.


Kekurangan :

  • - Karena permukaannya yang datar, akan sedikit kesulitan pada saat akan menaruh wajan yang permukaannya tidak rata.
  • - Membutuhkan daya listrik yang cukup besar, pada saat penggunaan pertama kompor listrik akan membutuhkan daya sebesar 400 hingga 1000 wat per jamnya.
  • -  Setelah kompor dimatikan akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk proses pendinginannya.
  • -  Untuk peralatan yang terbuat dari stainless steel dan alumunium tidak dapat digunakan di kompor listrik yang memakai micro controller chip



Dari ulasan diatas bisa menjadi pertimbangan bagi anda yang ingin membeli kompor. Biasanya kompor listrik banyak digunakan oleh remaja atau mahasiswa yang kos didekat kampusnya, karena lebih praktis dibandingkan dengan kompor gas yang membutuhkan lebh banyak peralatan. Selain itu kompor listrik juga mudah dibawa kemana-mana karena ukurannya yang kecil. Sedangkan para ibu rumah tangga pasti akan lebih memilih kompor gas dibandingkan dengan kompor listrik. 

You May Also Like

9 komentar

  1. Pernah pake kompor listrik daaaan bingung mau masak pas mati lampu. Hihi. Apalgi semua panci dan wajan harus cari yang cocok juga ya sama kompor listriknyaaa. Kalo aku masih favorit pake kompor gas sih maaak.. Eheheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga lebih suka kompor gas...secara lebih hemat hihihi

      Hapus
  2. harga kompor listrik berap[aan ya>?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bisa liat di MatahariMall hehehe

      Hapus
  3. aku jd inget pas brg mama akhirnya pake kompor gas... pas nyalain pertama bunyi dug... matiin juga bunyi dug... jantung kami berdua jg dug dug dug... :)))) udah kebiasaan pake kompor biasa waktu itu. kl kompor listrik malah baru tau nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkw...mbak Ria ah bikin ngakak aja...

      Hapus
  4. Mau kompor apapun, tapi rasa masakan tetap lebih enak jika dimasak menggunakan kayu bakar. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih syedep yaaa... tapi kayak di rumahku udah ga mungkin pake kayu bakar, jadi ya tetep pilihnya kompor gas...

      Hapus
  5. rela deh ribet asal lpg subsidi 3kg masih ada hehe :D

    BalasHapus