Nasi bakar anti ribet

05.30.00 Retno Kusumawardani 8 Comments

nasi bakar anti ribet

Coba-coba membuat nasi bakar. Kalau berhasil kan bisa dijadikan bekal jika mengantar Mas Atha tanding bola. Rencananya ingin membuat nasi bakar dengan sambal goreng tempe tahu cabai hijau. Apa daya, waktu belanja cabai hijaunya tidak ada. Akhirnya tetap membuat nasi bakar dengan bahan seadanya.

Karena ogah ribet, nasi yang dipakai pun nasi yang sudah di masak di rice cooker.  Hasilnya pun lumayan, bisa diulangi lagi lah hehehe… kalau anda sudah punya resep sambal goreng andalan, bisa juga dijadikan pelengkap nasi bakar anda. Cuus ke resep yaaaa…

Nasi bakar anti ribet

Bahan dan bumbu:
6 centong nasi
150 gr tempe
150 gr tahu
15 butir petai
7 butir bawang merah
7 butir bawang putih
1 buah tomat ukuran sedang
7 lembar daun salam
Cabai rawit sesuai selera
2 sdm saos raja rasa (kurang-lebih)
2 sdm kecap manis (kurang lebih)
1 sdt garam (selera)
½ sdt gula pasir
Daun pisang secukupnya.
Tusuk gigi/ lidi secukupnya

Cara membuat :
Potong tempe dan tahu menjadi ukuran 1 x 0,5 cm. potong petai menjadi 4 bagian.
Iris tipis-tipis bawang merah dan bawang putih. Potong-potong tomat dan cabai rawit.
Untuk memasak sambal goreng, panaskan wajan, tambahkan sedikit minyak ratakan di permukaan wajan. Setelah minyak panas masukkan tempe. Goreng hingga permukaan kecoklatan. Lalu angkat.
Tambahkan sedikit minyak untuk menumis bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, tomat , cabai rawit dan selembar daun salam yang telah dibuang urat daunnya. Tumis bumbu sampai berbau harum. Lalu masukkan tahu. Tumis sampai tahu setengah matang lalu masukkan petai. Tumis kembali sampai petai setengah matang. Masukkan tempe lalu tambahkan sedikit air. Masukkan garam, gula dan kecap. Terakhir masukkan saos raja-rasa. Tunggu hingga air meresap dan menyusust. Koreksi rasanya lalu angkat.

nasi bakar anti ribet


Siapkan dua potong  daun pisang yang cukup lebarnya, namun salah satu lebih kecil dengan posisi daun yang lebar di lapisan terbawah, kemudian yang lebih kecil di atasnya. Letakkan satu lembar daun salam yang sudah dibuang tulang daunnya di atas daun pisang.

Letakkan satu centong nasi diatas daun, tambahkan kurang lebih 2-3 sendokmakan sambal goreng lalu bungkus dengan cara di gulung. Sematkan tusuk gigi atau lidi pada kedua ujung gulungan daun agar tidak lepas. Lakukan sampai nasi dan sambal goreng habis. Punya saya jadi 6 bungkus.

Rebus air di kukusan hingga mendidih lalu kukus nasi kurang lebih 30 menit. Kemudian bakar dengan bergantian permukaan atas dan bawah hingga daun berwarna kehitaman. Nasi bakar siap disantap.
Selamat mencoba resep Nasi Bakar ini. Boleh juga meninggalkan komentar yang berisi saran. Jangan lupa add g+ saya ya, dan share tulisan sederhana ini agar bisa menjadi inspirasi lebih banyak orang. Terima kasih.


You Might Also Like

8 komentar:

  1. Balasan
    1. Wenak va... apalagi kalo puedes hehehhe

      Hapus
    2. Wenak va... apalagi kalo puedes hehehhe

      Hapus
  2. ada aja ya nasi di bakar, orang indonesia memang kreatif dalam memasak, dan rasanya pun menggoda walau namanya aneh2... hehe keren..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kreatif asalkan kreatif yang baik gpp kan hehehhe. Nasi bakar ini sudah banyak variannya lho.. dan ini versi saya, sengaja diberi nama nasi bakar anti ribet karena proses buatnya yang gampang bingit... hehhee

      Hapus
  3. Bisa banget dicobain nih. :D Ganti jadi blog resep, ya? :D Kapan ganti .com?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pingin ganti.com tapi koneksi di rumah suka lelet, takutnya ntar malah brenti di tengah jalan..

      Hapus